10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Mi 11 Lite, Harga dan Spesifikasi

Akhirnya pada Juni 2021 lalu Xiaomi meluncurkan smartphone anyar mereka di keluarga Mi 11 Series, yakni Xiaomi Mi 11 Lite. tentu dengan hadirnya seri terbaru kali ini, melengkapi Portofolio Smartphone Xiaomi di kelas menengah, Perangkat ini sebenarnya menyasar segmen yang cukup concern, yakni dengan memberikan perpaduan antara teknologi dan lifestyle.

Oke mungkin kita sudah tidak ragu lagi akan hal itu, sebab Xiaomi sering merilis smartphone dengan desain yang unik dan menarik. Namun juga sering merilis smartphone dengan harga terjangkau yang memiliki spesifikasi mumpuni, salah satunya adalah Xaomi Mi 11 Lite ini tentunya.

Bahkan menurut Country Director Xiaomi Indonesia (Alivin Tse) mengatakan salah satu daya tari dari Mi 11 Lite ini adalah desainnya. “Mi 11 Lite adalah salah satu smartphone tertipis Xiaomi Indonesia sejauh ini. Smartphone ini sagatlah cocok untuk mereka yang stylish.”

Yhaa kamu bisa memboyong smartphone keren ini dengan harga yang cukup terjangkau, Harganya kalau kita bandingkan tidak berbeda jauh dengan seri Redmi note 10 Pro yang terlebih dahulu rilis di indonesia.

Nah daripada membuat pensaran nih, apa saja sih isi dari dari Smartphone terbaru Xiaomi ini. Oke tidak perlu pensaran, mari kita ulas dalam Kelebihan dan Kekurangan Mi 11 Lite dibawah ini.

Kelebihan Smartphone Mi 11 Lite

Tentu membuat smartphone itu tidak hanya beberapa jam saja langsung jadi, pasti ada tahap yang sangat panjang agar tercipta smartphone berkualitas dan laku dipasaran. Hal inilah yang selalu dipertahankan oleh Xiaomi, ia selalu menomer satukan kepuasan konsumen, urusan untung atau rugi belakangan deh.

Berikut ini kita akan bahas nih beberapa Daya tarik yang ada pada Mi 11 Lite, yang membuat smartphone ini patut untuk kamu beli.

1. Desain yang Stylish, Ringan, dan Tipis

Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari Mi 11 Lite ini adalah aspek desain. Ada alasan dibalik itu, oke mari kita bahas lebih lengkap dan jelas. Smartphone ini hadir sebagai salah satu porduk Xiaomi yang menggabungkan dua hal yakni teknologi dan lifestyle. Oke kita tahu Mi 11 Lite ini adalah smartphone yang hadir di kelas menengah, namun desain yang diberikan untuk perangkat seperti ini sangatlah jarang dan bahkan terasa sekali unsur premium yang dibawa pada smartphone Flagshipnya.

kelebihan Smartphone Mi 11 Lite

Oke kita bahas dulu, apa sih yang membuat Mi 11 Lite ini tampak stylish dan elegan. Nah ada tiga pilihan varian warna yang tersedia dipasaran, yakni Peach Pink, Bubblegum Blue, dan Boba Black. dari ketiga warna bodi tersebut, Smartphone ini terlihat sangat cantik  dan glossy untuk dilihat. Hal ini berkat material frame yang menggunakan kaca anti glare yang membuatnya lebih glamour untuk varian warna Bubblegum blue dan Peach pink. Sementara untuk warna Boba black memakai bahan smooth glass yang dipoles secara glossy dan bahkan bisa digunakan untuk bercermin.

Masih dibagian belakang, kita juga bisa melihat modul kamera disana yang menggunakan desain Dazzling halo ring. dimana ada tiga lensa kamera plus ditambah satu lampu flash yang disusun secara bertingkat dan simetris berbentuk persegi. Xiaomi sendiri menyebutkan bahwa modul kamera ini hanya memiliki ketebalan 1.77mm saja. Nah inilah yang membuat Mi 11 Lite terkesan sangat ringkas dan tidak menciptakan seperti ganjalan, inilah yang membuatnya terlihat lebih tipis dan enteng juga.

Dazzling halo ring Smartphone Mi 11 Lite

Oke untuk berat dari Mi 11 Lite ini, adalah 157 gram saja. Ini termasuk sangat ringan sekali lo, apalagi dengan aspek-aspek mewah dan menawan yang dibekalkan ke smartphone. Menurut Xiaomi sendiri, smartphone ini sangatlah cocok untuk para wanita yang biasanya membutuhkan perangkat yang ringan dan ramping, serta mudah untuk digenggam ditangan mereka. Mi 11 Lite ini juga masuk ke jajaran smartphone paling ringan di tahun 2021.

Selain ringan, Smartphone ini juga sangat tipis. Mi 11 Lite ini memiliki ketebalan hanya 6,8 mm saja lo, dan ini benar-benar sangatt tipis sekali! bahkan menyamai pensil. Saya mengutip dari situs Phonesdata.com dalam artikel Top 100 Smartphone paling tipis di 2021 (https://phonesdata.com/en/best/thick-z/2021/). Xiaomi Mi 11 Lite berhasil ada di peringkat ke-2 dengan ketipisan 6,8mm dibawah Samsung Galaxy Z Fold3 5G dengan 6,4mm.

Ukuran yang sangat tipis serta berat samrtphone yang sangat ringan, melengkapi juga dimensi panjang dan lebar dari Mi 11 Lite. Dengan ukuran 160,5 x 75,7 mm menurut saya ini sangat pas dan cocok sekali  dan sangat nyaman juga digenggam.

2. Super AMOLED yang Kaya Warna

Salah satu fitur yang menarik selain desain adalah layar OLED berukuran 6,55 inci dengan refresh rate 90Hz yang cukup smooth ketika digunakan untuk aktivitas display seperti bermain game contohnya. Namun kalau kita bandingkan dengan samrtphone yang paling mirip dengannya, yakni Redmi Note 10 pro sedikit lebih unggul berkat 120Hz refresh rate.

Super AMOLED 6,55 inci Smartphone Mi 11 Lite

Namun perlu kamu tahu, walau Mi 11 Lite ini dibekali dengan refresh rate 90Hz yang tinggi, namun ada juga pilihan standar 60Hz. Di bagian pengaturan smartphone sudah ada opsi pilihannya, jika kamu memilih yang 90Hz, biasanya akan kembali lagi ke 60Hz saat kamu berhenti melakukan aktivitas pada layar seperti menyentuh atau menggulir, atau saat memutar video di Netflix, YouTube, dan lain sebagainya.

Panel AMOLED ini sudah mendukung resolusi Full HD+ dengan ukuran 1080 x 2400 piksel. Oh ya selain itu Mi 11 Lite ini juga sangat baik ketika digunakan dibawah sinar matahari, berkat tingkat kecerhaannya yang menyentuh di angka 800 nits. Keterbacaan layarnya sangat bangus walau matahari terik sekalipun, jadi tidak mengurangi pengalaman display penggunanya. Menurut GSM Arena, kecerhaan maksimum dapat mencapai 826 nits dan minimumnya adalah 2.8 nits.

Satu hal yang menarik dari Mi 11 Lite ini adalah dukungan 10 bit warna. Yang artinya, layar AMOLED smartphone ini dapat menampilkan 1,07 miliar ragam warna yang ada. Maka tak heran jika rentang warna yang dimiliki masuk standar DCI-P3 dan mempunyai rasio kontras yang cukup bagus, yaitu 5.000.000:1. Bukan hanya itu saja, rentang warna yang luas ini juga didukung dengan teknologi HDR10.

Always-on Display (AOD) Smartphone Mi 11 Lite

Selain dukungan refresh rate yang tinggi, smartphone ini juga memberikan touch sampling rate hingga 240Hz. arrtinya ketika kamu bermain game nih, layar akan menerjemahkan satu sentuhan menjadi gerakan hanya dalam 4,16 detik dan ini membautnya sangat responsif dan halus.

Kelebihan lainnya yang mungkin juga spesial adalah dukungan Widevine L1 yang dapat memberikan video berkualitas tinggiketika kamu mentonon film di Netflix. Ada juga fitur Always-on Display (AOD) yang dapat menggantikan fungsi lampu notifikasi LED, jadi nih ketika ada notif masuk bagian tepi layar akan menyala seperti efek bernapas. Hal ini tentu berkat penggunaan panel AMOLED pada Mi 11 Lite.

3. Konfigurasi Triple-camera yang Oke

Konfigurasi kamera yang ada pada Mi 11 Lite ini hampir sama dengan saudranya yakni Mi 11, yang sama-sama menggunakan triple-camera. Tetapi untuk spek resolusinya masing-masing berbeda, Mi 11 Lite sendiri menggunakan lensa utama 64 MP, ultrawide 8MP, dan makro 5MP. Sedangkan untuk MI 11 reguler memiliki spek reolusi yang lebih tinggi yakni Utama 108MP, ultrawide 13MP, dan makro 5MP yang sama. Wajar saja keduanya bebreda, dari harga pun sudah terlihat.

Konfigurasi Triple-camera Smartphone Mi 11 Lite

Nah karena saat ini kita sedang membahas Mi 11 Lite, maka kita akan bahas konfigurasi dari ketiga kameranya secara lengkap dibawah ini.

Lensa utama dengan resolusi 64MP memiliki bukaan f/1.8, dengan mengandalkan sensor dari Samsung GW3 (S5KGW3) sebesar 1/1,97 inci dengan piksel  0,7µm dan filter sel Tetra (istilah Samsung untuk Quad Bayer Sony). Sebenarnya lensa yang dihasilkan adalah 16MP, namun teknik 4-in-1 binning pixel yang membuatnya mencapai resolusi 64MP. Menurut beberapa uji coba, jepretan yang dihasilkan lensa utama ini sangat tajam, dan detail yang diselesaikan begitu pas. Selain itu Noise juga sangat rendah, Dynamic range yang sangat baik, White Balance yang pas dan akurat.

Beralih ke lensa ultrawide atau ultra lebar yang memiliki resolusi 8MP, aperture f/2.4 yang memakai sensor dari Sony IMX355 sebesar ¼ inci. Sudut pandang yang dapat ditangkat  lensa ini sebesar 120 derajat, selain itu piksel gambar yang muncul berukuran 1,12 µm, hal ini karena lensanya mempunyai focal length 16mm.

Terakhir ada, lensa makro 5MP yang sama persis seperti MI 11. Lensa ini mengguanakan sensor dari Samsung S5K5E9 berukuran 1/5 inci. Dengan jarak fokus mencapai 3cm dan 7cm. Hal ini memungkinkan jarak yang lebih jauh dari subjek yang ditangkap daripada lensa makro pada umumnya. Sifat lensa telefoto yang ada pada lensa makro ini tentu membeirkan perspektif yang lebih baik untuk berbagai hal tentang bidikan.

Ketiga lensa kamera belakang tersebut ditemani dengan lampu flash dual-LED dual-tone. Yang disusun secara simestris secara persegi.

Kita berlaih ke bagian depan, dimana ada lensa selfie dengan resolusi 16MP dengan bukaan f/2.45. Lensa ini ditenagai sensor dari Sony IMX471 1/3 inci yang dapat menghasilkan piksel berukuran1,0 µm. Gambar yang dapat ditangkap oleh lens aini cukup alami dan seimbang. Blur yang dihasilkan cukup pas, subjek yang ditangkap begitu detail, warna dan kontras juga sangat baik. Jadi tidak ada hal yang mengecewakan dari lensa depan ini.

Gyryo-EIS Smartphone Mi 11 Lite

Kesimpulannya untuk sektor kamera dari Mi 11 Lite, kameranya cukup lengkap dengan spesifikasi yang dihadirkan. Lensanya sangat bagus diandalkan untuk mengambil foto maupun video dalam berbagai kondisi. Hasil rekaman videonya juga dapat memberikan hasil yang sangat bagus karena dilengkapinya Gyryo-EIS.

4. Kapasitas Baterai yang Besar dan Kemampuan Fast Charging

Kapasitas baterai yang besar tentu sudah pasti awet kan daya baterainya? Ohh tidak tentu. Sebenarnya ada banyak faktor yang mennetukan awet tidaknya suatu baterai, mulai dari layar, chipset, penggunaan, dan lain sebagainya. Untuk Xiaomi Mi 11 Lite ini sebetulnya memiliki kapasitas Baterai 4.250mAh yang tidak besar-besar amat, namun ini relatif besar lo untuk smartphone  yang ringkas dan ringan sepertinya.

kapasitas Baterai 4.250mAh Smartphone Mi 11 Lite

Mi 11 Lite ini memperoleh 100 jam untuk Endurance Rating, dimana masing masing mampu bertahan untuk Browsing (WiFi) selama 11 jam 13 menit dengan mode 90Hz, untuk Menonton video offline selama 14 jam 23 menit dalam mode 60 Hz, dan untuk telepon smartphone ini mampu bertahan selama 24 Jam 8 menit.

MIUI 12 yang ada pada Mi 11 Lite ini juga berperan penting pada daya tahan baterainya, dimana fitur hemat daya sudah dioptimalkan agar bisa memberikan masa pakai baterai hingga 2 harian dengan sekali pengisan daya saja.

Selain Daya tahan baterai yang oke, Smartphone ini juga dibekali dengan teknologi pengisian cepat berdaya 33 W. Dalam 30 menit, baterai sudah terisi 58 persen atau setengahnya, dan untuk mempenuhi baterai dibutuhkan waktu 64 menit.

5. Perfroma ngebut berkat Snapdragon 732G

Perlu kamu tahu dulu Xiaomi Mi 11 Lite ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 732G dari Qualcomm, dan chip ini sama persis dengan yang dipakai Redmi Note 10 Pro dan juga Poco X3 NFC.

Baca Juga : 6 Rekomendasi HP Snapdragon 662 Terbaik

Sebelumnya perlu kamu tahu dulu spesifikasi dari chipset keluaran Qualcomm berikut ini, Dimana Snapdragon 732G adalah pembaruan kecil pada model Snapdragon 730 dan 730G pendahulunya. Prosesor ini memiliki dua inti Kryo 470 Gold (Cortex-A76) dengan clock speed 2,3 GHz. Dan enam inti Kryo 470 Silver (Cortex-A55) yang bekerja pada 1,8 GHz. Dan semua ini dibangun atas simpul pabrikasi modern 8nm.

Snapdragon 732G Smartphone Mi 11 Lite

Prosessor Mi 11 Lite ini (Snapdragon 732G) memang kebayakan dipakai untuk rata-rata smartphone dikelas mid-range. Satu hal yang harus diketahui adalah, prosesor 8-core ini telah terbukti memadai dan oke lah untuk semua jenis aktivitas gadget, seperti bermain game, menonton film, ataupun multitasking.

Semua chip Snapdrgaon 73x memiliki GPU yang sama yakni Adreno 618, perfroma grafis yang bisa diberikan terutama untuk melakukan rendering bisa mencapai 29 fps. Sementara skor 17 fps dapat dicatatkan pada ujicoba GFX Car Chase ES 3.1 (onscreen). Dan kabar baiknya, skor ini sudah sangat baik untuk menghasilkan kualitas grafis yang luar biasa apalagi untuk sekedar bermain game.

Oh ya diawal sempat saya singgung bahwa Smartphone Mi 11 Lite ini setara dengan Redmi Note 10 Pro dan Poco X3 NFC, sama juga dengan kompetitor lainnya seperti Realme 8 Pro dan Realme 8. Hasil Antutu yang dihasilkan mendapatkan skor yang baik yakni 290.172 poin.

Kesimpulannya untuk urusan performa, Mi 11 Lite ini menawarkan kinerja yang cukup baik apalagi dikelas menengah ini. Ini adalah salah satu smartphone tahun 2021 yang stabil, ia mencetak stabilitas hingga 99,5% pada 3D Mark Stress Test.

6. Audio Berkualitas dengan Spekaer Stereo

Audio Berkualitas dengan Spekaer Stereo Smartphone Mi 11 Lite

Audio smartphone yang berkualitas dan ngebass tentu sangat disukai oleh para pengguna, sebab dengan kualitas suara yang bagus ini kita dapat menikmatinya secara maksimal, seperti menonton film atau bermain game. Nah pada industri Elektronik sendiri, terutama Smartphone ada yang namanya Suara Stereofonik atau sering dikenal sebagai suara stereo.

Suara ini dapat menciptakan ilusi perspektif audio multiarah yang sangat bagus, dengan sumber audio yang berbeda ini memberikan efek ke pendengaran yang alami, hasilnya adalah pengalaman yang lebih mendalam dan menyenangkan. Pada smartphone ada yang namanya Spekaer Stereo yang berfugsi untuk mereproduksi suara dari saluran audio independen dari sisi kiri maupun kanan.

Namun pada Mi 11 Lite ini juga sama menggunakan Speaker Stereo namun jenis Hybrid. Jadi ada satu speaker khusus dibagian bawah, dan ada lubang suara yang menghadap ke depan berfungsi juga sebagai speaker kedua.

7. Smartphone sudah Tahan Cipratan Air (IP53)

Tahan Cipratan Air (IP53) Smartphone Mi 11 Lite

Untuk kamu yang sering menggunakan samrtphone secara aktif tentu sangat was-was ketika menggunakannya untuk sehari-hari, takut jatuh lah, takut pecah, takut kena air, takut kehujanan. Kita tentu tidak mau smartphone kesayangan kita cepat rusak karena kecerobohan kita sendiri. Nah pada industri perangkat elektronik ada yang namanya IP Rating yang menklasifikasikan perlindungan yang diberikan untuk perangkat tersebut.

Untuk Mi 11 Lite sendiri sudah mengkantongi sertifikasi IP53, yang dapat memproteksi smartphone dari masuknya debu agar tidak merusak komponen jeroan (5) dan melindungi juga smartphone dari semprotan air kurang dari 60 derajat secara vertikal atau gerimis hujan lah (3).

Bahkan dari Channel Youtube Nathan PH menguji kekuatan Xiaomi Mi 11 Lite ini ketika di masukkan kedalam air selama 2 menit, dan Hasilnya tidak terjadi apapun, Spekaer dan Kamera terlihat baik-baik saja dan tidak ada yang rusak sedikit pun.

Kekurangan Smartphone Mi 11 Lite

Mungkin banyak sekali aspek kelebihan yang terlihat pada Mi 11 Lite ini, namun apakah selamanya smartphone ini baik-baik saja dan tanpa minus? owh tentu tidak. Ada beberapa poin kekurangan yang perlu kamu ketahui.

1. Absennya Jack Audio 3.5mm

tidak ada Jack Audio 3.5mm Smartphone Mi 11 Lite

Tahukah kamu lubang Jack Audio yang biasanya kita pakai untuk menyambungkan Earphone ke smartphone, lubang berbentuk bundar. Nah pada Mi 11 Lite ini tidak ada Jack Audio 3.5mm lagi nih, setelah beruntut dari seri-seri pendahulunya sejak Mi 6.

Jack Audio 3.5mm ini memang merubah kultur teknologi di dunia, bahkan smartphone-smartphone terbaru sekarang banyak yang menghilangkan port ini.

Tren absennya colokan Jack ini sudah didahului oleh iPhone 7, yang secara perlahan memancing industri smartphone untuk membunuh salah satu ikon kultur industri teknologi yang paling fenomenal 100 tahun terkahir ini, yakni Jack Audio 3.5mm.

Oh ya sudah saya singgung diatas bahwa absennya Jack audio ini bukan hanya ada di Mi 11 Lite, namun sudah menjadi tren sejak Mi 6. Perusahaan asal China ini membeberkan alasannya, salah satunya adalah untuk penghematan ruang agar terciptanya bodi yang tipis.

2. Hanya tersedia Hybrid Slot

Hybrid Slot Smartphone Mi 11 Lite

Oke mungkin hybrid slot ini agak asing ya ditelingan sebagian orang, jadi gampangannya Hybrid Slot adalah tempat kartu yang hanya bersi dua buah slot saja, yakni biasanya dua simCard. Nah jadi tidak ada nih yang namnya slot khusus untuk microSD atau memori Eksternal.

Lalu kalau mau pasang microSD, gimana?  Jadi konsep slot Hybrid ini kamu harus mengorbankan salah satu Sim agar bisa menggunakan memori Eksternal, jadi kamu harus pertimbangin nih ingin menggunakan dual SIM atau menggunakan satu buah SIM namun dengan kartu micro SD di dalamnya untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Mi 11 Lite ini masih menggunakan Hybrid slot saja. Menurut saya sejak beberapa seri terdahulu Mi series ini sama sih nggak ada yang memakai tipe slot Dedicated atau slot yang dapat di isi dua buah SIM dan satu buah microSD tanpa mengorbankan salah satunya.

3. Ada Smartphone yang lebih baik dengan harga yang hampir sama

Xiaomi sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, tentu tak lelah terus merilis keluaran terbarunya disetiap tahun. Banyak kejutan-kejutan yang selalu dihadirkan, Salah satu ciri khas dari Xiaomi adalah smartphone berkualitas tinggi dengan harga jual yang terjangkau. Nah di Mi 11 series ini sebenarnya ada beberapa segmen kelas untuk setiap serinya, seperti Lite yang memiliki harga terjangkau, Reguler yang pas lah dikantong, dan ada juga seri Mi 11 Ultra yang memiliki harga jual cukup tinggi namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkannya.

Oke kita bahas Mi 11 Lite ini, menurut saya harganya pas dikantong, yakni hanya Rp 3 jutaan saja. Namun saat artikel ini ditulis, banyak pesaing dari Smartphone ini dengan harga yang hampir sama namun memiliki kualitas yang lebih tinggi dari beberapa aspeknya.

redmi note 10 pro vs Mi 11 Lite

Oke saya ambil contoh ada Redmi Note 10 Pro vs Mi 11 Lite, Harganya hampir sama bahkan sedikit lebih mahal Mi 11 Lite. Dari beberapa sektor Redmi Note 10 pro unggul, untuk hal seperti Refresh Rate 120Hz (vs 90 hz), kecerahaan sampai 1200nits (vs 500 nits), konfigurasi quad kamera 108MP+8MP+5MP+2MP (vs triple-camera 64MP + 8MP + 5 MP). Dan beberapa sektor lainnya, mungkin ini sih salah satu smartphone kembaran dari Mi 11 Lite, namun Redmi Note 10 pro sedikit lebih unggul.

Smartphone lainnya yang sama-sama di harga Rp 3 jutaan, namun unggul soal spesifikasi dengan Mi 11 Lite. Seperti Poco X3 Pro atau Poco X3 NFC.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite

  • Nama : Mi 11 Lite
  • Rilis: Juni 2021 (indonesia)
  • Bobot : 157 gram
  • Layar: Super AMOLED 6.55 inci, 1 Billion Colors, HDR10, Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi : 1080 x 2400 piksel, screen ratio 85,3%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12
  • RAM : 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal : 64 GB dan 128 GB
  • Chipset : Qualcomm SM7150 Snapdragon 732G (8 nm)
  • GPU :  Adreno 618
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4250 mAh, non-removable, Fast Charging 33 W

Kesimpulan

Untuk harga sendiri smartphone ini dibedakan menjadi tiga varian, yakni RAM 6 GB dengan Internal 64 GB dibandrol Rp3,7 juta, RAM 6 GB plus 128 GB dengan harga Rp 3,8 juta, dan yang terakhir RAM 8GB dengan dibekali storage 128 GB dihargai Rp4 juta. Seperti yang sudah saya singgung sejak awal, Mi 11 Lite ini sangat cocok untuk kamu yang mencari samrtphone dengan mengutamakan segi desainnya,Smartphone ini tampak stylish ala flagship kelas atas namun dapat didapatkan dengan budget terbatas.

Desain bodinya yang sangat tipis dan juga ringan, pemilihan bentuk frame lengkung yang nyaman, warna bodi yang nampak premium, layar OLED HRR, Perangkat keras yang mumpuni, daya tahan baterai yang dapat diandalkan,dukunga NFC, speaker stereo yang keras, konfigurasi quad-camera yang bagus dikelasnya, dan lain sebagainya. Sampai disini Mi 11 Lite adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu.

Kendati demikian kalau kita bandingkan, Mi 11 Lite ini bersaing dengan sesama saudaranya di keluarga yang berbeda. Seperti Redmi Note 10 Pro yang secara keseluruhan memiliki aspek-aspek yang sama persis, bedanya hanya pada OLED 120 Hz yang lebih baik dan kamera utama 108MP nya. Ada juga POCO X3 NFC yang sama juga. Namun minus dari keduanya hanyalah pada desain, dan inilah mengapa Mi 11 Lite lebih unggul untuk aspek desain daripada mereka.

Oh ya perlu kamu tahu juga, Xiaomi Mi 11 Lite ini dirilis dalam dua varian, yakni varian 4G dan 5G. Dan untuk pasar indonesia, kita kebagian yang 4G saja. Lho mengapa kok tidak yang 5G? hal ini disampaikan oleh Alvin selaku Country Director Xiaomi Indonesia, yang menyebutkan bahwa implementasi 5G di indonesia belum benar-benar pasti, “Sebelum meluncurkan smartphone, kamu butuh waktu sekitar 6 sampai 12 bulan, dan sat itu jaringan 5G di indonesia belum jelas”, ungkap Alvin.

Namun bukan berarti yang varian Mi 11 Lite 4G ini jelek dan tidak patut jadi rekomendasi, Menurut saya Varian ini juga cukup unggul dan menyakinkan pada beberapa aspeknya, sehingga membuat banyak penggemar jatuh hati dengan Smartphone terbaru dari Xiaomi kali ini.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.