11 Langkah Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Salah satu cara untuk menarik minat pembeli dalam dunia bisnis dibutuhkan sebuah pemasaran produk. Ada banyak cara dalam memasarkan produk, salah satunya dengan mengikuti yang sedang tren saat ini. Tingginya pengunaan sosial media masih membuat platform yang satu ini diyakini akan terus digunakan masyarakat dewasa ini.

Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk Anda. Meski demikian memasarkan produk di sosial media butuh teknik agar efektif.  Berikut strategi untuk memasarkan produk di sosial media.

1. Tentukan Tujuan Realistis Dalam Menggunakan Sosial Media

Target da tujuan dalam bisnis membantu untuk mengendalikan dan mendukung langkah-langkah yang akan ditempuh. Begitu juga dalam memanfaatkan sosial media, sebelum memutuskannya penting bagi Anda menentukan tujuan atas pilihan tersebut.

Budget bisa digunakan untuk menambah pengikut di sosial media, melakukan campaign hingga berkolaborasi dengan selebgram sebagai isi konten laman sosial media.

Selanjutnya Anda bisa melakukan riset target market yang Anda kehendaki dan sesuai dengan produk jualan. Tentukan rentang usia konsumen, kemdian hasil riset ini bisa digunakan untuk menentukan akun sosial media apa yang bisa Anda gunakan untuk promosi. Pilih akun sosial media yang banyak digunakan oleh target market Anda.

2. Putuskan Sosial Media Yang Akan Digunakan

Ada banyak platform sosial media yang bisa dimanfaatkan. Pilih satu yang dirasa digunakan hampir semua orang di Negara dan lingkungan Anda. Dan yang paling penting target market Anda banyak menggunakan akun sosial media yang dipilih.

Sehingga promosi akan berjalan secara efektif dan menjaring pangsa pasar yang telah ditargetkan. Setelah diputuskan coba fokuslah pada satu akun sosial media. Hal ini penting, ketimbang Anda menggunakan semua platform sosial media.

Perlu banyak biaya, tenaga dan tak jarang menjadi tidak fokus,sehingga berpotensi membuang waktu, dan tenaga.  jIka Anda di Indonesia menggunakan instagram atau facebook bisa jadi pilihan. Karena berdasarkan survey akun sosial media tersebut paling banyak digunakan. Fasilitas marketingnya juga cukup mendukung promosi produk.

Baca Juga : Panduan Facebook Marketing Lengkap Untuk Pemula

3. Membangun Brand Awareness

Melalui akun sosial media diharapkan konsumen mengetahui secara detail barang yang akan dijual. Mulai dari betuk hingga kualitas. Namun lebih dari itu kepercayaan konsumen atas brand Anda, menjadi hal utama yang wajib ditanamkan.

Ini bisa dilakukan dengan membangun brand awareness melalui sosial media. Gunkana kata-kata menarik dari setipa postingan. Anda bisa memanfaatkan yang sedang trend di dunia maya, kemudian dikombinasikan dengan pengenalan produk.

Untuk memiliki postingan yang bagus Anda perlu admin sosial media yang memiliki banyak skill. Mulai dari skill memilih kata, hingga desain yang menarik. Jadi Anda tak perlu banyak merekrut banyak sumber manusia.  

Tarik perhatian para netizen dengan menginformasikan atas identitas brand, informasi oproduk yan telah dikemas. Baik melalui gambar ataupun video. Untuk membanun rasa percaya diri juga bisa membagikan kegiatan di ruang produksi.

Tunjukkan bahwa produk Anda dibuat dengan dedikasi tinggi dan mengutamakan kualitas. Ini bisa jadi bahan pertimbangan konsumen saat ingin membeli produk Anda. Masih banyak dilakukan para brand-brand langkah ini dinilai tetap efektif, di tahun 2020 ini.

4. Cari Tahu Kompetitor Anda

Perkembangan sosial media sebagai platform promosi produk diamini oleh para pengelolanya. Tak hanya bisa memposting hal menarik, Anda bisa memanfaatkan layanan marketing pada plaform media sosial.

Ingat, ini Anda lakukan bukan untuk menjiplak, namun lebih untuk masukan, dan mengambil langkah yang tepat stratetgi apa yang akan Anda lakukan untuk produk Anda. Jadi coba analisa dan ambil kesimpulan atas konten milik competitor tersebut, baru tentukan konten macam apa yang cocok untuk produk terbaru Anda.

5. Buat Konten dan Lakukan Akurasi

Memiliki konten menarik saja  tidak cukup. Lakukan langkah berikutnya yakni lakukan akurasi atas konten milik Anda. Gunakan tools google seperti google ads ataupun menggunakan konten yang tekah diakurasi atau berdasarkan SEO.

Anda bisa mempeljari hal tersebut atau bisa juga menggunakan jasa para profesional. Anda bisa menemukannya secara freelance di platform-platform freelancer ataupun merekrut yang ahli dibidan tersebut. Secara rinci Anda wajib memonitor pemasaran yang Anda lakukan dan sejauh mana akurasi yang dilakukan efektif.

Untuk itu Anda perlu megetahui beberapa hal berikut ini:

  • Reach – Setelah diakurasi anda bisa mengetahui akurasi tersebut berjalan baik atau tidak dengan melihat jangakauan postingan Anda. Cari tahu seberapa jauh postingan tersebut menyebar di sosial media. Apakah akurasi benar-benar menjangkau target pasar.
  • Klik – merupakan jumlah total interaski sosial di dunia maya. Ini bisa melihat keterlibatandan interaksi siapa saja yang ikut melihat konte yang Anda bagikan. Dari klik ini juga bisa dilihat seberapa paham audience atas campigne yang sedang Anda bagikan.
  • Hastag – Kata-kata bertagar ini bukan hanya sebuah kata ini bisa menjawab beberapa pertanyaan, seperti kata atagra apa yang paling melekat pada brand milik Anda, dan apakah tagar yang selama ini digunakan cukup efektif membuat nama brand Anda mudah ditemukan. Jawaban atas pertanyaan tersebut bisa membantu untuk memfokuskan konten di masa mendatang.
  • Organik atau beriklan – setiap konten bisa dibagikan dan diakurasi secara organik, ataupun memanfaatkan fasilitas sosial media.Untuk mendapatkan engagement di facebook secara organik d facebook tidak akan semudah di instragram. Untuk itu, facebook ads bisa digunakan jika Anda memilih menggunkan akun facebook. Mengetahiui hal ini bisa membantu Anda harus spen budget lebih besar di mana yang sesuai.

Baca Juga : Cara Membuat Facebook Ads Untuk pemula

  • Sentimen – ini mengenai tentang sentiment yang timbul sebgaai reaksi netizen di sosial media atas produk atau kampanye yang baru-baru ini Anda posting. Anda perlu mencari tahu, hal apa yang dikaitkan dengan produk Anda. Cari tahu lebih dalam, untuk mengetahui apa yang dibicarakan orang atas produk Anda. Dengan begitu Anda mengetahui terkait pandangan netizen atas produk Anda.

6. Buat Koneksi Di Sosial Media

Sosial media menjadi jendela bagi image brand Anda. Buat akun sosial media semenarik mungkin dan jadikan untuk membangun koneksi. Bangun koneksi dengan mulai mengikuti akun-akun selebgram yang menurut Anda imagenya cocok dengan produk yang sedang dipasarkan.

Selanjutnya bisa juga untuk berkolaborasi agar mereka bisa menggunakan produk Anda. Ini akan membangkitkan rasa penasaran para calon pembeli. Mengikuti jejak selebgram kini telah menjadi trend. Jadi pastikan gandeng selebgram yang memiliki pengikut melimpah. Sehingga potensi pembeli pun akan banyak.

7. Gunakan Gambar Menarik

Untuk memiliki tampilan menarik pada sosial media, Anda bisa menggunakan gambar-gambar bagus dengan warna-warna senada. Postingan yang tertata rapih tak hanya membuat para pengkiut Anda tertarik tapi juga betah memandangi feed di laman sosial media Anda.

Ini penting, karena memasarkan produk secara online sangat berbeda dengan riil. Jadi pastikan buat gambar atau konten pemasaran sebaik mungkin. Agar lebih menyakinkan para konsumen bagikan juga produk yang nampak nyata.

Tak bisa melihat langsung, konsumen tetap harus mengetahui produk secara detail. Baik di konten pemasaran yang Anda bagiksn atatupin keterangan produk di toko online Anda.

8. Tarik Perhatian Di Sosial Media

Membagikan konten secara rutin bisa jadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Sesekali Anda bisa membuat kejutan bagi para follower di sosial media. Caranya buatlah giveaway sederhana. Jangan lupa tambahkan hastag yang menguntungkan bagi pemasaran produk.

Hal ini juga bermanfaat untuk melihat seberapa banyak yang memperhatikan postingan Anda yang dibagikan secara rutin. Ini bisa dilihat dari partisipasi yang mengikuti giveaway yang sedang diadakan.

9. Bersikap Secara Tepat di Sosial Media

Mengelola sosial media tidak hanya berbicara konten yang menarik. Namun juga membuat kata-kata dan kalimat yang tepat. Seperti diketahui sosial media bukan hanya bisa jadi pemasaran, tapi juga boomerang.

Terlebih jika Anda tidak memiliki respon yang tepat. Sikap ini meliputi tanggapan komen negatif dan komplain atas produk anda di halaman akun sosial media, dimana semua pengikut anda bisa membaca tulisan tersebut.

Untuk itu bereaksi secara tepat di sosial media dibutuhkan. Lakukan seleksi komen yang masuk dalam list yang akan dijawab atau diabaikan. Jawab komplain dari pelanggan secara sopan, jika komplain terlalu panjang minta pelanggan untuk melanjutknnya melalui chatroom yang lebih privat. Gunakan bahasa baik dan sopan.

menghadapi respon pembeli
Social media vector created by stories – www.freepik.com

10. Memposting Ulang Konten

Berbicara mengenai konten, konten segar setiap hari memang diperlukan. Namun sosial media tak sebatas untuk memasarkan produk. Jika Anda memiliki website juga bisa di promosikan di sosial media. Anda bisa memposting ulang konten-konten yang telah dibuat di website atau blog milik Anda. Hal ini tentu untuk menggiring para pengikut di sosial media mengunjungi website dan potensi terjadinya transaksi makin luas.

Gunakan caption menarik dan mewakili isi konten dalam membagikan postingan ulang tersebut. Jika pengunjung website makin banyak, produk-produk yang Anda bagikan semakin besar untuk berpindah dari rak jualan ke tangan pembeli. Butuh direncanakan secara baik, mempromosikan barang dagangan di sosial media, juga website perlu dipersiapkan.

Terutama tampilan website jika telah Anda publish di internet. Mudah dibuka dengan ponsel pintar sangat dianjurkan ya, jika Anda mencoba menggiring calon konsumen ke website Anda.

11. Manfaatkan Layanan Marketing Di Sosial Media

Perkembangan sosial media sebagai platform promosi produk diamini oleh para pengelolanya. Tak hanya bisa memposting hal menarik, Anda bisa memanfaatkan layanan marketing pada plaform media sosial.

Seperti pada instagram terdapat fasilitas agar kamu mudah mempromosikan konten yang dibagikan dengan mengklik promote pada konten. Setiap sosial media memiliki fasilitas untuk membantu melambungkan produk Anda, agar mudah dilihat para pengguna sosial media.

Bagi yang menggunakan instagram promote tersebut bisa postingan akan muncul di feed bagian atas. Sehingga kemungkinan di klik pengguna sosial media lebih tinggi. Beruntungnya lagi jika ada satu akun yang pernah mengklik postingan Anda, akan terus tersuges di laman sosial medianya setiap Anda membuka instagram.

Meski dibebankan biaya, namun memasarkan produk di instagram jika dikalkulasikan dan dibandingkan dengan promosi offline akan lebih terjangkau. Terlebih lagi peluang sampai pada calon pembeli lebih besar. Budget pun tak sia-sia, karena peluang menggiring konsumen juga besar.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.