Strategi Membangun Personal Branding di Facebook

Cara Promosi Merek di Facebook – Pengguna Facebook kian hari kian bertambah banyak. Media sosial ini menjadi magnet bagi para pengguna lewat berbagai macam fitur yang dibuatnya. Platform ini memang dirancang untuk mempertemukan seseorang lewat sebuah forum. Dimana forum ini berisi profil lengkap dari pengguna dalam melakukan percakapan antar muka ataupun lewat status yang diberikan oleh pengguna lain.

Selain itu, Facebook juga memiliki berbagai macam pilihan fitur yang dapat membantu pengguna untuk bisa saling berkomunikasi. Sementara itu fitur Facebook ternyata dapat digunakan dalam kegiatan bisnis online dan bahkan mengiklankan produk. Jejaring sosial ini pasti sangat disukai oleh para pengguna karena kemudahan dalam melakukan penjualan produk kepada konsumen dengan cara menampilkan iklan di Facebook.

Branding on facebook

Kesuksesan Facebook tentunya dikaitkan bagaimana cara untuk mencoba tampil beda bagi pengguna terhadap media sosial lain. Kemudahan mendapatkan informasi yang didapatkan juga cukup cepat dan akurat. Sehingga jejaring sosial ini menjadi gaya hidup masa kini.

Karena kepopulerannya inilah banyak sekali situs-situs diluar sana berusaha saling terintegrasi kepada Facebook secara langsung. Mereka bekerjasama dengan menampilkan simbol Facebook pada setiap konten yang ditampilkan. Entah berupa tombol share atau kotak fanpage di bilah sisi kanan situs mereka.

  • Facebook Bagi Pemula – Untuk pemula Facebook sebagai media sosial baru yang memilih berbagai fitur menarik didalamnya. Dimana setiap pengguna baru bisa menyesuaikan berbagai kebutuhan mereka mulai dari perubahan profil dan pembuatan status yang setiap saat dapat digunakan oleh para Pemula untuk mengabarkan berbagai macam informasi.
  • Menjalankan Bisnis Online – Halaman Facebook tentunya dapat digunakan untuk kegiatan pemasaran produk anda. Disini anda dapat tetap terhubung dengan berbagai customer sehingga dapat meraih lebih banyak keuntungan.

Facebook Untuk Keperluan Bisnis

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mempercayai Facebook sebagai media sosial yang paling maju untuk memperkenalkan berbagai macam jenis produk. Facebook juga sangat berperan terhadap penunjang bisnis anda. Biaya beriklan yang lebih mudah dan murah tentang menjadi alasan Facebook mulai kembali dilirik oleh beberapa pembisnis online.

Meskipun sekarang banyak bermunculan sosial media di ranah internet. Namun, Facebook masih memiliki ruang tersendiri bagi pembisnis untuk melakukan sebuah penjualan. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi ataupun bisnis menganggap promosi di dalam Facebook lebih menguntungkan dibanding dengan promosi iklan di media lain.

Karena media sosial asal paman sam ini memiliki populasi pengguna aktif yang sangat besar. Bahkan melebihi penduduk China sekalipun. Disamping itu, proksinya dapat membuat keuntungan bisnis anda menjadi sangat besar. Nah, jika anda ingin memasarkan produk dengan audiens yang tepat maka Facebook adalah platform yang tepat untuk bisnis anda.

Perlunya Membangun Personal Branding Di Facebook

Media sosial seperti Facebook sudah bukan rahasia lagi  menjadi salah satu media sosial paling populer setelah Instagram, Twitter, dan WhatsApp. Penggunanya memiliki berbagai macam karakteristik yang beragam. Ada pengguna yang menyukai tentang otomotif, bisnis, parenting, musik, dll.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Online di Instagram

Dengan menggunakan media sosial buatan Mark Zuckerberg ini anda dapat berinteraksi lebih intens kepada customer yang ada di Facebook. Mengingat dunia maya dihuni oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab. Maka disini tugas anda dalam membangun sebuah branding yang pertama yaitu terlebih dahulu percaya terhadap produk yang anda tawarkan.

Selain itu, dalam membangun branding anda wajib menampilkan identitas diri dengan memberikan informasi tentang bisnis anda, maka customer lebih mengenal lebih dalam latar belakang bisnis anda. Bagikan informasi yang berharga untuk menarik perhatian para customer.

Membangun reputasi di media sosial tentunya sangat penting dan tergantung dengan cara anda berkomunikasi dan apa yang disampaikan. Pembisnis online dalam melakukan branding dapat dilihat dari bagaimana anda cara berperilaku, Siapa saja orang yang kenal dan terhubung dengan anda, Informasi yang anda bagikan ke orang lain, Informasi tentang anda yang dibagikan oleh orang lain.

Setelah  membangun personal branding anda juga perlu mempromosikan produk yang perlu anda tawarkan. Untuk itu sebagai pembisnis online anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mempromosikan produk anda di Facebook.

Cara Branding Produk di Facebook

Beberapa tahun terakhir Facebook marketing begitu pesat dalam menampilkan beberapa produk yang ditawarkan. Permasalahannya sendiri terletak pada pertumbuhan informasi online di Indonesia masih sangat lambat. Jadi panduan yang dilakukan masih terkesan ketinggalan zaman daripada yang ada di luar negeri. Untuk itu dibawah ini ada beberapa panduan untuk Mempromosikan produk di Facebook dengan mudah dan gampang:

1. Buat page yang menarik

Page Facebook sama seperti toko berjalan, jika kurang menarik orang pun akan malas berkunjung. Dalam menggunakan page yang menarik anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti menggunakan nama merek untuk melakukan branding. Jangan sekali-kali menggunakan jenis produk/layanan sebagai nama, singkat dan hanya 2-3  kata paling optimal lalu pisahkan dengan spasi.

Kemudian lengkapi profil picture supaya tampilan profil Facebook anda lebih menarik. Selain itu, cover juga dibutuhkan untuk menarik perhatian para pengunjung Facebook dengan tampilan gambar resolusi tinggi. Setelah melengkapi profil lengkap anda juga perlu menjelaskan tentang bisnis anda dengan kata-kata yang menarik.

2. Tentukan Target Calon Customer

Ketika anda terjun ke dunia marketing maka hal utama yang perlu anda perhatikan adalah menentukan target dari customer. Hambatan yang sering dihadapi oleh para pembisnis online yaitu adanya kesulitan untuk menerapkan strategi yang ampuh untuk dapat meraih simpati dari para customer. Kesalahan lainnya yaitu adanya bahasa yang kurang pantas ketika menawarkan produk. Sebaiknya dalam menentukan target calon customer anda perlu memperhatikan postingan yang akan anda kirim ke laman Facebook. Jadi intinya adalah kita perlu memahami konten yang pantas untuk dibagikan.

3. Optimasi blog untuk Facebook

Menawarkan produk yang ditawarkan oleh anda tidak cukup dengan menampung lewat Facebook saja. Anda juga perlu menggunakan website sebagai pemasaran produk yang akan anda tawarkan. Optimasi website untuk Facebook sangat penting sekali untuk menunjang keberhasilan bisnis online anda. Tentunya kita juga ingin supaya website kita di share dengan gambar dan resolusi yang pas.

Hal ini supaya website anda lebih dikenali oleh para customer yang akan membeli produk anda. Untuk itu ada beberapa meta tag yang harus anda pasang di website anda. Meta tag ini bisa anda gunakan jika meng-install WordPress dengan Yoast SEO. Dengan plugin ini anda bisa masukan ke meta tag dengan kalimat yang menyangkut produk yang anda tawarkan.

4. Berpartisipasi di Grup Populer

Setelah secara rutin anda memposting produk yang anda tawarkan di Facebook namun masih belum ada yang memberikan komentar atau like. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi para pembisnis. Jika anda hanya memposting di Facebook saja tanpa adanya strategi tentunya membuat customer akan merasa bosan dengan postingan yang setiap hari posting.

Untuk itu perlu adanya cara agar customer atau pembeli produk anda bisa tertarik kepada produk anda. Salah satunya dengan berpartisipasi di beberapa grup Facebook yang menjual berbagai macam produk. Disitu anda bisa memposting produk dengan mudah dan gampang tanpa harus bingung mendapatkan komentar atau like.

Alangkah baiknya dalam mencari group Facebook usahakan sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Selain itu, saat akan memposting produk sebaiknya pahami aturan yang ada pada grup tersebut supaya tidak dikeluarkan.

5. Analisa performa page

Langkah selanjutnya setalah melakukan postingan di grup dan sudah menampilkan konten Dengan banyak. Disitu anda akan mendapatkan interaksi dari para pengguna Facebook. Sehingga anda mulai merasa bahwa postingan yang anda posting mendapatkan berbagai komentar dan like tapi belum tentunya masih sedikit. Hal ini pastinya anda perlu pelajari sebagai seorang pembisnis online.

Memang ada beberapa postingan yang dapat menarik minat para pengguna Facebook untuk melihatnya atau tidak. Caranya supaya postingan anda mendapatkan share,like dan komentar yang banyak sebaiknya memposting dengan kalimat yang menarik. Maka dari itu kita perlu memahami analisis. Ada beberapa analisis yang bisa anda gunakan seperti jam berapa seorang pengguna Facebook online, hari apa saja yang memiliki banyak follower dll.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara promosi atau branding di Facebook dengan mudah.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.