9 Manfaat Menggunakan Facebook Ads Untuk Bisnis

keuntungan menggunakan facebook ads

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mempercayai Facebook sebagai media sosial yang paling maju untuk memperkenalkan produk mereka. Facebook juga sangat berperan dalam membangun branding dan kegiatan internet marketing. Biaya beriklan yang lebih mudah dan murah tentang menjadi alasan Facebook mulai kembali dilirik oleh beberapa pembisnis online.

Meskipun sekarang ini banyak sekali sosial media yang sangat bermacam-macam. Tapi, media sosial ini masih memiliki ruang tersendiri bagi pembisnis untuk melakukan sebuah penjualan. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi ataupun bisnis menganggap promosi di dalam Facebook sangatlah menguntungkan dibanding dengan promosi iklan melalui website perusahaan tersebut.

Karena Facebook memiliki pengguna aktif yang cukup besar dibanding media sosial lain. Pada tahun 2017 – 2018 di indonesia sendiri diketahui hampir menyumbang hingga 150 juta pengguna, hampir setengah total penduduk bahkan lebih. Jadi, alangkah disayangkan jika tidak dimanfaatkan untuk mengenalkan produk Anda disana.

Saat ini perusahaan lebih percaya terhadap keberadaan Facebook karena mampu memberikan kontribusi terhadap produk yang mereka tawarkan. Selain itu, platform sosial ini juga mampu bersaing daripada website kenamaan lainnya ketika menampilkan brand di internet.

Facebook sendiri berusaha memberikan pelayanan yang memuaskan untuk melayani penggunaannya terutama para pembisnis online pemula ataupun yang sudah profesional sekalipun. Sehingga banyak pebisnis online yang  melirik dan menjadukan media ini sebagai lapak dagangan mereka di dunia Maya. Disamping itu, media sosial milik Mark Zuckerberg ini tengah mengembangkan beberapa layanan Facebook Marketing kepada para pengguna dengan hadirnya Facebook ads.

Apa Itu Facebook Ads ?

Facebook ads sendiri merupakan salah satu media iklan yang diperuntukkan untuk keperluan penawaran bisnis kepada seluruh audiense berdasarkan minat, demografi dan lokasi. Peletakan iklan biasanya berada di beranda, sidebar, story dan massanger.

contoh facebook ads

Terdapat beberapa jenis iklan yang dapat ditayangkan yaitu iklan bergambar dan video. Facebook sendiri memiliki tujuan iklan yang dapat dilihat dari tujuan seperti misalnya, Impression, Traffic, Lead dan lain sebagainya. Selain karena jumlah pengguna Facebook yang semakin banyak dan terus meningkat setiap tahunnya membuat Facebook menjadi media sosial yang paling digunakan untuk keperluan berbisnis.

Facebook ads juga memiliki kelebihan dalam iklan platform yang handal dan mempunyai berbagai jaringan yang luas diseluruh dunia. Bukan hanya itu, sosial media ini juga mempunyai berbagai kelebihan dalam beriklan. Lalu keunggulan apa saja yang didapat pembisnis jika menggunakan Facebook ads?

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Setelah mengetahui berbagai informasi tentang Facebook ads. Perlu diketahui bahwa beriklan di facebook ternyata memiliki keunggulan dalam berbisnis. Lantas seperti apa keunggulan dari penggunaan Facebook ads dalam kegiatan berbisnis. Simal penjelasannya berikut ini:

Baca Juga : Cara Membuat Iklan Facebook Ads Untuk pemula

1.  Iklan Lebih Tertarget

Iklan yang anda tawarkan di laman Facebook akan mudah dikenali oleh para customer. Selain itu, perhatikan customer berdasarkan usia ataupun kebutuhan mereka. Dengan begitu anda akan mendapatkan target pasar yang sesuai dan jelas. Sehingga iklan yang anda tampilkan dapat lebih maksimal. Tentunya hal ini sangat berpotensi mendatangkan beberapa customer yang sangat potensial.

2. Pengeluaran Mudah Disesuaikan

Budget sangatlah berarti bagi pembisnis online. Karena bisnis online tanpa adanya budget yang dikeluarkan tentunya tidak akan berjalan. Apalagi dalam beriklan di website sendiri membutuhkan budget yang dikeluarkan. Namun, berbeda di Facebook ads yang bisa anda atur budgetnya sesuai dengan keuangan anda. Oleh karena itu, anda tidak perlu takut mengeluarkan budget yang begitu besar di Facebook ads. Bahkan dengan budget yang minimalis dapat membuat anda lebih mudah menyala usaha.

3. Mendapatkan Banyak Keuntungan

Mencari keuntungan sebanyak-banyaknya tentunya menjadi dambaan semua pembisnis online. Adanya keuntungan tentunya akan semakin membuat pembisnis online akan semakin bertambah banyak dalam segi keuntungan. Dengan menggunakan Facebook ads anda akan menemukan semua fasilitas tersebut. Sebab, dengan jangkauan yang luas dapat membuat keuntungan anda lebih banyak daripada sebelumnya. Sangat menguntungkan sekali bagi anda yang ingin mendapatkan peluang usaha yang besar.

4. Memiliki Objektivitas Dalam Format Iklan

Pada mulanya iklan di Facebook ads bisa disesuaikan dengan tujuan format iklan yang akan dipakai. Objektivitas pada Facebook ads memiliki tujuan untuk menjadikan campaign iklan yang anda tawarkan. Jika anda mempunyai produk yang ditawarkan maka sebaik-baiknya fokus pada brand produk yang akan anda pakai. Supaya dalam mendapatkan keuntungan juga lumayan banyak dan membuat bisnis anda semakin terkenal. Sebab, hal ini dapat dijadikan sebagai tambahan visitor pada website anda.

5. Memiliki Target Pemirsa yang Fantastis

Facebook menawarkan kepada pembisnis online target yang besar terhadap iklan yang ditampilkan pihak Facebook. Sehingga anda dapat menampilkan iklan yang layak ditampilkan di laman Facebook ads. Target yang digunakan dapat berdasarkan umur, kondisi geografis pengguna, jenis kelamin dan masih banyak lagi. Peralatan canggih yang digunakan oleh Facebook dapat membantu anda untuk melakukan kegiatan promosi lewat produk anda. Disini anda dapat membuat fitur untuk dapat melacak produk mana yang Anda sudah terjual ataupun yang masih belum terjual.

6. Brand Awareness Meningkat

Pengguna Facebook di Indonesia semakin hari semakin bertambah banyak. Hal ini menjadi peluang bagi anda pembisnis online untuk meningkatkan penjualan Brand produk. Pasalnya sekarang ini jejaring sosial tidak terbatas. Sehingga pengguna antar jaringan media sosial semakin banyak yang menggunakan.

Dalam hal ini membuat brand penjualan produk yang anda tawarkan di Facebook akan semakin mudah ditawarkan. Setelah mendapatkan branding sesuai harapan anda tentunya akan semakin mudah produk yang anda tawarkan lebih dikenal oleh pengguna Facebook dengan jumlah yang banyak.

Beriklan di Facebook ads menjadi solusi bagi anda ingin mendapatkan penjualan branding supaya lebih tumbuh dan meningkat setiap harinya. Jika anda lebih telaten lagu dalam menampilkan produk yang anda tawarkan di Facebook ads maka tentunya tidak mungkin usaha anda akan sepi pembeli. Malahan adanya Facebook ads dapat membantu anda dalam mengiklankan produk yang anda tawarkan.

7. Target Promosi Tepat

Selain meningkatkan brading produk anda Facebook ads juga dapat membantu anda mencari target promosi yang tepat. Sebab, di Facebook ads sendiri anda dapat mempromosikan produk yang anda tawarkan kepada audiens. Misalnya ketika anda ingin mempromosikan produk makanan. Maka Facebook secara otomatis akan menampilkan produk anda di laman yang sudah mereka sediakan. Selain itu,jika anda menampilkan iklan berupa daerah demografis seperti Jakarta. Pastinya dengan sendirinya Facebook akan menghadirkan daerah yang anda berikan untuk dipromosikan.

8. Tanpa Batas Waktu, Jarak dan Lokasi

Memanfaatkan Facebook ads sangat berguna bagi kelangsungan bisnis online anda. Tentunya dengan jarak yang semakin jauh akan menjadi masalah bagi anda. Tapi, hal ini tidak berlaku untuk Facebook ads yang memiliki akses penjualan yang cukup luas. Bahkan saking luasnya Facebook ads dapat menjangkau seluruh wilayah terkecil untuk menjajakan produk yang ditawarkan oleh pembisnis yang ada di daerah. Tanpa adanya jarak antara penjual dan pembeli pada Facebook ads ini membuat anda akan lebih leluasa mempromosikan produk yang anda tawarkan.

9. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Saat Anda beriklan tentu banyak orang yang melihat tentunya akan semakin bertambah besar keuntungan yang anda peroleh. Terutama pada click through rate yang selalu menjadi perhitungan dalam melakukan sebuah penilaian terhadap kualitas produk yang dijadikan untuk kegiatan bisnis.

Dengan penargetan yang jelas tentunya bisa anda manfaatkan untuk menghubungi target audience lewat fitur yang tersedia. Disamping itu, audience juga dapat memiliki pilihan terhadap iklan yang ditawarkan oleh anda. Untuk itu usahakan dalam melakukan promosi produk selalu memperhatikan seberapa banyak audience yang akan melihat produk anda setiap harinya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat dan keuntungan menggunakan Facebook ads. Semoga informasi ini dapat memperluas pengetahuan anda tentang informasi digital marketing dan periklanan di internet.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *