9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 9, Harga dan Spesifikasi

Setiap smartphone tentu harus bisa memenuhi kebutuhan penggunanya, setidaknya bisa mempermudah setiap aktivitas sehari-hari. Xiaomi sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia tentu selalu berusaha menjadi yang terbaik dan terus memperbarui smartphonenya. Kali ini hadir kembali Xiaomi Mi 9 yang hadir dengan banyak kelebihan, baik itu luarnya maupun jeroannya.

Smartphone ini sangat andal pada hal spesifikasinya, mulai dari tampilan desain, ketahanan baterai, kualitas kameranya, kecepataan prosesornya, fitur dan teknologinya, harganya, dan masih banyak lagi kelebihan lain yang bisa menjadi pertimbanganmu.

Jadi Xiaomi Mi 9 ini hadir sebagai smartphone di kelas menengah yag begitu mengesankan, dengan spesifikasi yang bagus serta harga yang relatif terjangkau, Smartphone ini bisa menjadi pesaing berarti untuk perangkat di kelas menengah berkat keunggulan di beberapa aspeknya.

kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Mi 9

Kelebihan Smartphone Xiaomi Mi 9

Seri Mi 9 ini diharapkan bisa menjadi seri yang banyak menyumbang perangkat-perangkat berkualitas dari Xiaomi, Nyatanya walau hadir sebagai penerus seri Mi 8 Pro sebelumnya, Smartphone Xiaomi Mi 9 berhasil membuat kagum para penggemarnya berakt berbagai keunggulan yang diberikannya. Nah dibawah ini kita akan mengetahui beberapa kelebihan dari Xiaomi Mi 9 dalam ulasan dibawah in.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Mi 10 5G, Harga dan Spesifikasi

1. Desainnya yang Elegan dan Premium

desain premium Xiaomi Mi 9

Xiaomi Mi 9 ini memiliki bodi belakang yang sedikit melengkung sehingga memberikan nuasa yang nyaman dan berbeda, Xiaomi sendiri mengatakan bahwa ini untuk menciptakan efek holografik yang menarik dan berbeda.

Ya bisa saya bilang, smartphone ini hadir dengan desain mewah dan kekinian, ala Smartphone kelas flagship yang premium. Bagian bodi belakangnya dilapisi dengan kaca dan framenya yang sudah menggunkan bahan aluminum berkualitas dan tangguh.

Walau terbuat dari bahan kaca, dan tentu kamu sudah bisa menebaknya pasti ini membutuhkan proteksi tambahan untuk melindungi bagian belakangnya. Eitsss, tapi tenang beruntungnya Xiaomi Mi 9 ini sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5.

2. Layar yang Berkualitas dan Jernih

Xiaomi Mi 9 Hadir dengan layar berukuran 6,39 inci berpanelkan Super AMOLED yang jernih dan mampu menampilkan reproduksi warna yang bagus serta nyaman ketika di bawah terik sinar matahari.

Layarnya sendiri memiliki resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel dengan rasio 19:5:9. Selain itu Smartphone ini juga terkenal dengan layarnya yang luas, bahkan rasio layar ke bodi sebesar 85,2 % saja. Sehingga ini membuat layar dari Xiaomi Mi 9 terlihat luas dan bezelnya lebih tipis.

Selain luas dan jernih, Xiaomi Mi 9 juga memiliki tipe layar yang kokoh dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 6 yang tentu sudah terbukti ketahanannya terhadap goresan maupun benturan.

Untuk kamu yang suka menonton Film di smartphone, tenang Xiaomi Mi 9 juga sudah membekali layarnya dengan HDR10 yang terbukti mampu memberikan pengalaman menonton yang lebih nyata.

3. Konfigurasi Kamera yang memuaskan

Kamera Xiaomi Mi 9

Pada sekotr kameranya, Xiaomi Mi 9 juga tidak kalah andal. Dengan konfigurasi tiga lensa pada bagian bodi belakangnya. Yang masing-masing lensa ternyata memiliki resolusi yang besar dan mampu mengambil foto-foto dengan apik, Seperti lensa utama dengan 48 MP yang merupakan lensa jenis lebar yang mampu mengambil foto dengan jangkauan lebih luas.

Ada pula lensa telephoto 12 MP yang berguna untuk memotret foto pada jarak dekat tanpa merusak kualitas gambar. Selain kedua lensa tersebut, masih ada satu lagi yakni lensa ultra wide 16 MP yang dapat mengambil gambar dalam jangkauan lebih luas lagi. Ketiga lensa kamera dari Xiaomi Mi 9 juga sudah mendukung phase detection auto focus (PDAF) yang fungsinya untuk mengunci fokus pada objek foto agar lebih baik.

Lalu bagaimana kamera selfe? Jangan salah, kamera depan dari Xiaomi Mi 9 juga tidak kalah. Dengan resolusi 20 MP kamera ini mampu menangkap foto dengan lebih cerah, berkualitas, dan halus.

4. Baterai yang besar dan awet

baterai awet dan besar Xiaomi Mi 9

Dengan dibekali baterai berkapasitas 3300 mAh yang terlihat kecil apalagi untuk smartphone flagship. Namun walau tergolong kecil, jangan anggap remeh daya tahan dari baterai ini pada Xiaomi Mi 9.

Uji coba yang dilakukan GSMArena pada baterai Xiaomi Mi 9 ini membuktikan, bahwa smartphone ini mampu bertahan selama kurang lebih 91 jam lamanya, dengan rincian 23:32 jam untuk 3G talk time, 12:16 jam untuk browsing, dan 16:57 jam untuk pemutaran video.

5. Sudah dilengkapi Teknologi  Wireless Charging

Wireless Charging Xiaomi Mi 9

Smartphone Xiaomi Mi 9 sudah didukung dengan teknologi pengisian daya tanpa kabel atau seirng disebut dengan Wireless charging.  Jadi kamu bisa mengisi daya dimanapun dan kapanpun tanpa menyambungkan port ke smartphone ini.

Selain itu, ternyata Xiaomi Mi 9 juga sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging 27 W lo. Artinya kamu bisa mengisi daya dengan cepat, bahkan dari uji coba yang dilakukan, dengan fast charging kamu bisa mengisi daya baterai dari 0% sampai penuh hanya dalam waktu 65 menit saja!.

6. Hadir dengan Snapdragon 855 yang Kencang

snapdragon 855 xiaomi mi 9

Kelebihan lainnya yang menurut saya cukup menonjol adalah chipset yang digunakannya, Xiaomi Mi 9 ini sudah diotaki dengan chipset tergahar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855. Chipset jenis ini juga memiliki banyak kelebihan, seperti konektivitasnya, atau teknologi AI yang ada didalamnya.

Dengan dibekalinya chipset ini, Xiaomi Mi 9 ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang senang bermain game-game berat. Seperti PUBG kamu bisa mengatur ke grafis tertinggi pun, Smartphone ini mampu melibasnya dengan halus. Oh ya selain itu Xiaomi Mi 9 juga dibekali dengan memori RAM yang besar juga lo, ada dia varian yakni 6 GB dan 8 GB saat ini.

Kekurangan Smartphone Xiaomi Mi 9

Tidak ada smartphone yang paling sempurna, mau semahal apapun dan sebanyak apapun kelebihannya. Pasti masih ada beberapa celah kekurangan yang mungkin terlihat, seperti Xiaomi Mi 9 ini yang memiliki beberapa kekurangan, berikut ulasannya.

1. Tidak dilengkapi slot Micro SD

tidak ada micro sd xiaomi mi 9

Sayang sekali, Smartphone sekelas Xiaomi Mi 9 tidak membekali perangkatnya dengan slot microSD. Jadi slot hanya dikhususkan untuk 2 SIM Card sja, jika kamu ingin memasang micorSD tambahan, kamu harus mengorbankan satu simCard, begitulah mungkin konsepnya.

Ya walaupun memori internal bawaan dari Xiaomi Mi 9 juga sudah cukup besar, yakni 64 GB dan 128 GB. Namun saat ini kita tidak bisa menolak kehadiran microSD yang dapat menambah kapasitas memori dari smartphone.

2. Tidak Tahan Air dan Debu

tidak tahan air xiaomi mi 9

Walau desain bodinya yang elegan serta futuristik, Ternyata Xiaomi Mi 9 ini belum mengkantongi sertifikat IP67 ataupun IP 68 yang mampu memproteksi sebuah perangkat dari debu ataupun air, intinya sertifikasi itu hanya tanda saja bahwa sebuah perangkat seperti smartphone bisa tahan terhadap apa.

Nah sayangnya, Xiaomi Mi 9 ini tidak mengkantongi satupun sertifikasi yang ada. Jadi untuk kamu yang menginginkan smartphone dengan kualitas daya tahan yang kuat, Xiaomi Mi 9 tidak menjadi pilihan.

3. Absennya Audio Jack 3.5 mm

Audio Jack 3.5 mm Xiaomi Mi 9

Masih ada kekurangan lagi pada aspek lainnya, yakni asbennya audio jack beurkuran 3.5 mm yang fungsinya bisa memasang earphone. Jadi sangat disayangkan pula, kita tidak bisa menikmati mendengarkan musik lewat earphone karena tidak adanya port khusus untuk port audio jack.

Jadi alternatifnya adalah menggunakan konektor USB Tipe-C to 3.5 mm audio jack jika ingin memasang earphone. Ya jelas saja ini dinilai kurang praktis dan merepotkan untuk kita yang sering mendengarkan musik.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 9

  • Nama : Xiaomi Mi 9
  • Rilis: Maret 2019
  • Bobot : 173 gram
  • Layar: Super AMOLED 6,39 inci
  • Resolusi : 1080 x 2340 piksel, rasio to bodi 85,2%
  • Sistem Operasi : Android 9.0 (pie), MIUI 12
  • RAM : 6GB, 8GB
  • Memori Internal : 64GB, 128 GB
  • Chipset :  Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm)
  • GPU : Adreno 640
  • Kamera Belakang : 48MP (wide) + 12MP (telephoto) + 16 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 20 MP (wide)
  • Baterai : 3.300 mAh, Fast charging 27W, Fast Wireless charging
  • Harga : Rp 5.000.000 – 7.000.000

Kesimpulan

Salah satu keunggulan yang menurut saya menonjol adalah, Performanya yang kencang. Dengan menggunakan chipset tergahar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855. Xiaomi Mi 9 ini mampu memberikan kelebihan tersendiri pada performanya, sehingga bisa membuat para penggemarnya langsung jatuh hati dengan Mi 9 ini.

Tidak hanya itu sebenrnya, kalau kita lihat sendiri masih ada banyak kan keunggulan yang berarti untuk smartphone ini. Namun begitu Xiaomi Mi 9 tidak terhindarkan dari beberapa kekurangan yang mungkin saja terlihat. Itulah pembahasan megenai Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Mi 9 yang sudah kamu baca. Kesimpulannya walau hadir dengan spesifikasi yang bagus dan hadir sebagai smartphone kelas menengah, Xiaomi Mi 9 ini mampu bersaing dan mengalahkan para kompetitornya sehingga mampu menujukka kualitasnya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.