6 Cara Cepat Laris Jualan Online di Instagram Untuk Pemula

jualan online instagram

Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan trafik penjualan ialah memperluas pangsa pasar. Cara memperluas pangsa pasar di antaranya ialah menambah channel untuk memberikan info kepada calon pelanggan. Jika Anda seorang entrepreneur yang sedang berkembang, tentu Anda menerapkan hal tersebut untuk kemajuan bisnis Anda.

Social media terus mengalami kemajuan baik dari segi pengguna maupun dari fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Mulai dari facebook, twitter, sampai dengan Instagram memiliki kemampuan dan keunikan untuk dijadikan sebagai media olshop (online shop). Dan di antaranya yang memiliki keunikan khusus ialah Instagram.

Instagram terus berkembang dari waktu ke waktu. Berbagai kalangan menggunakan socmed yang satu ini untuk menjelajah berbagai foto menarik dan semacamnya di dunia maya. Dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, maka menggunakan Instagram sebagai media olshop adalah pilihan terbaik jangka panjang.

Terlalu fokus pada cara meningkatkan jumlah follower, tak punya target, dan tak punya brand voice adalah hal-hal yang sering dilakukan oleh pemula dalam menjalankan olshop di Instagram. Padahal, sebenarnya hal-hal tersebut sangat tidak tepat dilakukan dan tentu tidak akan membawa kemajuan pada bisnis olshop Anda di Instagram. Langkah-langkah atau cara mudah yang tepat untuk berjualan online di Instagram ialah:

1. Tentukan Audience

Target pasar. Iya, tepat sekali. Seorang entrepreneur tentu tahu hal ini. Tak hanya target pasar dalam offline shop, online shop juga harus memiliki target pasar yang jelas dan spesifik. Untuk dapat menentukannya, biasanya dapat kita lakukan dengan memetakan produk yang kita jual cocok untuk siapa. Menentukan target audience sangatlah penting. Hal ini menjadi basic atau dasar Anda membuat profil dan memposting suatu foto atau gambar dengan caption yang link & match dengan target audience Anda.

2. Buat Akun IG Bisnis

Memiliki akun Instagram tentu menjadi syarat awal Anda berjualan di internet. Tetapi, Anda perlu memiliki akun Instagram khusus untuk berjualan agar Anda memperoleh fitur-fitur khusus dan unik dari socmed yang satu ini. Meskipun dengan akun IG biasa Anda tetap bisa berjualan, namun akun IG bisnis memberikan peluang lebih bagi Anda untuk mendekatkan kepada calon konsumen. Dan enaknya, akun IG bisnis juga dapat diperoleh secara gratis dan user friendly.

3. Buat Konten Postingan yang Menarik

Perlu diingat! Tidak harus konten yang Anda posting adalah produk yang Anda jual. Sesekali bawalah follower Anda menuju ke alunan pemikiran tentang topik-topik unik yang sedikit atau banyak berhubungan dengan produk yang Anda jual. Dengan demikian, customer akan merasa butuh dan akhirnya membeli produk yang Anda jual.

4. Gunakan Hashtag

Hashtag atau tagar adalah fitur yang unik dan sederhana untuk menyaring pelanggan yang berminat untuk melihat produk-produk Anda. Dengannya, akan mudah bagi pelanggan mencari postingan yang Anda buat. Jadi, buatlah hashtag yang tepat dan cocok.

5. Diskon vs Giveaway

Jangan ragu untuk memberi diskon ataupun giveaway. Langkah ini sangat tepat bagi usaha online yang sedang berkembang untuk kemajuan ke depan.

6. Upload Testimoni Pembeli

Buatlah sesuatu yang meyakinkan calon pembeli salah satunya ialah dengan upload testimoni pembeli sebelumnya. Hal ini tentu memberikan citra baik bagi olshop yang Anda miliki dan sangat ampuh dalam meningkatkan penjualan di Instagram.

Begitulah beberapa cara berjualan di Instagram yang tepat dan mudah bagi pemula. Sebuah usaha tak akan menjadi besar seketika. Butuh waktu dan proses yang tepat. Termasuk usaha jualan online di Instagram. Kesabaran dan ketekunan menjadi kunci keberhasilan. Selamat mencoba!

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *