Panduan Lengkap Membuat Toko Online Prestashop Untuk Pemula

Membuat website untuk berjualan online dengan CMS Prestashop adalah pilihan yang sangat tepat. Fiturnya lengkap, mudah di optimasi, dan tentunya GRATIS.

Tidak perlu menguasai kemampuan ngoding, kamu yang bukan orang IT pun dapat dengan mudah membuat website toko online sendiri.

Saya pun senang menggunakan CMS ini, karena setiap produk yang saya posting bisa dengan cepat terindex oleh mesin pencarian (Google). Soalnya prestashop sendiri didukung oleh module-module gratis yang dapat memaksimalkan kata kunci produk.

Pengalaman saya setelah 3-6 bulan posting produk dan melakukan optimasi, beberapa produk sudah ada yang tampil di halaman depan google. Tentu saja saya juga melakukan riset kata kunci produk terlebih dahulu, untuk mencari volume pencarian produk yang banyak dicari orang dan sedikit kompetitor.

Alhamdulillah pada saat itu ada beberapa customer yang menghubungi saya lewat whatsapp, email, dan telpon. Tak jarang juga terjadi closing dari hasil penjualan.

toko online prestashop 1.6

Ada banyak keuntungan jika kamu memiliki website toko online sendiri:

  1. Tidak perlu repot-repot stok barang.
  2. Tidak membutuhkan modal besar, cukup bermodalkan hosting dan domain pertahun untuk mengonlinekan website.
  3. Tidak perlu pusing mencari kios, ruko atau tempat berjualan.
  4. Bisa follow up customer kapan dan dimana saja.
  5. Meningkatkan kredibilitas usaha online.

Prestashop VS WordPress

Untuk membuat sebuah website memang diperlukan kemampuan pemograman web. Namun sekarang sudah tidak lagi, karena sudah banyak developer yang menyediakan website siap jadi.

Jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara merancang dan membangun sebuah website dengan bahasa pemograman yang menjlimet. Kamu hanya perlu drag dan drop untuk memperindah tampilan. Kalau kamu bosan, kamu bisa mengganti tampilan website hanya dengan upload template secara gratis.

Ada banyak pilihan platform CMS (Content Management System) atau website siap jadi yang bisa kamu gunakan. Untuk pemula saya sarankan sebaiknya belajar menggunakan prestashop atau wordpress untuk membangun sebuah website toko online.

Bagus mana antara prestashop dengan wordpress (woocommerce)?

Menurut saya keduanya sama-sama bagus dan bersifat open source (bebas digunakan, modifikasi, dan dikembangkan). Namun ada beberapa kelebihan serta kekurangan dari masing-masng platform:

Prestashop
Kelebihan :
  • Platform ini memiliki module khusus untuk toko online
  • Memudahkan optimasi produk
  • Ramah terhadap mesin pencarian dan pengunjung
  • Sangat enak dilihat (Tampilan lebih profesional)
  • Fitur lengkap (Ada keranjang belanja, harga, ekspedisi pengiriman, dan lain sebagainya)
  • Tersedia halaman
  • Sangat cepat terindex google.

Kekurangan :

  • Struktur dashboard administrasi agak rumit jika belum terbiasa
  • Template terbatas (rata-rata berbayar)
  • Sistem hook untuk mengatur navigasi widget yang membingungkan pemula.
Woocommerce
Kelebihan :
  • Mudah digunakan dan sangat user friendly
  • Ramah terhadap mesin pencarian dan pengunjung
  • Banyak pilihan template gratis yang keren-keren
  • Pengguna terbanyak setelah prestashop, sehingga jika ada kendala bisa berdiskusi dengan sesama pengguna wordpress di forum
  • Banyak Plugin gratisan pendukung toko online
  • Bisa menggunakan plugin Elementor untuk edit template.

Kekurangan :

  • Banyak eror untuk template gratisan
  • Bukan bagian dari wordpress itu sendiri (tidak beridiri sendiri), artinya membutuhkan bantuan plugin
  • Pada dasarnya wordpress adalah untuk blog / web personal bukan untuk toko online.

Itulah kelebihan dan kekurangan masing-masing platform menurut saya (apabila ada kesalahan mohon di koreksi). Selanjutnya terserah mau pilih yang mana, Woocomerce dari WordPress atau Prestashop.

Keduanya sama-sama bagus, tapi disini saya lebih memfokuskan bagaimana cara membangun toko online dengan prestashop dari nol, sampai ada pengunjung organik (visitor dari google) dan mendapatkan pelanggan.

1. Membeli Hosting dan Domain

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat website toko online adalah membeli hosting dan domain (Jika kamu sudah mengerti cara membeli hosting dan domain abaikan saja cara ini).

Bagi yang belum paham apa itu hosting dan domain kamu bisa membacanya di google, atau mungkin lain kali saya yang akan membahasnya lebih dalam.

Tapi secara singkat hosting itu adalah tempat meng-online kan website toko online kita. Jadi tanpa hosting website tidak akan pernah bisa ditemukan di internet. Hosting juga berfungsi sebagai wadah atau tempat menyimpan data-data website kita, seperti katalog produk, foto produk, data customer, dan lain sebagainya.

Kalau mode offline biasanya kita menggunakan XAMPP / Wampserver untuk menyimpan data-data website.

Lalu bagaimana dengan domain? apa sih domain itu?

Secara singkat domain adalah url alamat website kita. Contoh www.kumacart.com, kompas.com, vica.co.id, kaskus.co.id, tokopedia.com dan lain sebagainya.

Ibarat tempat tinggal Hosting adalah rumah dan perabotannya, sedangkan Domain adalah alamat rumah kita.

Oh iya.. sebelum menentukan nama domain, sebaiknya cek dulu di whoisdomaintools. Lebih baik gunakan nama domain fresh, artinya domain tersebut sama sekali belum digunakan oleh orang lain. Hal ini bertujuan untuk menghindari menggunakan domain bekas spam, atau dulunya website yang pernah dicap jelek oleh google.

Jika sudah dicap jelek di mata google, maka akan sulit sekali website kita bisa nangkring di halaman pertama google. Otomatis tidak akan ada calon pembeli yang mampir di toko online kita nanti, alias zonk.

Indikator domain fresh menurut Whois domaintools adalah warna hijau. Gunakan nama domain tersebut ya! jangan menggunakan domain warna kuning yang artinya sudah pernah digunakan orang lain. Jika indikator berwarna hitam, itu artinya nama domain tersebut sedang digunakan oleh orang lain.

Tentukan Penyedia Layanan Hosting

Sebelum membeli hosting dan domain sebaiknya perhatikan kualitas jasa hosting tersebut. Jangan sampai terkecoh dengan layanan hosting murah. Pastikan penyedia hosting tersebut sudah terbukti menyediakan hosting berkualitas dan bukan abal-abal.

Pastikan juga penyedia layanan hosting tersebut sangat fast response. Jadi ketika ada kendala customer care mereka akan dengan cepat membalas keluhan kita.

Rekomendasi hosting terbaik menurut pengalaman pribadi:

  • Rumahweb
  • Dapur Hosting
  • Jagoan Hosting
  • Niagahoster
  • Menurut pengalaman pembaca

Saya sendiri menggunakan rumah web sebagai tempat hosting untuk website

Untuk harga biasanya mereka membandrol sebesar 500-600 ribu per tahun untuk space 1 giga byte + Free SSL. Biasanya mereka juga memberikan promo khusus untuk pembelian tahun pertama sebesar 150 rb plus gratis domain. Next kamu harus membayar sesuai dengan tarif normal yaitu sekitar 500-600 ribu-an per tahun.

Cara membeli hosting dan domain

Silahkan kunjungi website resmi mereka terlebih dahulu untuk membeli hosting. Contoh disini adalah penyedia Hosting Rumahweb. Saat membuka website rumahweb.com kita akan menemukan jendela pop up promo harga hosting.

penyedia hosting rumah web

Silahkan pilih extention domain atau akhiran domain, .com atau .id. Saran saya sebaiknya gunakan nama domain berakhiran .com. Karena selain bersifat global, .com juga terlihat lebih profesional dan harganya pun lumayan murah.

Harga normal domain .com sekitar 150rb pertahun. Untuk harga .id kurang lebih sama dengan “Com”, tapi biasanya mereka minta data-data lain seperti KTP.

pilih domain rumahweb

Selanjutnya silahkan masukkan nama domain yang diinginkan. Misal: tokobajubekasi.com, tokoakibekasi.com, atau nama brand kamu, misal : sabana.com, sahara.com, dan lain sebagainya yang menurut kamu bagus dan mudah dingat orang.

Perlu diperhatikan disini..

Pikirkan nama brand kamu matang-matang ya, jangan sampai menyesal di kemudian hari. Karena jika sudah salah memilih nama domain maka tidak akan pernah bisa diganti.

Jika ingin mengganti domain, mau tidak mau google akan menganggap itu adalah website baru atau domain baru. Butuh indeks ulang untuk hal ini, dan akan butuh waktu lama. Sayang kan jika sudah ada produk yang page one di google, tapi halaman tersebut sudah hilang. Jadi tetapkan dan mantapkan nama website kamu dari awal pembuatan ya.

pilih domain rumahweb Rekomendasi Layanan Tambahan

Oke lanjut,

Jika sudah silahkan pilih durasi hosting. Kemudian disini ada pilihan Rekomendasi Layanan Tambahan. Silahkan skip saja atau biarkan dalam keadaan default. Tapi jika kamu ingin menggunakan Email Profesional silahkan ceklis dan kamu akan dikenakan biaya tambahan disini.

Selanjutnya silahkan tentukan cara pembayaran. Saran saya gunakan Virtual Account BCA / BRI / Mandiri, supaya langsung di verifikasi dan domain bisa langsung aktif tanpa harus upload bukti pembayaran.

Jika pembayaran berhasil dilakukan, selamat kini kamu sudah memiliki hosting dan domain aktif.

2. Instalasi Prestashop Melalui Softaculous di Cpanel

Apabila Hosting dan domain sudah aktif kita bisa langsung membuat website toko online.

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah login ke Cpanel.

Silahkan menuju ke dashboard client rumahweb untuk mengetahui username dan password Cpanel. Caranya Klik Product dan Layanan Aktif, dan kita akan dialihkan ke halaman Kelola Produk.

informasi akun rumahweb

Gambar di atas adalah username dan password untuk bisa login ke Cpanel. Pada awal pembelian Hosting username dan password dibuat random, jadi silahkan ubah dalu supaya mudah diingat, kalau perlu di catat biar tidak lupa.

Jika sudah dicatat silahkan pergi ke halaman Cpanel. Caranya ketik nama domain kamu di kolom url browser seperti ini : “www.tokobaju.com/cpanel” di browser (google chrome atau mozilla firefox).

Kemudian silahkan login dengan memasukkan username dan password yang sudah kamu ganti tadi.

halaman cpanel

Pada halaman cpanel kita akan melihat banyak Elemen :

  • Files
  • Database
  • Domains
  • Email
  • Metrics
  • Security
  • Software
  • Advanced
  • Preferences
  • Softacolous App Installer.

Files disini berfungsi sebagai penyimpanan kode-kode, file atau struktur website. Sedangkan Database memiliki fungsi untuk menyimpan data-data seperti konten/katalog produk, data customer, foto produk, dan lain sebagainya.

Nah untuk meng-instal prestashop disini kita menggunakan Elemen Softacolous. Berbeda dengan FTP yang agak ribet, softacolous sangat simpel dan mudah untuk pemula sekalipun.

  1. Scroll paling bawah halaman Cpanel sampai menemukan Softacolous App Installer
  2. Klik gambar icon pinguin prestashop
  3. Klik Install Now
  4. Pilih Versi yang diinginkan, kali ini kita menggunakan versi 1.6.1.24
  5. Pilih Url Instalasi (gunakan SSL / https)
  6. Kosongkan In Directory
  7. Baris Site Setting : Tentukan Store Name dan nama Admin Folder
  8. Tentukan Admin Account : Tulis nama email (gunakan email google kamu saja), tentukan Admin Password (minimal 85 karakter), First Name dan Last Name)
  9. Pada baris Advanced Option : Ganti nama database pres menjadi database kamu, misalkan pres585 menjadi sm585
  10. ganti huruf depan pada nama table prefix, misalkan ps5c menjadi sm5c
  11. Ubah otomatis back menjadi Once a month
  12. Jika sudah di isi semua dengan benar silahkan Klik Install.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini:

penjelasan cara installasi prestashop

Tunggulah beberapa saat hingga proses instalasi selesai dengan sempurna. Biasanya proses ini tidak memakan waktu lama. Jika instalasi lama berarti ada yang salah dalam pengisian data.

Oke next..

Jika proses instalasi selesai, kita bisa langsung melihat notifikasi laman seperti gambar dibawah ini. installasi prestashop berhasil

Kita akan diarahkan menuju 2 URL halaman. Pertama ke laman homepage dan yang kedua ke laman dashboard admin website.

Pada laman admin ini kamu bisa upload produk, pasang banner toko, memberikan alamat dan nomer kontak, rekening bank, pasang halaman facebook, dan lain sebagainya.

Untuk bisa masuk ke halaman admin silahkan kamu buat dulu id (Email Address) dan Passwordnya. Caranya adalah:

  1. Silahkan pergi ke Softaculous di cpanel
  2. Pilih prestashop
  3. Scroll / arahkan kursor ke paling bawah bagian Current Installasion
  4. klik gambar pensil untuk Edit
  5. Silahkan masukkan Admin Email dan Password (Jangan sampai lupa, catat kalau perlu).
  6. Klik Save Installasion Detail
  7. Silahkan cek apakah sudah bisa login atau belum dnegan pergi ke halaman admin.

login admin prestashop

Selanjutnya coba cek laman homepage website apakah sudah tampil dengan baik. Disitu kita akan melihat laman homepage secara default. Pada setiap katalog produk akan menampilkan foto wanita, nanti kita akan ganti satu-persatu foto tersebut dengan foto produk yang akan kita jual.

tampilan homepage prestashop 1.6
Penampakan Prestashop 1.6

Sampai disini proses instalasi selesai..

Selanjutnya adalah bagaimana cara upload dan menampilkan produk pada setiap kategori yang diinginkan.

3. Mulai Menampilkan Produk

Sampai disini saya anggap kamu sudah paham cara menginstal prestashop dengan softculous. Sekarang kita sudah bisa mulai upload produk yang ingin kita pajang disetiap katalog. Namun sebelumnya kamu harus terbiasa dulu dengan bagian-bagian dashboard admin prestashop ini.

Pada laman Dashboard matikan saja Mode Demo di Pojok Kanan atas..

3.1. Buat Kategori Produk

  1. Silahkan pergi ke Catalog (Dibawah Menu Dasboard)
  2. Kemudian pilih Categories
  3. Edit Kategori yang ingin kamu buat

3.2. Menambahkan Produk

Disini adalah bagian terpenting, kamu bisa memposting produk dan mengoptimasinya.

  1. Silahkan Pergi ke Catalog
  2. Pilih Products
  3. Cari Add New Product di kanan atas layar untuk menambahkan produk baru.

Disitu kita akan melihat Elemen-elemen seperti : Information, Prices, SEO, Associations, Shipping, Combinations, Quantities, Images, Fitures, Customization, Attachments dan Suplliers.

Untuk saat ini menurut saya kita hanya perlu optimasi elemen yang sudah saya pertebal saja. Sekarang biarkan saya jelaskan elemen-elemen tersebut satu-persatu.

Information

Disini kita bisa membuat judul produk yang menarik, deskripsi pendek, deskripsi dan tags.

  • Tulis nama produk semenarik mungkin. Misalkan HP Xiaomi Redmi 5A atau Celana Chino Jumbo. Untuk Referensi Code, dan lain-lain biarkan saja kosong / biarkan secara default.
  • Jelaskan deskripsi secara singkat di Short Description, contoh : Jual HP Xiaomi Redmi 5A RAM 2 gb / 16 gb Original adalah Smartpone murah namun memiliki kualitas tinggi bla bla bla.
  • Kemudian isi deskripsi produk secara lengkap di kolom Description, seperti spesifikasi, fitur, kelebihan, dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya Isi kolom Tags seperlunya saja (jangan berlebihan), misalkan hp xiaomi, xiaomi redmi 5a, hp xioami murah, hp xiaomi original.
  • Save jika sudah selesai

Prices

Pada bagian ini kamu bisa memberikan harga produk yang kamu jual. Jika kamu tidak ingin menampilkan harga produk, cukup kosongkan saja bagian ini.

Namun apabila ingin menampilkan harga, sebaiknya ubah dulu mata uang Dollar ($) ke rupiah (Rp). Silahkan baca Cara Mengganti Mata Uang Dollar ($) Ke Rupiah Pada Prestashop untuk menggantinya.

Jika sudah silahkan isi kolom harga sesuai kebutuhan.

  • Wholesale prices adalah harga grosir jika customer membeli lebih dari 1 barang
  • Retail Price adalah harga eceran atau harga satuan
  • Tax Rule kosongkan saja karena kita tidak bermain pajak (Rata-rata harga barang sudah termasuk PPN 10%)
  • Klik Save jika sudah di isi
  • Untuk settingan tambahan silahkan klik Add a new spesific price untuk memberikan diskon.

SEO

Elemen atau bagian ini berguna untuk memaksimalkan kata kunci produk kita di mesin pencarian. Disini kamu harus benar-benar membidik keyword secara tepat. Jika tidak, maka produk kamu tidak akan pernah muncul di mesin pencarian.

  • Meta Tittle : merupakan pengganti judul produk yang ada Elemen Information. Silahkan isi meta tittle dengan kata kunci produk, contoh : HP Xiaomi Redmi 5a 2GB/16GB | Harga Jual Distributor Bekasi.
  • Meta Description : uraian singkat tentang produk. Silahkan isi meta description dengan menyisipkan kata kunci yang kamu bidik, contoh : Jual murah HP xiaomi Redmi 5a 2GB/16GB harga distributor bekasi cash atau kredit bla bla bla.

contoh meta tittle dan meta deskripsi

Associations

Silahkan atur kategori per produk untuk memudahkan pengunjung mencari produk yang mereka cari. Tentukan Default Category yang sebelumnya kamu sudah setting.

  • Untuk setting kategori produk silahkan pergi ke Catalog > Kemudian klik Categories.
  • Untuk menambah kategori produk silahkan klik Add New Category di menu atas kanan layar.
  • Untuk menambah sub kategori / kategori turunan klik saya View kemudian Add New Category
  • Klik Edit jika ada penambahan, kesalahan atau untuk mengganti nama kategori.

Combinations

Di elemen ini kamu bisa mengatur jenis dari produk. Semisal ukuran, warna, dan bahan, biasanya produk fashion dan elektronik menggunakan fitur ini. Jika tidak ada yang perlu ditambahkan abaikan saja elemen ini.

Quantities

Kamu dapat mengatur jumlah stok barang kamu disini. Namun jika tidak ingin input stok barang abaikan saja elemen ini.

Images

Terakhir kita hanya perlu optimasi gambar produk, sebaiknya ikuti ukuran gambar produk sebelumnya yaitu 458 x 458 pixel, 72 Resolution. Buatlah foto produk semenarik mungkin, jika perlu cantumkan nama situs toko online kamu dan nomer kontak seperti no telp dan whatsapp, supaya pembeli selalu ingat nama toko dan mudah menghubungi kamu.

3.3. Mengganti Banner Paling atas

cara ubah slider dan banner paling atas prestashop

Silahkan ganti banner paling atas atau biarkan saja secara default.

  • Pergi ke Modules And Services
  • Pilih Font Office Features
  • Cari Module Banner Block
  • Kemudian Klik Configure untuk meng-edit
  • Sesuaikan, kemudian silahkan upload gambar
  • Banner link : untuk memberikan link ke produk atau halaman lain
  • Banner Description : Uraikan secara singkat deskripsi banner tersebut.

3.4. Mengganti Slider

Slider adalah banner yang bergerak setiap detik dengan tujuan selain website menjadi lebih keren, menarik, dan pengunjung juga dapat mengetahui produk-produk unggulan.

  • Pergi ke Modules And Services
  • Pilih Font Office Features
  • Cari Module Image slider for your homepage
  • Klik Edit untuk mengganti gambar slider
  • Tentukan Slide Tittle, contoh : Promo HP Xiaomi Redmi 5a
  • Isi Target URL ke produk atau halaman yang di inginkan
  • Isi Caption
  • Isi Deskripsi singkat tentang produk yang ditampilkan di slider tersebut.

3.5. Mengganti Banner Bawah

Sebelum mengganti gambar banner bawah, silahkan sesuaikan dulu ukuran gambar dengan banner bawaan prestashop. Buatlah banner semenarik mungkin, jangan asal-asalan.

Kamu bisa membuatnya dengan bantuan photoshop atau adobe ilustrator, silahkan piilih yang kamu kuasai.

  • Pergi ke Modules And Services
  • Pilih Font Office Features
  • Cari Module Theme configurator
  • Klik Configure Untuk mengedit.

3.6. Menambahkan Frame Fanpage Facebook (Follow Us On Facebook)

Selanjutnya adalah memasang Frame fanpage facebook. Seperti yang kita ketahui bahwa facebook adalah situs media sosial terbesar didunia. Disana berkumpul orang-0rang dari seluruh dunia, dari segala usia dari anak-anak hingga dewasa. Sangat bagus sekali memperkenalkan brand kita disini. Sehingga orang-orang mengetahui bisnis yang sedang kita bangun.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan memasang frame fanfage di website toko online kita. Kabar baiknya prestashop menyediakan fitur ini. Jika kamu ingin memasangnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Silahkan ke dashboard admin
  • Klik Modules and Service
  • Pilih Office Features
  • Cari modul Facebook Like Box block
  • Sekarang silahkan buka facebook dan buat fanpage jika belum punya
  • Copy Url Fanpage Facebook milikmu
  • Paste kan ke dalam Facebook link (full URL is required) di modul Facebook Like Box block
  • Kemudian Save.

membuat box fanpage facebook prestashop

3.7. Mengganti Lorem Ipsum (CMS Information Block)

Fitur ini membantu pelanggan menemukan informasi yang lebih jelas tentang toko kamu. Silahkan sunting kalimat bawaan prestasop seperti Lorem Ipsum, Dolor Sit Amet, Ctetur Voluptate seperti yang kamu inginkan.

Beritahu pelanggan bahwa toko kamu akan mengirimkan barang tepat waktu. Tulis nomer kontak / whatsapp kamu, dan tuliskan garansi produk yang kamu jual. Kemudian pada Custom Block silahkan tulis deskripsi singkat tentang toko kamu.

Untuk mengubahnya silahkan pergi ke laman modul prestashop di dashboard admin. Cari modul Custom CMS Informastion Block sampai ketemu.

3.8.  Memberikan Informasi Toko di Footer / Kaki Website

Pada bagian bawah website terdapat Information Store. Silahkan ubah lokasi toko kamu, nomer kontak / whatsapp dan email. Caranya pergi ke Module And Service, kemudian cari modul Contact Information Block sampai ketemu.

3.9. Mengubah Call Us Now di Bagian Atas Website

Pergi ke Module And Service, kemudian cari modul Contact Block. Silahkan ganti nomer kontak / whatsapp toko kamu disana.

Selesai sudah bagaimana cara membangun website ecommerce atau toko online dengan menggunakan cms prestashop. Selanjutnya kamu bisa mengembangkan dan meng-optimasi prestashop sendiri dirumah, dan jangan lupa daftarkan website toko online prestashop ke google webmaster tools agar cepat terindeks oleh search engine.

Apabila kamu kesulitan, kamu bisa menghire karyawan seperti seorang desainer, atau programmer yang mengerti seluk beluk pemograman website, supaya website toko online mu makin berkembang. Semoga panduan ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai cara jualan online.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *