Cara Mendaftarkan Website Prestashop ke Google Webmaster Tool

Mungkin akan mengalami kesulitan saat pertama kali mendaftarkan website prestashop ke Google Webmaster tools. Namun sebenarnya gampang saja jika kamu sudah terbiasa, terlebih kalau kamu memiliki banyak website atau blog.

Meski pada dasarnya hampir semua jenis cms memiliki cara yang sama, namun ada sedikit perbedaan untuk cms yang satu ini. Biasanya cms wordpress dan blogger sudah tersedia plugin untuk men-submit otomatis, namun untuk prestashop sepertinya kamu harus men-submitnya secara manual.

Tujuan dan Fungsi Mendaftarkan Situs ke GWT (Google Webmaster Tools)

Bicara soal daftar atau submit google webmaster tools, mungkin ada beberapa dari kalian yang bertanya-tanya. Untuk apa sih kita harus repot-repot mendaftarkan website kita ke google serach console?  dan seberapa pentingkah tools milik google ini?

Ibarat kita punya rumah baru, kita harus lapor pak RT dulu supaya lebih dikenal oleh tetangga sekitar. Sama seperti website baru yang belum dikenal oleh mesin pencari seperti google.

Sebenarnya tanpa melaporkannya pun google tetap akan mengenal dan men-crawl situs kamu. Tapi itu membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan bisa bertahun-tahun.

Untuk itu kamu harus mendaftarkan website mu ke google search console atau google webmaster tools, agar dengan segera google dapat mengenali situs atau website kamu.

Kemudian apabila website kamu memenuhi kriteria dan sesuai dengan algoritma saat ini, maka dengan senang hati mesin pencari akan manampilkan website kamu, pengunjung pun akan dengan mudah menemukan konten yang kamu buat.

Bukan hanya itu saja, ada manfaat lain jika web atau blog kamu terdaftar di Google Webmaster tools atau saat ini lebih dikenal sebagai Google Search Console antara lain adalah:

  • Dapat mengetahui jumlah pengunjung organik (pengunjung dari google).
  • Dapat mengetahui perkembangan website.
  • Sebagai sarana penghubung dengan robot milik google, kamu akan mengetahui bagaimana cara mereka merayapi setiap halaman website kamu.
  • Memonitoring website dari kesalahan atau error yang ditemukan oleh search console.

Google webmaster tools sendiri merupakan alat bantu yang disediakan google untuk para publisher dalam memaksimalkan situs mereka. Artinya jika website kamu ingin tampil lebih optimal, kamu perlu mendaftarkan web atau blog milik mu dulu.

Apabila website kamu sudah tersubmit dengan baik dan didukung oleh SEO onpage maupun offpage yang ciamik, maka situs atau website mu akan mendapatkan banyak kunjungan.

Lalu apa efeknya untuk website toko online seperti prestashop? tentu saja kamu bakalan kebanjiran orderan, sehingga mendapatkan banyak keuntungan , bisnismu mu pun akan semakin terus berkembang.

Baiklah, setelah kita mengetahui tujuan kenapa kita harus mendaftarkan web toko online kita di Google Search Console, tanpa panjang lebar lagi yuk simak bersama bagaimana cara mendaftarakan website prestashop di google webmaster tools.

Cara Submit Website Prestashop ke Google Search Console

  1. Silahkan buat akun Google terlebih dahulu dengan mendaftarkannya di Google Email (Jika kamu sudah punya Gmail, kamu tidak perlu buat akun baru).
  2. Silahkan buka Google Search Console.
  3. Setelah berhasil masuk, klik Tambahkan Properti di pojok kiri atas, jika sudah pilih URL Prefix Atau Awalan URL.
    cara submit web di google search console
  4. Selanjutnya silahkan salin url domain web kamu dan pastekan di Awalan URL, klik Continue atau Terus.
  5. Disitu akan ada 4 pilihan cara verifikasi, yaitu; 1. Tag HTML, 2. Analitis Google, 3. Google Tag Manager, dan 4. Penyedia Nama Domain.

    Biasanya kalau wordpress atau blogger cukup salin kode dari HTML Tag <head> saja. Tapi untuk prestashop kamu akan kesulitan mencari bagan htmlnya. Oleh karena itu kita kesampingkan cara Tag HTML dan beralih ke cara manual.

  6. Selanjutnya unduh file html yang diberikan google search console.
    kode verifikasi google search console
  7. Buka Cpanel > Piilih File Manager > Pilih Public_Html > kemudian silahkan upload file html yang kamu unduh tadi.
    verifikasi file html di cpanel public html
  8. Jika sudah, silahkan kembali ke google search console, dan kemudian klik Verifikasi.
    verifikasi kepemilikan situs di gwt
  9. Jika verifikasi berhasil maka akan muncul jendela pop seperti contoh dibawah ini.
    verifikasi google search console berhasil 1

Seperti itulah cara mendaftarkan website prestashop ke google webmaster tools atau google search console. Untuk tahap selanjutnya adalah menyempurnakan keberadaan website kamu di mesin pencarian google, silahkan baca cara membuat sitemap website di prestashop melalui cpanel.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *