9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9C, Harga dan Spesifikasi

Pada awal bulan september secara resmi Xiaomi merilis martphone terbarunya yakni Xiaomi Redmi 9C di pasar indonesia. Smartphone ini menjadi salah satu produk xiaomi lainnya yang memiliki herga terjangkau, Redmi 9C ini dibandrol dengan harga 1.3 jutaan untuk varian termurahnya, walau memiliki harga murah. Kualitas dan spesifikasi dari smartphone ini tidak bisa di anggap remeh, ada beberapa keunggulan yang patut untuk kita apresiasi.

Redmi 9C adalah salah satu keluarga Redmi 9 series, perilisannya tidak lama setelah Redmi 9 dan Redmi 9A. Mungkin menurut saya ini adalah smartphone yang diharapkan penggemarnya dengan harga yang lebih murah dari Redmi 9 yang telah rilis lebih awal.

Hadir di kelas entry-level tentu banyak yang meragukan versi terbaru dari Redmi 9 series kali, tapi yang menarik adalah spesifikasinya cukup terlihat superior di kelas entri, harga sangat miring kalau kita bandingka dengan speknya.

Dibawah ini kita akan kupas tuntas tentang Redmi 9C dalam ulasan kelebihan serta kekurangannya. Langsung saja daripada membuat pensaran, mari kita membahasnya secara lengkap.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone Redmi 9C

Apa saja sih yang membuat Redmi 9C ini terlihat begitu istimewa dibandingkan smartphone lain di kelas yanng sama. Nah kamu bisa mengetahui jawabannya dibawah ini.

1. Desain Stylish dengan Beraneka warna

Desain Stylish dengan aneka warna Xiaomi Redmi 9C

Redmi 9C hadir dengan menyuguhkan desain baru yang lebih terlihat modern dan trendi. Dari beberapa Smartphone di Redmi 9 series tidak ada yang memiliki desain yang serupa, semua smartphone didesain sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik, ya walau notabennya ada di kelas entri namun Xiaomi selaku produsen smartphone tetap memberikan yanhg terbaik untuk mendesain produknya, walaupun itu di kelas entri sekalipun.

Seperti Redmi 9C ini yang memiliki tiga variasi wanra yang cerah yakni Midnight Grey, Sunrise Orange, dan Twilight Blue. Bodi belakangnya terbuat dari material plastik doff, dengan desain tekstur garis yang cukup menarik perhatian, dan tidak membuatnya licin.

Finishing dari bodinya ini cukup bagus, kokoh, solid, dan elegan. Berbagai aspek yang ada seperti penempatan sidik jari, penempatan frame kamera, tombol-tombol yang terpasang, semua memberikan feedback yang diberikan cukup baik dan nyaman.

2. layar bekualitas dengan HD+

Layar HD+ Xiaomi Redmi 9C

Kita beralih ke bagian depan, dimana layar yang digunakan Redmi 9C ini juga tidak kalah bagusnya dengan bodi. Dimana Layar berkualitas HD+ menyokong kualitas resolusi displaynya, selain itu dimensi layarnya berukuran 6,53 inci atau 1600 x 720 piksel dengan panel IPS LCD yang akan memberikan kualitas layar yang tajam dan jernih.

Selain lebar, layar dari Redmi 9C juga sangat baik dalam reproduksi wanra dan tingkat kecerahannya. Dengan akurasi wanra NTSC 70% dan 1500: 1 contrast ratio. Selain itu layarnya juga sudah mengantongi sertifikasi dari TUV Rheinland, itu artinya emisi cahaya biru yang dihasilkan oleh layar lebih aman dimata ketika dipandang berlama-lama.

3. Keamanan dengan Fingerprint dan Face Unlock

Fingerprint + face print unlock Xiaomi Redmi 9C

Kemanan pada smartphone tentu bukan menjadi hal yang tabu untuk kita perhatikan, sebab data-data yang ada dismartphone bisa saja penting dan untuk melindungi itu kita perlu menggunakan fitur kemanan tambahan, seperti sandi ataupun pola.

Namun dari waktu ke waktu hal itu mungkin sedikit memerlukan waktu, Nah kini telah ada yang namanya Sensor Fingerpirnt dan Face Unlock dimana kita tidak perlu menginput kan sesuatu untuk membuka kunci smartphone. Nah Redmi 9C ini juga sudah menghadirkan dua sensor canggih yakni Fingerprint dan Face Unlock.

Saya cukup mengapresiasi Redmi 9C kali ini sebab kalau kita lihat saudara sebelumnya yakni Redmi 9A yang belum menghadirkan sensor fingerprint. Jadi di versi terbarunya ini mendapatkan kemajuan untuk hal tersebut.

4. Triple Kamera dengan kualitas jempolan

triple camera Xiaomi Redmi 9C

Memiliki spesifikasi dibawah Redmi 9 dan diatas Redmi 9A, dibawah karena konfigurasi lensa kameranya berkurang dari yang sebelumnya Quad-camera kini menjadi Triple camera, ya wajar saja harga juga lebih rendah dan hemat budget. Diatas Redmi 9A karena secara kualitas jelas saja Redmi 9C unggul. Dengan tagar “Jagoannya kamera kece”.

Dengan sensor utama yang memiliki resolusi 13 MP f/2.2 yang sudah mendukung PDAF, juga dua sensor lainnya yakni 2 MP f/2.4 untuk depth dimana kamu bisa menangkap objek dengan efek blur yang natural, serta ada juga 2 MP  f/24 untuk makro yang dapat menangkap gambar dalam jarak yang dekat dengan detail.

Secara kualitas kamera yang dibawa Redmi 9C sudah cukup bagus di segmen harga 1 jutaan.  Banyak juga fitur dan teknologi yang tersemat didalam kameranya seperti mode HDR, AI, sampai mode profesional dengan pengaturan ISO, fokus peaking, dan shutter turut hadir.

Kita bahas sedikit bagian depannya, terdapat lensa selfie dengan desain berbentuk waterdrop memiliki resolusi 5 MP f/2.2 yang memiliki hasil tangkapan sudut yang cukup lebar dan bagus.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 9, Harga dan Spesifikasi

5. Baterai 5000 mAh yang awet

baterai 5000 mAh Xiaomi Redmi 9C

Untuk kamu yang sering menggunakan smartphone untuk aktivitas yang menguras daya baterai, seperti bermain game atau menonton film. Mungkin kapasitas baterai yang besar menjadi prioritas nomer satu. Nah mungkin Redmi 9C ini juga masuk daftar sebagai smartphone dengan baterai berkapasitas jumbo, yakni 5.000 mAh.

Ini harus diapresiasi sebab tidak banyak samrtphone dipasaran harga 1 juta yang menggunakan kapasitas sebesar ini, mungkin paling mentok hanya 3000 mAh saja.

Kabar baik lain  adalah daya tahan baterai Redmi 9C juga tergolong awet, walau ia menggunakan chipset dengan clockspeed lebih kencang, namun konsumsi daya masih aman dan irit untuk pemakaian normal.

6. Performa Chipset yang Ngebut

Helio G25 Xiaomi Redmi 9C

Kenapa saya menyebutkan performanya ngebut, sebab chipset yang digunakan adalah Mediatek Helio G35 yang sangat unggul apalagi dikelas entry-level. Chipset ini naik satu tingkat lebih baik dari Redmi 9A yang hanya menggunakan Helio G25.

Nah penggunaan chipset ini pada Redmi 9C cukup pas dan unggil tentunya, sebab kalau kita melihat samrtphone di rentang harga yang sama, kebanyakan mereka hanya menghadirkan Snapdragon 450 seperti Realme 2 dan Redmi 8A yang hanya menggunakan Snapdragon 439.

Kenapa lebih baik Helio G35? Sebab kalau kita bandingkan dari skor benchmark. Helio G35 dengan Snapdragon 450, chipset ini dapat menghasilkan skor 110.505 ini jauh lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 450 yang hanya mendapat skor 88.168 saja.

Dapur pacu yang digunakan Redmi 9C ini mengandalkan delapan core dengan clockspeed maksimal mencapai 2.3 GHz. Dan untuk GPU yang digunakannya adalah PowerVR 8320. Aspek lainnya yang menunjang performa dari Redmi 9C adalah Memori RAM yang digunakannya yakni 3GB dan 4 GB. Masing-masing RAM berjenis LPDDR4x dengan ROM berjenis eMMC 5.1.  Ya untuk smartphone dikelas yang sama, Redmi 9C ini cukup baik dan unggul.

7. Sudah mendukung Slot Memori Eksternal

slot memori external Xiaomi Redmi 9C

Untuk kamu yang merasa kurang dengan kapasitas memori dari Redmi 9C yang hanya 32 GB dan 64 GB saja. Tenang, kamu sebetulnya bisa menambah kapasitas memori tersebut dengan menambahkan microSD pada slotnya.

Nah kabar baiknya kamu tidak perlu mengorbankan satu slot simCard untuk memasang memori eksternal tambahan sebab Redmi 9C sudah mendukung tipe slot dedicated. Dimana terdapat dua slot khusu untuk kartu SIM dan satu slot khusu lagi untuk microSD.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9T, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone Redmi 9C

Dibalik kelebihannya yang membuat pensaran, Redmi 9C tidak terlepas dari kekurangannya yang membuat sedikit mepertimbangkannya. Oke daripada berangan-angan, berikut beberapa poin kekurangan yang terlihat.

1. Belum ada dukungan untuk Fast Charging

fast charging Xiaomi Redmi 9C

Aspek baterai memang juga menjadi salah satu kelebihan juga, dengan kapasitasnya yang cukup besar dan awet. Tentu dengan kapasitas yang besar, kamu sudah bisa menebak waktu yang digunakan untuk mengisi daya ulang membutuhkan waktu uang cukup lama. Memang benar akan lama waktu yang digunakan untuk mengisi daya sampai penuh smartphone Redmi 9C ini.

Hal tersebut karena Redmi 9C belum dibekali dengan dukungan teknologi fast charging yang sangat berguna ketika mengisi daya, sehingga menjadi lebih cepat dari pengecasan standar.

2. Tidak ada Perlindungan Gorilla Glass

tidak ada perlindungan gorila glass Xiaomi Redmi 9C

Walau layarnya memiliki kelebihan yang cukup berarti yakni resolusinya yang sudah HD+ namun itu tidak menjadi aspek layar Redmi 9C paling yang terbaik. Sebab untuk layarnya tidak menggunakan pelindung Gorilla Glass sama sekali jadi sangat rentan sekali akan kerusakan jika terjatuh atau tergores.

Padahal kebanyakan varian dari Redmi 9 sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 3. Bahkan nih Redmi 9 yang merupakan pendahulu jauh dari smartphone ini sudah dilapisi dengan Gorilla Glass  yang sangat kokoh dan kuat. Ya padahal harganya masih di rentang harga satu jutaan dan masuk kedalam kelas entry-level. Namun mengapa tidak ada Gorilla Glass di smartphone tebarunya ini.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9A, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 9C

  • Nama : Redmi 9C
  • Rilis: September 2020 (indonesia)
  • Bobot : 196  gram
  • Layar: IPS LCD, 6.53 inci (~81.1% rasio)
  • Resolusi : 720 x 1600 piksel HD+
  • Sistem Operasi : Android 10, MIUI 12
  • RAM : 3 GB dan 4 GB
  • Memori Internal : 32 GB dan 64 GB
  • Chipset : MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU :   Power VR 8320 (680 MHz)
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (macro) 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai :  Li-Po 5.000 mAh, Charging 10 W
  • Harga resmi : Rp 1,379,000

Kesimpulan

Harga bukanlah menjadi alasan jelek atau tidaknya smartphone. Buktinya walau hadir di harga yang terjangkau, namun Xiaomi tidak pelit dalam memberikan spek yang mumpuni untuk setiap smartphone terbarunya, sekalipun itu dalam kelas entri. Kualitas dan kepuasan pengguna tetap menjadi nomer satu untuk produsen smartphone asal Tiongkok ini.

Triple Kameranya yang menyedikan berbagai keunggulan untuk memenuhi kebutuhan fotografi, Baterai jumbo yang awet, layar berkualitas dengan resolusi HD+, dan ada juga Performa chipset jempolan dari MediaTek Helio yang sanggup menunjang aktivitas gaming kamu. Terlepas dari itu semua, saya cukup terkesan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan Redmi 9C ini. Jujur saja dengan harga yang sangat murah, kita bisa membawa pulang smartphone unggulan dari Xiaomi ini. Jadi apakah kamu sudah tertarik untuk memilikinya?

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.