Cara Menjadi DropShipper di Tokopedia

Pada era teknologi saat ini banyak di manfaatkan oleh banyak orang untuk memiliki penghasilan tambahan, salah satunya adalah berbisnis online Dropship. Tentu anda yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis online tidak asing lagi dengan istilah Dropship.

Dropship sendiri adalah sebuah teknik pemasaran online, dimana penjual tidak menyimpan langsung stok barang, namun ketika penjual mendapatkan order, penjual langsung meneruskan orderannya ke Supplier/Distributor/Produsen.

Kalau anda masih binggung coba lihat sistem Dropship di bawah ini

sistem dropship

Menurut saya ini adalah bisnis yang populer dan juga menjanjikan sejak kemunculan dunia digital marketing saat ini. Salah satu marketplace yang cocok untuk anda jadikan sebagai tempat Dropship adalah Tokopedia.

Mengapa Tokopedia?

Alasannya sangat logis, yaitu Tokopedia adalah marketplace terbesar di indonesia, Iklannya juga ada di mana-mana, untuk menjadi Dropshipper di sana juga tidak sulit. Karena tokopedia sendiri sudah tersedia fitur dan fasilitas yang di sedikan untuk seorang Dropshipper.

Baca Juga : 5 Cara Sukses Jualan Online Untuk Pemula

Persiapan Sebelum Menjadi Dropshipper di Tokopedia

persiapan menjadi dropshipper tokopedia

Nah, untuk anda yang ingin menekuni bisnis yang menjajikan ini, yaitu Dropship akan saya ajarkan step-by-step nya untuk anda, Nah ada beberapa tahapan yang wajib lakukan sebelum berjualan dengan sistem Dropshipping di Tokopedia.

1. Tentukan dulu Produk yang akan di Jual

Ini adalah langkah yang benar-benar dasar yang perlu anda ketahui, yaitu menentukan Prodk yang nantinya di jual. Jangan main-main lo soal ini, karena ini bakal menentukan laku tidaknya produk yang nanti anda jual.

Jadi anda bisa melakukan riset terlebih dahulu, Produk apa yang paling banyak di mintai oleh masyarakat, Produk mana yang sedang di populer saat ini.

Coba anda mengunjungi halaman Hot List di Tokopedia, disitu anda bisa melihat produk apa yang paling laris di tokopedia. Oh ya jangan memilih produk Musiman yang hanya laku sesaat saja, jadi anda harus benar-benar memilih produk yang bisa laku dan tidak naik turun penjualannya.

Pemilihan jenis produk ini juga harus di fokuskan pada satu produk saja, contoh Pakaian, Mainan anak, Makanan, Barang elektornik, dan sebagainya.

Baca Juga : 11 Langkah Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Tips menemukan produk Dropship Terbaik :

  • Pemilihan Produk yang Terus seimbang – Memilih produk yang sifatnya sustainable atau memiliki keseimbangan dalam penjualannya, dan jangan memilih produk yang bersifat Seasonal yaitu produk yang hanya laku pada waktu tertentu.
  • Jangan fokus pada banyak kategori Produk – Fokuskan pada satu jenis produk guna memaksimalkan brand awareness di mata pelanggan anda. Kenapa hanya satu? karena jika anda memilih banyak kategori maka akan Menjaring lebih banyak kompetitor yang ada di dalam ketegori tersebut, alhasil akan mempersempit kesempatan produk anda alam menaklukan persaingan.
  • Pilihlah produk yang sederhana – Maksud dari sederhana ini adalah, produk yang tidak memiliki resiko kerusakan tinggi, seperti Perlengkapan elektronik yang berukuran besar, Alat-alat bangunan, Perlengkapan otomotif besar, dan sebagainya. Produk semacam itu sebenarnya sangat rawan akan kerusakan, jadi sebagai seorang Dropshipper pemula, perlu untuk menjual produk-produk yang sederhana, seperti Kosmetik, Aksesoris smartphone, Produk Fashion, dan lain-lain.

2. Memilih Supplier Terbaik

Kepuasan dari pelanggan adalah menjadi hal yang harus di perhatikan, keseriusan dalam mencari Supplier inilah yang harus menjadi tolak ukur ukur sebelum setalah memilih sebuah produk.

Maka lakukanlah perbandingan antara Supplier yang anda pilih, seperti Kualitas produknya, Harga, dan Pelayanan. Dengan menjalin kerjasama dengan supplier terbaik yang anda pilih, kemungkinan produk terjual akan tinggi.

Berikut tips yang bisa Anda ketahui sebelum memilih calon supplier:

  • Harga yang di tawarkan lebih rendah daripada penjual lainnya
  • Memberikan komisi yang masuk akal dan jelas
  • Memiliki produk yang berkualitas tinggi
  • Memiliki ketersediaan stok barang yang melimpah
  • Syarat pengembalian dan garansi jelas
  • Lokasi si supplier dekat dengan pasar

Kemudian baca juga Cara Mencari Supplier Terpercaya di Tokopedia. Semua sudah saya tulis disana mengenai bagaimana mencari supplier yang bagus untuk jangka panjang, agar bisnis Anda bisa terus berjalan dan mendatangkan banyak keuntungan.

Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia (Step by Step)

step by step cara jadi dropshipper di tokopedia

Oke, setelah anda menemukan jenis produk dan supplier nya selanjutnya lanjut kita akan masuk ke langkah-langkah menjadi seorang Dropshipper di Tokopedia dengan benar.

1. Mendaftar di Tokopedia

Pastikan terlebih dahulu anda sudah terdaftar di tokopedia, Caranya gampang anda hanya perlu memasukan Nomer Telepon atau email untuk Mendaftar, nantinya pihak tokopedia akan mengirimkan kode OTP guna verifikasi.

2. Melengkapi Profil Toko

Kenapa melengkapi profil penting? karena ini adalah salah satu hal yang nantinya di lihat oleh calon pembeli anda, jadi pastikan profil anda telihat profesional.

Untuk melengkapinya, inilah caranya:

  • Masuk ke menu pengaturan di pojok kanan atas halaman Akun tokopedia (ikon berbentuk gear). Setelah itu klik Akun.
melengkapi profil akun di tokopedia
  • Nah disinilah tahap pengisan atau pelengkapan data diri akun anda, jadi anda bisa melengkapi dari segala aspek seperti Data diri, Alamat, Akun bank, dan sebagainya.
pengaturan akun bank dan alamat tokopedia

3. Saatnya membuka Toko di Tokopedia

Setelah di pastikan akun sudah lengkap dan segala proses di atas sudah berhasil, selanjutnya adalah Membuat Toko. Toko inilah yang nantinya menjadi tempat Anda berjualan. Begini caranya:

  • Masuk ke menu Akun dan pilih Akun Toko, jika sudah klik saja Buka Toko Gratis.
buat-toko-di-tokopedia
  • Saatnya pengisian Info toko, berikan nama toko anda pada bagian ini. Nama toko disini harus nama yang belum pernah di pakai oleh toko lain di tokopedia. klik Lanjut.
  • Jika ada opsi untuk memilih pengalaman yang pernah anda jalankan selama berjualan, centang saja dan klik Lanjut. Jika tidak ada pengalaman berjualan sama sekali, anda bisa klik Lewati di pojok kanan atas.
  • Anda juga akan di arahkan untuk menginputan Alamat toko, Masukkan saja Alamat anda saat ini tinggal, kemudian anda juga bisa mengisi detail alamat di kolom yang di sediakan. Jika semua sudah klik Pilih Lokasi ini.

Selesai proses pembuatan Toko di tokopedia sudah berhasil, langkah selanjutnya apa? yuk simak kelanjutan pembahasan di bawah ini.

4. Menambah Produk

Disini anda perlu beralih ke dasktop atau website kalau tidak mau mendownload fitur tambah produk di Aplikasi tokopedia.

  • Nah disinilah pengaturan produk yan ingin anda jual, Ada beberapa pengisian yang perlu anda6 isi untuk mendeskripsikan produk, seperti Menguploud foto, Informasi produk, Keterangan produk, Video produk jika perlu, dan lain-lain.
cara menambah produk di tokopedia
  • Jika semua sudah terisi, klik saja Tambah Baru.

Hal-hal yang perlu anda ketahui saat menambahkan Produk :

  1. Cobalah berdiskusi dengan Supplier terlebih dahulu untuk Penamaban produk. Karena, produk ini adalah pasokan dari si Supplier.
  2. Sebaiknya Uploud foto produk yang tampilannya menarik, coba mintalah foto resmi dari Supplier yang bersangkutan.
  3. Masukkan Judul yang ramah mesin pencari, (tips anda bisa mengunjungi Google Keywoard Planner untuk mengentahui judul apa yang pas untuk produk tersebut)
  4. Untuk produk yang bernilai tinggi, seperti Smartphone, pastikan anda mengaktifkan Layanan Asuransi (cobalah berdiskusi terlebih dahulu kepada supplier)

Kesimpulan

Intinya bisnis dropship ini cocok sekali untuk anda yang baru saja terjun ke dunia Bisnis, Modal untuk menjadi Dropshipper sangat fleksibel dan minim modal. Dropship juga bisa menjadi opsi untuk ada yang menginginkan uang dari internet tanpa resiko tinggi.

Itulah cara menjadi seorang Dropship di Tokopedia, jangan ragu-ragu untuk memulai bisnis ini, di jamin akan menguntungkan kalau anda juga punya keinginan.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.