Panduan Facebook Marketing Lengkap Untuk Pemula

Facebook menjadi media sosial yang paling populer beberapa tahun kebelakang. Kehadiran media ini membuat jaringan pertemanan yang terputus cukup lama dapat kembali lagi seperti sedia kala. Dengan fitur-fitur yang mendukung tentunya Facebook dapat menjadikan kita lebih nyaman untuk saling bertukar gambar, status dan bertukar informasi.

Hampir semua orang saat ini memiliki aplikasi yang dibuat oleh Mark Zuckerberg. Menurut data sebuah penelitian negara Indonesia yang mempunyai masyarakat yang banyak menggunakan Facebook tercatat hampir 150 juta orang pada tahun 2017. Pengguna yang besar ini membuat Indonesia menjadi negara yang paling banyak pengguna Facebook dikawasan Asia Tenggara. Indonesia berhasil mengalahkan Thailand, Malaysia dan Vietnam sebagai negara pengguna Facebook terbanyak.

Selain itu, Facebook saat ini telah berkembang menjadi media marketing online terkemuka di dunia. Pasalnya dengan meluncurkan berbagai macam jenis layanan seperti Facebook ads, Facebook pixel hal ini membuktikan bahwa Facebook sangat membantu para pembisnis yang akan mengiklankan produk di Facebook. Terlebih dengan adanya Facebook bisnis yang digeluti oleh para pembisnis lebih menguntungkan dibandingkan dengan bisnis secara konvensional.

facebook marketing untuk promosi

Pemasaran Online Lewat Media Sosial Menjadi Pilihan Terbaik

Online shop kini telah menjadi pilihan masyarakat untuk dapat membeli produk tanpa harus keluar rumah. Sehingga dengan bisnis online ini semua produk yang anda jajakan lebih mudah dijual karena dukungan beberapa media sosial seperti Facebook. Hal ini terbukti banyak sekali pembisnis yang meilirik untuk menampilkan produk usahanya untuk ditampilkan di Facebook.

Mengingat strategi pemasaran yang dilakukan di Facebook terbukti efektif daripada menggunakan sosial media lainnya. Bahkan Facebook saat ini menjadi magnet yang begitu kuat bagi anda dalam menjalankan bisnis online. Karena Facebook dapat mengetahui potensi dari para pengguna yang beraktivitas di Facebook. Jadi apabila anda memasarkan produk yang tepat maka sangat mungkin sekali omset penjualan anda akan meningkat. Bahkan anda dapat mendapatkan banyak pelanggan dari media sosial ini.

Facebook sendiri mempunyai berbagai pilihan dalam memfasilitasi para penjual dalam menjalankan bisnisnya. Salah satunya dengan menggunakan Facebook pixel yang merupakan cara penjualan online yang difasilitasi oleh Facebook sendiri. Lalu apa itu Facebook pixel? Kalau dilihat Facebook pixel sama dengan Facebook ads. Namun, bedanya Facebook pixel adalah sebuah kode yang dapat melacak berbagai informasi seperti halnya analisty atau histats.

Kode ini dapat dipakai untuk menangkap ivent dari beberapa perilaku pengguna website yang dipasang melalui pixel. Kalau disederhanakan sendiri istilah ini sama dengan ketika kamu mengunjungi website yang telah dipasang pixel. Pastinya akan terdeteksi oleh Facebook dan aktivitas setiap pengguna website akan dapat digunakan untuk menampilkan iklan di situs website yang dikunjungi. Maka kalau kamu berkunjung ke sebuah aplikasi semisal toko online kamu akan menemukan iklan serupa dengan aplikasi lainnya.

Komponen Facebook Marketing

Bagi anda pemilik bisnis online Facebook marketing tentunya harus masuk dalam startegi penjualan anda. Namun, kebanyakan para pebisnis pemula masih bingung bagaimana menerapkan strategi bisnis dalam Facebook. Maka dari itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara menggunakan Facebook marketing untuk kegiatan bisnis anda :

1. Menggunakan Fanpage

Dalam Facebook ada beberapa cara untuk mengenalkan produk anda di dalam Facebook. Salah satunya dengan cara menggunakan fanpage. Disini tampilan pada produk anda lebih terlihat menarik dan sangat elegan. Nama fans page tentunya harus sama dengan nama produk yang anda tawarkan di akun Facebook anda. Tetapi anda perlu ingat bahwa algoritma yang ada di Facebook lebih memprioritaskan terhadap konten dan teman pengguna. Jadi, anda tidak dapat beranggapan bahwa pengguna dapat melihat produk anda secara keseluruhan. Pengaturan Facebook anda tentunya adalah cara untuk membuat eksistensi anda lebih menarik perhatian para pengguna.

2. Group Facebook

Menggunakan Facebook group memungkinkan pengguna dapat bertukar informasi satu sama lain. Sehingga produk yang anda tawarkan bisa mudah dilihat dan lebih berpeluang untuk dibeli daripada hanya menuliskannya di status. Selain itu, membuat Facebook group dapat menjadi kunci keberhasilan proyek usaha. Startegi ini terpusat pada komunitas tertentu untuk dapat menaruh perhatian pada mereka bagaimana produk kita dapat diterima oleh pengguna. Pengusaha dengan pesan yang menarik, kepribadian, dan cerita brand yang dapat bermanfaat untuk followers Anda akan mendukung pertumbuhan jumlah anggota komunitas bisnis Anda.

3. Ads

Facebook ads memang memiliki pengaruh begitu luas terhadap produk yang ditawarkan. Facebook ads sama saja dengan Facebook advertising pada dasarnya iklan yang dibayarkan oleh anda untuk tampil dihalaman Facebook. Pengguna disini akan menjadi target utama anda dalam menjalankan bisnis online. Cara ini diperuntukkan semata-mata untuk target konversi dan brand yang anda miliki.

Cara Promosi Menggunakan Facebook Marketing

Setelah anda memahami segala komponen yang ada di dalam Facebook marketing, selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana cara memasarkan produk lewat facebook.

Baca Juga : Strategi Membangun Personal Branding di Facebook.

1. Jangan fokus pada penjualan

Facebook sendiri menginginkan setiap harinya terisi dengan konten yang terkait dengan berbagai produk. Hal ini seharusnya menjadi perhatian yang lebih serius dalam perkembangan promosi produk anda. Lewat like dan share secara tidak langsung dapat menjadi poin plus untuk mengembangkan penilaian produk anda. Bahkan jangkauan produk anda akan semakin luas dengan keberadaan like dan share.

2. Posting konten terbaik

Konten selalu menjadi perhatian Facebook dalam menilai apakah suatu produk itu menarik atau tidak. Setelah anda mulai membagikan konten produk anda maka disini anda dapat menyesuaikan strategi yang diterapkan berdasarkan respon dari pengguna Facebook. Anda juga bisa menelusuri pengaruh keterlibatan pengguna Facebook terhadap produk anda lewat Facebook ads dan Fanpage memalui link Page insight.

3. Selalu Memberikan Respon

Jika pengguna Facebook memberikan suatu respon terhadap produk anda namun tidak ada feedback dari anda. Tentunya akan memberikan kesan negatif dari pengguna Facebook yang berkomentar. Hal ini menjadikan pengguna lebih memilih untuk beralih kepada produk lainnya yang lebih siap dalam melayani pelanggan. Jadi, kunci untuk memberikan rasa nyaman customer adalah respon yang cepat dalam memberikan komentar.

4. Posting Waktu Yang Tepat

Banyaknya konten yang ada di Facebook membuat berbagai macam jenis produk terpampang jelas di halaman utama Facebook. Sehingga kesempatan ini begitu terbuka untuk produk anda tampil. Untuk tampil di halaman Facebook supaya lebih menarik perhatian para pengunjung Facebook tidaklah mudah. Anda perlu mengetahui waktu-waktu tertentu yang pas untuk lebih maksimal dalam menarik perhatian pengguna Facebook. Ketika anda memposting produk di waktu-waktu tertentu tentunya akan semakin membuat konsumen akan semakin tertarik terhadap produk yang anda tawarkan.

Syarat Postingan Yang Boleh Di Facebook Marketing

Ketika menjalankan Facebook marketing tentunya ada beberapa konten yang perlu anda perhatikan. Berbagai persyaratan tentunya harus diperhatikan dalam memilih postingan supaya konten yang Anda kirimkan bisa berhasil membuat pengguna tertarik pada produk anda. Berikut ini ada beberapa hal yang boleh ada di Facebook marketing :

1. Memakai Foto Profil Menarik

Foto profil akan secara langsung tampil di halaman Facebook anda. Serta akan menjadi thumbnail pada postingan dan komentar. Biasanya yang menarik perhatian para pengguna akan melihat terlebih dahulu foto profil dari akun Bisnis anda. Oleh karena itu, gunakan foto profil yang menggambarkan tentang identitas dari produk anda lewat foto profil.

2. Menentukan target organic post

Facebook memiliki banyak sekali tools yabg dapat digunakan untuk dipakai dalam menentukan strategi pasar. Tidak hanya postingan yang memiliki bayaran saja yang anda targetkan tapi bisa juga organic post seperti umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan. Jika bisa menargetkan secara spesifik maka pengaruh engagement akan semakin baik kedepannya.

3. Menggunakan tracking URL

Penggunaan tracking url sangat penting untuk dapat mengenalkan produk anda di Facebook. Dengan adanya tracking url dan Facebook insight maka anda akan mendapatkan data metrik yang digunakannya untuk meningkatkan kualitas konten.

4. Menggunakan Paid Budget

Mengiklankan produk anda memulai fitur berbayar akan semakin menguntungkan anda. Meskipun anda perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Namun, hasil yang didapat juga sangat memuaskan tentunya. Karena penggunaannya iklan berbayar dalam Facebook dapat meningkatkan penjualan bisnis anda secara drastis.

5. Keselarasan Cover Photo dan Pinned Post

Dalam sosial media hak yang sering diperhatikan oleh pengunjung adalah cover photo, phined post dan cta. Sebagai contoh halaman Facebook milik Tokopedia. Disitu anda dapat melihat ada beberapa produk yang ditawarkan oleh tokoh seperti kosmetik, perlengkapan elektronik, perlengkapan baju dan alat kesehatan yang ditawarkan oleh Tokopedia. Dengan phined post dapat memudahkan pengguna untuk memilih produk yang akan dibelinya dengan mudah tanpa harus mencari atau menscroll di situs Tokopedia.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menerapkan Facebook marketing untuk bisnis online anda.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *