5 Kebiasaan Buruk Blogging Yang Harus Anda Tinggalkan di Tahun 2020

kesalahan ngeblog

Pergantian tahun merupakan waktu yang tepat menetapkan target baru untuk meningkatkan kualitas blog. Merefleksikan apa yang sudah saya capai, apa yang tidak bisa saya capai, dan apa saja kesalahan yang saya buat di tahun sebelumnya.

Cara terbaik untuk tumbuh menjadi seorang blogger profesional untuk membangun bisnis online yang menguntungkan adalah dengan menetapkan tujuan. Tidak peduli apakah anda seorang pemula atau sudah lama berada di dunia blogging. Selalu saja ada hal-hal yang merupakan bagian dari proses dan kreatifitas. Tidak ada yang sempurna. Tapi kita harus selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Tentu sebagai seorang blogger anda perlu menaikan kualitas diri anda.

Tapi selain menetapkan tujuan, penting juga untuk melihat kebiasaan blogging anda, dan mengindetifikasi mana saja yang menghambat, atau mengapa anda tidak bisa menjadi seorang blogger sukses. Untuk itu kita perlu mengambil langkah ke belakang dan melihat apakah cara itu masih bekerja dan apakah sudah tidak berlaku.

Kita harus melihat gambaran luas dan bertanya kepada diri sendiri, apakah hal-hal yang telah kita lakukan di tahun sebelumnya masih ampuh untuk kita?

Sering kali, kita bahkan tidak menyadari jika sesuatu yang menghambat tersebut tenyata kita selalu terapkan ke dalam rutinitas sehari-hari. Mencoba meniru kebiasaan blogger lain yang sudah sukses. Padahal kita tidak tau  bagaimana cara mereka bekerja, bagaimana strategi mereka. Dan itu sungguh sangat sangat ironis!

Segala sesuatu tentang dunia blogging adalah bagaimana kita belajar sesuatu yang baru setiap harinya. Belajar untuk konsisten memproduksi artikel berkualitas. Berikut adalah kebiasaan buruk blogging yang harus anda hentikan di tahun 2020 ini!

 

1. Selalu membandingkan diri dengan orang lain

Selalu kita membandingkan diri sendiri dengan Blogger lain, padahal kebiasaan ini bisa berdampak buruk untuk diri anda sendiri.

Disini anda akan selalu berpikiran bahwa konten orang lain “lebih baik” ketimbang punya anda. Kesuksesan strategi media sosial mereka membuat anda minder dan rendah diri. Kemudian anda malah menjadi tidak fokus terhadap apa yang sudah anda bangun selama ini. Ketika anda “mencoba” menggarap seperti apa yang mereka lakukan, ternyata tidak ada satu pun yang cocok dengan anda.

Membandingkan diri dengan blogger lain akan selalu menghambat kreatifitas. Anda harus menghentikan kebiasaan ini jika ingin sukses di internet.

Fokuslah pada diri sendiri dan jangan pedulikan orang lain. Jika anda membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain, maka anda akan selalu menemukan kekurangan. Padahal anda sedang berada di dalam proses pengembangan kemampuan ngeblog.

Blog anda itu unik. Tidak ada satupun seperti anda di luar sana. Jadi jangan lupakan itu. Tidak masalah jika anda merasa terinspirasi dan menghargai kerja blogger lain, tapi jangan pernah “menyalahkan” diri sendiri hanya karena statistik, foto, isi konten tidak sama “bagusnya” dengan mereka.

Setiap individu tidaklah sempurna, mereka pun juga sama. Jadi jangan membandingkan satu artikel anda dengan sepuluh artikel milik mereka!

2. Tidak pernah berinteraksi dengan pembaca maupun komunitas blogger

Anda harus terlibat dengan pembaca. Jangan pernah abaikan komentar mereka, dan jangan biarkan mereka menunggu jawaban anda. Sebab pembaca adalah separuh nafas blog. Jika anda menjawab permasalahan mereka, mereka akan merasa senang karena diperhatikan dan dihargai oleh anda.

Ditambah lagi jika blog anda dibangun dengan tujuan untuk kepentingan bisnis, menjual produk, kursus, afiliasi, atau apapun itu. Mereka tidak akan ragu untuk mengeluarkan uang untuk membeli produk anda. Karena bagi mereka, anda adalah teman yang bisa dipercaya. Itu sangat mungkin terjadi jika anda loyal terhadap pembaca. Jadi bersikaplah ramah dan jadilah diri sendiri.

Selain itu, anda juga perlu berinteraksi dengan komunitas blogger, jangan hanya dengan pembaca saja. Seorang blogger perlu support satu sama lain. Contoh : berikan like pada postingan mereka, tinggalkan komentar bermanfaat sesuai isi topik, me-retweet, serta beli produk atau gunakan jasa mereka.

Dalam berbisnis, kita butuh dukungan satu sama lain bukan? Jika anda tidak melibatkan mereka, bagaimana bisa mereka melibatkan anda?

Biasanya setelah menulis atau memposting blog, anda menghilang begitu saja. Hentikan kebiasaan buruk seperti ini dan mulailah mem-prioritaskan pembaca + teman blogger anda. Dengan cara ini, anda bisa menumbuhkan audiens serta bisa mempererat jaringan komunitas yang kuat di blog anda. Dukung satu sama lain antar sesama blogger dan jangan menjadi “introvert” satu sama lain.

Selalu buka pesan masuk dari para pembaca, ini merupakan cara terbaik supaya anda bisa selalu berpartisipasi dengan mereka. Cara mudahnya adalah anda bisa membuat “Kontak Kami” pada menu blog dan jika ada pemberitahuan email masuk dari pembaca, segera respon komentar mereka!

3. Tidak memberikan informasi yang benar kepada pembaca

Seringkali saya melihat para blogger tidak memberikan informasi yang sesuai dengan judul postingan. Tujuannya adalah mengincar keyword tertentu, atau menggunakan teknik click bait untuk memancing pembaca meng-klik postingan anda. Perbuatan ini bukan tidak hanya ilegal, tetapi juga dianggap sebagai tindakan penipuan.

Blogger seutuhnya harus bisa mendapatkan kepercayaan dari para pembaca. Jika anda tidak memberikan informasi yang benar, anda akan kehilangan kepercayaan mereka. Kebiasaan buruk blogging seperti ini tidak hanya merugikan pembaca tapi juga sangat merugikan diri anda sendiri.

Jika anda tidak yakin apa yang ingin anda informasikan, lakukan saja. Bersikaplah transparan dengan audiens, mereka pasti bisa menghargai anda. Ini lebih aman dan lebih baik dari pada anda menyesal dikemudian hari.

4. Tidak pernah mengoreksi kembali tulisan

Banyak dari para blogger yang malas mengoreksi tulisan mereka. Kebiasaan buruk ini sepertinya sudah sering di lakukan oleh banyak blogger di luar sana. Kesalahan ejaan atau kesalahan penulisan membuat blog anda terlihat ceroboh dan tidak profesional. Mungkin anda baru mengetahui bahwa hal ini adalah bagian terpenting di dunia blogging? tetapi kenyataannya memanglah demikian.

Tidak perlu sempurna, buatlah tulisan se-natural mungkin, yaitu bagaimana membuat tulisan seperti layaknya anda berbicara dengan teman anda.

Tetapi setidaknya anda harus memperhatikan tata bahasa dan ejaan dengan benar. Saya katakan ini penting untuk mengoreksi postingan blog anda, karena jika mereka tidak mengerti apa yang anda sampaikan, anda bisa kehilangan audiens anda.

terkadang saya merasa bersalah kepada pembaca karena kesalahan ejaan dan tata bahasa. Memang tidak ada yang sempurna, tapi setidaknya saya bisa menghilangkan kebiasaan ini dengan selalu mengoreksi grammar postingan yang saya buat.

5. Tidak pernah mempromosikan konten yang dibuat

Terakhir namun tak kalah pentingnya adalah anda tidak pernah membagikan konten, mungkin karena malas atau karena anda malu melakukannya?

Meski sudah melakukan teknik SEO sana- sini, menyebarkan link page di forum-forum, komentar blog dan guest blog. Saya yakin 100% blog anda tidak akan pernah dibaca oleh orang lain. Jangan harap blog anda bisa ramai, jika hanya memposting blog tanpa mempromosikannya,

Manfaatkanlah setiap platform media sosial yang ada, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Pinterest. Gunakan semuanya dan berikan caption serta gambar yang menarik disana.

Promosikan tulisan anda dengan  memberikan kisah serta use call-to-actions yang menarik, agar pembaca tertarik untuk membaca dan membagikan postingan anda. Hal ini sangat penting dilakukan apabila ingin mendapatkan banyak pengunjung baru di situs web anda. Pinterest adalah platform yang tepat untuk mempromosikan postingan blog menurut saya, dan merupakan penyumbang traffic terbesar selain mesin pencari. GRATIS namun sangat bermanfaat.

Jadilah intentional dan otentik dengan membangun strategi media sosial Anda dan anda akan melihat manfaatnya.

Sekarang waktunya mengehentikan kebiasaan buruk yang menghambat perkembangan blogging anda. Buang jauh-jauh kebiasaan tersebut dan mulailah dari awal lagi. Pasti anda bisa meraih kesuksesan dalam ngeblog dan bisnis online anda.

Baca Juga : 3 Cara Membuat Blog Sampai Bisa Menghasilkan Uang

Mungkin akan sulit untuk menghilangkan kebiasaan jelek blogging yang telah anda lakukan selama bertahun-tahun, tapi kuat dan ingkatkan diri anda setiap kali terjebak dalam kebiasaan seperti yang mereka lakukan. Secara pribadi saya juga pernah mengikuti jejak seperti mereka dan ini adalah kesalahan besar saya. Tetapi saya telah belajar banyak dalam hal ini. Memfokuskan kembali pola pikir saya dan mengubah kebiasaan saya selama ini.

Siapkah diri anda untuk menjadi lebih baik?

Ingatkan diri anda setiap hari ketika anda mencoba kembali melakukan kebiasaan buruk blogging. Pasang plugin dan ekstensi proofreading, buat kalender media sosial, dan sisihkan waktu seminggu sekali untuk menangapi komentar + berinteraksi dengan blogger lain.

Lakukan apa pun untuk menghentikan kebiasaan buruk blogging itu dan pada akhirnya kebiasaan itu menjadi masa lalu anda. Selalu ciptakan kebiasaan positif untuk meraih kesuksesan.

Tahun 2020 ini mari persiapkan diri anda + bekerja dua kali lebih keras pada strategi blogging kita.

Kebiasaan buruk blogging apa saja yang sudah anda lakukan selama ini?

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *