13 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Note 7 Lite, Harga dan Spesifikasi

Pada 2020 lalu setelah beberapa hari merilis Smartphone Infinix Hot 9, tak lama berselang rilis lah kembali seri terbaru dari Infinix Note di pasar indoneisa. Mereka memperkenalkan Infinix Note 7 dengan berbagai keunggulan yang sudah ada, smartphone Rp 1 jutaan ini sangat mumpuni dan luar biasa spesifikasinya. Wajar saja CEO dari Infinix Smartphone Indonesia Bruno Li bahkan menyebutkan sendiri bahwa perusahaan menargetkan untuk masuk kedalam jajaran 5 besar smartphone brand di indonesia pada tahun lalu, sehingga inilah yang membuat pihaknya cukup agresif dengan terus merilis produk terbaru dan canggih di pasaran.

Seri terbaru dari Note ini juga diyakini untuk memenuhi kebutuhan pasar, pasalnya menurut Bruno, Infinix Note series ini adalah salah satu seri yang paling laku di indonesia, ia menyebutkan “Di seri Note sebelumnya kamu telah mendapatkan respon yang begitu luar biasa di pasar, apalagi anak muda indonesia.”

Baca Juga :

Namun itu mungkin bukan hal yang mudah, sebab saat ini banyak sekali smartphone yang terus rilis dengan berbagai keunggulannya, persaingan antar kompetitor sangatlah ketat, tetapi tidak menampik bahwa produknya bisa laku di pasaran dengan strategi dasar dari Infinix yakni terus konsisten dalam memberikan produk yang berkualitas sempurna dengan harga yang terjangkau.

Infinix 7 Note ini masih menggunakan tema “#GakMungkin” yang diyakini ini adalah salah smartphone yang paling pas banget buat anak muda jaman sekarang deh. Teruatama untuk yang gemar fotografi, vlog, sosmedan, maupun stremming film.

Nah daripada membuat kita pensaran dan bertanya-tanya, mending yuk langsung saja kita bahas Ulasannya dalam Kelebihan dan kekurangan Infinix 7 Lite dibawah ini.

Kelebihan Smartphone Infinix Note 7 Lite

Walau hadir dengan harga Rp 1 jutaan, hadir dikelas entry-level dan ada kata “Lite” diakhir-akhir tajuk smartphonenya. Namun tidak membuat Infinix Note 7 ini sebagai smartphone yang jelek, bahkan kalau kita bisa lihat nih smartphone ini sangat unggul sekali untuk berbagai fitur-fitur yang dibawakannya, apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau. Oke mari kita lihat seberapa unggul sih Infinix Note 7 lite ini.

1. Desain yang Elegan dan Anak muda banget

kelebihan dan kelurangan Infinix Note 7 Lite

Saya cukup suka sekali dengan permainan warna bodi belakang yang diterapkan pada Infinix Note 7 lite ini, dimana gradasi warna muda ke tua sangat pas sekali, hal inilah yang memeberikan kesan elegan dan mewah pada tampilan bodinya. Ada tiga varian warna yang ditawarkan seperti Hitam, Hijau, dan Unggu.

Pada bagian bodi belakangnya didesain dengan profesional, desain kamera belakang yang berbentuk vertikal dan tonjolannya yang tidak terlalu, cenderung pas. Selain itu dibagian bawah kiri (simetris dengan frame kamera belakangnya) ada tulisan Infinix Note Dts yang disusun secara vertikal dengan sangat pas. Itu saja embel-embel yang ada pada bodi belakangnya, tidak ada sidik jari yang menggangu tampilan bodi belakang, selain itu tampilannya yang melengkung terlihat baik sekali, sehingga membuatnya tampak lebih premium.

2. Layarnya besar dengan bazel yang sangat Tipis

6.6 HD+ Layar besar bazel tipis Infinix Note 7 Lite

Selain desain yang mengesankan, Infinix Note 7 lite ini juga sangat unggul untuk urusan layar. Oke kegiatan sehari-hari kita mungkin tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone, dan komponen utama dan terpenting dari smartphone adalah layar sebab itulah yang hari-hari kita lihat. Layar yang besar dan berkualitas tentu sungguh menyenangkan.

Infinix Note 7 Lite ini dibekali dengan layar IPS LCD berukuran 6,6 inci dan rasio aspek 20:9.  Selain itu Bezel dari bodi layarnya juga sangat tipis, rasio layar ke bodi bahkan mencapai 90,5%, hal inilah yang membuat pengalaman melihat lebih brillian dan detail yang diberikan sangat berkualitas.

Smartphone ini juga mengusung desain Infinity-O yang diamana kamera depan tidak menggangu tampilan daripada layar, dan sebaliknya juga kamera tidak akan berdampak negatif pada penurunan kualitas maupun pengalaman display.

3. Kapasitas Baterai Jumbo 5000 mAh

Kapasitas baterai yang besar bukan menjadi salah satu hal yang biasa saja, semakin besar kapasitasnya tentu akan semakin puas juga penggunanya, sebab aktivitas gadget bis alebih lama lagi. Infinix Note 7 Lite ini bahka sudah dibekali dengan kapasitas bateri jumbo 5.000mAh yang awet, Bahkan di situs resminya Infinix mengklaim bahwa smartphoennya ini mampu bertahan selama 4 hari untuk penggunaan normal.

Mungkin kamu berpikir bahwa kapasitas sebesar ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk pengisian daya ulang, eits jangan salah Smartphone ini mampu mengisi daya baterai dengan cepat lewat teknolgoi 2A Super Charge 2.0 selama 3 Jam hingga penuh.

4. Kemampuan Potret dari Quad-Camera yang oke

48MP-Quad-Kamera-Infinix-Note-7-Lite

Smartphone Infinix Note 7 Lite memiliki konfigurasi Quad-camera yang masing-masing resolusinya cukup mumpuni untuk menangkap gambar agar lebih berkualitas dan oke. Seperti yang sudah saya sebutkan diawal, smartphone ini sangat cocok sekali untuk anak muda jaman sekarang yang sangat aktif sekali aktivitas penggunaan gadegtnya. Apalagi dengan adanya media sosial seperti saat ini, tentu kualitas kamera yang baik pada smartphone sangat diincar oleh pengguna ketika pertama kali mencari smartphone.

Infinix Note 7 lite ini memiliki konfigurasi Empat lensa, dengan masing-masing 48 MP untuk lensa utama aperture f/1.8 yang memiliki 6 elemen lensa, 2 MP untuk lensa makro yang mampu menamngkap mahakarya foto dari jarak yang sangat dekat dengan fokus yang baik , lensa kedalaman sebesar 2 MP aperture f/2.4, dan satu lagi ada lensa QVGA yang berguna unutuk meningkatkan kualitas gambar yang lebih baik lagi meskipun itu dalam kondisi minim pencahayaan.

Dibagian depan ada lensa selfie dengan desain punch hole yang memiliki resolusi sebesar 8 MP.

Infinix ini telah menambahkan beberapa algoritma terbaru pada konfigurasi Quad Camera miliknya, seperti pendeteksian pemandangan secara real time. Jadi ini adalah salah satu kemampuan AI pada kameranya yang dapat mendeteksi apa yang sedang kamu potret agar gambar yang dihasilkan lebih baik. Misal ketika kamu mengambil gambar sebatang tanaman, maka algotitma akan secara otomatis mengenalinya dan menambahkan beberapa jenis perbaikan agar hasil terlihat lebih baik.

5. Chipset kencang dari Mediatek Helio G70

chipset Mediatek Helio G70 Infinix Note 7 Lite

Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi kinerja sebuah smartphone adalah chipset yang dipakainya, semakin baik sebuah chipset tentu akan semakin ngebut pula performa dari smartphone. Nah pada Infinix Note 7 Lite ini memiliki Prossesor yang cukup tangguh untuk smartphone dikelas harga satu jutaan.

Infinix Note 7 Lite menggunakan konfigruasi chipset andalan dari MediaTek Helio G70 yang dipasangkan dengan CPU ARM Cortex-A75 yang beroperasi sampai 2GHz kecepataannya, apalagi ia juga ditambah dengan enam CPU Cortex-A55 dalam satu cluster octa-core. Dipercaya chipset inis angat ideal untuk pengguna smartphone mainstrem dan gamer.

Selain itu Chipset ini juga memiliki kemampuan perfroma AI yang cepat, kemampuan VoW yang dapat mengoptimalkan layanan asisten suara, Sinyal yang akurat dan kencang. Selain itu ia juga dibekali dengan teknologi Game MediaTex Hyper Engine yang dapat memberikan aksi yang cepat dan halus ketika kamu gunakna untuk bermain game.

6. Desain Sidi Jari disamping Bodi

Desain Sidi Jari disamping Bodi Infinix Note 7 Lite

Untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna, maka vendor smartphone jaman sekarang banyak yang membekali perangkatnya dengan teknologi kemanan seperti Fingerprint. Saat ini bukan jamannya lagi memasukkan kode PIN atau membuka kunci dengan Pola, sekarang lagi trennya Fingerprint. Untuk saat ini smartphone-smartphone terbaru tidak ada yang tidak menggunakan sensor sidik jari ataupun Face Unlock, kebanyakan dari mereka sudah mengantongi keduanya.

Nah mungkin kita sudah biasa menemukan tata letak sensor fingerprint dibodi belakang smartphone, namun saat ini juga sedang tren nih Side-Mounted Fingerprint atau tata letak sidik jari disamping bodi smartphone. Kondisi ini memungkinkan kamu untuk bisa membuka kunci smartphone dengan jembol kamu dengan sangat mudah dan praktis.

Dan kabar baiknya tentu saja Infinix Note 7 Lite ini sudah mendukung yang namanya Side-Mounted Fingerprint dan juga Face Unlock untuk keamanan kamu ketika menggunakan smartphone.

7. Dukungan XOS 6.0 dan Andorid 10

XOS 6.0 dan Andorid 10 Infinix Note 7 Lite

Android adalah salah satu sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan didunia saat ini, Sistem operasi pada smartphone ini terus di-upgrade dari waktu ke waktu agar bisa memberikan user experience yang lebih baik lagi untuk penggunanya. Nah pada Infinix Note 7 Lite ini memiliki sistem operasi Android 10 dengan antarmuka dari XOS 6.0. Keduanya ini memiliki segudang fitur dan teknologi terbaru, nah mari kita ulas lebih lengkap lagi.

Mengutip dari laman resmi Andorid, generasi ke sepuluh dari Andorid ini memiliki berbagai fitur diantaranya adalah Dark mode, Navigasi gestur, Kontrol privasi yang lebih aman, Amplifer Suara, Smart replay, Mode fokus, Update keamanan, dan lain sebagainya. Selain beberapa fitur diatas, sebenarnya Andorid 10 ini juga memiliki berbagai fitur yang ada pada beberapa Hal seperti Kamera, Aksebilitas, Performa, da lain-lain.

Kemudian kita berlaih ke bagian antarmuka UI terbaru dari Infinix yakni XOS 6 atau 6.0 Dolphin UI. Beberapa pengoptimalan dan fitur yang ada pada UI terbaru dari infinix in seperti Wi-Fi Share, Game Mode, Smart Panel, Social Turbo, dan Digital Wellbeing. XOS 6 ini pertama kali rilis dan digunakan pada seri S6 Pro.

8. Audio berkualitas dengan Optimalisasi DTS ®

Audio berkualitas dengan Optimalisasi DTS Infinix Note 7 Lite

Saat ini ada dua fotmat suara surround yang paling populer di dunia, yakni DTS dan Dolby Digital. keduanya merupakan teknologi kompresi audio yang memungkinkan para penggunanya untuk bisa menikmati kualitas suara yang nyata dan lebih baik pada speakernya. Persaingan natara keduanya mungkin seimbang, ada beberapa yang mengatakan DTS ini lebih baik namun ada juga yang berpendapat teknologi Dolby lebih maju dan menghasilkan suara yang lebih baik.

Tetapi secara singkat, keduanya tetap saja adalah salah satu audio terbaik saat ini, kualitas sudah pasti nomer satu. Nah apakah kamu tahu bahwa kemampuan kelola suara dari DTS sudah didukung di Infinix Note 7 Lite.

Smartphone ini telah menghadirkan peningkatan untuk audio DTS ® 3D baik ketika pengguna sedang menonton film atau bermain game, agar kualitas suara yang ditawarkannya lebih baik dan imersif, tanpa menggunakan headphone. Optimalisasi audio DTS ini menghasilkan suara yang lebih tajam, lebih keras, dan lebih seimbang.

9. Berbagai Fitur-Fitur keren lainnya

Fitur Luar Biasa Infinix Note 7 Lite

Smartphone itu bukan melulu soal desain yang bagus dan enak dilihat, ataupun prosesor yang kenceng biar bisa buat maen game terus-terusan tanpa lag. Nah sebenarnya ada hal lain yang mungkin banyak orang lupakan, yakni fitur-fitur pada smartphone. Kebanyakan orang mungkin hanya mencari smartphone dengan kamera bagus, baterai besar, chipset kenceng, dan lain sebagainya, tetapi jangan lupakan soal fitur, oke mungkin hal ini hanyalah bonus namun manfaatnya cukup berarti.

Infinix Note 7 Lite sebagai salah satu smartphone anak muda banget, tentu harus relevan juga fitur-fitur yang ada didalamnya untuk memudahkan berbagai aktivitas pada smarpthone. Ada beberapa fitur yang mungkin perlu kamu ketahui, seperti :

  • Menjawab dengan Isyarat : Smartphone ini memiliki fitur yang bisa menjawab setiap panggilan yang masuk dengan hanya memberikan isyarat gerakan. Gerakan “V” unutk menjawab panggilan dan gerakan tangan keatas untuk menolak panggilan.
  • Transkripsi Instan : Infinix Note 7 Lite ini memiliki fitur dimana kamu bisa berkomunikasi dengan smartphone tanpa menyentuhnya. Jadi kamu bisa melakukan apapun dengan hanya bersuara.
  • Membagikan WiFi dengan Aman dan Mudah : Untuk kamu yang sering takut nih password wifi kamu ketahuan oleh orang lain, tenang smartphone ini menyediakna fitur dimana kamu bisa berbagai Wifi kepada siapapun dengan QR Code jadi lebih aman dan simple.

Nah itulah beberapa fitur-fitur keren yang ada pada Infinix Note 7 Lite.

Kekurangan Smartphone Infinix Note 7 Lite

Saya akui smartphone ini cukup andal untuk harga 1 jutaan, namun tidak selamanya membuat smartphone Infinix 7 Note ini yang paling unggul diantara pesaing-pesaingnya, tentu masih ada banyak samrtphone yang lebih unggul lagi di harga yang sama. Nah ada beberapa aspek yang mungkin menjadi kekurangan, berikut ulasannya.

1. Belum dibekali teknologi Fast Charging

Fast Charging 18W Infinix Note 7 Lite

Berbeda dengan varian Infinix Note 7 reguler yang sudah dibekali dengan kemampuan fast charging berdaya 18W, tentu hal itu menjadikannya kelebihan sebab dengan teknologi pengisian cepat tersebut smartphone mampu mengisi daya dengan lebih ngebut lagi meskipun itu kapasitas baterai yang besar sekalipun.

Teknologi fast charging ini sebenarnya sudah sangat marak sekali diterapkan pada smartphone-smartphone terbaru beberapa tahun kebelakngan ini, tak peduli itu kelas entri maupun mid-range pasti ada saja teknologi pengisian cepat.

Namun sayangnya untuk Infinix Note 7 Lite ini belum dibekali fast charging sama sekali, ia hanya memiliki pengisian daya 2A Supercharge 2.0 saja.

2. Tidak memiliki NFC

Tidak memiliki NFC Infinix Note 7 Lite

Selain fast charging, tren Konektivitas NFC juga sedang naik-naiknya nih karena perkembangan dunia teknologi yang semakin maju dari tahun ketahun. Teknologi ini memungkin kamu untuk bertukar data secara nirkabel atau tanpa kabel. NFC ini sebenarnya sangat mirip sekali dengan Bluetooth, bedanya hanya lebih canggih saja.

NFC atau near field communication merupakan pengembangan dari teknologi  radio-frequency identification (RFID), dimana kamu bisa melakukan aktivitas transfer data dari satu pernagkat ke perangkat lain dengan jarak yang sangat dekat sekitar 4 cm.

Baca Juga : 15 HP Xiaomi yang Mendukung NFC Terbaru

Seperti yang sudha saya singgung diatas, NFC ini sebenarnya mirip sekali dengan Bluetooth, hanya saja lebih canggih. Canggih ini dalam artian lebih cepat, lebih modern, dan lebih unggul pada beberapa aspek lainnya.

Namun sejak beberapa seri dari Infinix sebelumnya juga belum mengadopsi teknologi NFC ini, tentunya pada Infinix Note 7 lite juga. Sebenarnya wajar saja smartphone ini belum ada NFC sebab harga jualnya yang sangat terjangkau, tetapi kalau kita lihat smartphone lainnya dikelas harga yang sama sudah ada beberapa yang menggunakan teknologi ini.

Baca Juga : 15 HP Samsung dengan Fitur NFC untuk Cek Saldo E-Money atau E-Toll

3. Belum menggunakan port USB Type-c

port USB Type-c Infinix Note 7 Lite

Mungkin yang kenal dengan dunia teknologi pasti tahu dengan port Type C ini, yang diyakini sebagai standar teknologi dimasa depan. Kalau kita lihat, port ini dari hari ke hari semakin unggul dan diakui oleh berbagai produsen teknologi didunia mulai dari smartphone hingga komputer. Nah tentu tren ini pasti ada alasannya yang menjadikannya banyak dilirik.

Berbeda dengan USB micro sebelumnya, Keunggulan USB Type C ini lebih banyak lagi salah satunya adalah mampu mengisi daya dengan lebih cepat lagi. Selain itu kelebihan lainnya seperti Transfer data yang lebih cepat, lebih Fleksibel, desain yang Reversible, Ukurannya yang ringkas, dan lain sebagainya.

Seperti beberapa seri sebelumnya juga, Infinix series masih menggunakan tipe port standar pada umumnya dan belum mendukung type-C. Salah satunya adalah Infinix Note 7 Lite ini.

4. Meninggalkan tren X Pen

Untuk kamu yang suka dengan desain grafis atau editing, mungkin alat satu ini bsia sangat memudahkan sekali untuk kamu. Yhap dia adalah X Pen Stylus yang desainnya seperti pulpen dan bisa kamu gunakan untuk menggambar atau menyeleksi objek pada layar smartphone kamu.

Namun untuk Infinix Note 7 Lite dan varian reguler ini tidak lagi menggunakan X Pen Stylus, tren ini ditinggalkan. Kalau kita lihat seri-seri sebelumnya, seperti Infinix Note 6 kebelakang yang mayoritas sudah menggunakan Fitur yang berguna ini.

Harga dan Spesifikasi Infinix Note 7 Lite

Harga dan Spesifikasi Infinix Note 7 Lite
  • Nama : Infinix Note 7 Lite
  • Rilis: April 2020
  • Bobot : 185 gram
  • Layar: IPS LCD 6.6 inci (HD+)
  • Resolusi : 720 x 1600 pixels, screen ratio 82.8%
  • Sistem Operasi : Android 10, XOS 6.0
  • RAM : 12 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Chipset :Mediatek Helio G70 (12nm)
  • GPU :  Adreno-G52 2EEMC2
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth), QVGA
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable,
  • Harga : Rp 1.999.000

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahawa smartphone Infinix Note 7 Lite ini sangat cocok sekali untuk anak muda, yang sering menggunakan smartphone untuk aktivitas mobile mereka. Bruno Li sebagai CEO Infinix Indonesia bahkan telah menyebutkan berkali-kali, ia tak ragu untuk mengatakan bahwa semua inovasi dan teknologi terbaik telah dihadirkan dalam Infinix Note 7 lite. Menurutnya, semua yang diimpikan oleh anak muda di indonesia tentang smartphone mungkin hanya bisa ia temukan dengan harga yang mahal, Namun kali ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau dan lebih murah berkat Infinix Note 7 Lite ini.

“Saat ini tidak ada yang tidak mungkin, Apapun bisa terjadi dengan tekad yang kuat dari brand kami yang senantiasa terus memberikan inovasi teknologi yang terbaik untuk semua orang, khususnya untuk anak muda di indonesia ini.” ungkapnya. Infinix Note 7 Lite ini hanya tersedia untuk satu varian Penyimpanan saja yakni 4GB/128GB dengan harga Rp 1.999.999. Namun untuk pilihan warna ada tiga dan itu menurut saya sangat elegan dan menarik semua.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.