Cara Membuat Sitemap XML Prestashop Melalui Cpanel

Membuat sitemap sangat penting dilakukan apabila halaman web kamu ingin cepat terbaca oleh pengunjung dan mesin pencari. Sekaligus sebagai alat navigasi yang berguna bagi sebuah situs atau website untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajah setiap halaman demi halaman.

Terlebih jika website tersebut adalah website besar yang memiliki banyak halaman, yang belum tentu pengunjung bisa menemukan halaman yang mereka cari.

Maka dari itu alat navigasi sitemap amat dibutuhkan oleh sebuah situs. Ibarat sebuah buku sitemap adalah daftar isi yang memiliki fungsi memandu pembaca dalam menelusuri setiap bab dan nomer halaman buku.

Baca Juga : Panduan Membuat Toko Online dari Nol dengan Prestahsop

Selain memudahkan pengunjung dalam menemukan halaman web, peta situs atau sitemap atau bisa juga disebut daftar isi memudahkan mesin pencari men-crawl atau membaca setiap halaman melalui link-link url website.

Kamu juga akan mendapatkan keuntungan lain apabila kamu membuat sitemap di google webmaster tools, diantaranya adalah:

  • Cara mesin pencari merayapi halaman demi halaman sehingga proses indexing bisa lebih cepat.
  • Meta data memberi informasi kepada mesin pencari, seberapa sering kamu mengupdate website, apabila website kamu sering diupdate itu sangat baik dari sudut pandang SEO.
  • Mesin pencari dapat mengetahui dengan cepat jika ada perubahan pada struktur website kamu.
  • Sitemap membantu mesin pencari dalam mengindeks website dengan banyak halaman (apabila halaman tidak terstruktur atau tidak interlinked).

cara membuat sitemap xml di prestashop

Seperti itulah gambaran kenapa kita harus membuat sitemap.xml di google webmaster tools. Baiklah kita mulai saja begini cara submit sitemap.xml prestashop melalui cpanel.

Terkadang saat seting sitemap.xml prestashop, kita akan menemukan kendala seperti XML Parsing Error. Hal tersebut dapat terjadi apabila kamu tidak men-submitnya dengan benar.

Oleh karena itu mohon perhatikan setiap langkah-langkah cara membuat sitemap xml prestashop dibawah ini supaya tidak terjadi kesalahan. Sebelum membuat sitemap xml, pastikan kamu sudah mendaftarkan website prestashop mu di google webmaste tools.

  1. Silahkan buka website xml-sitemap generator terlebih dahulu.
  2. Masukkan url address website kamu.
    cara generate sitemap xml
  3. Klik start untuk memulai dan tunggu sampai preses generate selesai (lamanya proses tergantung jumlah halaman website).
  4. Apabila proses selesai klik view sitemaps details.
  5. Tahap selanjutnya silahkan unduh XML SITEMAP FILE.
  6. Simpan File XML Sitemap di komputer kamu.
  7. Cek terlebih dahulu dengan membukannya : Klik kanan file sitemap.xml > Open with notepad.
  8. Tahap berikutnya silahkan menuju ke Cpanel kamu, misal : www.youronlineshop.com/cpanel.
  9. Masuk Ke File Manager > Pilih folder public_html.
  10. Jika di folder public_html sudah ada file sitemap.xml, silahkan hapus atau rename terlebih dahulu agar
  11. proses upload file berjalan dengan baik.
  12. Upload file sitemap.xml di folder public_html.
  13. Setelah upload, tahap terakhir kamu cek apakah sitemap.xml sudah terpasnag dengan sempurna, caranya ; kembali ke google search console atau google webmaster tools > cek sitemap > jika tertulis succes berarti submit sitemap.xml telah berhasil dilakukan.

Demikian panduan cara membuat sitemap.xml di prestashop, semoga bisa berguna untuk kamu yang sedang membangun bisnis online shop.

 

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *