11 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Mi 11 Ultra, Harga dan Spesifikasi

Sebagai salah satu produsen Smartphone terlaris di dunia nomer dua, tentu pabrikan asal China ini terus merancang smartphone-smartphone berkualitas yang mampu membuat para penggunanya puas. Ada beberapa lini produk yang ditawarkannya, seperti Mi, Redmi, dan Poco. Nah Mi ini adalah salah satu lini Smartphone dari Xiaomi yang terkenal dengan balutan “Premium” pada berbagai aspeknya.

Di Juni 2021 ini Xiaomi resmi meluncurkan dua smartphone terbaru di Mi 11 series, ia adalah Mi 11 Lite yang dibandrol dengan budget terbatas yang memiliki desain super stylish dan ada juga Mi 11 Ultra yang memiliki harga cukup mahal namun sebanding dengan apa yang ditawarkan yakni performa dan kemampuannya. Nah smartphone varian “Ultra” ini adalah salah satu model flagship paripurna (ultimate) yang membawa banyak keunggulan pada berbagai aspeknya.

Mi 11 Ultra ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi canggih terbaru, seperti yang yang mencuri perhatian adalah pada bagian belakangnya yakni konfigurasi kamera berkualitas yang disertai dengan layar kecil, tentu untuk mempermudah berswafoto, ada juga chipset canggih dari Qualcomm yang memiliki perfroma sangat kencang, sebagai produk Xiaomi pertama yang dibekali sertifikasi IP68 untuk ketahanan debu dan air. Nah itulah beberapa yang menjadikan alasan mengapa smartphone ini memiliki stok terbatas, di indonesia tentunya.

Baik itu hanya beberapa kelebihan saja, sebetulnya masih ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Smartphone flagship ini. Namun selain kelebihan kita juga akan mengetahui kekurangan apa saja yang terlihat. Oke daripada membuat pensaran, langsung saja kita bahas dibawah ini.

Kelebihan Smartphone Xiaomi Mi 11 Ultra

Gambaran Smartphone mewah tentu tak bisa lepas dari Mi 11 Ultra ini. Pasalnya smartphone ini walau dibandrol dengan harga yang cukup mahal, namun tak membohongi kualitas dan spesifikasi yang ditawarkannya. Produk yang duduk di urutan teratas hierarki smartphone Xiaomi ini dibekali dengan desain, spek, kamera, fitur yang paling mewah deh pokoknya diantara smartphone-smartphone lainnya dari pabrikan yang sama.

Maka dari itu, yuk kita intip apa saja sih keunggulan yang ditawarkan smartphone berharga belasan juta ini? apakah sebanding dengan harga yang dibandrolnya? inilah ulasannya.

1. Kemampuan Layar OLED yang lebar

layar panel AMOLED berukuran 6,81 inci Smartphone Mi 11 Ultra

Mi 11 Ultra ini adalah salah satu smartphone yang memilik layar super mewah, dengan panel AMOLED berukuran 6,81 inci. Layar yang ini cukup komplit keistimewaannya, seperti resolusi yang tinggi, kecepataan refresh rate tinggi, kecerahaan layar yang baik, kemampuan HDR, akurasi warna, dan lain sebagainya.

Panel ini memiliki resolusi sebesar 1440×3200 piksel dengan rasio aspek hingga 20:9, dan kerapataan piksel mencapai 515ppi. Untuk bentang layar sendiri, kita sudah tahu kan, betapa luasnya layar smartphone ini apalagi kalau kamu tahu rasio aspek Mi 11 Ultra mencapai 91,4 persen! dan ini sangat tipis sekali bezel disamping-sampingnya. Mungkin hal ini juga menjadi tren permintaan pasar yang banyaj menginginkan tampilan yang masimal pada layarnya namun tidak unutk memperbesar luas layar tetapi mempertipis bingkai disekitar layarnya, tren ini muncul sejak era full-view display pada 2018.

Berlanjut ke beberapa asepk spesial dari layar Mi 11 Ultra ini, seperti Kecepatan Refresh Rate yang mencapai 120Hz. Namun ada juga pilihan standar yakni mode 60Hz, sebenarnya refresh rate ini tergantung dari apa yang ditampilkan oleh smartphone, dan ini bisa dinamis antara 30Hz, 60Hz, 90Hz, bahkan sampai 120Hz. Semakin tinggi tentu pergerakan yang ditampilkan akan semakin halus. Refresh rate ini juga mempengaruhi kapasitas baterai, semakin tinggi tentu semakin boros daya. Maka hadirlah fleksibilitas yang bisa kamu sesuaikan dipengaturan smartphone, ingin Mengunci ke 60Hz atau 120Hz.

Adapun juga touch sampling rate pada layar yang tembus di angka 480Hz. Yang artinya ini sangat responsif sekali, dan mungkin tidak akan ada delay ketika kamu melakukan sentuhan atau gerakan, misal ketika kamu scroll Sosme maupun ketika bermain game, pokoknya aktivitas display menjadi lebih cepat dengan input sentuh yang lebih tinggi.

layar HDR10+ dan Dolby Vision Smartphone Mi 11 Ultra

Belum selesai masih ada banyak kelebihan yang perlu saya jelaskan. Layar dari Mi 11 Ultra ini juga sudah mendukung HDR10+ dan juga Dolby Vision, Ada juga kelebian lain pada kedalaman warna smartphone yang mengadopsi sistem warna 10 bit yang artinya ada 1,07 miliar warna. Rasio kontrasnya bahkan menyentuh di angka 1:5.000.000. Ini sugguh luar biasa untuk sajian display yang berkualitas dan oke, sehingga ketika kamu sedang menoton film baik di Netflix maupun YouTube kamu akan merasakan sensasi menonton yang lebih hidup dan nyata.

Mi 11 Ultra ini juga bagus ketika kamu gunakan dibawah terik sinar matahari, dan layarnya tidak akan berkurang kualitasnya. Hal ini berkat kecerhaan maksimal yang mencapai 1700nits untuk konten HDR. Angka ini tentu meningkat sebesar 200nits dari Mi 11 yang hanya 1500 nits saja.

Terakhir ada satu hal istimewa lagi yang ada pada layar Mi 11 Ultra ini yakni sensor cahaya 360 derajat yang bekerja unutk membaca kondisi pencahayaan disekitar secara otomatis. Jadi nih, sensor ini mendukung layar yang bisa mengatur white balance dan setelah warna secara otomatis, hal ini bisa kamu lakukan dengan mengaktifkan mode membaca dan mode luar ruangan yang ada pada Pengaturan smartphone.

Ada juga sensor cengkeraman yang didukung dengan giroskop agar smartphone terhindar dari insiden salah sentuh, tentu hal ini sering kan kamu alami. Dan kehadiran sensor ini sangat pas sekali apalagi Mi 11 Ultra memiliki layar lengkung.

2. Bodi Belakang yang Atraktif dan Terkesan Mewah

Corning Gorilla Glass Victus terbaru Smartphone Mi 11 Ultra

Kesan tipis dan elegan terpancar dari Smartphone Mi 11 Ultra ini, bodinya yang tipis memiliki ketebalan 8,4mm dengan dilapisi pelindung kaca dari Corning Gorilla Glass Victus terbaru, dimana ia mampu menahan goresan dua kali lipat lebih ampuh dibanding pendahulunya, dan empat kali lebih tahan goresan dibandingkan kaca pelindung yang terbuat dari aluminosilicate, dalam kata lain dibutuhkan tenaga dua kali lipat untuk menggores kaca ini.

Material bodi belakangnya menggunakan keramik yang tampak lebih glossy, selain itu ada dua pilihan varian warna yang tersedia yakni Cramic Black dan Cramic White.

Kita bahas satu-persatu apa saja sih yang ada dibodi belakangnya, oke kita mulai dari atas. Terdapat satu hal yang mencolok dan membedakan Mi 11 Ultra dari smartphone flagship lainnya, yakni modul kamera belakang yang membesar hampir memenuhi bodi belakangnya, ini juga menimbulkan tonjolan sekitar 3,7 mm, hal ini terlihat sangat atraktif dan berbeda. Modul ini memiliki aksen warna hitam yang didalamnya ada dua frame yakni triple kamera, dan juga frame layar sekunder dengan bentang 1,1 inci. Adapun juga tiga lampu flash yang bisa kamu manfaatkannya untuk fotografi.

viewfinder Smartphone Mi 11 Ultra

Oh ya kita bahas lagi tentang Layar sekunder yang ada dibelakang bodinya, Rear display ini dapat menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan smartphone seperti Jam, tanggal, kapasitas baterai, laju pengisan baterai ketika dicas, atau juga bisa berfungsi sebagai viewfinder (tampilan pratinjau) ketika kamu hendak memanfaatkan kamera belakang yang sangat berkualitas ini untuk berswafoto, jadi fungsi layar ini cukup berguna dan bukan hanya sekedar gimmick saja.

Kita geser ke bagian bawah, dimana ada tulisan “Xiaomi” dan dibawahnya lagi ada logo “5G” yang simetris pas ditengah-tengah.

Kita berlaih ke bagian sampingnya, yang memilliki desain lengkung dengan dipoles sampai bagiancermin, dan ia berbentuk menonjol pada bagian sudutnya hal ini berfungsi untuk membantu perlindungan smartphone ketika ada benturan.

Kita lihat pada bagian bawahnya yang terdapat colokan USB Type-C, yang disandingkan dengan Hybrid Slot (dua nano SIM), ada juga mikrofoon utama, dan spekaer utama. Pada sisi kirinya terlihat mulus tanpa apapun, jika bagian kanan ada tombol power dan volume. Beralih ke bagian atas yang terdapat tempat untuk sepaker kedua yang disandingkan dengan logo Harman Kardon (kualitas suara jernih dan merupakan spekaer terbaik di pasaran), ada juga Mikrofon kedua, IR Blaster, dan terakhir ada earpiece.

3. Sudah mendapatkan sertifikasi IP68

sertifikasi IP68 Smartphone Mi 11 Ultra

Saat ini ada yang namanya IP Rating, dimana hal ini menentukan tingkat ketahanan debu dan air pada sebuah smartphone. Dengan adanya Rating ini tentunya pemilik smartphone tidak perlu khawatir lagi perangkat mereka disusupi material yang mungkin akan merusak. Tingkat IP Rating ini sudah distandarisasi oleh lembaga bernama International Electrotechnical Commision.

Untuk Mi 11 Ultra ini ternyata sudah mendapat sertifikasi IP68, yang artinya mampu memberikan perlindungan dari material seukuran debu (6) dan smartphone bisa direndam dalam air kedalaman lebih dari satu meter dalam waktu tertentu.

Bahkan dari test yang dilakukan Channel Youtube Ramesh Bakotra, Mi 11 Ultra ini masih aman-aman saja dan tidak rusak sedikit pun walau direndam dalam air selama 10 menit, bahkan Ramesh sendiri sambil melakukan test memutar video didalam air dan hasilnya kualitas spekaer juga masih oke, dan ketika diangkat beberapa komponen juga masih baik-baik saja dan tidak masalah.

4. Daya tahan baterai yang bagus dikelasnya

5.000mAh Smartphone Mi 11 Ultra

Kapasitas baterai pada Mi 11 Ultra adalah 5.000mAh, dan angka ini tentu cukup besar dibandingkan Mi 10 Ultra tahun sebelumnya yang hanya berkapasitas 4.500mAh. Mi 11 Ultra ini juga cocok dengan kompetitornya yang memiliki kapasitas yang sama yakni Galaxy S21 Ultra.

Bukan hanya besar saja kapasitasnya, namun bateri ini juga lumayan awet lah untuk penggunaan sehari-hari. GSM Arena sendiri melakukan test bahwa smartphone ini mampu bertahan selama 11 jam untuk Browsing, 28 Jam untuk menonton video offline. Namun secara keseluruhan daya tahan baterainya mencapai waktu 95 jam, dan hasil ini tidak sebagus Galaxy S21 Ultra yang mampu bertahan selama 114 jam. Hal ini tentu bukan hanya dipengaruhi oleh kapasitas saja, melainkan hal lain seperti chipset yang digunakan, teknologi layar yang disematkan, sistem manajemen daya juga sangat mempengaruhi daya tahan sebuah baterai.

Namun untuk kesimpulannya, Kapasitas baterainya sudah cukup besar dan untuk daya tahan baterai masih okelah untuk smartphone dikelas flagship, tetapi masih ada yang lebih baik dengan harga yang sama ataupun dibawahnya.

5. Fast Charging super ngebut

Fast Charging super 67W Smartphone Mi 11 Ultra

Kemampuan pengisian cepat tentu sangat dibutuhkan unutk kamu yang mungkin aktivitas sehari-harinya tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone, kadang kita capek sendiri ketika menuggu pengisan ulang daya baterai pada smartphone, namun hal ini dari hari ke hari terus diperbaiki. Maka munculah teknologi yang namnaya Fast Charging dimana ia mampu mengisi daya dengan sangat cepat.

Walaupun kita tahu kapasitas baterai dari Mi 11 Ultra ini cukup besar yakni 5000mAh, namun jangan sangka waktu pengisian ulangnya lama juga. Fast charging yang dibekalkan ke smartphone ini memiliki daya sebesar 67W!.

Dalam beberapa test pengisian ulang, Mi 11 Ultra ini dapat terisi 89% dari 0% dalam waktu 30 menit. Sedangkan untuk mengisi daya sampai penuh diperlukan waktu sekitar 37 menit saja! ini mungkin waktu yang sangat cepat ya, apalagi kalau kita bandingkan dengan katahanan baterainya yang cukup awet.

6. Dibekali dengan SoC premium dari Qualcomm Snapdragon 888

SoC premium dari Qualcomm Snapdragon 888 Smartphone Mi 11 Ultra

Selain kapasitas baterai yang besar, Smartphone Mi 11 Ultra ini juga dibekali kemampuan perfroma yang tinggi. Tentu unutk kamu yang suka bermain game atau multitasking menggunakan smartphone, perangkat ini sangatlah cocok untuk kamu. Spek jeroan yang ditawarkannya menggunakan chip kelas premium dari Qualcomm Snapdragon 888, yang merupakan chipset terkencang di dunia saat ini.

Snapdragon 888 ini diproduksi pada proses 5nm dengan upacaya high-end terbaru dari Qualcomm yang memiliki CPU octa-core dengan konfigurasi 1+3+4 (25% meningkat kinerjanya dibandingkan seri pendahulunya), selain itu GPUnya juga cukup kuat, Mesin AI merupakan generasi terbaru, dan ini sudah terintergrasi oleh sinyal 5G.

Chipset keluaran Desember 2020 ini memiliki arsitektur yang benar-benar fresh, apalagi arsitektur core medium dan core performanya. Core Medium SD888 ini adalah Kryo 680 Gold (3×2, berkecepataan 42 GHz) yang dibangun berdasarkan arsitektur Cortex A78. Sedangkan untuk Core perfroma, menggunakan Kryo 680 Prome (1×2, berkeceptaan 84 GHz), dengan asis Cortex X1.

Nah berkat berbagai arstikertur baru ini Snapdragon 888 yang ada pada Mi 11 Ultra meningkat perfromanya sebesar 25% lebih kencang ketimbang pendahulunya, yakni SD865.

Smartphone ini memafaatkan GPU Adreno 660 untuk pengelola grafisnya, dan ini dikalim juga lebih baik 35% daripada Adreno 640 sebelumnya.

Perfroma yang kencang berkat Snapdragon 888 ini juga didukung dengan dibekalinya memori penyimpanan berteknologi UFS 3.1 berkapasitas 256 GB, dan juga RAM LPDDR5 dengan 3200 MHz dengan kapasitas 12 GB.

Kalau kita uji Perfroma dari chipset ini berdasarkan benchmarking sintetis, smartphone ini sangatlah meyakinkan dengan skor yang diperoleh. Untuk Antutu 8 sendiri, secara keseluruhan mendpatkan 688.720 poin ini lebih tinggi daripada pendahulunya Mi 11 yang hanya mendapat 668.722 poin saja.

Sedangkan untuk pengujian Geekbench 5 untuk melihat kemampuan dari singlecore dan multicore pada smartphone ini, dimana Mi 11 Ultra ini memperoleh skor 1126, dan angka ini sudah tergolong bagus. Bahkan skor ini mengalahkan Asus ROG Phone 5 yang hanya 1110 saja, atau Xiaomi Mi 11 dengan 1085 poin saja.

teknologi pendingin tiga fase padat-cair-gas Smartphone Mi 11 Ultra

Untuk kamu nih yang hobi menggunakan smartphone selama berjam-jam non stop, seperti bermain game. Tenang jangan takut Mi 11 Ultra ini kepanasan atau overheating. Sebab Smartphone ini secara khusus telah dibekali teknologi pendingin tiga fase padat-cair-gas. Konduktivitas termal ditingkatkan sampai 100% dibandingkan dengan pasta termal pada umumnya. Pelat ruang uap yang besar pada smartphone juga sangat efesien untuk membuat panas sepanjang waktu.

Jadi kesimpulannya untuk urusan perfroma, Mi 11 Ultra ini mampu menghasilkan perfroma yang cukup baik dan kencang. Varian Ultra dari Mi series ini memnag bukan yang paling baik di kelas harganya, apalagi saat ini sudah banyak smartphone flagship yang lebih baik dengan chipset yang lebih kencang juga.

7. Konfigurasi Kamera yang Mengesankan

teknologi fotografi Smartphone Mi 11 Ultra

Akhirnya tiba juga diaspek yang paling menjadi sorotan dari Mi 11 Ultra ini, yakni dibekalinya triple kamera yang memiliki resolusi yang besar dan dapat menangkap gambar dengan kualitas oke. Alih-alih memakai resolusi 108 MP seperti yang ada pada lensa utama Mi 11 sebelumnya, Smartphone Mi 11 Ultra ini lebih memilih untuk menanamkan resolsui sebesar 50 MP dengan bukaan f/1.95.

Kualitas sebuah gambar bisa ditentukan oleh banyak hal, bukan hanya besar atau kecilnya resolusi, melainkan juga tergantung dari berbagai aspek seperti contoh Sensor. Kamer autama dari Mi 11 Ultra ini sdudah dibekali sensor kamera kelas atas dari Samsung ISOCELL GN2, dan ini adalah samrtphone pertama kali yang memakai sensor ini. Selain itu sensor ini juga memiliki ukuran yang besar bahkan ukurannya mencapai 1/1,12 inci. Untuk selanjutnya kita akan bahas dibawah ini.

Seperti yang kalian tahu Mi 11 Ultra ini memiliki tiga konfigurasi kamera belakang yang masing masing adalah Lensa utama, ultrawide, dan telephoto periskop. Untuk kamu yang pensaran mari kita bahas satu persatu.

Lensa utama 50 MP Smartphone Mi 11 Ultra

Lensa utama 50 MP, seperti yang sudah kita singgung diatas, bahwa lensa ini menggunakan sensor kamera kelas atas yang memungkinkan penggunanya dapat menangkap gambar dengan sangat berkualitas. Sensor GN2 ini memiliki fitur yang namanya Array filter, yang berarti kamu dapat menangkap gambar dengan teknik binning 4-in-1, ukuran piksel gambarnya mencapai 2,8 µm. Selain itu lensa ini juga memiliki 8 elemen yang panjang fokusnya setara 24mm, fitur lain dari lensa ini adalah Dual Pixel Phase Detecion Autofocus (PDAF, Penstabil gambar berbasis optop (OIS), dan ada juga Laser Autofokus.

resolusi tinggi 48mp kamera telefoto 120x Smartphone Mi 11 Ultra

Lensa telephoto periskop 48MP, lensa ini memakai sensor dari Sony IMX586 dengan tipe 1/2 inci, yang memiliki panjang fokus 120 mm. lensanya ini adalah persikop yang distabilkan dengan zoom 5x dengan aperture f/4.1. Untuk hasil gambar yang diberikan lensa ini mampu menangkap foto dengan detail yang sangat baik dan juga kontras mikro yang bagus. Dynamic rangenya juga yang terbaik.

Lensa ultrawide 48MP, lensa ini memiliki ukuran 12mm yang mampu mengambil gambar dalam sudut pandang mencapai 128 derajat, dan aperature f/2.2. Hasil gambar yang didapatkan dari lensa ultrawide ini cukup memuaskan bahkan yang paling bagus dikelasnya. Detail yang dihasilkan cukup melimpah, ketajaman gambar cukup oke, tidak ditemukan noise. dynamic range yang sangat baik, eksposur yang cukup akurat, dan tidak ada masalah untuk lensa satu ini.

Ketiga lensa belakang dari Mi 11 Ultra ini dilengkapi dengan tiga lampu flash yang terang, selain itu ada juga sensor temperature warna, ada juga sensor ToF (Time of Flight) yang mampu menetukan kedalaman sebuah objek yang dipindai dengan sangat baik.

lensa selfie 20MP aperature f 2.2 Smartphone Mi 11 Ultra

Kita berlaih ke bagian depan, ada lensa selfie yang memiliki resolusi sebesar 20MP aperature f/2.2 dengan sensor dari Samsung S5K3T2 1/3,4 inci dengan piksel 0,8µm dan juga filter warna Quad Bayer. Lensa selfie ini dapat mengambil gambar dengan detail, warna dan dynamic rangenya sangat bagus.

Mengutip dari situs Dxomark (https://www.dxomark.com/xiaomi-mi-11-ultra-camera-review-large-sensor-power/) , Xiaomi Mi 11 Ultra ini memperoleh skor 143 untuk aspek kamera. Dengan masing-masing 148 poin untuk aspek fotografi, 100 poin untuk zoom, dan 117 poin untuk kemampuan videografinya. Ini adalah smartphone dengan kamera terbaik kedua setelah Huawei P50 Pro yang memperoleh skor 144, hanya berbeda satu poin dari skor tertinggi.

8. Speaker Stereo yang menggelegar

Speaker Stereo yang menggelegar Smartphone Mi 11 Ultra

Kualitas suara yang oke tentu sangat disukai oleh pengguna, sebab dengan ini tingkat kepuasan meningkat karena bisa menikmati kualitas audio yang bagus saat digunakan untuk bermain game, mendengarkan musik, atau menonton film. Mi 11 Ultra ini memiliki spesifikasi audio yang luar biasa, seperti dibawah ini.

Dua speaker yang berkualitas (Kiri atas dan Bawah kanan) dimana hasil kualitas audio ini dicapai berkat kerja sama dengan Golden Ear of Harman Kardon, yang mampu menyempurnakan akustik dari speaker ganda, dan ini dapat meningkatkan volume dari audio, sehingga kualitas suara yang dihasilkan sangat luar biasa.

Menurut situs resmi Dxomark menyatakan skor yang diperoleh Mi 11 Ultra ini untuk urusan audio sebesar 71 poin, dalam pengujiannya audio ini berkinerja cukup baik berkat keseimbangan nada yang cukup clean, suara yang tajam, serta volume maksimum yang memuaskan.

9. Antarmuka MIUI 12 yang Keren

Antarmuka MIUI 12 Smartphone Mi 11 Ultra

Antarmuka MIUI 12 sangat cocok disandingkan dengan smartphone kelas atas dari Xiaomi ini, sebab ada banyak hal yang menarik dan keren. Oke kita akan bahas ini lebih lanjut lagi. Mi 11 Ultra ini lebih tepatnya memakai MIUI 12.0.60 yang disandingkan dengan Android 11 tentu menambah fungsi dan interface secara keseluruhan.

Karena Smartphone ini menggunakna panel dari AMOLED maka ada fitur yang namanya Always on Display, yang memungkinkan layar untuk menampilkan informasi, status baterai, jam, notifikasi, dll ketika smartphone dalam keadaan redup sekalipun, jadi ketika ada notif layar akan menyala meskipun itu sedang lama keadaan terkunci. pada MIUI 12 ini, Xiaomi sudah memberikan Tema-tema khusus AOD yang bisa kamu pilih di Toko Themes.

Layar kecil yang ada dibelakang bodi juga bisa kamu sesuaikan sendiri lo, mulai dari warna, gambar, tema, dan lain sebagainya.

MIUI 12 juga memiliki fitur App drawer, dimana seluruh aplikasi yang ada pada smartphone akan di kategorikan secara khusus, mulai dari Hiburan, Fotografi, Komunikasi, Bacaan, Alat, dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang suka akan pengalaman visual pada smartphone, MIUI 12 ini juga mendukung fitur Wallpaper Super dimana kamu akan melihat wallpaper yang dinamis setiap kali kamu mengusap layar.

Fitur keamanan dimana kamu bisa memindai malwer ataupun virus yang ada di smartphone, selain itu kamu juga bisa mengelola dan membebaskan Sampah maupun RAM. Fitur-fitur lain yang mungkin kamu suka dari MIUI 12 ini seperti Aplikasi Notes, Dark mode, Notification shade, dan lain sebagainya.

Kekurangan Smartphone Xiaomi Mi 11 Ultra

Mau semahal apapun sebuah smartphone, semewah apapun, pasti ada saja kekurangan yang terlihat. Tak mungkin ada smartphone yang benar-benar sempurna dan membaut penggunanya puas sepenuhnya. Nah inilah yang saya lihat dari Mi 11 Ultra, walau hadir di kelas flagship tidak menutup kemungkinan bahwa Smartphone ini ada poin-poin kekurangannya lo, walau sifatnya subjektif atau ada yang setuju dan ada yang tidak.

1. Salah satu Smartphone terberat, dan benjolan frame kamera yang over

Secara desain dimensi Smartphone Mi 11 Ultra in i memiliki dimensi yang sama persis dengan saudaranya yakni MI 11 yang memiliki ukuran 164,3mm x 74,6mm x 8,4mm yang sebenarnya kedua smartphone ini memiliki desain yang langsing dan juga ringan. Namun yang membedakan adalah ketebalan dan bobotnya.

Untuk ketebalan sendiri, Mi 11 Ultra memiliki 8,4mm dan ini lebih besar 0,3mm dari Mi 11. oke mungkin tidak seberapa, namun kalau kita bandingkan melalui berat samrtphone, Dimana seri Ultra ini memiliki berat yang cukup membengkak dari pendahulunya yakni dengan 234 gram, sedangkan Mi 11 hanya 193 gram saja. Dan Mi 11 Ultra ini masuk ke jajaran smartphone flagship terberat di dunia, Menurut Phonesdata tentang 100 smartphone terberat di dunia, Mi 11 Ultra berada di urutan ke 30. Lebih berat daripada Xiaomi Redmi K40 Gaming (205g) dan lebih ringan daripada ROG Phone 5 (238g).

benjolan frame kamera Smartphone Mi 11 Ultra

Membengkaknya berat samrtphone ini tentu dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti Kapasitas baterai yang meningkat dan kehadiran modul kamera yang besar seperti yang bisa kita lihat pada bagian bodi belakangnya.

Nah selanjutnya modul kamera itu malah menjadi kekurangan, mungkin untuk beberapa alasan. sudah tidak bisa diragukan lagi polarisasi tonjolan kolosal pada bagian belakangnya tentu menjadi perhatian. Modul kamera ini mencakup dua frame yakni layar dan triple-kamera. Tonjolanya ini memiliki tinggi sekitar 3,7mm dan ini sangat tebal sekali kalau kita ganggam apalagi atau diletakkan di lantan pasti akan terlihat aneh.

Efesiensi dan Kepraktisan juga berkurang mungkin dari seri Mi sebelumnya yakni Mi 10 Ultra taun lalu yang memiliki desain modul kamera yang berbaris secara vertikal dan ini tampak lebih praktis serta stylish. Sedangkan Mi 11 Ultra ini desainnya bahkan memenuhi bodi belakang. Tapi it’s okey karena kita tahu hal yang paling spesial dari Smartphone ini ya modul dan kemampuan kameranya yang serbaguna dan berkualitas.

2. Harga yang mahal dan Stok terbatas

Mungkin kita mengenal Xiaomi sebagai vendor smartphone yang sering merilis samrtphone terbarunya di lini produk yang terjangkau, dan relevan untuk anak muda. Mulai dari entry level hingga mid-range. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Xiaomi terus memberikan inovoasi untuk setiap produknya terutama yang mereka rilis di kelas flagship.

Untuk Xiaomi Mi 11 Ultra sendiri kita sudah tahu bahwa smartphone ini masuk ke produk kelas atas dari Xiaomi, yang harga bandrolnya cukup Wuahh. Pada 15 juli 2021 lalu smartphone ini rilis di pasaran dan hanya ada satu varian smartphone saja di Indonesia yakni RAM 12GB + ROM 256 GB dengan harga bandrol Rp17 jutaan.

harga mahal stok terbatas Smartphone Mi 11 Ultra

Harga ini lebih mahal daripada Mi 11 Ultra yang dirilis di India, dengan harga hanya Rp13,7 juta, dan lebih murah dari seri yang dijual di Eropa dengan harga sampai Rp 20,7 juta. Eitss, jangan kaget! sebenarnya harga ini cukup masuk akal sebab setiap smartphone dibeda negara, beda juga spek dan jeroannya seperti Kamera, Baterai, ataupun Memori.

Sebenarnya ada smartphone lain yang hadir di varian yang sama, namun harganya sedikit lebih murah. Seperti Galaxy S21 Ultra, OnePlus 9 Pro, maupun Oppo FInd X3 Pro yang memiliki varian RAM dan Memori Internal yang sama, dan ketiganya juga berada di rentang harga belasan juta.

Selain harga jualnya yang mahal, Mi 11 Ultra ini juga dijual dengan jumlah unit yang terbatas lo di indonesia. Kalau secara hierarki spesifikasi Smartphone ini memang yang paling tinggi daripada Mi 11 series lainnya, selain itu spesifikasinya juga yang paling tinggi dan terbaik di kelasnya. Namun sayangnya smartphone ini hanya dijual dengan unit yang terbatas. Hal ini pun sudah disampaikan oleh Country Director Xiaomi Indoensia, Alvin Tse yang mengatakan bahwa alasan minimnya stok in karena terbatasnya chipset.

“Sayangnya kami hanya memiliki beberapa unit terbatas saja, walaupun kami sebenarnya ingin menjual lebih banyak. Hal ini dikarenakan chipset yang semakin langka.”

Nah perlu kamu ketahui juga, industri teknologi saat ini masih dilanda krisis kelangkaan chipset karena Pandemi. Alivin sendiri enggan membebeberkan berapa jumlah unit Mi 11 Ultra yang tersedia, namun saat pertama kali rilis Smartphone ini dijual dengan makanisme undangan, dan seterusnya akan dijual di dua tempat saja yakni Mi.com dan Mi Store

Tetapi menurut saya, seiring berjalannya waktu dan seiring meredanya pandemi Covid-19. Mi 11 Ultra ini mungkin akan normal unit ketersediaan smartphonenya, terutama di Tanah air.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Ultra

harga dan spesifikasi Smartphone Mi 11 Ultra
  • Nama : Mi 11 Ultra
  • Rilis: Juni 2021 (indonesia)
  • Bobot : 234 gram
  • Layar: Super AMOLED 6.81 inci, 1 Billion Colors, HDR10, Corning Gorilla Glass Victus
  • Resolusi : 1440 x 3200 pixels, screen ratio 91,4%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12.5
  • RAM : 12 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Chipset : Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU :  Adreno 660
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide),48 MP (periscope telephoto), 48 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 20 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, Fast Charging 67 W, Reverse wireless charging 10W

Kesimpulan

Hadirnya Mi 11 Ultra ini tentu melengkapi Smartphone kelas flagship dari Xiaomi yang semakin hari bertambah. Sampai disini menurut saya oke lah Mi 11 Ultra dinobatkan sebagai smartphone yang memiliki desain apik, stylish, premium yang all-rounder untuk berbagai hal. Frame kamera yang berbeda seperti smartphone pada umumnya juga menjadikan kelebihan namun juga kekurangan, namun kalau kita lihat pada aspek kemampuannya seperti fotografi dan videografi, bahkan saya bisa menyebut ini yang terbaik sih diseluruh dunia untuk saat ini.

Aspek layar yang sangat bagus, tetapi bukan yang terbaik. Karena panel yang digunakan menurut saya tidak mengalami peningkatan dari Mi 11 sebelumnya. Ada juga daya tahan baterai, yang kapasitasnya sedikit berkurang dari Mi 11. Sebagai smartphone flagship premium, ia juga menawarkan performa yang sangat baik dan bisa kamu gunakan untuk berbagai aktivitas seperti multitaskin maupun bermain game.

Lalu harga dari Xiaomi Mi 11 Ultra ini berapa? menurut situs resmi Xiaomi indonesia, Smartphone ini hanya hadir dalam satu varian dan dua warna saja. Varian RAM 12 GB serta dibekali Memori internal berkapasitas 256 GB, Mi 11 Ultra ini dihargai Rp 16.999.000 juta. Oke mungkin kamu melihat harga itu cukup mahal, namun menurut saya ini sebanding sih dengan fitur dan teknologi terbaru yang terbatas, serta spesifikasi dan performa yang unggulan.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.