7 Cara Meningkatkan Trafik Organik dengan Cepat

Search Engine Optimization (SEO) mungkin bisa menjadi hal yang menyeramkan bagi sebagian blogger dan pelaku bisnis online. Jika anda seorang yang baru memulai menjejaki dunia internet marketing, anda harus tahu teknik dasar pemasaran konten, serta memahami algoritma Google untuk menarik banyak trafik. Semua itu membutuhkan latihan panjang, trial error, serta pemahaman tentang teknik-teknik on-page.

Sebagai pemula, sebaiknya kita jangan terlalu memikirkan SEO. Saran kami, sebaiknya perbaiki dulu kualitas konten anda, baru kemudian mulai mempelajari SEO secara bertahap. Kuasai dasar-dasar dan pahami studi kasus setiap percobaan yang anda lakukan. Tips dan trik SEO sederhana 2019 ini bisa anda baca sampai habis, dan berharap bisa membantu meningkatkan pengunjung blog dalam beberapa minggu.

cara memaksimalkan SEO dan meningkatkan trafik organik

Berikut adalah 7 cara mudah memaksimalkan SEO untuk mendapatkan peringkat atas di search engine dan meningkatkan trafik organik dengan cepat:

1. Lakukan perencanaan kata kunci / Riset kata kunci

Sebelum memposting, sebaiknya lakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Anda bisa membuka Google Keyword Planner dan lakukan pencarian kata kunci khusus yang relevan dengan blog anda disana. Gunakan kata kunci yang memiliki pencarian bulanan tertinggi (10k – 100k), untuk tingkat persaingan sedang ke rendah. Ini adalah teknik mudah yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan peringkat di halaman 1 Google.

Note : Jika anda memilih kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi, anda mungkin akan mengalami kesulitan merangking di google, kecuali jika anda adalah pakar SEO dan mengetahui teknik mendapatkan backlink berkualitas. Jadi, pilih kata kunci yang tepat dan gunakan longtail keyword supaya bisa bersaing di tahap awal.

Satu lagi keistimewaan Google Keyword Planner adalah mampu menawarkan “Ide” kata kunci terkait yang bisa anda terapkan di dalam postingan anda. Google Keyword planer tidak hanya tool untuk riset kata kunci tetapi juga berguna dalam mengumpulkan ide-ide kata kunci. Dan yang terpenting adalah tools ini GRATIS dan dapat digunakan oleh siapa saja.

2. Tingkatkan Kecepatan Website Anda

Saya tekankan kepada anda bahwa meningkatkan kecepatan website adalah penting dilakukan! website yang lambat ketika di buka selama 1 detik dapat menyebabkan hilangnya 7% konversi, 11 % halaman tidak dapat di akses, serta menurunkan 16 % tingkat kepuasan pelanggan yang berakibat kepada kacaunya bounce rate. Kalau website di biarkan lemot, secara tidak langsung bisa merusak pringkat SEO anda. Untuk itu pilih platform hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Lakukan riset dengan melihat ulasan pelanggan yang sudah memakai jasa hosting tersebut. Kemudian gunakan CDN, plugin caching, dan lakukan kompres gambar sebelum di publish. Untuk melihat tingkat kecepatan akses website anda, kunjungi GTMetrix. Disana anda bisa melihat apa saja yang perlu diperbaiki.

3. Membuat Judul Artikel yang Menarik

Membuat judul yang menarik bisa menjadi kekuatan utama untuk konten anda. Anda meyakinkan pembaca dalam memecahkan masalah mereka dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka melalui judul postingan anda. Kekuatan kata dalam judul berpotensi memikat minat pengunjung untuk membaca secara keseluruhan, dengan catatan judul dengan isi konten haruslah sesuai. Beberapa kata yang mungkin bisa menarik pengunjung adalah : yang harus dimiliki, lengkap, tips jitu, rumus, mudah, pemula dan lain sebagainya. (Misal: 10 Plugin yang harus dimiliki untuk website WordPress anda).

Jika anda masih bingung dengan cara ini, anda bisa mengambil referensi judul dan deskripsi dari sugesti google, google planner, keywordtools.io. facebook ads, dan neilpatel ubersugest. Perlu anda ingat, pengunjung dari mesin pencarian selalu mencari sesuatu untuk memecahkan masalah mereka. Jadi buatlah judul yang sesuai apa yang mereka cari. Sisipkan 10 kata dalam judul beserta keyword utama yang anda bidik. Dengan begitu kesempatan mendapat klik akan menjadi lebih besar.

4. Buatlah Postingan Panjang setidaknya 1.800 kata

Banyak pakar SEO menyarankan ini, setidaknya buatlah artikel yang panjang dan disisipi oleh kata kunci yang bervariasi (dengan persaingan rendah-menengah). Jangan berlebihan dalam menempatkan kata kunci, hal ini bertujuan untuk menghindari keyword stuffing (spam kata kunci). Tulis postingan secara natural, lengkap, dan mudah dipahami pembaca. Membuat tulisan yang bermanfaat dan berkualitas memang tidak mudah dan mebutuhkan waktu. Butuh konsistensi dan kerja keras, inilah mengapa menjadi seorang blogger itu tidak mudah.

5. Menjadi Penulis Tamu (Guest Blog)

Menjadi blogger tamu banyak memberi manfaat untuk situs website anda melalui backlinking. 7 Cara mendapatkan backlink berkualitas adalah salah satu bagian teknik SEO yang paling mujarab, karena bisa menjadi sebuah “vote of confidence” atau kepercayaan atas blog (atau situs web) dari blog orang lain. Menerima backlink berkualitas akan memberikan sinyal ke mesin pencari bahwa konten anda berharga dan layak muncul di halaman pertama mesin pencari (SERP).

Jika anda pengguna Facebook, anda bisa mencari beberapa grup blogger disana. Kemudian bangun relasi dengan mereka. Cari yang satu niche dengan anda, kemudian ajak ia untuk bekerjasama dan tawarkan diri anda untuk menulis di blog mereka. Menurut saya ini adalah cara paling efektif untuk blogger pemula, karena biasanya komunitas blogger di facebook dengan senang hati menerima dan mendorong bagi sesama entrepreneurs dan blogger pemula. Jika anda mendapatkan partner guest blog, jangan lupa untuk menyisipan contextual link menuju ke blog anda pada setiap artikel yang anda tulis disana.

6. Membangun Link Building

Link Building artinya kita sedang membangun arsitektur website dengan struktur link yang bertujuan untuk membantu Google agar lebih memahami isi konten blog anda. Pertama yang anda harus lakukan adalah memberikan internal linking dari satu artikel ke artikel lain yang relevan (dalam satu blog). Teknik On-page ini juga bisa membantu postingan blog lama anda yang tak kunjung naik di SERP, bisa meningkatkan bounce rates, serta meyakinkan Google bahwa konten anda adalah sumber informasi yang tepat bagi pengguna. Dengan sedikit usaha, Internal Linking merupakan cara super mudah untuk membantu meranking website anda di mesin hasil pencari.

7. Manfaatkan Sosial Media Pinterest

Terakhir, buatlah akun Pinterest dan mulailah menyematkan semua postingan blog anda disana. Beberapa pakar menyebutkan bahwa Pinterest dipandang sebagai satu kesatuan outlet sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter, padahal sebenarnya tidak. Disini sebenarnya pinterest menggabungkan antara search engine dan platform sosial. Sehingga kata kunci yang anda bidik menyatu di dalam kedua platform tersebut, yang selanjutnya membentuk sebuah sinyal keterkaitan. Jutaan orang secara aktif mencari solusi dan informasi di Pinterest. Sematkan gambar terbaik anda dalam postingan untuk menarik perhatian mereka dan mendapatkan klik dari mereka.

Butuh sedikit waktu untuk menguasai plalform sosial ini. Jika konsisten anda bisa mendapatkan hasil MASSIVE dari lalu lintas pengunjung organik. Cara ini juga cocok bagi anda yang masih baru memulai bisnis online. Jadi sudahkah anda menggoyang Pinterest untuk blog atau situs web anda? Tingkatkan level pemasaran anda dengan sematan di Pinterest.

Tidak perlu menjadi seorang SEO Expert jika anda ingin memulai langkah besar untuk mendapatkan trafik organik. Jika anda konsisten dan mengikuti 7 Cara Mudah Memaksimalkan SEO dan Meningkatkan Trafik Organik di atas, berarti anda sudah menerapkan pondasi yang kuat untuk blog atau website anda. Informasi yang tepat adalah senjata utama untuk menguasai skill dan kemampuan. Selamanya ilmu SEO dan blogging akan selalu berjalan beriringan satu sama lain. Jadi selamat mencoba dan tetap semangat!

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.