11 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Infinix Note 8, Harga dan Spesifikasi

Ngaku siapa disini yang senang bermain game? untuk para gamers tentu membutuhkan Perangkat smartphone yang mumpuni agar bisa bermain game dengan lancar dan tidak lemot, pasti banyak yang berpikir harus mergoroh kocek yang besar agar bisa mendapatkan smartphone gaming idaman. Eitss jangan salah, sebab sekarang ini sudah banyak lo smartphone-smarpthone gaming yang berkualitas namun dibandrol dengan harga yang ramah dikantong.

Salah satu produk smartphone gaming yang akan saya kenalkan adalah Infinix Note 8, yang merupakan seri terbaru dari Keluarga Note yang rilis pada 2020 lalu. Berbeda dengan Infinix note 7 pendahulunya yang memiliki spek yang standar, untuk seri pembaruannya kali ini berbagai aspek di update dan dimaksimalkan agar bisa menunjang aktivitas gaming.

Perusahaan asal Senzhen, China ini secara khusus menggandeng Game terpopuler saat ini yakni Mobile Lagends: Bang Bang sebagai partnernya. Selain itu Infinix Note 8 juga hadir dengan julukan “Super Gaming Smartphone” yang secara cepat menarik perhatian para gamers, terutama di indonesia. Oh ya smartphone ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau, terbukti dengan bandrol harga yang hanya Rp2 jutaan saja.

Baca Juga : 11 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Hot 9, Harga dan Spesifikasi

Dalam pemaparannya Country Marketing Manager Inifnix Indonesia (Sergio Ticoalu) mengatakan, “Infinix Note 8 hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan smartphone berspesifikasi gaming namun tidak memiliki budget yang cukup untuk membelinya. Selain untuk gaming, Inifinix Note 8 ini juga cukup andal dalam mendukung aktivitas penggunanya. “

Secara spesifikasi sih saya sudah bisa mengakui smartphone ini memang sangat-sangat bisa menunjang aktivitas para gamers, agar sensasi dan pengalaman bermain game menjadi lebih nyaman dan lancar.

Nah daripada berlama-lama, mari kita bahas langsung review Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Infinix Note 8 dibawah ini.

Kelebihan Smartphone Infinix Note 8

Siapa bilang smartphone terjangkau tidak dapat menyajikan banyak keunggulan. Buktinya Infinix Note ini memiliki berbagai kelebihan pada setiap aspeknya, selain hadir sebagai samrtphone gaming, Note 8 ini juga sangat unggul untuk beberapa fitur dan teknologinya.

Baca Juga : 12 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Infinix Zero 8, Harga dan Spesifikasi

1. Desain Bodi dengan Gem Cut yang trendi dan Elegan

Gem Cut body infinix note 8

Tidak di herankan lagi Infinix Note series dari hari ke hari mulai menujukan kehebatannya dalam merancang desain bodi pada setiap smartphonenya. Untuk Infinix Note 8 ini desain yang ditawarkan terbilang cukup enak di pandang dan berbeda dari yang lainnya. Tampilan warna yang elegan dan Finisihing bodi yang ciamik sanggup menyihir bagi siapa saja yang melihatnya.

Ada tiga varian warna yang ditawarkannya, seperti Iceland Fantasy yang didesain dengan warna glossy campuran dari warna putih dan kebiru-biruan yang cantik, jadi varian warna ini akan memberikan efek pelangi ketika bodi terkena kilauan cahaya. Selain itu ada juga varian warna lainnya seperti DeepSea Luster dan Silver Diaomond, dimana keduanya menampilkan desain Finishing Gem Cut, yang bodinya terlihat seperti lapisan holografik dengan perbedaan garis-garis yang indah.

Inifnix Note 8 ini menggunakan bodi yang terbuat dari material Polikarbonat, ya sebenarnya tidak mengherankan untuk perangkat Note series ini karena seri pendahulunya pun juga menggunakannya. Hal yang yang perlu kamu tahu dari bodi smartphone ini adalah dimensinya yang cukup besar. Dengan diagonal layar sebesar 6,9 inci atau ukuran presisi yakni 175.3 x 78.8 x 8.95 mm dengan bobot total 206 gram, Smartphone ini cukup bongsor untuk digenggam

Menengok ke bagian belakangnya, kita bisa melihat frame kamera yang didesain berbentuk persegi memanjang di bagian kiri, dibagian bawah juga ada logo infinix. Seperti yang kamu lihat bagian belakangnya bersih ngak ada embel-embel sidik jari disana, lalu kemana?

Seperti seri pendahulunya, Infinix Note 8 ini mengusung konsep side-mounted fingerprint atau sidik jari yang ada di samping bodi tepatnya menyatu dengan tombol power.

Dibagian bawah smartphone kita bisa melihat ada lubang kecil mikrofon, audio jack 3,5mm, port USB TypeC, dan 5 lubang speaker.

2. Ukuran Layar yang Luas dan Berkualitas

layar 6,95 infinix note 8

Layar yang besar dan lebar tentu banyak diinginkan oleh para pecinta samrtphone, terutama yang sangat aktif sekali dengan aktivitas display, untuk kamu yang suka menonton film atau bahkan bermain game pasti suka mencari smartphone dengan tipe layar yang besar. Nah kalau kita lihat pada Note series selalu menawarkan ciri khas yakni ukuran layarnya yang tergolong besar.

Terbukti dengan seri pendahulunya yakni Infinix Note 7 yang menawarkan ukuran layar 6,95 inci dengan tipe panel IPS LCD, spesifikasi layar ini juga kembali di usung di seri penersusnya yakni Infinix Note 8 yang sama persis tipe dan ukuran layarnya. Layar selebar ini tentu sangat bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman display menjadi lebih imersif dan menyenangkan.

Selain itu Layarnya juga mengusung desain “Dual Infinity-O Display” yang artinya Infinix Note memiliki dua lensa selfie yang berada dibagian pojok kanan atas. Rasio ke bodi adalah 83,0% yang artinya bezel disekitarnya cukup tipis.

Seperti seri pendahulunya juga Layar dari Inifnix Note 8 ini mendukung resolusi HD+ dengan kecerahaan puncak mencapai 480 nits, selain iti rasio aspek juga 20,5:5 dengan kerapatan piksel sampai 258ppi. Dengan spesifikasi seperti ini saja sudah membuktikan bahwa Smartphone ini cukup andal sekali dalam aspek kualitas layarnya. Satu lagi mungkin, untuk kamu yang sering takut layar smartphone kenapa-napa entah itu percah atau tergores, tenang jangan khawatir. Infinix Note 8 ini sudah dilapisi dengan perlindungan dari Corning Gorilla Glass yang memiliki visibilitas yang cukup baik sehingga mampu memberikan proteksi layar agar terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan.

3. Performa Gaming Luar biasa dengan Helio G80

peforma gaming Helio G80 infinix note 8

Tentu hal ini akan panjang kita bahas, sebab kita tahu sendiri sejak awal bahwa Smartphone ini adalah salah satu produk dari Infinix yang berlabel Gaming, untuk urusan perfroma tentunya sudah bisa kamu tebak. Walau hadir sebagai smartphone gaming, Infinix Note 8 tidak semata-mata memiliki harga yang mahal dengan berbagai spek yang ditawarkannya, smartphone ini secara khusus hadir dikelas harga entry-level yang sangat terjangkau.

Dengan mengantongi chipset dari MediaTek Helio G80 yang mengusung manufaktur 12 nm, Infinix Note 8 ini siap mendorong hasrat kamu untuk bermain game menjadi lebih berebda dengan tampilan perfroma dan garfis terbaik yang ditawarkannya. Helio G80 ini menggunakan dua inti ARM Cortex A75 yang memiliki kecepataan 2 GHz dan temani dengan inti ARM Cortex A55 1,8 GHz berjumlah dua buah. Sementara untuk pengelola grafisnya Smartphone ini menggunakan Mali G52 MC2, yang sanggup memberikan grafis maksimal. Perfromanya ini juga didukung dengan teknologi terbaru dari Mediatek HyperEngine yang diklaim mampu memberikan peningkatan perfroma yang lebih tinggi ketika digunakan untuk bermain game.

Nah maka dari itu untuk kamu yang hobi bermain game cocok banget memiliki smartphone ini, apalagi dengan kolaborasi Infinix Note 8 dengan Mobile Lagends. Bahkan hal ini pun pernah diakui oleh Branding & PR Manager Mobile Lagends:Bang Bang Indonesia (Agnes Agastia) yang mengatakan “Spesifikasi dari Infinix Note 8 ini cocok untuk para gamers, khususnya untuk yang suka bermain game Mobile Lagends. Dengan chipset dan layar yang luas, gamers akan mendapatkan pengalaman bermain game yang luar biasa serunya,” kata Agnes.

Perfroma dari Infinix Note 8 ini juga didukung dengan kapasitas memori yang tersedia, smartphone ini memiliki kapasitas RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB. selain itu ada juga varian yang lebih rendah yakni RAM 6GB dengan internal storage 64 GB.

Nah untuk membuktikan keandalan dari perfroma smartphone ini, yuk kita lihat hasil Benchmark. Untuk Antutu 8 memperoleh skor 197892 poin yang lebih tinggi dibandingkan Helio G70 yang sebelumya digunakan pada Note 7, skor ini juga sedikit dibawah Snapdragon 665, yang artinya performa dari kedua chipset ini hampir sebelas dua belas lah. Untuk uji coba Geekbench Score, smartphone ini mendapatkan 382 poin untuk Single-core score, dan 1363 poin untuk Multi-core Score. hasil yang diperoleh ini unggul atas Helio G70 dan juga Snapdragon 665.

4. Speaker Stereo dengan DTS 3D

Speaker Stereo dengan DTS 3D infinix note 8

Walau sering dianggap remeh kualitas speaker yang baik dan bagus sering juga menjadi keinganan oleh para pecinta smartphone. Sebab dengan kualitas spekaer ini kamu bisa menikmati apapun tanpa adanya gangguan suara yang tidak mengenakkan. Terutama jika kamu suka bermain game atau bahkan menonton film, pastinya speaker juga menjadi salah satu aspek penting.

Berutungnya Infinix Note 8 ini dibekali dengan Speaker Stereo dengan konfigurasi diatas dan dibawah smartphone, jadi ada dua spekaer disana. Dual speaker yang luar biasa ini sudah didukung dengan DTS dan 4 mode yang mampu menghadirkan pengalaman musik yang imersif dan enak ditelinga.

5. Baterai Berkapasitas besar 5200 mAh

baterai 5200 mAh infinix note 8

Mau sebagus apapun perfroma smartphonenya tentu tidak akan lengkap jika tidak dibarengi dengan kapasitas baterai yang besar, apalagi Infinix Note 8 ini notabennya sebagai smartphone gaming tentu baterai menjadi hal yang diperhatikan. Kapsitas baterai saat ini banyak dicari oleh para pengguna smartphone, alasannya sederhana biar bisa pakai kapanpun dan dimanapun tanpa cepat kehabisan baterai, dan nggak ribet cari stop kontak buat colokin charger.

Ya itu memang masalahnya, maka saat ini di era teknologi yang semakin maju dan berkembang, Banyak vendor smartphone yang berani membekali produknya dengan sokongan baterai jumbo. Yhap salah satuny adalah Infinix Note 8 ini, yang memiliki kapasitas sampai 5.200 mAh.

Ini bukan kapasitas yang kecil lo untuk ukuran samrtphone di kelas harga Rp 2jutaan, bahkan banyak smartphone dikelas harga yang sama dengan kapasitas baterai lebih kecil. Kalau kita bandingkan dengan Note 7 pendahulunya tentu saja Smartphone Infinix Note lebih unggul.

Bukan hanya unggul pada kapasitas saja, Baterai dari Infinix Note 8 ini juga cukup awet lo. Terbukti dari test daya tahan baterai yang dilakukan oleh channel YouTube Legawa Gadget menghaslkan kesimpulan bahwa Smartphone ini mampu bertahan selama 6 jam 50 menit untuk berbagai aktivitas, seperti ketika digunakan untuk membuka Instagaram selama 1 jam yang menyisakan 90% baterai, YouTube selama 1 jam yang menyisakan 81% baterai, bermain PUBG selama 1 jam dan baterai masih 64%, untuk selanjutnya kamu bisa langsung lihat test baterai untuk Inifnix Note 8 disini (https://youtu.be/wZQzZK_T1jk)

6. Fast charging 18W dan USB TypeC

Fast charging 18W dan USB TypeC infinix note 8

Teknologi pengisan cepat atau istilah kerennya adalah Fast Charging dari hari ke hari semakin menujukkan kehadirannya pada smartphone-smartphone terbaru saat ini. Dengan hadirnya teknologi ini yang semakin maksimal, maka pengguna akan semakin puas sebab dapat mengisi daya smartphonenya dengan waktu yang singkat meski kapasitas baterainya besar sekalipun.

Kita tahu sendiri Infnix Note 8 ini dibekali dengan baterai 5.200 mAh yang tergolong besar, namun apakah kamu berpikir waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang lama? Ouwh tentu tidak!. Smartphone ini telah dibekali dengan kemampuan Fast Charging 18 W yang mampu mengisi baterai dengan cepat.

Bahkan dari beberapa test yang dilakukan, Infininx Note 8 ini mampu mengisi daya sampai 68% hanya dalam 1 jam saja, kemudian untuk pengisian daya sampai 100% mampu diraih dalam waktu 1 jam 58 menit.

Selain itu yang menarik dari seri terbaru keluarga Note ini adalah, penggunaan USB Type-C pada colokannya. Hal ini tentu berbeda jika dibandingkan seri sebelumnya yakni Infinix Note 7 yang masih menggunakan MicroUSB 2.0 saja. USB Tipe C ini diyakini mampu memberikan fleksibilitas ketika ingin mencolokkan ke port karena semua sisinya berbentuk sama atau simetris, selain itu tipe USB ini juga diyakini lebih kencang baik dalam pengisian daya maupun transfer data.

7. Quad Camera 64 MP dan Dual Punch Hole Camera

Quad Camera 64 MP dan Dual Punch Hole Camera infinix note 8

Sudah jangan bohong, pasti kita selalu melihat aspek kamera jika ingin mencari smartphone baru. Wajar saja mengingat saat ini adalah marak-maraknya era digital dan media sosial, tentunya kualitas foto yang bagus akan menjadi nilai plus untuk sebuah smartphone, apalagi untuk anak muda sekarang nih yang eksis banget di medsos.

Untuk Aspek Kamera, Infinix Note 8 ini cukup unggul dengan konfigurasi Quad-camera belakag yang didesain secara vertikal kebawah. Dimana setiap lensanya ini memiliki sepsifiakasi seperti berikut

Kamera utama dengan 64 MP, resolusi ini tentu meningkat dari seri Note 7 yang sebelumnya hanya 48 MP. Lensa utamanya ini memiliki aperture f/1.9 dengan ukuran piksel 0.80 ┬Ám.

Kamera makro dengan 2 MP, untuk kamu yang ingin menangkap foto dengan jarak yang super dekat dan ingin kelihatan detail yang diberikannya, kamu bisa gunakan lensa ini. Lensa makro pada smartphone ini memiliki aperture f/2.2 yang akan menghasilkan foto jarak dekat yang otentik.

Kamera Depth (Potrait) memiliki resolusi 2MP, Jika lensa berikut ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menangkap gambar dengan layar belakang yang blur dan memisahkan subjek dengan sesegara mungkin. Lensa ini memiliki aperture f/2.2.

Terakhir ada kamera AI yang disangingkan dengan tambahan Quad Flash Light. Jadi kamera ini mampu mengambil gambar atau video dengan jelas mesikipun dalma kondisi yang minim cahaya.

Nah itulah konfigurasi Quad-camera yang ada pada Infinix Note 8, selanjutnya untuk fitur-fitur yang disematkan pada aspek kamera juga tidak kalah banyaknya. Ada Digital Zoom, Quadruple camera, Digital iamge stabilization, Touch focus, Auto focus, Phase detection autofocus (PDAF), HDR, Panorama, Geotagging, dan masih banyak lagi.

Kemudian kita berlaih ke bagian depan, ada Dual Punch Hole camera yang mampu menangkap foto selfie dengan sangat memukau, kedua lensa ini terdiri dari satu lensa utama dengan resolusi 16 MP, dan satu lagi lensa kedalaman (depth) dengan 2 MP.

8. Antarmuka terbaru XOS 7.1

Antarmuka terbaru XOS 7.1 infinix note 8

Infinix ini memiliki sisitem operasi khusus yang dinamai XOS, yang merupakan salah satu sistem operasi in-house yang didasarkan pada Android. Ada beberapa fokus utama dari XOS ini, seperti fitur keamanan yang mengintegrasikan sensor sidik jari, fokus kedua adalah gaya dimana infinix ini telah melakukan desain ulang dari 300 ikon aplikasi agar lebih aeshtetic, kemudian yang ketiga adalah efesiensi dimana XOS menawarkan antarmuka yang ringan dan ramah untuk pengguna.

Nah sistem operasi dari Infinix ini dari hari ke haris terus diupdate dan diperbaru setiap aspek didalamnya, untuk Infinix Note 8 ini dibekali dengan XOS 7.1 yang disandingkan dengan OS Android 10.

XOS terbaru ini memiliki beberapa fitur-fitur keren, seperti Thunder Back Mode yang bisa mendukung kamu untuk multitasking baik ketika bermain game atau hal lain. Jadi misal kamu sedang bermain game PUBG, kamu bisa saja sembari membuka dan menonton YouTube tanpa harus close dulu game yang sedang kamu mainkan.

Ada juga fitur bawaan yang sangat berguna sekali yakni Xclone, dimana kamu bisa membuat beberapa akun medsos sendiri tanpa harus ribet.

Selain itu ada juga Xnote 4.0, yang bisa kamu gunakan untuk mengedit atau mendesain gambar dikanvas sesuai keinginanmu, kemudian ada fitur Image Comperessor dimana kamu bisa memanfaatkan fitur kompresi gambar yang secara default sudah tersedia yakni merubah ukuran foto dari MB ke dalam KB hanya alam hitungan detik. Dan masih ada banyak fitur yang ada pada sistem antarmuka XOS 7.1 ini.

9. Sudah ada slot khusus untuk microSD

Slot khusus untuk microSD infinix note 8

Saat ini ada dua tipe slot kartu yakni Hybrid slot dan Dedicated slot, keduanya memiliki desain yang beda. Untuk Hybrid slot ini memiliki dua tempat penyimpanan kartu saja, standarnya adalah dua tempat untuk nano SIM, sebenarnya bisa saja kamu mengisi microSD namun harus mengorbankan salah satu SIM Card kamu.

Selain itu ada juga Dedicated Slot, dimana ada tiga tempat kartu yang tersedia. Dua untuk nano SIM dan satu untuk microSD. tipe slot ini tentu memiliki kelebihan sebab kamu tidak perlu mencopot salah satu kartu untuk bisa menggunakan microSD.

Dan kabar baiknya Infinix Note 8 ini sudah mendukung Dedicated Slot, yang artinya sudah ada slot khusus untuk Memori Eksternal. Sebearnya tipe slot ini bukan hanya ada pada Note 8, tetapi jika kita lihat kebelakang Note series ini mulai menggunakan tipe slot modern ini untuk kepuasan penggunanya, ya walaupun Smarpthone ini sudah menggunakan memori Internal yang cukup besar namun tidak memperngaruhi tipe slot yang dipakainya.

Kekurangan Smartphone Infinix Note 8

Sebagai pertimbangan saja, walau hadir dengan banyak kelebihan namun Infinix Note 8 tidak terhindarkan dari aspek kekruangan. Nah dibawah ini akan ada beberapa ulasan mengenai hal yang mungkin menjadi kekurangan pada smartohone ini.

1. Sayangnya layar masih HD+

layar masih HD+ infinix note 8

Walau kita bisa mengakui aspek layar dari Infinix Note 8 ini adalah salah satu kelebihan dari sekian kelebihan lainnya. Betul sekali, smarpthone ini sangat unggul karena memiliki ukuran layar yang tergolong besar dengan desain infinity-O. Namun ada kekurangannya, yakni resolusi layar yang masih HD+ dan belum Full HD.

Bahkan kalau kita banding kan dengan seri-seri sebelumnya tidak ada peningkatan pada resolusi layar ini, seperti Infinix Note 8 yang sama juga masih menggunakan resolusi HD+. Walaupun harga dari Note 8 tergolong lebih mahal, namun tidak ada peningkatan untuk aspek ini.

2. Tidak ada Reverse Charging

Karena smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang tergolong cukup besar yakni 5200 mAh, maka mungkin saja teknologi reverse charging diadaptasi untuk melengkapinya. Namun nyatanya tidak, Infinix Note 8 ini tidak mendukung pengisian terbalik. Atau dalam artian smartphonenya mampu mengisi perangkat lain tanpa harus tersambung dengan listrik.

Kenapa saya anggap ini kekurangan? oke ini hanya pendapat dari prespektif saja, jika melihat kompetitor lainnya yang ada diharga RP 2 jutaan dan dengan kapasitas baterai yang sama atau diatasnya, banyak yang sudah mendukung teknologi reverse charging ini. Seperti contoh ada Realme 5i, Vivo Z1 Pro, Xiaomi Redmi 8A Pro, dan lain sebagianya.

Harga dan Spesifikasi Infinix Note 8

super gaming smartphone infinix note 8
  • Nama : Infinix Note 8
  • Rilis: November 2020
  • Bobot : 206 gram
  • Layar: IPS LCD 6.95 inci, Corning Gorilla Glass
  • Resolusi : 720 x 1640 pixels, screen ratio 83.0%
  • Sistem Operasi : Android 10, XOS 7.1
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB
  • Chipset : Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth), 2 MP
  • Kamera Depan : 16 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Baterai : Li-Po 5200 mAh, non-removable, Fast Charging 18W

Kesimpulan

Sebagai salah satu smartphone gaming dari Infinix, tentunya smartphone ini sangat terjangkau sekali dengan kelas harganya. Hanya dengan Rp 2 jutaan saja kamu sudah bis membawa pernagkat terbaik dari infinix Note 8 ini. Dari ulasan diatas sudah terbukti bahwa smartphone ini memang memang memiliki banyak kelebihan daripada kekurangannya, ya walau ada beberapa tetapi tidak terlalu terasa. Untuk kelebihan sendiri kita bisa menikmati kualitas dari chipset gaming MediaTek Helio G80, yang jika dibandingkan dengan pendahulunya (Inifinix Note 7 dengan Helio G70) chipset ini mampu unggul dengan memberikan peningkatan kinerja GPU hingga 14% dan perfroma AnTuTu yang meningkat hingga 35%. Kemampuan dapur pacu ini juga diimbangi dengan

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *