9 Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Online di Instagram

Social Media adalah hal yang sudah umum dan lazim digunakan banyak orang saat ini. Selain mudah dipahami dan digunakan, social media memungkinkan setiap orang berinteraksi dengan cepat dan mudah. Dengan perkembangan teknologi dan kemajuan lainnya, social media terus dikembangkan oleh perusahaan pengembangnya. Salah satu social media yang sering digunakan banyak orang saat ini ialah instagram.

Selain untuk bersosialita di dunia maya, Instagram dapat dipakai sebagai media jualan online. Banyak orang telah menggunakan Instagram sebagai media olshop mereka. Dengan Instagram mereka berjualan dan mengenalkan produk mereka ke calon pembeli.

Tak jarang trafik penjualan mereka mengalami kenaikan setelah menggunakan Instagram sebagai media olshop mereka. Namun, tak sedikit pula yang mengalami kesulitan dalam mengawali bisnis mereka dalam berjualan di Instagram. Hal itu bisa disebabkan karena keragu-raguan, kurang percaya diri, dan kurang teliti dalam mengambil langkah saat berjualan online di Instagram.

jualan di instagram

Bagaiman cara meningkatkan penjualan di Instagram? Berikut ini beberapa cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk Anda di Instagram:

1. Ubah Akun Instagram Anda Menjadi Profil Bisnis

Segera ubah akun personal Anda menjadi Instagram For Business. Banyak fitur bermanfaat buat perkembangan bisnis online Anda.

Dengan profil bisnis Anda dapat lebih meningkat Trustworthiness kepada calon pelanggan. Disini Anda juga bisa mengimpelmentasikan bagaimana cara pelanggan menghubungi Bisnis Anda melalui tombol kontak dan petunjuk arah.

Pelanggan Anda bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dan menghubungi Anda melalui telepon, Whatsapp, Email, atau google maps. Dengan profil bisnis Anda juga bisa melihat Insight dan berbagai teknik untuk promosi lainya.

2. Kreasikan Postingan yang Menarik

Postingan yang menarik tentu akan memberi kesan penasaran bagi orang yang melihatnya. Berikan polesan sedikit pada foto atau video yang Anda posting. Pastikan untuk memilih dan memilah foto terbaik (jangan semua foto Anda post). Hal itu memancing mereka penasaran untuk membuka profil IG Anda dan membuka peluang semakin besar untukĀ meningkatkan jumlah follower IG Anda.

3. Great Time to Post

Maksudnya ialah tentukan waktu dan berapa banyak postingan dalam sehari. Usahakan jadikan postingan Anda berkualitas dan tepat sasaran. Tidak terlalu banyak memposting untuk promosi produk juga merupakan strategi yang tepat. Jika Anda terlalu sering memposting promosi produk Anda, justru membuat follower Anda jenuh karena timeline mereka penuh oleh postingan promosi Anda.

Sesekali Anda bisa memposting sesuatu yang menarik dan unik untuk menyegarkan pikiran dari para followers. Misalkan fakta-fakta unik yang tak jauh berkaitan dengan apa yang Anda jual. Secara tidak langsung, maka akan muncul pola piker di benak orang yang melihat postingan Anda bahwa produk Anda diperlukan. Ingat! Jangan terlalu sering post tentang produk Anda secara langsung! Buatlah seperti tersirat!

4. Selalu Berikan Tanggapan pada Setiap Komentar

Tak menutup kemungkinan setelah postingan menarik Anda upload akan ada like dan komen dari follower Anda. Nah, di sini cukup penting untuk memberikan respon terhadap komentar yang muncul. Secara psikis ini mengangkat respect dan rasa dihargai dari orang tersebut. Selaras dengan itu akan membuat mereka untuk senantiasa mengikuti hal-hal update dari Anda. Penting bukan?

5. Gunakan Banyak Hashtag yang Relevan

Ini fitur yang memudahkan di Instagram. Dengan hashtag, maka Anda akan dipertemukan dengan pelanggan yang mencari produk sesuai apa yang mereka inginkan. Dengan hashtag yang tepat dan banyak pula, maka produk Anda akan mudah ditemukan oleh pemburu produk di Instagram.

6. Jangan Ragu Melayani Pelanggan yang Request DM

Terkadang ada pelanggan yang ingin secara pribadi mendiskusikan produk Anda lewat DM. Maka, layanilah dengan baik dan percaya diri. Berikan keesan yang nyaman bagi pelanggan melalui cara Anda menjawab pertanyaan mereka. Dengan ini, maka mereka akan tertarik untuk membeli produk Anda.

7. Berikan Promo Khusus Untuk Menarik Banyak Peminat

Berikan penawaran yang menarik untuk follower Instagram Anda. Karena follower adalah calon customer yang akan membeli produk Anda nantinya. Jangan ragu untuk memberikan penawaran-penawaran supaya mereka tertarik dengan produk Anda. Bagaimana caranya? misal, Anda memberikan promosi khusus seperti potongan harga, gratis ongkir, antar gratis, garansi, klaim retur, bahkan memberikan secara cuma-cuma pada produk dengan syarat tertentu. Jika mereka belum tertarik, setidaknya bikin mereka untuk menggunakan hastag, share dan like produk yang kita posting sebagai syarat mendapatkan free gift dari produk tertentu.

8. Follow Akun Instagram Orang Lain

Saat memulai menggunakan Instagram sebagai media mempromosikan produk, sebaiknya follow akun IG orang lain terlebih dahulu. Ikuti akun mereka yang berkaitan dengan bisnis Anda. Anda juga bisa menggaet para influencers yang relevan dengan bisnis Anda. Ingat! follow akun yang memiliki minat atau kesamaan demografis terkait bisnis Anda!

Sebab Instagram sendiri memiliki Demografis yang beragam, untuk itu Anda harus tahu seperti apa target Audience Anda. Kemudian perkuat kehadiran bisnis Anda dengan memberikan hastag. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak follower Instagram dengan meninggalkan komentar di foto-foto akun dan mem-follow mereka yang terlibat dalam percakapan tersebut.

9. Kerja Sama dengan Influencer

Terkadang akan sulit membuat toko online Anda langsung populer di Instagram. Kerja sama dengan toko lain yang sudah lama dan punya banyak follower akan membuat toko Anda ikut terkenal. Atau bahkan Anda bisa memberikan fee kepada influencer seperti selebgram yang memiliki banyak follower untuk menaikan brand Anda.

Demikian cara-cara mudah untuk meningkatkan penjualan di Instagram. Dengan menerapkan langkah yang tepat, maka bisnis olshop Anda akan mengalami kemajuan yang signifikan untuk masa mendatang.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *