9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9A, Harga dan Spesifikasi

Kali ini kita akan membahas smartphone Xiaomi kembali, namun smartphone ini mungkin cukp spesial. Bayangkan hanya dengan bandrol harga sekitar Rp1.2 jutaan saja kamu sudah bisa membawa pulang smarpthone entry-level dengan spesifkasi yang tidak bisa diragukan.

Yhap smartphone itu adalah Redmi 9A yang meluncur pada 13 Agustus 2020 lalu. Smartphone dari xiaomi in sangat di buru-buru oleh masyarakat indonesia, sebab ada yang spesial. Yakni baterainya yang memiliki kapasitas jumbo dan daya tahan baterainya juga cukup meyakinkan. Seperti  yang sudah saya singgung di atas juga, harga bandrolnya cukupp terjangkau.

Nah daripada membuat pensaran saja, langsung saja kita ke pembahasan utamanyanya. Yakni membahas kelebihan dan kekurangan smartphone Xiaomi Redmi 9A ini, apa saja sih plus dan minus dari smartphone entri kali ini. Beirkut ulasannya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9A, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone Xiaomi Redmi 9A

Walau hanya dibandrol dengan harga 1 jutaan saja dan terbilang murah, eitss jangan remehkan smartphone Redmi 9A ini. Sebab ada banyak kelebihan yang mungkin bisa kamu ketahui dan akan membuatmu kagum, sebab spesifikasi yang ditawarkan sungguh di luar dugaan layaknya smartphone di kelas entri lainnya.

1. Memiliki Kapasitas Baterai Jumbo dan Hemat

kapasitas baterai jumbo 5000mAh Xiaomi Redmi 9A

Dengan dibekali kapasitas baterai 5.000 Redmi 9A ini cukup andal untuk membuat smartphonenya ini agar bisa tahan lama saat digunakan. Selain karena kapasitasnya yang jumbo, ada hal pendukung lain yang menajadikan baterai Redmi 9A menjadi awet, karena dipasangkannya layar HD dan chipset Helio hemat yang memiliki kemampuan untuk mengelola penghematan daya pada smartphone.

Ya kalau bisa di hitung, dua hari pemakaian Redmi 9A masih kuat lah, dan cocok banget buat kamu yang mencari smartphone dengan harga terjangkau namun yang hemat daya. Dengan bandrol harga yang hanya 1 jutaan saja, bisa saya bilang Redmi 9A ini cukup tangguh dan berani dalam menghadirkan kapasitas jumbo di angka 5000 mAh. Mungkin smarpthone lain di kelas harga yang sama tidak banyak yang memiliki kapasitas sampai sebesar ini.

2. Layarnya yang luas

Layar Luas Redmi 9A

Layar Xiaomi Redmi 9A yang terbaru ini mendapatkan updatean dari versi sebelumnya, kini layar juga sedikit membesar yakni mencapai ukuran 6,53 inci dengan resolusi HD+, atau lebih tepatnya ukuran layarnya adalah 720 x 1600 piksel.

Redmi 9A ini sangat memanjakan penggunaanya berkat layar yang lebar, sistemastis, dan berkualitas.

Perusahaan ponsel asal Tiongkok ini juga mendesain layar Redmi 9A dengan desain Dot Drop Display atau sering disebut poni.

Panel IPS LCD juga tergolong bagus dikelasnya, warnanya tidak terlalu pucat dan cukup cerah ketika digunakan dibawah sinar matahari. Bahkan xiaomi juga memberikan opsi khusus untuk memilih profil warna sesuai keinginan, mau saturasi maksimum atau standar itu tergantung pengguna.

3. Hasil jepretan kamera yang bagus

kamera luar biasa Redmi 9A

Dibagian belakang kamu akan melihat frame kamera disana, dengan menggunakan desain tata letak veritikal dengan konfigurasi satu lensa kamera dan satu flash. Kamera belakang ini memiliki resolusi 13 MP yang cukup bagus jika digunakan untuk jepret menjepret.

Kenapa saya katakan demikian, sebab Redmi 9A ini sudah banyak menghadirkan fitur dan teknologi canggih serta lengkap pada smartphonenya ini, seperti pengenalan wajah,  AI Scane Detection, HDR mode, Kaleidoscope effect, dan masih banyak lagi.

Kita beralih ke bagian depan,  dengan single lensa beresolusi 5 MP, kamera selfie dari Redmi 9A ini cukup tangguh untuk digunakan menangkap gambar, didalamnya ada fitur seperti beautify, HDR, samapai ada potrait selfie yang memanfaatkan teknologi AI. Hal spesial lain dari kamera ini adalah sudut pandangnya yang cukup lebar.

4. Slot memori eksternal

slot memori eksternal

Tidak banyak smartphone yang menggunakan tipe dedicated slot atau 3 slot yang masing masing 2 simCard dan satu microSD. Bahkan banyak smartphone di rentang harga yang lumayan tinggi tidak menggunakan tipe slot ini.

Nah berutungnya pada Redmi 9A, memiliki hal spesial dibandingkan smartphone lainnya, walau direntang harga yang cukup murah yakni dikisaran 1 jutaan, ternyata Smarpthone besutan Xiaomi ini sudah mendukung memori eksternal lo.

Ya ini menurut saya adalah kelebihan sih, sebab kalau kita lihat kapasitas memori internal dari Redmi 9A juga tidak terlalu besar jadi mungkin memori eksternal bisa membantu untuk melegakan ruangan penyimpanan yang ada.

5. Sudah mendukung MIUI 12

MIUI 12 Redmi 9A

Berkat kebetulan atau tidak, ternyata Redmi 9A ini dirilis pada waktu yang berdekatan lo dengan perilisan versi MIUI 12 terbaru. Tentu sudah bisa kamu dekat, ternyata samrtphone Redmi 9A ini kebagian tempat untuk menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka terbaru dari MIUI 12.

Beragam fitur hebat bisa kamu rasakan disini, seperti ada Dark Mode 2.0 yang membantu kamu utnuk menatap layar agar tidak kelelahan, dan ada juga Super Walpeper dimana kamu bisa melihat walpaper yang terlihat nyata dan real time. Seperti mengikuti hari dan menyesuaikan wallpaper yang ada.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi 9A

Saya tidak berekspetasi tinggi juga terhadap Redmi 9A ini, dengan harga terjangkau kita tidak selalu menikmati kelebihan yang ditawarkannya juga. Ada saja kekurangan yang mungkin bisa kita rasakan, nah dibawah ini kita akan mengulas aspek-aspek yang menjadi kekurangan Redmi 9A.

1. Absennya Fast Charging

charging 10 w Redmi 9A

Tentu sudah bisa kamu tebak lah, resiko dari kapasitas baterai yang jumbo tentu akan membutuhkan durasi pengisisan daya ulang yang lama. Biasanya pengembang smartphone mengatasi ini dengan menghadirkan teknologi fast charging pada smartphonenya agar pengisian baterai bisa lebih cepat.

Sayangnya, Redmi 9A ii belum dibekali dengan fast charging. Dan fitur pengecasan hanya standar 10 W saja. Kalau kita lihat dari versi sebelumnya yakni Redmi 9 yang berada di rentang harga yang serupa yakni 1 jutaan, bahkan sudah menghadirkan teknologi fast charging 18 W dan mampu mengisi daya dengan cepat sampai penuh.

2. Tidak adanya Sensor Sidik Jari

tidak ada sensor sidik jari Redmi 9A

Lagi-lagi beberapa fitur absen pada smartphone Redmi 9A kali ini. Selanjutnya kita bisa menemukan kekurangan dengan tidak hadirnya sensor sidik jari yang biasanya ada pada bodi belakang maupun samping bodi smartphone. Ya menurut saya ini adalah kekurangan yang cukup berarti, dan bisa menjadi deal-breaker bagi yang sudah terbiasa membuka kunci smartphone dengan sidik jari.

Padahal kalau kita lihat smarpthone lain di rentang harga yang sama, sudah banyak ko smartphone-smartphone dari berbagai merk yang sudah memiliki sensor sidik jari atau fingerprint. Namun Xiaomi tidak mau mengotori bodi belakangnya dengan adanya tempat fingerprint.

Xiaomi mengakali ini dengan menghadirkan Face unclok dengan kamera depannya, atau kamu juga bisa menggunakan Pin atau pola untuk Keamanan dari pada smartphone kesayangan mu.

3. Kapasitas memori yang kecil

KAPASITAS MEMORI 32 GB REDMI 9A

Keputusan Xiaomi untuk menggunakan slot khusus untuk memori eksternal menurut saya sudah sangat pas sekali, sebab kalau kita lihat Memori internal bawaan dari Redmi 9A ini tidak terlalu besar, jadi slot memori eksternal bisa menambah lega ruang penyimapanan. Memori internalnya hanya dibekali dengan 32 GB saja dan tidak ada varian lain selain itu.

Jika untuk RAM, ya menurut saya pas lah di rentang harga ini. Namu masih kurang menurut saya, dengan dua varian smartphone dengan kapasitas RAM berbeda yakni 2 GB dan 3 GB, mungkin bisa menjadi pilihan untuk kamu.

4. Performa yang kurang memuaskan

MediaTek Helio G25 Xiaomi Redmi 9A

Kalua kita lihat Xiaomi Redmi 8A sebelumnya, performa dari seri itu memang luar biasa bagus, apalagi performanya dengan memakai chipset Snapdragon. Namun di seri terbarunya ini, yakni Xiaomi Redmi 9A, chipset yang dihadirkan adalah MediaTek yang terbaru, dan yang dirancang khusus di kelas entri.

Chipset tersebut adalah MediaTek Helio G25 yang mempunyai CPU dengan clockspeed  tertinggi 2GHz, apaalgi dengan ditambah GPU dari PowerVR GE8320 650MHz, chipset ini sudah dibuat dalam proses fabrikasi 12nm, sehingga lebih efesien daya.

Walau kita menemukan banyak kelebihan pada perfromnyaa. Namun menurut saya chipset ini masih kurang, kalau kita lihat dari skor AnTuTu v8 chipset Heluo G25 menghasilkan skor 91374 poin, dan untuk Helio G80 berhasil mencapai poin 202.355 poin, angka ini terlampau jauh.

Padahal nih keduanya masih berada di rentang harga 1 jutaan dan hanya sedikit selisih harganya. Kita bandingkan saja dengan Redmi 9 yang sudah menggunakan Helio G80  dan sama harganya masih direntang 1 jutaan saja.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9C, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 9A

  • Nama : Redmi 9A
  • Rilis: Agustus 2020
  • Bobot : 196  gram
  • Layar: IPS LCD, 6.53 inci (~81.0% rasio)
  • Resolusi : 720 x 1600 piksel
  • Sistem Operasi : Android 10, MIUI 12
  • RAM : 2 GB dan 3 GB
  • Memori Internal : 32 GB
  • Chipset : MediaTek Helio G25 (12 nm)
  • GPU :               Power VR GE8320 (650 MHz)
  • Kamera Belakang : 13 MP
  • Kamera Depan :5 MP
  • Baterai :  Li-Po 5.000 mAh, Charging 10 W
  • Harga resmi : Rp 1.299.000

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Saya bisa acungi jempol produk smartphone dari Xiaomi kali ini, walau ini adalah lanjutan dari versi sebelumnya yakni Redmi 9, namun harga dari samrtphone barunya kali ini turun dan harganya hanya 1 jutaan saja. Dan spesialnya kita bisa menikmati segala keunggulan yang ada, seperti baterainya yang memiliki daya super jumbo, ada juga kemampuan layar yang luas dan memuaskan.

Dari kekurangan yang saya ulas diatas, mungkin yang cukup mengecewakan adalah absennya fitur sensor sidik jari baik pada bagian belakangnya maupun sampingnya, yaa ini berbeda dengan Xiaomi Redmi 9 sebelumnya yang masih menawarkan sensor sidik jari ini.

Nah begitulah ulasan mengenai Kelebihan dan kekurangan dari Redmi 9A, saya bisa akui smartphone ini layak sekali untuk kamu miliki, berkat berbagai keunggulannya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.