11 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Note 7, Harga dan Spesifikasi

Infinix kini semakin series dalam merilis smartphone terbarunya dan menunjukkan kebolehannya dengan mengahidirkan produk smartphone yang berkualitas sekaligus ramah di kantong juga. Kini hadir smartphone terbaru dari Infinix Note series, yang tak lain adalah penerus menyakinkan dari Infinix Note 6. Yhap Infinix Note 7 hadir sebagai generasi berikutnya yang menghadirkan berbagai peningkatan yang cukup signifikan dari pendahulunya.

Smartphone ini secara resmi rilis di pasaran pada Akhir 2020 lalu, banyak aspek yang meyakinkan dari Infinix Note 7 ini. Seperti sisi tampilannya, perfroman secara keseluruhan, kamera, baterai, dan lain sebagainya. Secara keseluruhan smartphone ini sangat relevan sekali untuk anak muda.

Hal ini pun diungkapkan oleh CEO Infinix Mobility Indonesia, Bruno Li yang menyebutkan bahwa smartphone Infinix Note 7 ini sangat mendukung dan cocok sekali untuk work life balance anak muda, seperti produktivitas, bekerja, maupun hiburan.

Baca Juga :

“Produk ini sangat identik sekali dengan DNA dari Infinix, yakni menawarkan pengalaman smartphone premium yang berkualitas dengan desain smartphone yang stylish dan teknologi yang mutakhir. ” ungkap Bruno Li.

Dari ungkapan diatas, sudah bisa dilihat keseriusan Infinix dalam merilis smartphonenya, agar bisa unggul dari kompetitor-kompetitornya.

Nah untuk mengetahui lebih lengkap lagi tentang seluk beluk Infinix Note 7 ini, yuk kita bahas dalam Kelebihan dan Kekurangannya dibawah ini.

Kelebihan Smartphone Infinix Note 7

Infinix Note 7 ini sangat lekat sekali dengan stigma Smartphone terjangkau, walaupun begitu jangan remehkan setiap aspek yang ada didalamnya, sebab ada banyak sekali keunggulan yang patut untuk kamu ketahui, dibawah ini kita akan memberikan beberapa ulasan kelebihan dari Infinix Note 7

1. Desain Bodi yang Stylish dan Kekinian

konsep Finishing Gem Cut infinix note 7

Seri seri Infinix saat ini memang mulai menujukkan kebolehannya dalam merancang desain smartphone yang stylish sekaligus elegan. Selain itu konsep desain ala smartphone kelas premium pun juga tampak jelas disetiap seri yang selalu muncul, hal inilah yang banyak memikat calon pembeli ketika pertama kali melihat sentuhan futuristik dari desain bodinya.

Infinix Note 7 ini tampil mewah dengan membawa konsep Finishing Gem Cut, dimana kalau kita perhatikan desain dari bodi belakangnya terlihat ada struktur potongan batu mulia yang seolah-olah menciptakan pola halus dan simetris pada setiap sudutnya, selain itu bodinya ini juga memancarkan gradasi warna yang sangat unik dan elegan, Seperti ketika kamu lihat bodi dari sudut yang berbeda maka akan muncul pancaran warna-warni yang terlihat berbeda-beda. Hal inilah yang memikat mata dan banyak disukai oleh para penggemar.

Terdapat tiga varian warna kece, yakni Forest Green, Aether Black, dan Bolvia Blue. Dimana warna-warna tersebut berlapiskan cover serupa dengan kaca. Ini juga yang membuatnya terlihat glossy dan sedikit licin pada bodi belakangnya. Kontruksi fisik pada cover nya juga sangat kental sekali dengan nuasa plastik yang dikrom metal, jadi seolah-olah ada ruang kosong dibalik kover belakangnya.

Selain itu kalau kamu amati, desain frame kamera dari Infinix Note 7 ini juga berbeda dengan seri Infinix Note 7 Lite yang dimana frame kamera berbentuk vertikal memanjang pada bagian kiri. Jika Infinix Note 7 terbaru ini membawa konsep baru dengan mendesain frame kamera berbentuk lingkaran tepat di tenah-tengah bodi smartphone. Hal ini tentu memberikan kesan smartphone flagship yang belakangan ini juga hadir dengan desain yang serupa.

Lalu untuk ukuran dimensi bodi, Infinix Note 7 ini hadir dengan dimensi yang bongsor. Bahkan hal ini diklaim sendiri oleh pihak infinix dimana kehadiran bodi yang besar dengan ukuran 127.4 x 79 x 8.8 mm dengan bobot mencapai 206 gram.

Terkahir unutk komparteman lainnya yang ada pada Inifinx Note 7 seperti ada SIM Card tray yang ada disamping kiri bodi (dedicated slot), ada juga disaping kanan ada side fingerprint dengan tombol power, dan ada juga tombol volume. Jika dibgaian bawah kita bisa menemukan port audio jack 3.5mm denagn micro USB dan corong Speaker.

2. Layar yang lebar dengan ukuran 6,9 inci

layar 6.9 inci infinix note 7

Layar menjadi salah satu komponen paling utama yang dimiliki sebuah Smartphone, layar yang luas dan besar tentu banyak digemari, sebab bisa memberikan pengalaman visual yang memuaskan. Apalagi untuk kmau yang suka sekali menonton film maupun bermaiin game, bentuk ukuran layar ini sangat diutamakan.

Infinix Note 7 ini ternyata memiliki dimensi layar yang tergoling palinig luas lo, yakni dengan ukuran 6.9 inci, Diagonalnya hampir menyerupai tablet PC lawas. Hal ini juga dipengaruhi rasio layar yang dipergunakannya yakni 20:5:9 dan rasio bodi mencapai 91.5 % yang secara otomatis tampilan layar secara keseluruhan juga tidak terlalu memakan tempat, jadi sangat luas.

Seperti varian LITE nya, Infinix Note 7 ini masih mengung model Infinity-O atau punch hole display, yang artinya kamera depan dari smartphone ini berbentuk lingkaran kecil di pojok kiri atas. Konsep ini digadang-gadang menjadikan pengalaman pengguna yang lebih immersive secara menyeluruh.

Karena layarnya hanya memiliki resolusi HD+ atau 720×1640 piksel saja, Namun begitu layar ini masih mampu mengahdirkan tingkat kecerahaan yang tinggi yakni mencapai 480 nits. Mungkin ini cukup bisa diandalkan jika digunakan untuk menoton film, atau bahkan bermain game meskipun itu dibawah terik sinar matahari. Selain itu Infinix juga mengklaim bahwa teknologi layarnya mampu mengahdirkan tayangan sinematik yang berkualitas tinggi.

Infinix juga juga menanamkan berbagai pengaturan lanjutan supaya perfroma tampilan dari layarnya mampu meningkat, seperti adanya pengaturan adaptive brightness, mode Eye care yang mempu mereduksi efek cahaya biru yang diterima oleh mata agar lebih nyaman, sampai ada juga Dark mode yang menawarkan pengalaman baru ketika mengakses layar.

3. Kapasitas Baterai yang besar 5000 mAh

baterai 5000 mAh infinix note 7

Baterai selalu menjadi faktor yang penting pada sebuah smarpthone, kapasitas bateria yang besar tentu banyak diincar juga oleh semua orang, sebab dengan ini smartphone bisa digunakan untuk beberapa jam tanpa harus bolak-balik ngecas. Meski memasuki harga di Rp 2 jutaan, Infinix Note 7 ini ternyata memiliki kapasitas baterai yang jumbo lo, yakni 5000 mAh.

Kapasitas ini tentu meningkat dari Infinix Note 6 pendahulunya yang hanya memakai 4000 mAh saja. Ini tentu menjadikannya kelebihan, bukan hanya kapasitas yang besar saja, kemampuan ketahanan daya baterai juga cukup mengesankan.

Uji ketahan baterai ini di uji langsung oleh Channel YouTube Tech Updates, dimana dalam setting 100% baterai dan 50% brightness. Inifinix Note 7 ini mampu menujukkan kemampuannya, ketika digunakan untuk menonton Video YouTube selama 2 jam, baterai tersisa 89%, lanjut untuk bermain game Asphalt 9 selama 3 jam dan bateria masih tersisa 56%, setelah itu untuk aktivitas camera selama 1 jam dan baterai masih 46%, untuk membuka Instagram selama 1 jam masih tersisa 39%, Bermain Free Fire selama 2 jam baterai menyisakan 20%, 1 jam untuk merekam video  1080p baterai masih 8%. Jadi total dari 100% sampai 8% untuk berbagai aktivitas, bertahan selama 10 Jam.

Jadi setelah menegtahui hasil uji ketahanan baterai Inifnix Note 7 untuk berbagai macam aktivitas, terbukti bukan hanya kapasitas saja yang besar tetapi bateria smartphone ini juga cukup awet.

4. Dukungan Tekonologi Fast Charging 18W

fast charging 18w Infinix Note 7

Kemampuan teknologi Fast chagring pada saat ini banyak diandalkan oleh para vendor smartphone unutk menutupi besaran kapsitas yang biasanya ada pada smarpthone smartphone terbaru saat ini, walaupun Infinix Note 7 ini memiliki kapasitas baterai yang jumbo namun berkat teknologi Fast Charging berdaya 18W Super charge 3.0, smartphone ini sangat cepat dalam mengisi ulang baterainya.

Namun ada juga kekurangan dari fast charging Infninx Note 7 ini, yakni jika ingin menikmati kemampuanya kamu harus menggunakna adaptor charger yang seusai, dan di paket penjualannya sudah ada adapter dengan daya output 4.0V-9.0V 2.0A.

Kemampuan fast charging dari Inifnix Note 7 ini juga sudha dibuktikan oleh channel Youtube Phonebolee.com, dimana dari kapasitas 0% sampai 16% membutuhkan waktu 15 menit, dan sampai 31% butuh waktu 30 menit, berjalan hingga 1 jam dan baterai terisi 58%, dan untuk baterai sampai 100% total membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 jam 45 menit.

5. Chipset Unggulan dari MediaTek Helio G70

chipset MediaTek Helio G70 infinix note 7

Perfroma menjadi hal yang penting dalam memaksimalkan kinerja dari sebuah smartphone, semakin bagus perfroma yang diberikan tentu akan semakin puas pula kita menikmati setiap hal yang ada pada smartphone.

Infinix Note 7 ini adalah produk pertama dari Inifinix yang memiliki chipset kelas menegah dengan kemampuan yang tinggi, yakni MediaTek Helio G70. Dikelas harga yang sama seperti Inifnix Note 7 ini, Helio G70 menjadi salah satu chipset yang spesial dan powerfull berkat performanya. Terutama jika dibuat untuk gaming. Berbekal fabrikasi 12nm dengan prosessor Octa-core yang tersusun atas 2×2.0GHz Cortex-A75 dan 6×1.7GHz Cortex-A55 dan dikolaborasikan juga dengan pengelola grafis dari Mali-G52 2EEMC2, Smartphone ini sangat baik sekali untuk urusan perfromanya.

Oke jika kita bandingkan nih dengan chipset yang digunakna pada seri sbeelumnya yakni Infinix NOte 6 dengan Helio P35. Smartphone ini lebih unggul atas peningkatan frekuensi CPU tunggal sebesar 90%, serta peningkatan frekuensi multi CPU sebesar 43%, dan juga Peningkatan frekuensi rendering gambar GPU sebesar 100%.

Serta untuk mendukung perfroma dari jeroan Infinix Note 7 ini, kapasitas memori yang dihadirkannya juga cukup besar diantara para kompetitor lainnya. Yakni dengan RAM 8GB serta penyimpanan internal 12GB smartphone ini sudah sangat unggul sekali untuk urusan penyimpanan, apalagi penyimpananya bisa kamu ekspansi dengan adanya slot microSD yang dapat menampung lebih dari 2 TB kapasitas penyimpanan.

Kalau kita simpulkan secara keseluruhan dari performanya, beberapa pengujian Benckmark dilakukan untuk membuktikan ini, dan gasilnya skor AnTuTu 8 mampu mencatatkan skor rata-rata 195 ribu ke atas.

6. Quad Camera yang Oke abis

Quad Camera infinix note 7

Kamera juga menjadi salah satu aspek yang penting pada sebuah smartphone, terutama untuk kita yang hobi fotografi tentu kualitas kamera yang oke dapat menghasilkan gambar yang jernih dan memuaskan. Hal ini tentu ada pada pada Infinix Note 7 yang dibekali dengan AI Quad Camera.

Konfigurasi empat lensa kamera ini dikemas dalma frame berbentuk lingkaran, bak smartphone premium yang sedang tren saat ini. Tetapi apakah desain yang keren ini diimbangi juga dengan kualitas dan kinerja dari kameranya? oke mari kita simak dalam ulasan singkat dibawah ini.

Seperti lensa utamanya yang memiliki resolusi 48 MP dengan 6p lens dan dibekali juga dengan bukaan lensa f/1.79. Hasil gambar yang dapat diambil lensa ini digadang-gadang sanggup menghasilkan foto 40 kali lebih tinggi dibandingkan dengan resolusi layar yang diusung Infinix Note 7 ini.

Next ada lensa makro dengan resolusi 2 MP, yang sanggup mengambil gambar dalam jarak yang sangat dekat dan detail yang bagus. Jarak yang dapat di ambil oleh lensa makro ini mencapai 4 cm.

Ada juga lensa depth kedalaman beresolusi 2 MP yang mampu mengambil gamabr dengan tingkat bokeh yang oke, dan menariknya Infinix ini menyediakan fitur yang dapat mengatur efek bokeh melalui menu editor langsung.

Yang terakhir ini adalah lensa yang khusus untuk videografi, lensa ini mampu merekam video dengan detail warna yang kaya, bahkan dalam gelap sekalipun kualitas rekamannya sampai 1080p, hal ini juga berkat algorima peningkatan video terkemuka dari Vidhance.Kabarnya juga untuk khusus kamera low light video ini memiliki resolusi 2 MP yang tersusu atas 5p lens yang mempunyai bukaan lensa f/1.8. K

Kita berlaih ke bagian depat, lensa selfie dengan desain punch-hole ini juga sangat andal dalam menangkap gambar. Dengan resolusi mencapai 16 MP, lensa ini dilengkapi dengan beragam fitur keren yang bisa menyempurnakan kualitas foto yang ditangkap seperti filter, kostum Beauty Effect, teknologi AI, dan lain sebagainya.

7. Hadir dengan Dual Speaker Stereo

Dual Speaker Stereo infinix note 7

Bukan hanya kamera dan chipset saja yang menjadi hal utama yang perlu diperhatikan ketika mencari smartphone, kualitas speaker yang bagus tentu juga menjadi hal yang banyak di sukai. Sebab di zaman sekarang ini banyak anak muda yang selalu aktif dengan samrtphonenya, terutama ketika digunakan untuk YouTube, Netflix, Mendengarkan musik, atau bahkan bermain game.

Namun tenang kualitas suara yang oke ini ternyata sudah ada pada Infininx Note 7, smartphone ini dihadirkan dengan dua speaker stereo yang terletak di bagian atas dan bawah bodi. Kedua speaker ini memiliki kemampuan pengelola suara dari DTS agar suara yang nantinya dihasilkan bisa lebih jernih, lantang, dan bass. Sehingga kamu bisa menikmati setiap instrumen pada suara yang dikeluarkan pada media yang kamu sedang lihat.

8. Side Fingerprint dan Face Unlock

Side Fingerprint dan Face Unlock infinix note 7

Sebagai upaya untuk melindungi privasi dan keamanan pada smartphone, maka saat ini sudah banyak smartphone terbaru yang mengusung jenis keamanan dengan sesor sidik jari. Dimana kamu hanya perlu menempelkan salahh satu jari yang terkait dengan sensor kemduian kunci smartphone pun akan terbuka sendirinya.

Mungkin kita sudah banyak melihat sidik jari ini yang biasanya terletak di punggung bodi atau rear-mounted, dan ada juga yang ada di dalam lapisan lauar atau in display fingerprint. Namun semakin banyak inspiarasi-inspirasi inovatif kini ada yang namanya side-mounted fingerprint scanner yang sidik jarinya terletak di samping bodi, bisanya dekat dengan tombol power.

Bagi sebagaian orang, kehadiran sidik jadi di samping bodi ini menjadi keunggulan yang berarti, selain karena praktis hal ini juga dapat memberikan eststika yang lebih ke bagian bodi dari Infinix Note 7 karena tidak adanya embel-embel sensor fingerprint disana.

Kehadiran Sidi jari di samping bodi ini menjadi hal yang baru pada Infinix Note series, sebab infinix Note 7 dan Lite yang pertama kali mengsuung konsep side-fingerprint ini. Tentunya ini adalah salah satu langkah dari Infinix untuk terus update dan tidak ketinggalan dengan inovasi dunia teknologi saat ini.

Kekurangan Smartphone Infinix Note 7

Selain kelelebihan-kelebihan diatas, kamu juga bisa melihat beberapa kekurangan yang akan kita ulas dibawah ini. Tidak selamanya smartphone mid-range dari Infinix ini selalu unggul pada setiap aspeknya, ada saja kok beberapa kekurangan yang muncul. Berikut ulasan yang perlu kamu ketahui.

1. Hanya menggunakan Resolusi HD+ saja

Resolusi HD+ infinix note 7

Walaupun kita bisa melihat aspek layar menjadi salah satu keunggulan dari Infinix Note 7 ini, namun tidak selamanya membuat kualitas layar menjadi yang nomer satu, sebab smartphone ini hanya mengusung resolusi layar HD+ saja.

Perlu kamu tahu juga saat ini penyebutan resolusi layar ada berbagai macam, sepertri VGA, HD, Full HD, 4K, sampai 8K. Resolusi layar ini juga ada hubungannya dengan ukuran dari layar, semakin besar ukuran layarnya maka akan semakin besar pula kualitas resolusi yang bisa dinikmati. Jadi logikanya ketika resolusi bertambah, maka secara otomatis jumlah piksel dari layar juga akan bertambah. dan ketika jumlah piksel ini bertambah, maka layar pun akan menampilkan gambar dengan sangat halus.

Dengan digunaknanya Resolusi HD+ pada Infinix Note 7 sebenarnya tidak menjadi kekurangan besar bagi smartphone ini, hanya saja ini masih kurang. DSebab diluar sana banyak smartphone dikelas harga yang sama yang sudah menggunakan layar beresolusi Full HD. Terlebih lagi Infinix Note 8 ini hanya memiliki ukuran layar 720 x 1640 piksel dan dimensi 6.95 inci saja.

2. Masih menggunakan port microUSB 2.0

port microUSB 2.0 infinix note 7

Saat ini ada dua jenis port yang paling sering digunakan untuk mengisi daya baterai atau mentransfer data, yakni port microUSB dan port USB Type-C. Kedua port ini memiliki perbedaan sendiri, seperti micro USB yang bentuknya seperti trapesium sehingga ketika kamu ingin mencolokkan ke lubang harus memperhatikan mana ujung bawah dan ujung atas, selain itu ada juga USB Type-C yang lebih reversible dimana ujung kabelnya ini berbentuk sama rata atau simetris jadi kamu tidka perlu membedakan mana ujung bawah atau atas.

Namun saat ini kebanyakan smartphone sudah mengadopsi USB Type-C, dimana banyak yang menyebutkan bahwa ini adalah standar teknologi masa depan karena memiliki banyak kelebihan dan praktis penggunaanya.

Tetapi sayangnya Infinix Note 7 ini hanya mengguunakan lubang microUSB 2.0 saja untuk pengisan dayanya, padahal kalau kuta lihat nih smartphone ini sudah mengusung teknologi fast charging 18W.

3. Belum mendukung NFC

belum mendukung NFC infinix note 7

Mungkin sebagai penggemar gadget sudah tidak asing lagi dengan yang namanya NFC, fitur teknologi terbaru masa kini ini banyak diusung pada smartphone kelas mid-range sampai flagship, walau tidak banyak juga yang ada di kelas entry.

Baca Juga : 15 HP Xiaomi yang Mendukung Fitur NFC Terbaru

NFC atau Near Field Communication ini banyak digunakan sebagai alat untuk pembayaran digital secara nirkontak (contactless) atau bisa juga secara nirkabel. Gampangannya NFC ini diartikan sebagai komunikasi medan dekat, dimana kamu bisa saling terhubung antar perangkat dengan hanya mendekatkannya atau tanpa kontak. Keduanya bertindak sebagai transmitter dan satu lagi sebagai penangkap sinyal, jadi bisa saling bertukar data.

Infinix Note 7 sebagai salah satu smartphone di kelas mid-range tentu kita berharap banyak pada smartphone ini, salah satunya adalah kehadiran NFC. Namun hal itu ternyata tidak sesuai ekspetasi. Infinix Note 7 tidak dibekali dengan teknologi nirkabel masa depan ini. Hal ini pun sebelumnya juga tidak ada pada pendahulunya yakni Note 7 Lite yang sama-sama absen untuk urusan NFC.

Baca Juga : 15 HP Samsung dengan Fitur NFC untuk Cek Saldo E-Money atau E-Toll

Padahal kalau kita bandingkan Smartphone lain dikelas harga yang sama dengan Infinix Note 7, sudah banyak lo yang mendukung teknologi ini.

Harga dan Spesifikasi Infinix Note 7

Spesifikasi Infinix Note 7
  • Nama : Infinix Note 7
  • Rilis: April 2020
  • Bobot : 206 gram
  • Layar: IPS LCD 6.95 inci, Corning Gorilla Glass
  • Resolusi : 720 x 1640 pixels, screen ratio 83.7%
  • Sistem Operasi : Android 10, XOS 6.0
  • RAM : 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Chipset :Mediatek Helio G70 (12nm)
  • GPU :  Mali-G52 2EEMC2
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth), 2 MP (dedicated video camera)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, Fast Charging 18W

Kesimpulan

Infinix Note 7 ini sangat andal sekali untuk berbagai macam kebutuhan sebab beberapa kelebihan yang ditawarkannya, banyak aspek mumpuni dari smartphone kelas mid-range ini. Baterai berkapasitas 5000 mAh tentu bukan angka yang kecil, dengan daya sebesar ini smartphone ini bisa menemani kamu kapan saja dan dimana saja tanpa cepat kehabisan baterai. Selain itu layar nya yang lebar dengan ukuran 6,9 inci juga turut menjadi salah satu kelebihan, Desain bodi ala-ala smartphone flagship juga sangat tergambar jelas pada Infinix Note 7 ini.

Namun ya itu, sayangnya ada beberapa kekurangan yang terlihat seperti colokan kabel microUSB yang dianggap ketinggalan zaman, sebab saat ini banyak smartphone terbaru yang sudah serba USB type-c. Selain itu kamu juga harus menikmati smartphone ini dengan tidak adanya teknologi super berguna seperti NFC. Lalu berapa harga dari Infinix Note 7 ini? sejak rilis pada Akhir April 2020 lalu smartphone ini dibandrol denga harga Rp 2.499.000,- (yang harga normalnya adalah  Rp2.699.000) untuk varian memori RAM 6 GB dan Internal 128 GB.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.