Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website Saya?

Cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi untuk blog anda dalam menaikan peringkat konten di mesin pencarian

Backlink merupakan integral component dari perhitungan algoritma google atas keabsahan suatu website. Disini Google mengukur, menimbang, dan mengeksekusi kekuatan website berdasarkan relevansi, jumlah, dan kualitas backlink.  Semakin banyak backlink berkualitas maka makin besar peluang suatu website menempati posisi teratas di mesin pencarian.

Tapi yang menjadi pertanyaan disini adalah, bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas dari high-authority website?

Dari sekian banyak cara, ada 4 metode yang mungkin bisa dikatakan sulit untuk dilakukan. Tapi jika ingin serius ingin meningkatkan trafik untuk bisnis anda, maka tantangan tingkat dewa sekalipun tidak akan pernah membuat anda berhenti mendapatkan peringkat paling atas di hasil mesin pencarian google.

cara mendapatkan backlink berkualitas

1. Berburu broken link dari website orang lain

Metode ini bisa dibilang cukup merepotkan dan mungkin membutuhkan banyak waktu. Tugas anda disini adalah mencari tautan rusak dari sebuah website berotoritas tinggi yang masih satu niche atau satu topik dengan website anda. Jika anda menemukan link rusak (404), atau tautan keluar yang halamannya sudah tidak ada lagi, maka anda berkesempatan mendapatkan backlink berkualitas tersebut.

Caranya adalah dengan menghubungi si pemilik website dan memberitahu bahwa ada link rusak di dalam website mereka itu. Kemungkinan si pemilik website akan berterima kasih kepada anda. Maka peluang untuk mendapatkan baclink gratis pun muncul dengan sendirinya.

Anda bisa menghubungi mereka melalui email atau no telp/whatsapp jika ada. Beritahu mereka bahwa ada link keluar yang sudah rusak, atau sudah tidak ada halaman website menuju kesana. Kemudian mintalah mereka untuk mengganti link rusak tersebut menjadi link menuju ke website anda. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai mereka membalas permintaan anda. Jika mereka menolak, itu berarti bukan rejeki anda, silahkan cari website lain yang se topik dengan web anda.

Proses pencarian halaman 404 ini memang membutuhkan waktu lama dan melelahkan, tapi menurut pengalaman cara ini cukup manjur untuk menaikan peringkat konten anda. Tapi jika anda memiliki budget lebih, anda bisa memperkerjakan staf untuk mencari puluhan bahkan ribuan website dengan halaman yang memiliki broken link di dalamnya.

2. Membuat Infografis

Saat ini pengguna internet lebih menyukai konten secara visual daripada hanya sekedar tulisan biasa yang monoton dan membosankan. Infografis hadir dengan bentuk vertikal dan persegi panjang yang khas sebagai media untuk menyampaikan informasi dan ide kreatif dan menarik.

Konten anda menjadi lebih menarik dengan disuguhi data statistik, desain, sejarah, Quote serta gambaran unik mengenai kejadian-kejadian nyata. Tapi metode ini tidak semudah membeli backlink, karena disini anda di tuntut untuk melakukan penelitian, pembuatan, perancangan dan mendistribusikannya.

Cara yang tepat adalah membuat topik yang di bungkus dengan infografis. Kemudian berikan informasi secara lengkap dengan data statistik yang kompleks namun tetap di kemas dalam format yang mudah di mengerti. Dengan begitu pengunjung akan betah berlama-lama di website anda, jika konten anda menarik secara visual dan mudah dicerna meski berisi konten yang berat.

Skemanya adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu setelah anda memahami konten yang ingin anda sampaikan. Pelajari studi kasus, pelaporan, dan bidang industri untuk mendapatkan data pendukung infografis. Setelah data terkumpul, kerahkan waktu anda untuk membuat desain infografis. Jika anda tidak memiliki kemampuan membuat desain yang menarik, anda bisa menggunakan jasa desain grafis. Setelah konten anda selesai dibuat, kini saatnya anda mendistribusikan infografis ke berbagai direktori dan media sosial supaya pengguna internet mengetahui apa yang ingin anda sampaikan.

Metode ini mungkin sedikit merepotkan dan butuh biaya yang tidak sedikit dibandingkan dengan membeli backlink di perusahaan jasa SEO. Tapi anda akan mendapatkan dampak yang luar biasa untuk website anda.

3. Mencari Website untuk Guest Post

Teknik ini sebenarnya sudah dilakukan oleh para blogger sejak lama untuk mendapatkan backlink berkualitas. Mereka sadar bahwa share konten di media sosial saja tidaklah cukup. Sejauh ini pengguna internet lebih srek melihat website sebagai sumber informasi mereka, dari pada media sosial.

Selanjutnya, tugas anda adalah mencari website otoritas tinggi yang relevan dengan topik konten anda. Anda menjadi penulis tamu disana, kemudian membuat potongan konten yang disisipi link menuju ke website anda. Disini anda akan mendapat satu backlink berkualitas dari website otoritas tersebut.

Tapi sayangnya ada beberapa kelemahan untuk teknik ini:

  • Pertama : Tidak semua pemilik website mau menerima anda sebagai penulis tamunya , apalagi kalau tujuan utamanya adalah mencari backlink.
  • Kedua : Beberapa pemilik website menambahkan kode “no follow”, ini artinya tautan keluar yang anda buat tidak ada gunanya.
  • Ketiga : Anda di tuntut untuk membuat konten yang “wow” untuk meyakinkan pemilik website bahwa tulisan Anda layak untuk dipublish ke website mereka.

4. Beli Backlink di Fiverr

Teknik ini bisa dibilang paling efisien dan hemat biaya untuk mendapatkan backlink berkualitas. Namun anda harus hati-hati dalam memilih penyedia jasa baclink, karena bisa jadi tawaran mereka tidak sesuai apa yang di harapkan. Pilih penyedia jasa backlink yang benar-benar ahli dalam bidang SEO, serta teruji kebenarannya melalui testimoni.

Ingat! Pakar SEO yang benar tidak akan pernah memberikan backlink spam dan tidak menggunakan teknik PBN (Privat Blog Network) sebagai acuan. Karena sesungguhnya Google benci teknik curang seperti itu.

Tapi, di Fiverr banyak penyedia jasa backlink yang benar-benar spesialis dalam bidang SEO, serta mampu membongkar algoritma Google untuk backlink.

Saatnya menyelamatkan website anda dari ganasnya search engine dengan membeli backlink dari Fiverr. Sudah saatnya naik kepermukaan setelah bertahun-tahun mendekam di halaman sepuluh. Karena optimasi onpage saja tidaklah cukup, anda perlu asupan backlink untuk menambah kekuatan otoritas website anda.

Memang tidak mudah menaklukan algoritma Google saat ini. Karena setiap hari banyak bermunculan jutaan konten yang bersaing di search engine. Untuk itu butuh teknik, kerja keras serta konsisten supaya bisa menampakan hasilnya. Semoga tips di atas dapat menjawab permasalahan anda tentang bagaimana cara mencari backlink berkualitas.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.