Cara Membuat Iklan Facebook untuk Pemula (Panduan Lengkap 2019)

Bagi pemilik bisnis yang ingin memperluas jangkauan pasar, atau ingin meningkatkan penjualan, beriklan merupakan solusi jitu untuk menjawab itu semua.

Sebelum ada internet, para pengusaha berlomba-lomba mempromosikan produk mereka lewat iklan di surat kabar, radio, hingga televisi. Harga yang di patok juga cukup menguras kas perusahaan. Belum lagi biaya iklan tidak bisa kita tentukan sendiri.

Namun sekarang eranya internet. Anda bisa dengan bebas memilih platform (media) untuk beriklan, salah satunya adalah facebook. Disini anda bisa dengan bebas menyesuaikan budget, target audiens, serta jangkauan wilayah yang di inginkan.

cara membuat facebook ads

Mengapa harus Beriklan di Facebook?

Indonesia merupakan negara penyumbang trafik ke facebook terbesar ke empat di dunia setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil. Sekitar 130 juta penduduk Indonesia menjadi pengguna aktif facebook pada tahun 2017, yang artinya sudah melebihi setengah penduduk indonesia menggunakan facebook. Bagaimana tahun berikutnya? kemungkinan akan terus dan terus bertambah seiring meningkatnya pengguna internet di Indonesia.

Lalu apa yang terlintas dalam benak anda ketika melihat begitu banyak orang Indonesia menggunakan Facebook? Tentu saja, saya yakin, jika anda memiliki jiwa bisnis hal ini merupakan kesempatan terbaik yang pernah ada. Terlebih audiens anda bisa mencapai lebih dari setengah penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Menarik bukan?

Jika anda tertarik beriklan di facebook baca dulu Facebook marketing : cara mempromosikan bisnis Anda di Facebook.

Bagaimana cara membuat facebook ads dari nol dan mengatur semua kampanyenya? Informasi dan cara ini dapat berguna bagi anda apabila ingin mendapatkan keuntungan dari facebook ads.

Membuat Fanpage Facebook

Tahap pertama untuk membuat facebook ads adalah membuat halaman / page facebook terlebih dahulu. Namun jika anda sudah memiliki halaman facebook abaikan langkah ini dan langsung ke step berikutnya.

Baca Juga : Apa itu facebook pixel?

1. Buka Facebook Pages

Buka Facebook Pages dan silahkan pilih salah satu jenis bisnis anda.

membuat halaman facebook

2. Pilih kategori

Silahkan pilih kategori bisnis anda dan klik tombol memulai.

kategori bisnis di fanpage facebook

3. Lengkapi data diri

Isi alamat dan nomer telepon. Anda bisa menyembunyikan informasi alamat dan nomer telepon di pengaturan.

4. Unggah foto profil

Upload foto profil yang menarik untuk halaman facebook anda.

5. Pasang foto sampul

Silahkan buat Foto Sampul halaman Facebook Anda dengan ukuran (Lebar x Tinggi) 851 Pixel x 315 Pixel Resolusi 96 (di photoshop).

6. Selesai

Setelah membuat fanpage facebook, langsung saja mulai membuat iklan facebook ads. Berikut adalah cara membuat facebook ads:

Membuat Facebook Ads Pertama Anda

1. Login ke facebook dan buka Facebook Ads

Buka Halaman Facebook Ads Manager.

2. Masuk ke ‘Pengaturan Akun’

Pastikan anda punya akun facebook ya! Jika belum punya silahkan buat akun facebook dulu. Kemudian langsung masuk ke Pengaturan Akun.

cara membuat facebook ads

3. Isi form data diri

Sebelum mulai berikan nama akun anda dulu. Saran admin buatlah nama akun yang sederhana, misalnya saja menggunakan nama bisnis anda, atau bisa juga menggunakan nama fanpage yang sudah anda buat sebelumnya.

pengaturan akun facebook ads

Selanjutnya isi data-data anda, seperti zona waktu, mata uang, dan lain sebagainya. Data tersebut nantinya berguna untuk tagihan pembayaran. Pada halaman ini juga akan dijelaskan bagaimana pemberitahuan email iklan, iklan facebook akan muncul, serta masih banyak lagi pemberitahuan lainnya. Sebaiknya pelajari dulu sebelum melanjutkan ke step berikutnya.

4. Buat Iklan Terpandu

Masuk ke halaman Buat Iklan. Disini anda akan diberikan dua pilihan, yaitu pembuatan iklan terpandu dan pembuatan iklan cepat. Saran admin sebaiknya pilih pembuatan iklan terpandu agar iklan menjadi lebih spesifik.

Silahkan klik Pengelola Iklan > Pilih Pengelola Iklan lagi > Pilih menu ‘Kampanye‘ dan klik ‘Buat Iklan‘.

mulai kampanye iklan facebook ads

5. Buat kampanye (Campaign) Baru

Selanjutnya klik buat /create campaign di menu bar Ads Manager (Pengelola Iklan).

6. Tentukan Tujuan Iklan

Facebook menyediakan 3 kategori iklan antara lain Kesadaran, Pertimbangan dan Konversi. Silahkan tentukan tujuan iklan yang sesuai dengan bisnis Anda.

kategori iklan facebook

Kesadaran

  • Kesadaran Merek: Pilih ini jika niat anda adalah ingin meningkatkan Brand Awareness dan menjangkau banyak orang agar mereka mengenal produk yang kita tawarkan (soft selling).
  • Jangkauan: anda bisa menentukan jumlah audiens berdasarkan anggaran.

Pertimbangan

  • Lalu lintas Kunjungan / Trafik: Jika tujuan anda adalah ingin meningkatkan kunjungan website atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi.
  • Interaksi : Jika tujuan anda adalah ingin mendapatkan banyak interaksi pada postingan, like halaman, tanggapan untuk acara yang akan diselenggarakan, atau untuk promosikan produk anda.
  • Pemasangan aplikasi: Tujuan bentuk iklan ini adalah untuk menarik banyak orang agar menggunakan (instal) aplikasi yang anda buat.
  • Penayangan video: Jika anda ingin promosikan produk lewat konten berupa video gunakan jenis iklan ini untuk menarik banyak pemirsa.
  • Pembuatan prospek: Bertujuan untuk mengumpulkan data (insight) audiens yang tertarik dengan produk anda. Hal ini juga bisa berupa alamat email dari audiens / pengunjung.
  • Pesan: Bentuk iklan ini memudahkan anda dalam melakukan follow up.  Arahkan calon pembeli anda dari iklan facebook ke Messenger atau Whatsapp.

Konversi

  • Konversi: Sangat cocok bagi anda yang ingin meningkatkan volume penjualan. Disini kita akan mengajak calon pembeli untuk yakin dan tertarik membeli produk kita. Kemudian mereka menghubungi kita dan apabila terjadi transaksi maka ini bisa disebut sebagai konversi.
  • Penjualan katalog produk: Menampilkan iklan berdasarkan katalog produk sesuai dengan target yang di tentukan.
  • Kunjungan toko: Silahkan pilih bentuk iklan ini jika anda memiliki toko offline untuk menjangkau pelanggan anda lebih banyak lagi.

Selanjutnya klik tujuan iklan yang sekirannya paling cocok untuk bisnis anda. Pada tutorial ini admin menyarankan memilih iklan dengan tujuan lalu lintas kunjungan / trafik.

7. Memilih Jenis Iklan Facebook

Disini anda bisa memilih dua jenis iklan yang sudah disediakan facebook, antara lain Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Anda tidak di ijinkan menggunakan keduanya, jadi silahkan pilih salah satu jenis iklan yang anda inginkan.

Pengoptimalan Anggaran Facebook ads

Uji Split meminta anda untuk membuat dua iklan dengan konten yang mirip, misal: konten A dan konten B. Disini target permisa anda akan dibagi menjadi dua serta mereka akan melihat iklan yang berbeda. Jadi anda bisa melihat konten iklan mana yang lebih menarik perhatian banyak orang diantara kedua iklan tersebut.

Kelemahan jenis iklan Uji Split membutuhkan biaya dua kali lipat dibandingkan jenis Pengoptimalan Anggaran. Dengan demikian admin lebih memilih jenis iklan kedua karena lebih pas untuk pemula yang sedang belajar facebook ads.

Pada langkah ini anda juga perlu menentukan anggaran iklan. Di Facebook Ads anda bisa dengan bebas menentukan anggaran iklan. Pada tutorial ini admin memasukkan deposit iklan sebesar 1 juta rupiah.

8. Tentukan Target Audience (Permisa)

Step ini adalah bagian terpenting dalam mengatur bagaimana mengoptimalkan iklan facebook. Jika kita salah menentukan target calon pembeli maka yang kita lakukan selama ini akan menjadi sia-sia. Untuk itu kenali target pemirsa anda dengan mempelajari minat dan hobi mereka.

Permisa Khusus: Pilih ini untuk mengatur jangkauan orang-orang yang pernah berhubungan dengan anda baik secara online maupun offline. Orang-orang yang pernah berkunjung ke website anda, berinteraksi di konten halaman Facebook anda, ataupun orang yang pernah menghubungi anda via whatsapp atau telp bisa dengan mudah diarahkan melalui iklan facebook.

Umur: Anda dapat mengatur rentang usia pemirsa berdasarkan jenis produk yang akan anda iklankan. Hal ini berguna supaya biaya iklan tidak terbuang begitu saja. Misal jika produk anda adalah perlatan kantor, anda bisa mengatur rentang usia di 25-40 tahun. Jadi silahkan sesuaikan dengan jenis kategori produk anda.

Jenis Kelam*n: Sama halnya dengan umur bagian ini bisa kita setting sendiri. Seusiakan produk anda dengan gender permisa, misal jika produk anda adalah khusus wanita anda dapat memilih jenis kelam*n wanita. Atau anda bisa juga memilih untuk semua jenis kelam*n.

Bahasa: Biasanya jika anda sudah menentukan lokasi maka bahasa akan muncul secara default. Jadi biarkan bagian ini kosong, kecuali jika permisa yang anda targetkan menggunakan bahasa tertentu di lokasi yang anda pilih.

Koneksi: Pilih bagian ini jika anda hanya ingin menampilkan iklan ke permisa yang sudah like halaman, aplikasi atau acara anda. Disini iklan akan muncul dan dilihat oleh orang yang sudah pasti tertarik dengan produk anda. Dengan kata lain anda mempersempit jangkauan permisa yang benar-benar mencari produk anda secara khusus.

9. Tentukan Penempatan Iklan

Disini ada dua pilihan untuk menempatkan iklan yang ingin di tampilkan, yaitu Penempatan Otomatis dan Edit Penempatan. Saran admin lebih baik memilih Penempatan Otomatis karena Facebook secara otomatis akan menempatkan iklan ke bagian yang memiliki peforma paling baik.

Namun apabila ingin menghapus beberapa penempatan iklan yang menurut Anda kurang baik, Anda bisa memilih Edit Pemenpatan. Disini facebook menyarankan beberapa penempatan untuk Anda diantaranya:

Beranda

  • Dapatkan visibilitas yang tinggi untuk bisnis Anda dengan iklan di beranda
  • Kabar Beranda Facebook
  • Beranda Instagram
  • Facebook Marketplace
  • Beranda Video Facebook
  • Kolom Kanan Facebook
  • Jelajah Instagram
  • Pesan Masuk Messenger

Cerita

  • Sampaikan iklan vertikal layar penuh dengan cerita visual yang mendalam
  • Facebook Stories
  • Instagram Stories
  • Messenger Stories.

In-Stream

  • Tarik perhatian orang dengan cepat saat mereka menonton video
  • Video In-Stream Facebook.

Cari

  • Dapatkan visibilitas yang lebih baik untuk bisnis Anda saat orang-orang melakukan pencarian di Facebook
  • Hasil Pencarian Facebook.

Pesan

  • Kirim promo atau update ke orang yang sudah terhubung ke bisnis Anda
  • Pesan Bersponsor Messenger.

Di Artikel

  • Berinteraksi dengan orang yang membaca konten dari penerbit
  • Artikel Instan Facebook.

Aplikasi dan Situs

  • Perluas jangkauan Anda dengan iklan di aplikasi dan situs web eksternal
  • Native, Banner, dan Intertisial Audience Network
  • Video Berhadiah Audience Network
  • Video In-Stream Audience Network.

Silahkan pilih dengan memberikan tanda ✔ pada masing-masing penempatan iklan di atas.

10. Penjadwalan Iklan

Disini Anda bisa menentukan durasi iklan yang akan ditampilkan. Untuk deposit Anda bisa mengaturnya sejak pertama kali akun dibuat.  Pada tutorial ini admin memilih 1 minggu untuk penjadwalan iklan.

11.  Pilih Halaman Facebook & Instagram

Silahkan pilih halaman facebook dan akun Instagram yang ingin Anda promosikan.

12. Tentukan Format Iklan

Facebok menyediakan 5 jenis format iklan yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Karosel: Menampilkan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser
  • Gambar Tunggal: Menampilkan iklan hanya dengan 1 gambar
  • Video Tunggal: Menampilkan kklan hanya dengan sebuah video
  • Tayangan Slide: Menampilkan iklan dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar
  • Koleksi: Menampilkan iklan berupa gabungan gambar dan video.

Kali ini admin memilih Karosel sebagai format iklan.

karosel fb ads

13. Posting Teks Judul, Deskripsi, Gambar dan Tautan Iklan

Disini Anda bisa membuat Judul, deskripsi, Gambar dan Tautan iklan. Buatlah judul dan tulisan untuk deskripsi yang bagus dan menarik agar pemirsa paham isi produk yang Anda promosikan. Untuk gambar silahkan upload foto terbaik produk Anda. Ukuran bisa berbeda-beda tergantung format iklan. Jangan lupa untuk menyisipkan tautan yang dituju (website atau media lainnya untuk landing page, misalkan: facebook dan instagram).

Oh iya untuk format gambar di facebook ads membutuhkan ukuran gambar yang berbeda. Berikut adalah ukuran gambar yang harus Anda ikuti:

Single Image (Gambar Tunggal)

  • Ukuran Gambar: 1,200 x 628 pixels
  • Ukuran Facebook dan Instagram Stories: 1,080 x 1,920 pixels
  • Rasio Gambar: 9:16 to 16: 9 (cropped to 1.91:1 jika ada tautan)

Carousel (Karosel)

  • Ukuran Gambar: 1,080 x 1,080 pixels (30MB max)
  • Rasio Gambar: 1:1 (persegi)

Slideshow (Tayangan Slide)

  • Ukuran Gambar: 1,280 x 720 pixels
  • Rasio Gambar: 16:9, 1:1, atau 2:3
  • Format Video: .mp4 atau .mov file types

Single Video (Video Tunggal)

  • Format Video : .mp4, .mov, and .gif adalah yang paling ideal
  • Aspek Rasio: 9:16 to 16:9 (Rasio idealnya tergantung pada penempatan iklan)
  • Resolusi: minimal 600 pixels width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file and aspek rasio yang Anda pilih)
  • Ukuran File: maksimal 4GB
  • Durasi Video (Facebook): 1 detik sampai 240 detik
  • Durasi Video (Instagram) : 1 sampai 60 detik
  • Panjang Video untuk Instagram dan Facebook: 1 sampai 15 detik.

14. Cara Pembayaran Facebook Ads

Tahap terakhir adalah melakukan pembayaran agar iklan bisa tampil di facebook. Disini Anda bisa membayar deposit melalui Kartu Kredit dan Transfer Bank (manual). Apabila Anda sudah melakukan pembayaran, facebook akan meninjau iklan Anda dan akan segera menampilkan Iklan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

metode pembayaran facebook ads new

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *