9 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi Note 9 Pro, Harga dan Spesifikasi

Selang sebulan setelah peluncuran versi pertamanya, Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu datang juga Xiaomi Redmi Note 9 Pro rilis dipasaran pada Juni 2020 lalu. Seperti biasanya Xiaomi selalu merilis tidak hanya satu versi smartphone saja pada sebuah seri, contohnya seri Redmi Note 8 yang memiliki varian Reguler dan juga Pro. Ini juga terus menjadi tren Produsen Smartphone asal Tiongkok ini. Mungkin kamu sudah bisa menembak apa arti “Pro” pada sebuah smartphone, yhap tentu sebuah vendor smartphone ingin penggemarnya dapat memilih sebuah seri smartphone berdasarkan kebutuhannya,

Oke contohnya kamu ingin membeli Xiaomi Redmi Note 9, tentu akan sangat cocok untuk kamu yang tipe penggguna kasual atau untuk penggunaan standar. Namun jika Pro, vendor smartphone salah satunya Xiaomi tentu ingin memberikan spek (prosesor, layar, kamera, dll) yang lebih kepada versi tersebut.

Nah di Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini, seperti yang sudah bisa kalian tebak Xiami memberikan banyak peningkatan daripada versi regulernya. Walaupun harga juga meningkat namun ini sebanding dari apa yang akan kamu dapatkan. Xiaomi Redmi Note 9 Pro memiliki banyak kelebihan yang cukup mengesankan, seperti Kamera, Chipset, Layar, dan lain sebagainya.

Oke tanpa menunggu panjang lebar, untuk kamu sebagai penggemar Smartphone Xiaomi wajib tahu nih Kelebihan dan Kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Siapa tau kamu tertarik dan ingin membawanya pulang, baik langsung saja kita bahas dibawah ini.

Kelebihan Smartphone Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Beberapa keuggulan bisa kita lihat dari Redmi Note 9 Pro ini, dan saya melihat ada beberapa kekurangan yang ada pada Redmi Note 9, di seri terbarunya ini Redmi Note 9 pro kekurangan tersebut menjadi kelebihan, oke saya sebut saja hadirnya NFC. Bukan hanya itu saja sebenarnya, masih ada 6 kelebihan lainnya yang perlu kamu tahu, Apa saja sih? Berikut ulasannya

1. Desain Bodi yang sangat Apik

desain bodi apik redmi note 9

Seperti pendahulunya, Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini juga memiliki kelebihan untuk desainnya. Hal ini tentu sudah tidak diragukan lagi ya, sebab smartphone keluaran dari Xiaomi selalu menonjolkan aspek desain sebagai salah satu prioritas mereka, hal ini tentu karena target mereka ingin mengincar anak muda yang biasanya mencari smartphone kekinian dengan desain yang trendi dan stylish.

Nah di Redmi Note 9 Pro ini sebenarnya telah mempertahankan arah desain Aura Balance yang serba baru, selain itu Desain pada Smartphone ini dibawa sejak Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 8, ya ketiganya tidak berbeda jauh lah.

Mungkin desain yang menarik dan stylish dapat diwujudkan oleh pihak Xiaomi, namun untuk tetap menjaga dan tetap bersih bodi belakangnya ini adalah salah satu tugas berat. Nah mungkin masalah ini sudah diatasi oleh Xiaomi berkat panel belakangnya yang terbuat dari kaca sehingga terlihat sangat mengkilap bahkan saking mengkilapnya nih pantulan dari kacanya bisa kamu lihat lo (cermin darurat :v), selain itu ada juga pelindung dari Corning Gorilla Glass 5 yang sangat kuat.

Selain itu varian warna yang ada juga sudah tidak lagi menggunakna tipe gradien color, jadi hal ini tampak begitu minimalis namun tetap seperti premium. Ada tuga pilihan warna solid, yakni Tropical Green, Glacier White, dan Interstellar Grey.

Oke kita bahas hal-hal yang terlihat dari Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini. Pertama adalah modul kamera yang dipasang di area center bodi belakangnya, ini sama seperti seri sebelumnya yang memiliki modul yang diletakkan ditengah, namun bedanya kali ini yang ada dibawah frame kamera bukan lagi sidik jari, tetapi Flash. Modul kamera juga sedikit menonjol disana.

Lalu diamana sidik jarinya? seperti layaknya smartphone kelas flagship, Xiaomi Redmi Note 9 pro ini mengalihkan sensor sidik jari di samping bodi, yang terintegrasi juga dengan tombol power smartphone. Jadi kamu bisa menyalan smartphone dan bisa juga mengalih fungsinya menjadi sidik jari.

2. Kualitas Layar yang bagus dan Ukuran panel yang besar

layar 6,67 inci redmi note 9

Ada beberapa hal yang meningkat pada aspek layar Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini, dengan mengemas layarnya menggunakan IPS LCD berukuran 6,67 inci yang memiliki desain tanpa poni. Kalau seri sebelumnya memiliki punch hole di ponjok samping, namun untuk smartphone terbarunya ini letak dari frame kamera depan di ubah ke tengah.

Selain itu Resolusi dari layarnya pun juga sudah Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dengan kerapatan piksel sebesar 395 ppi dan rasio aspek 20:9. Stop sampai disini saja kita sudah bisa mengetahui kalau memag benar Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini sangat unggul pada ukuran layar yang lebar.

Untuk proteksi juga jangan khawatir, Xiaomi Redmi Note 9 pro sudah dibekali dengan lapisan pelindung dari Corning Gorilla Glass 5 seperti yang diterapkan juga pada bodi belakangnya. Walau sudah dibekali Gorilla Glass, layar dar Redmi Note 9 pro ini nyatanya juga memiliki lapisan anti gores tambahan yang membuatnya tambah kuat.

Hal lain yang menjadi kelebihan lainnya pada aspek layar adalah dukungan HDR10 yang mampu menampilkan konten dengan kualitas 1080p dari YouTube. Hal lain yang meningkat juga soal kecerhaan layar, jika sebelumnya kita memasukukan kecerhan layar yang kurang sebagai kekurangan Redmi Note 9, kali ini saya bisa menyertakan aspek kecerahaan sebagai keunggulan, Mengapa? sebab Smartphone ini mampi meraih 456 nits untuk kecerhaannya sedangkan mode Auto bisa mencapai tingkat makimal sebesar 616 nits.

3. Kapsitas Baterai 5020 mAh

kapasitas baterai 5020 mah redmi note 9 pro

Sebagai salah satu generasi yang hidup ditengah marak teknologi, tentu kita banyak sekali dimudahkan dengan namnya Smartphone. Segala hal pasti dilakukan dengan samrtphone, seolah-olah perangkat ini sudah lengket di tangan kita. Namun pernahkan kamu merasa kurang jika baterai smartphone tiba-tiba habis dan kamu perlu mencari colokan untuk mengisi daya.

Eitss tenang, untuk kamu yang ingin mencari smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, Xiaomi Redmi Note 9 Pro bisa menjadi rekomendasi nih buat kamu. Sebab Smarpthone ini ditenagai 5.020 mAh baterai. Tentu angka ini meningkat daripada seri pendahulunya yakni Redmi Note 8 Pro yang hanya 4500 mAh saja. baterai sebesar ini tentu kamu sudah bisa menebak dan membayangkan, betapa kamu bisa memanfaatkan Redmi Note 9 Pro ini untuk aktivitas mu sehari-hari.

Seberapa lama sih daya tahan baterainya? Dikutip dari laman resmi Xiaomi, Smartphone ini mampu bertahan selama 13 Jam untuk bermain game, 33 Jam untuk telepon, 16 Jam untuk navigasi terus menerus, dan 147 Jam untuk pemutaran musik.

Kapasitas Besar, Daya tahan cukup, selanjutnya kita akan membahas pengisian ulangnya. Xiaomi Redmi Note 9 pro menggunakan kemampuan fast charging berdaya 30W, yang dalam pengetesannya mampu mengisi sampai 50% dalam waktu 30 menitan, Sedangkan untuk penuh atau 100% membutuhkan waktu sekitar 84 menit.

4. Performa kencang dengan Chipset bertenaga

snapdragon 720 redmi note 9 pro

Selain baterainya yang besar tentu kita juga mengharapkan performa dari Redmi Note 9 Pro ini juga sanggup memuaskan, sebab siapa sih yang tidak mau baterai sudah besar dan tahan lama tentu perfroma juga harus mendukung agar bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti bermain game-game berat, atau mutitasking sehingga menjadi mulus tanpa lemot.

Benar saja, saya cukup senang dengan keputusan Xiaomi menggunakan chipset dari Qualcomm Snapdragon 720G. Tentu ini adalah hal yang berbeda jika kita bandingkan dengan pendahulunya, seperti Remdi Note 8 Pro yang menggunakan Mediatek Helio G90T atau seri sebelumnya yakni Redmi Note 9 yang juga menggunkan chipset dari Mediatek Helio G85.

Snapdragon 720G ini memiliki kombinasi dua inti Kryo 465 Gold, dan enam inti Kryo 465 silver. Untuk tugas grafis, chipset ini dibarengkan dengan GPU Adreno 618. Selain itu chipset ini juga dibangun diatas proses manufaktur 8nm.

Baca Juga : 6 Rekomendasi HP Spesifikasi Snapdragon 662 Terbaik

Beralih kita akan bandingkan nih Skor AnTuTu 8 yang dapat diraih Snapdrgon 720G ini. Hasilnya adalah Xiaomi Redmi Note 9 Pro mendapatkan 279.625 poin diatas generasi sebelumnya yang hanya 279.335. Memang benar kedua smartphone ini memiliki skor yang hampir sama, ya ini tentunya di sebabkan oleh kemampuan Snapdragon 720G yang hampir sama dengan Helio G90T

Lalu bagaimana kesimpulan dari performa Xiaomi Redmi Note 9 Pro? Oke kita bisa terima smartphone in menawarkan banyak keuntungan apalagi diharga yang cukup murah, salah satunya perfroma yang mampu memberikan kinerja tinggi.

5. Quad camera 64 MP yang memukau

quad camera

Xiaomi Masih menggunakna rangkaian kamera yang sama seperti seri pendahulunya, yakni dengan konigurasi Quad-camera. Namun yang membedakan disini adalah resolusi yang diberikanya. Nah sebelumnya, perlu kamu tahu Xiaomi merupakan salah satu vendor smartphone yang sering membekali perangkatynya dengan lensa beresolusi besar, yaa kita tahu lah Xiaomi juga banyak mengincar anak-anak muda yang tentunya suka dengan namnya Fotografi, Tentu hasil foto yang bagus menjadi prioritas mereka.

Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini hadir sebagai solusi, Quad-camera nya memiliki spek yang cukup oke lo. kamera utamanya menggunakan sensor 64 MP dengan filter Quad-Brayer, sensor yang digunakannya ini memiliki piksel piksel 0,8µm dan aperture f/1.9. Yang outputnya bisa menghasilkan foto setara 16 MP.

  • Kamera ultra-wide, dengan resolusi 8 MP dan aperture f/2.2 lensa ini mampu menangkap gambar dengan sudut 119 derajat.
  • Kamera Makro, yang memiliki resolusi 5MP dengan piksel 1,12µm dan aperture f/2.4. Lensa ini mampu menangkap gambar dengan close-up secara brilian. Hasilnya juga bagus lo, gambar yang dihasilkan begitu detail, tajan, dan blurnya sangat mantap.

Dan yang terakhir adalah kamera kedalaman atau depth dengan resolusi 2MP saja. Kalau bisa saya berikan kesimpulan pada konfigurasi kamera belakangnya ini, Xiaomi Redmi Note 9 pro menurut saya sudah cukup bagus apalagi direntang harganya yang cukup terjangkau kamu bisa mendapatkan kemampuan fotografi yang maksimal dan brillian.

Beralih ke kamera selfie, yang memiliki resolusi 16 MP dengan filter Quad-brayer. Hasil yang diberikan lensa ini cukup bagus, HDR berfungsi dengan baik dan sesuai kebutuhan seperti yang kita inginkan, warna dan kontras sangat bagus.

6. Kapasitas RAM yang besar

RAM 6 GB 8 GB redmi note 9 pro

Kamu tipe orang yang sering membuka banyak aplikasi dalam satu waktu di samrtphone? kamu tipe orang yang sering menggunakan smartphone untuk multitasking? mungkin smartphone dengan kapasitas RAM yang besar adalah salah satu prioritas yang kamu inginkan. Sebab dengan ini kamu bisa menggunakan samrtphone dengan mulus dan tanpa lemot. RAM yang besar juga akan membuat aktivitas gaming kamu menjadi maksimal.

Jika digenerasi Xiaomi Redmi Note 8 pro hanya membekali dua varian smartphonenya dengan 4 GB dan 6 GB RAM saja, namun di generasi terbaru kali ini kapasitas meningkat lebih besar yakni pilihan 6 GB dan 8 GB. Selain itu perbedaan harga dari varian tersebut juga tidak terlalu lebar, hanya 400 ribu saja.

7. Sudah mendukung NFC

mendukung NFC redmi note 9 pro

Akhirnya di seri berikutnya ini, Xiaomi Redmi Note 9 Pro membekali smartphonenya dengan teknologi NFC. tentu ini adalah sebuah peningkatan, kenapa? sebab kalau kita bandingkan dengan seri sebelumnya, Asbennya NFC menjadi salah satu kekurangan yang nampak. Namun saya mungkin ini adalah strategi dari Xiaomi sendiri, dimana setiap model Pro selalu dibekali spek yang lebih salah satunya NFC ini.

Baca Juga : 15 HP Xiaomi yang Mendukung NFC Terbaru

Dijaman sekarang NFC bukan hal yang asing lo didunia teknologi, kemampuannya mampu memudahkan kita dalam aktivitas. Jadi kamu bisa mentransfer data dari satu pernagkat ke perangkat lainnya dengan proses Nirkabel atau tanpa kabel. Saat ini adapun juga alat khusus yang biasanya digunakan untuk transaksi, jadi caranya ini cukup mudah kamu hanya perlu mendekatkan samrtphone dengan mesin tersebut sehingga proses transfer data bisa dilakukan. Biasanya sih ada di toko-toko besar atau toll yang memungkinkan kamu untuk mengecek saldo maupun bertransaksi.

Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Beberapa  kelebihan diatas mungkin sudah bisa membuat kita terkagum dengan Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini, saya juga begitu smartphone ini tampaknya sangat meyakinkan. Eitss jangan salah, ada beberapa hal juga lo yang menjadi titik kekruangan dari Redmi Note 9 Pro, untuk mengetahuinya ini dia pembahasannya.

1. Refresh Rate hanya 60 Hz

refresh rate 60 hz redmi note 9 pro

Kita bisa melihat diatas, aspek layar ini sebenarnya menjad keunggulan daripada Xiaomi Redmi Note 9 pro ini, tingkat kecerhaannya, ukuran layarnya, desainnya, pelindungnya, dan lain sebagainya mungkin terdengar sangat mengesankan.

Namun ada satu hal yang saya rasa kurang, layar dari samrtphone ini hanya mendukung Refresh Rate di angka 60 Hz saja. Tentu ini menjadi kabar yang kurang menyenangkan untuk kamu yang suka bermain game atau menonton film. Lho kenapa? sebab kalau kita tahu refresh rate ini adalah pergerakan suatu konten pada layar, lebih tinggi tentu akan lebih mulus dan lancar. 60 Hz disini artinya 60 kali perdetik laju penyegeran yang dilakukan.

Refresh rate di Xiaomi Redmi Note 9 pro juga tidak meningkat dari generasi sebelumnya yakni Note 8 pro yang sama-sama masih menggunakan 60Hz. Padahal di rentang harga yang sama yakni Rp 3 jutaan, sudah banyak lo yang menggunakan refresh rate 90 Hz atau 120 Hz.

Contoh saja dari vendor yang sama yakni Xiaomi, smartphone Poco X3 NFC dengan harga yang sama sudah mendukung Refresh Rate 120Hz. Ada juga generasi berikutnya yakni Redmi Note 10 pro, yang sudah menggunakan 90Hz dan sama-sama hadir juga di harga 3 jutaan.

2. Belum ada Speaker Stereo

speaker streo redmi note 9 pro

Sayang sekali direntang harga Rp 3 jutaan Xiaomi Redmi Note 9 Pro belum dibekali dengan teknologi Speaker Streo, padahal banyak kompetitor sebelah yang sudah menerapkan speaker stereo ini pada smartphonenya.

Nah apa sih fungsi dari speaker ini? Menurut Wikipedia sendiri, stereo atau stereofonik adalah suara yang menggunakan lebih dari satu saluran atau multiarah melalui susunan konfigurasi pengeras suara yang diolah secara simetris. Hasilnya adalah pengalmaan mendengarkan yang lebih natural dan menyenangkan.

Namun saya ada sedikit solusi untuk kamu yang ingin merasakan kekuatan dari Auido Stereofonik. Kamu bisa mencari di Spotify misalnya playlist dengan judul “Stereo Panning Songs“, atau juga bisa lagu-lagu dari penyanyi ternama yang menggunakan suara stereo ini pada lagunya, seperti lagu “Lately” dari Nuages dan “Say You Will” dari Kanye West. Tetapi jangan lupa jika kamu ingin merasakan sensasi yang benar-benar berbeda, dengan catatan silahkan gunakan earphone, headset, atau headphone (wajib ya).

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 Pro

harga dan spesifikasi redmi note 9 pro
  • Nama : Xiaomi Redmi Note 9 Pro
  • Rilis: Juni 2020
  • Bobot : 209 gram
  • Layar: IPS LCD 6.6 inci, Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi : 1080 x 2400 piksel, screen ratio 84, 5%
  • Sistem Operasi : Android 10, MIUI 11
  • RAM : 6 GB dan 8 GB
  • Memori Internal : 64 GB dan 128 GB
  • Chipset :  Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU :  Adreno 618
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), dan 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5020 mAh non-removable, Fast Charging 30 W

Kesimpulan

Sebagai penerus dari Xiaomi Redmi Note, tentu Xiaomi terus meneruskan tren baik dengan membekali setiap samrtphone terbarunya dengan spesifikasi yang cukup tinggi namun tidak lupa ia juga membandrol harga smartphone dengan sangat terjangkau di indonesian, Hal inilah yang membuat Xiaomi Redmi Note series tidak pernah sepi peminat.

Seperti yang sudah kamu baca diatas, kalau kita lihat daftar kelebihan dari Xiaomi Redmi Note 9 Pro, tentu kita bisa melihat ada banyak aspek yang di upgrade dari versi sebelumnya. Meskipun bukan yang terbaik di kelas menengah, namun Smartphone ini sanggup bersaing juga dengan kompetior lainnya. Baterai yang berkapasitas besar seingga mampu bertahan lama dan juga fast charging yang diupdate ke daya yang lebih cepat, Kualitas Lensa kamera yang dapat menangkap gambar dengan sangat apik, Performa yang meningkat berkat chipset Snapdragonnya, dan masih banyak lagi hal-hal yang mungkin menarik dari Redmi Note 9 Pro ini.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.