10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9T, Harga dan Spesifikasi

Akhirnya kini rilis kembali smartphone Xiaomi dari keluarga Redmi 9 series, kali ini hadir Redmi 9T yang cukup berkualitas dan tangguh.  Smartphone ini secara resmi diluncurkan untuk pasar indonesia pertama kali pada 22 Februari 2021 lalu. Tentu kehadiran Redmi 9T ini semakin membuat panas persaingan smartphone di kelas entry-level, apalagi dengan spesifikasi dan fitur-fiturnya yang menggiurkan dikelas harga 2 jutaan.

Spesifikasi dari Redmi 9T ini cukup membuat para penggemarnya kaget, sebab walau dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, smartphone ini berhasil menarik perhatian dengan Kamera utamanya dengan 48 MP. Selain itu saya juga cukup suka dengan performanya yang hadir dengan chipset dari Snapdragon.

Eitsss, daripada bikin pensaran. Langsung saja yuk kita membahas Kelebihan dan Kekurangan smartphone Redmi 9T yang bisa kita ulas secara lengkap dibawah ini.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9A, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone Xiaomi Redmi 9T

Redmi 9T ini adalah menjadi smartphone versi terbaru dari Redmi 9 series, ada banyak pembaruan dan keunggulan yang ditawarkannya, cukup mengesankan kalau kita lihat bandrol harganya yang hanya Rp 2 jutaan saja. Nah dibawah ini kita akan membahas beberapa kelebihan dari samrtphone ini.

1. Desain bodinya yang Menarik

desain body menarik Xiaomi Redmi 9T

Hal pertama yang saya sukai dari Redmi 9T ini adalah desainnya yang menarik dan memiliki banyak variasi warna unik. Pada bagian belakangnya kita bisa menemukan case yang terbuat dari plastik dengan terlihat logo tulisan Redmi besar disana. Ya ini mriip seperti Poco X2 Pro yang sama-sama memiliki logo besar.

Tekstur dari bodi belakangnya juga bagus, berkat lapisan yang seperti bertekstur, ini membuat kita nyaman ketika menggenggam smartphone ini. Untuk pilihan warna bodinya Redmi 9T ini menyediakan 3 pilihan warna yang menarik, seperti ada Carbon Grey, Ocean Green, dan Twilight Blue.

2. Kualitas Layar yang tajam dengan Full HD+

Redmi 9T mengandalkan panel IPS 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ yang lengkap dengan desain poni minimalisnya dengan gaya Dot Drop. Saya cukup mengapresiasi Redmi 9T ini karena berani bersaing dengan membekali smartphonennya dengan Layar berkualitas, di kelas harga yang sama padahal tidak banyak yang memggunakan Resolusi Full HD +, ya paling mentok kebanyakan adalah HD+.

Layar dengan jenis IPS ini sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 3 yang kokoh dan mampu melindungi layar samrtphone dari benturan dan goresan.

Dengan layarnya yang lebar dan pelindung layar yang jempolan tentu Membuat Redmi 9T ini terasa seperti smartphone kelas mainstream yang berkualitas dan tangguh.

3. Kamera Berkemampuan 48MP

Kamera Berkemampuan 48MP Xiaomi Redmi 9T

Xiaomi kembali membuat para penggemarnya terkagum-kageum dengan menghadirkan lensa kamera beresolusi 48 MP di kelas entry level. Sebenarnya konfigurasi kamera dari Redmi 9T ini mirip dengan POCO M3 namu bedanya smartphone Redmi 9T ini memiliki satu kamera tambahan, yakni ultrawide yang bisa menangkap foto dengan sudut lebar.

Hasil gambar yang dihasilkan kamera dari Xiaomi 9T ini memang cukup bagus. Namun ada kekurangan yang terlihat, seperti seringkali dynamic range dari kameranya terlihat sedikit berantakan ketika cahaya yang masuk cukup kuat. Ya walau begitu unruk urusan Noise dan ketajaman gambar, kameranya masih yang terbaik di kelas entri.

Jadi Redmi 9T ini dibekali dengan empat lensa kamera, yang masing-masing adalah 8 MP ultrawide angle, 48 MP kamera utama, 2 MP sensor depth, dan 2 MP untuk makro.

Lalu bagaimana dengan kamera selfienya? Hasil yang diberikan kamera depannya cukup baik, dengan resolusi 8MP dengan desain waterdrop pada bagian depannya, tentu sudah lumayan untuk sekedar mengambil wajah, ketajaman dan noise sudah baik.

4. Kapasitas Baterai Jumbo dan Awet

baterai 6000mAh Redmi 9T

Produk Xiaomi pada 9 series ini memang banyak menghadirkan kapasitas baterai yang besar, bukan hanya di 9 series saja sebenarnya, produk Redmi series lah banyak hadir dengan kapasitas 5000 mAh sampai lebih dari itu.

Nah untuk Redmi 9T ini, Xiaomi membekalinya dengan kapasitas jumbo yakni 6.000 mAh baterai. Dan Xiaomi berani mengklaim bahwa smartphonennya ini juga tahan lama, seperti ketika digunakan untuk mendengarkan musik mampu bertahan sampai 195 jam, nonton film selama 17 jam, bermain game sampai 14 jam, dan menelepon sampai 56 jam lamanya.

Yang membuat smartphone ini hemat daya juga karena chipset yang digunakannya, yang mmapu membuat smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang sangat lama, Namun panel FHD+ juga menjadi kekurangan sebab membuat Baterai juga cepat habis, namun setidaknya itu tidka menjadi masalah.

5. Fitur Fast charging dan Reverse Charging

fitur fast charging redmi 9T

Kapasitas baterai yang besar tentu juga harus dibarengi dengan pengisian daya ualng yang cepat juga, sebab jika tidak ada maka proses charging akan memakan waktu yang lama. Kabar baiknya Redmi 9T ternyata telah menyediakan fitur fast charging dengan daya 18 W.

Nah, daya sebanyak itu mungkin dapat mengisi baterai Redmi 9T sampai penuh dengan cepat. Satu lagi mungkin yang menjadi surprise yakni dibekalinya charger berdaya 22,5 W yang ada didalam box penjualan. Kalau kita itung, Redmi 9T ini mampu mengisi dayanya sampai penuh dalam waktu 2 jam 30 menitan.

6. Perfroma chipset yang Oke

Snapdragon 662 Xiaomi Redmi 9T

Hadir dengan chipset terkencang dikelasnya, yakni Qualcomm Snapdragon 662. Berbekal chipset ini, Redmi 9T menjadi smartphone entry-level yang memiliki performa powerful baik untuk bekerja, multitasking, sampai bermain game tanpa lag.

Chipset Snapdragon 662 ini membuat perangkat Redmi 9T memiliki prosesor Qualcomm Kryo 260 Gold dan Silver. Kryo 260 Gold dibuat dengan basis Cortex A-73 dan untuk Kryo 260 Silvernya dibuat dengan basis Cortex A53. Dengan masing-masing cluster keduanya telah menggunakan 4 inti prosesor sekaligus. Hal inilah yang membuat smartphone ini dapat diandalkan dalma berbagai skenario pemakaian, termasuk juga untuk bermain dan bekerja sehari-hari.

Sementara untuk pengelola grafisnya, Redmi 9T menggunakan Adreno 610. Seacra keseluruhan memang benar performa dari smartphone ini cukup mengesankan, Hal ini juga karena Memori RAM yang digunakan juga cukup yakni 4GB dan 6GB RAM.

7. Terdapat Sensor Sidik Jari di samping

sensor sidik jari Xiaomi Redmi 9T

Sensor sidik jari adalah sistem sensor keamanan yang sudah banyak dipakai oleh perangkat smartphone di seluruh dunia, terutama Xiaomi. Kehadiran sensor ini sangat dibutuhkan dan penting sekali, untuk melindugi smartphone kita dari tangan-tangan usil.

Mungkin kamu akan kaget karena tidak menemukan sensor sidik jari pada bodi belakang Redmi 9T, eitss jangan salah ternyata sensor sidik jari dari Redmi 9T terletak di bagian samping bodi. Kehadirannya menyatu dengan tombol power, sehingga memudahkan kita untuk unlock kunci kapanpun.

8. Kualitas suara sangat Mengesankan

audio resolusi tinggi Xiaomi Redmi 9T

Seringkali kualitas suara banyak diabaikan oleh produsen smartphone di kelas harga yang terjangkau atau entry-level mungkin. Namun spesialnya Redmi 9T ini tidak melewatkan aspek suara pada smartphonenya, dengan membekali Dual Stereo Speaker membuatnya memiliki kualitas suara yang luar biasa.

Xiaomi sendiri mengklaim bahwa kualitas suara pada Redmi 9T dapat menghasilkan irama dan sensasi imersif yang dapat meningkatkan pengalaman kamu ketika bermain game atau menonton game. Selain itu Xiaomi juga sudah memegang sertifikasi audio Hi-Res (audio resolusi tinggi).

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 7, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi 9T

Walau kita bisa melihat banyak sekali kelebihan yang terlihat, namun siapa sangka Redmi 9T ini masih memiliki kekurangan kok. Ada beberapa aspek yang mungkin terlihat kurang atau mengecewakan, berikut beberapa poin kekurangan dari Redmi 9T.

1. Mungkin akan menarik jika ada Stabilization

Stabilization Xiaomi Redmi 9T

Fungsi Stabilization pada jaman sekarang mungkin banyak dicari dan digunakan, sebab saat ini banyak orang yang menggunakan smartphonenya untuk mengambil gambar ataupun video. Tentu akan jelek jika video yang dihasilkan buram karena ada guncangan, nah sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan EIS atau Electronic Image Stabilization.

Teknologi perangkat lunak ini berguna untuk mengurangi guncangan pada smartphone, EIS memiliki sensor khusus untuk mendeteksi setiap gerakan yang akan direkam atau dipotret.

Namun untuk Redmi 9T belum dilengkapi fitur Stabilization ini, memang benar belum banyak yang menggunakannya di kelas entry-level namun tidak menuntup kemungkinan smartphone di kelas harga 2 jutaan menggunakan Stabilization pada perekamannya.

2. Tingkat kecerahaan layar bukan yang Terbaik

layar 6,5 inci Redmi 9T

Layar menjadi salah satu aspek yang menonjol pada Redmi 9T ini, sebenarnya saya cukup suka dengan layar dari Redmi 9T ini karena telah menawarkan layar dengan IPS berukuran 6,53 inci dan resolusi 2340 x 1080 piksel yang lebar.

Oke memang tidak ada masalah, spesifikasi layarnya sudha cukup mengesankan. Namun Redmi 9T mempunyai kekurangan pada tingkat kecerhaan layarnya. Smartphone ini hanya mempunyai tingkat kecerhaan maksimal sampai 395 nits dengan rasio kontrasnya melebihi 1500:1.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9C, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 9T

  • Nama : Redmi 9T
  • Rilis: Februari 2020
  • Bobot : 198  gram
  • Layar: IPS LCD, 6.53 inci (~83.4% rasio)
  • Resolusi : 1080 x 2340 piksel, Corning Gorilla Glass 3
  • Sistem Operasi : Android 10, MIUI 12
  • RAM : 4 GB dan 6 GB
  • Memori Internal : 64 GB dan 128 GB
  • Chipset : Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU :   Adreno 610
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai :  Li-Po 6.000 mAh, Fast Charging 18 W, Reverse charging 2.5 W
  • Harga resmi : Rp 1.999.000 (4/ 64 GB) dan Rp 2.399.000 (6/ 128 GB)

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Smartphone dengan harga yang murah tentu sejalan dengan spesifikasi yang rendah pula, Namun tren smartphone di tahun 2021 ini sungguh berbeda memang. Salah satunya Redmi 9T ini walau masuk di kelas entry-level dan hadir di harga yang lumayan terjangkau, siapa sangka jeroan dan spek dari smartphone ini cukup mengesankan.

Dengan dibekali baterai berkapasitas jumbo 6000 mAh tentu Redmi 9T sangat cocok untuk digunakan seharian penuh, Lensa utamanya yang memiliki resolusi 48 MP yang cukup baik, ada juga chipset dari Qualcomm Snapdragon 662 yang mampu memberikan kinerja performa yang ngebut, ada juga layarnya yang sudah dilindungi Gorilla Glass 3 yang bisa menjamin perangkat agar aman saat jatuh atau terbentur.

Harga yang ditawarkan Xiaomi untuk membeli Redmi 9T ini bervariasi, ada dua varian yang disediakan. Yakni varian (6/128 GB) dengan harga Rp 2.399.000. ada juga varian (4/ 64 GB) yang memiliki harga jauh lebih murah, yakni Rp 1.999.000. Begitulah akhir dari pembahasan Smartphone Xiaomi Redmi 9T, semoga bisa bermanfaat.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.