Keunggulan Fitur Instagram TV (IGTV), Strategi Perkuat Bisnismu

 

fitur igtv

Instagram, social media rintisan dari Kevin Systrom dan Mike Krieger ini menjadi booming dan populer akhir-akhir ini. Diperkirakan milyaran pengguna baru akan menggunakan social media yang satu ini. Trafik yang terus meningkat dari tahun ke tahun menjadikan Instagram terus dikembangkan oleh developernya.

Keunggulan dan inovasi Instagram yang saat ini telah ada salah satunya ialah IGTV. Aplikasi terbaru Instagram ini menjadi terobosan yang unik untuk pengguna Instagram agar bisa membagikan videonya dalam mode vertical dan berdurasi 10 menit. Awalnya, IGTV dibatasi hanya berdurasi maks 1 menit. Saat ini, durasi maksimal IGTV adalah 10 menit. Ke depan rencanannya akan ada peningkatan batas durasi yakni menjadi maksimal 1 jam dan juga ada kemungkinan fitur penambahan Instagram ads. Wow! Sungguh perkembangan yang signifikan dari Instagram ini.

Perkembangan yang terus meningkat dan jumlah pengguna yang kian meningkat menjadikan Instagram memiliki potensi besar untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Mengapa tidak? Melalui ini, usaha Anda akan lebih mudah dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas dan menjadi lebih cepat untuk populer. Dengan demikian, trafik penjualan produk atau jasa yang Anda jual tentu akan meningkat.

Baca juga: Cara Cepat Laris Jualan Online di Instagram

Selain durasi maksimalnya yang cukup panjang yakni 10 menit, Instagram saat ini juga memiliki fitur-fitur yang komunikatif dan mudah digunakan. Fitur-fitur itu di antaranya:

  • For you : merupakan konten video yang direkomendasi oleh Instagram terkait apa yang Anda sukai.
  • Following : merupakan konten video yang Anda bisa lihat berdasarkan akun yang Anda ikuti.
  • Popular : merupakan konten video yang sedang viral maupun akun yang mempunyai konten yang popular disuatu waktu. Fitur ini kurang lebih sama dengan fitur Explore pada Instagram.
  • Continue Watching : merupakan konten video dimana Anda bisa melanjutkan menonton video-video yang sudah Anda buka sebelumya tapi belum sempat Anda selesaikan.

Dengan keunggulan fitur IGTV tersebut tentu bisnis Anda akan meningkat pesat. Pelanggan akan dengan mudah menemukan video Anda dan menontonnya. Selama Anda melakukan strategi yang tepat di IGTV, Anda akan memperoleh viewer yang terus meningkat.

Beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan keunggulan fitur IGTV sebagai media bisnis Anda antara lain:

1. Pilih Topik Untuk Channel Anda

Anda dapat menetukan topik apa saja yang akan Anda muat di dalam video Anda. Namun, perlu diketahui, topik yang Anda pilih harus sesuai dan konsisten pada video-video yang Anda posting berikutnya. Jangan membuat video dengan topik berbeda-beda yang membuat penonton tak paham konten apa yang Anda fokuskan.

2. Selalu Upgrade Konten Anda

Memberikan update pada konten yang Anda post di IGTV adalah hal yang penting untuk dilakukan. Usahakan update konten Anda tak jauh kaitannya dengan konten sebelumnya. Yang perlu dibuat beda ialah kreasi dan keunikan dari konten yang baru. Dengan hal tersebut video Anda akan lebih menarik dan memikat para penonton.

3. Susun Jadwal Untuk Mengunggah Video

Buatlah jadwal agar Anda dapat benar-benar fokus dengan video yang Anda buat berikutnya. Bila Anda teralu berkomitmen dengan jumlah upload yang banyak tapi tak memperhatikan kualitas dari video yang Anda upload maka hal itu salah dan merugikan bisnis Anda sendiri. Jangan memaksa diri untuk mengejar target video banyak dalam waktu singkat.

4. Manfaatkan Untuk Cross Promotion

Apa itu Cross Promotion? Secara sederhana, cross promotion adalah teknik mempromosikan tentang hal lain di dalam video yang Anda upload. Misal, Anda punya channel Youtube dan mempromosikannya di IGTV, itulah yang dimaksud cross promotion. Tak hanya channel youtube, socmed dan platform yang lain juga dapat Anda promosikan.

Demikian keunggulan yang tersedia di IGTV dan penerapannya dalam bisnis Anda. Dengan keunggulan dilengkapi langkah yang tepat, usaha Anda akan menjadi berkembang dan berkelanjutan seiring waktu berjalan.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *