Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya di Tokopedia

Mencari Supplier itu memang butuh ketelitian, bukan main-main karena inilah yang nantinya menentukan bisnis anda akan berjalan atau tidak.

Sebelum anda melanjutkan membaca artikel di bawah ini, sebaiknya anda perlu tahu dulu apa itu Supplier. Supplier adalah suatu perusahaan atau perorangan yang menyumbangkan atau memasok barang atau jasa.

Dropship ialah yang mencari Supplier, itulah mengapa kedua pihak ini saling kerja sama dan menguntungkan. Memang menjadi seorang Dropshipper itu adalah alternatif yang bagus untuk yang belum atau tidak mempunyai produk sendiri.

Tapi yang susah adalah mencari Supplier yang baik dan terpercaya, apalagi kalau anda baru saja terjun ke dunia Berjualan online.

Review Suplier di Tokopedia

Ada beberapa langkah yang perlu anda ketahui untuk mencari Supplier yang baik. Bagaimana caranya, simak pembahasan di bawah ini.

  1. Pertama, masuk ke Tokopedia Hot https://www.tokopedia.com/Hot
  2. Kemudian pilih produk yang ingin anda jual, setelah memilih kemudian anda akan di arahkan ke form pembelian.
  3. Tujuan kita disini adalah menemukan supplier terbaik, jadi anda perlu mengikuti Toko di supplier, klik saja Ikuti. Jika sudah, masuk ke halaman tokonya.

Oke saatnya kita mereview apakah toko tersebut cocok untuk kita jadikan sebagai Supplier dari bisnis dropship anda.

1. Perhatikan pada bagian Reputasi

Pastikan anda memilih level reputasi minimal Gold,  Karena reputasi ini adalah pengaruh dari beberapa hal. seperti Jumlah pesanan yang di dapatkan, Jangka waktu atau Umur toko tersebut, dan Pelanggaran yang di dapatkan supplier akan mengurangi reputasi.

2. Kecepatan Proses Pembelian

Lihat pada statisik Toko, bagian Kecepatan Proses. Saran saya kecepatan toko minimal Cepat. Kenapa harus Cepat? hal ini di dasari dengan skor pelayanan si penjual/ supplier kepada pelanggan. jadi pastikan anda memperhitungkan hal ini.

3. Rate ulasan minimal 4.7

rate ulasan di tokopedia

Ulasan disini adalah pendapat dari pembeli yang di berikan kepada si penjual, mengaju pada kepuasan pelayanan dan juga kualitas barang yang di beli. Saya sarankan untuk memilih supplier yang memiliki ulasan 4.7 atau Rating bintang 5 pada tokonya.

4. Pastikan gambar Produk Menarik

Ini menjadi salah satu hal yang memancing pembeli untuk mengklik produk yang di jual. Maka dari itu, pastikan anda memilih kumpulan gambar dari toko supplier memiliki kesan yang menarik dan mempunyai stok dari berbagai sisi anglenya.

Tips Mencari Supplier Terbaik di Tokopedia

Saatnya menghubungi si Supplier untuk di ajak kerja sama dengan mengklik Chat Penjual, cobalah untuk meminta Nomer whatsapp untuk berkomunikasi lebih lanjut lagi. Tanyakan apakah menerima sistem Dropship atau tidak.

Oke kali ini saya akan memberikan tips untuk mencari Supplier terbaik di tokopedia.

1. Perhatikan Kualitas produk

Kualitas menjadi salah satu faktor terbesar pada saat pemilihan supplier, Kenapa? karena pemilihan supplier yang memiliki produk berkualitas cederung akan di sukai oleh para pembeli dan anda sebagai dropshipper akan mendapatkan banyak pembelian tentunya.

2. Perhatikan Kebutuhan Kuantitas

Selain kualitas, kuantitas juga perlu di pertimbangkan, pastikan anda memilih Supplier yang memiliki pasokan barang yang cukup untuk di kirim kan kepada pembeli.

3. Pantaulah Pelayanan serta Kesigapan Supplier

Ini yang menjadi faktor kepuasan pembeli, Kesigapan dan cepat menganggapi saat ada pembelian sangatlah penting sebelum anda memutuskan untuk bekerja sama. tentu anda tidak mau kan mendapatkan komplain karena barang terlambat di terima oleh pembeli.

Untuk mengetes apakah kesigapan supplier dapat di perhitungkan adalah dengan membeli sejumlah produknya, kemudian lihatlah respon serta kecepatan pelayanannya, cobalah menilai sendiri apakah layak untuk anda ajak kerja sama.

4. Pertimbangkan Kontinuitas dan Konsisensi

Coba perhitungkan faktor kemungkinan kendala yang akan di alami saat pengiriman, atau kesediaan. Seperti contoh perharikan Jarak pengriiman, jadwal kerja, sampai peralatan kerja.

Kenapa hal ini perlu? ya sebenarnya ini untuk berjaga-jaga saja dalam mempersiapkan produk yang di jual oleh supplier, Kadang supplier mengalami kendala dalam pengirman barannya, entah itu terlambat, atau kerusakan. penting untuk mencari supplier yang memiliki konsistensi suplai produknya.

5. Perhatikan Reputasi dan Track Record Supplier

Cobalah untuk mencari informasi valid dari toko supplier, ceklah terlebih dajulu informasi terkait supplier di berbagai tempat, seperti Blog, Forum jual beli, atau komonitas.

Telusurilah kredibilitasnya dengan cara melihat setiap pembeli yang pernah melakukan transaksi di toko supplier.

Kesimpulan

Itulah Cara mencari Supplier di tokopedia dengan benar, oh ya dalam mencari Supplier itu tidak boleh tergesa-gesa dan asal-asalan karena ini nantinya bisa menentukan reputasi anda sebagai seorang Dropshipper.

Jika sudah mendapatkan suplier terbaik di tokopedia, kini saatnya mulai berjualan online disana. Bagi pemula silahkan menjadi dropshipper di tokopedia dulu. Jika sudah besar bangunlah branding dengan buat website toko online dengan prestashop dan kemudian pelajari 5 cara sukses berjualan online untuk pemula.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.