10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Infinix Hot 10, Harga dan Spesifikasi

Sebagai salah satu brand smartphone yang terkenal dikalangan anak muda, tentunya Infinix banyak merilis produk mereka untuk orang-orang yang memiliki bujet terbatas. Salah satu seri yang sering merilis smartphone entri dengan harga terjangkau adalah Infinix Hot series, dan di tahun 2020 lalu infinix merilis smartphone terbaru mereka yakni Hot 10 yang menjadi penerus seri sebelumnya yakni Infinix Hot 9 di tahun yang sama.

Infinix Hot 10 adalah salah satu smartphone dari Infinix di kelas entri yang memiliki spesifikasi yang unggul secara merata, dan ini terbukti banyak mendapatkan nilai positif dari para penggunanya. Walau dibandrol dengan harga Rp 1 jutaan smartphone ini tergolong bagus lo, beberapa aspeknya menawarkan kualitas yang terdengar menggiurkan dikelas harganya.

Oh ya perlu kamu tahu juga, terutama untuk kamu yang hobi bermain game, Infinix Hot 10 ini bisa menjadi pilihan utama kamu lo yang membutuhkan smartphone dengan perfroma gaming namun dengan harga yang murah. Ada beberapa alasan mengapa smartphone ini cocok untuk gaming, seperti Chipset yang digunakannya, layar besar yang dipakai, kapasitas baterai yang besar dan ini cocok banget untuk memenuhi hasrat gaming kamu serharian, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 12 Kelebihan dan kekurangan Smartphone Infinix Hot 10S, Harga dan Spesifikasi

Kemampuan performa dari Infinix Hot 10 yang unggulan in pernah diungkapkan juga oleh Sergio Ticoalu sebagai Country Marketing Manager dari Infinix Indonesia yang menyebutkan bahwa “Infinix Hot 10 ini memiliki spesifikasi #antikalah karena memiliki perfroma yang berbeda dari seri-seri Hot sebelumnya.” ungkapnya.

Nah sebenarnya keunggulan dari smartphone ini tidak hanya pada aspek perfroma saja, ada banyak aspek lainnya yang membuat Infinix Hot 10 ini menjadi spesial terutama untuk anak muda jaman sekarang. Oke daripada membuat pensaran, mari kita simak ulasan Kelebihan dan Kekurangan dari Infinix Hot 10 berikut ini.

Kelebihan Smartphone Infinix Hot 10

Tahukah kamu, infinix hot 10 ini memiliki jargon #AntiKalah yang mengajak pengguna untuk lebih semangat, apalagi di era pandemi seperti ini yang dimana banyak hal membutuhkan kegiatan online.

Oke mungkin banyak yang menyepelekan smartphone ini ketika pertama kali mendengar harganya yang hanya 1 jutaan, tetapi kalau kita sudah lihat nih spek dan keunggulan dibawah ini, kamu akan berubah pikiran dan siap-siap membawa pulang smartphone ini.

1. Memiliki layar yang besar dan kualitas oke

layar 6,78 inci Infinix Hot 10

Memiliki layar smartphone yang berkualitas dan besar tentunya menjadi sebuah keuntungan untuk penggunanya, dengan ini pengguna bisa menikmati visual yang ada pada smartphone dengan nyaman. Kalau kita lihat rekam jejak dari Infinix, banyak lo produk mereka yang menawarkan kemampuan layar yang besar. Seperti seri Infinix hot 10s yang pernah kita ulas juga, smartphone tersebut juga memiliki keunggulan pada layarnya yang tergolong besar yakni dengan dimensi 6,82 inci. Kalau kita bandingkan lagi dengan pendahulunya seperti Infinix hot 9, yang hanya menggunakan layar 6,6 inci saja tentu ini kalah dibandingkan seri yang lebih baru yakni Hot 10 yang menyematkan layar berukuran 6,78 inci.

Layar seukuran ini tergolong besar lo, terlebih lagi layarnya juga memiliki bezel yang tipis di sisi-sisinya, yakni dengan rasio layar ke bodi mencapai 82,2% saja. Selain itu kualitas juga tidak diragukan, layarnya memakai panel UPS LCD dengan resolusi 720 x 1640 piksel. Desain layar yang dipakai juga sudah modern dengan menggunakna model kamera punch hole (Infinity-O).

Oke mungkin layar dari Infinix Hot 10 ini hanya memiliki layar resolusi HD+ saja, tetapi itu bukan masalah besar. Sebab kalau kita lihat kualitasnya layar yang lapang dari Hot 10 ini dapat memberikan reproduksi warna yang tergolong bagus, kontras dan viewing angle yang cukup baik apalagi untuk ukuran panel IPS, serta kita tidak melihat adanya screen bleed di pinggir layar yang umumnya biasa ditemukan pada smarpthone entry-level.

2. Performa unggulan khusus untuk gaming

MediaTek Helio G70 Infinix Hot 10

Walau hadir dikelas entri dengan harga jual smartphone yang tergolong murah, tetapi tidak membuat perfroma dari infininx hot 10 ini ketinggalan lo. Bahkan perfroma dari smartphonenya cukup untuk sepsifikasi gaming, dan ini kabar baik untuk kmau yang suka bermain game dimana dengan mengandalkan smartphone ini kamu sudah bisa menikmati permainan game sepuasnya. Apakah kenyataannya begitu? oke mari kita bahas lebih dalam.

Infinix Hot 10 ini dibekali dengan chipset dari MediaTek Helio G70 dengan proses fabrikasi 12nm yang dikenal juga berkat hemat dayanya. Oke perlu kamu tahu juga chipset dari Helio G series ini juga merupakan salah satu chipset dari Mediatek yang sedang naik daun saat ini, banyak vendor smarpthone populer yang berani membekali smartphonenya dengan chipset dari Helio G series, walau disisi lain banyak juga yang menggunakan Snapdragon.

Keputusan Infinix menggunakan Helio G70 pada hot 10 kali ini memang cukup tepat, chipset ini juga memiliki kemampuan pada performanya. Didalamnya tersemat prosesor yang terdiri dari 2 core Cortex A75 dengan kecepataan 2.0 GHz dan ada juga 6 core Cortex-A55 dengan kecepataan 1.7 Ghz. Chipset ini disandingkan dengan pengelola grafis dari Mali-G52 2EEMC2.

Country Marketing Manager Infinix Indonesia, Sergio Ticoalu juga pernah mengatakan bahwa seri infinix kali ini diyakini yang paling laris dan banyak ditunggu oleh penggunanya karena memilikii performa yang berbeda dari seri Hot sebelumnya.

Untuk membuktikan apakah chipset Helio G70 ini benar-benar dapat memberikan perfroma yang bertenaga untuk smartphone ini maka kita buktikan dari skor AnTuTu Benchmarknya. dimana smartphone ini mencatat skot 194.000 pada pengujian, ini angka yang lumayan apalgi untuk smartphone dikelas entri, Perfroma sudah bisa diperhitungkan.

Selain itu bukti bahwa Helio G70 ini adalah salah satu chipset yang cocok untuk aktivitas gaming adalah disematkannya teknologi pengoptimalan untuk bermain game yang dinamakan Mediatek Hyperengine Game Technology, teknologi ini berguna untuk mendorong pengalaman mobile gaming yang dapat menghasilkan kualitas gambar dan grafis yang luar biasa.

Ponsel Gaming Infinix Hot 10

Bahkan untuk mendukung pengalaman gaming menjadi lebih nyaman dan seru lagi, di situs resminya Infinix Hot 10 disebutkan memiliki kustomisasi Game Mode Mobile yang dapat menciptakan pengalaman bermain game menjadi lebih menarik, dengan adanya pilihan mode prioritas, mode keseimbangan, dan mode smooth. Kecepataan frame rate juga telah meningkat sampai 125% dan dengan sekali waktu bermain game diperpanjang sampai 113%, konsumsi daya baterai juga turut dioptimalkan.

3. Kapasitas baterai yang besar

Baterai 5200 mAh Infinix Hot 10

Memiliki smartphone dengan kapasitas baterai yang besar menjadi sebuah idaman untuk para penggemar smartphone, dengan baterai jumbo ini tentunya kita berharap agar smartphone yang kita gunakan sehari-hari bisa bertahan lama dan tidak cepat habis. Infinix Hot series juga dikenal sebagai salah satu seri smartphone yang dibekali kapasitas baterai yang besar, terbukti dari seri Hot 8 yang menggunakan 4900 mAh, ada juga Hot 9 dengan 5000 mAhnya tentu merupakan kapasitas yang tidak bisa dibilang kecil.

Dan untuk seri Infinix Hot 10 kali ini, pihak infinix menyematkan Baterai dengan kapasitas 5200mAh sebagai daya yang bisa dimanfaatkan pengguna agar bisa menikmati aktivitas gadget seharian penuh tanpa terbatas waktu.

Bukan hanya angka saja, kapasitas baterai yang besar ini juga berpengaruh ke daya tahan baterainya juga yang tergolong hemat. Dari uji test baterai yang dilakukan channel YouTube Tech Updates dengan setting kapasitas 100% dan kecerhaan 50%, ketika digunakan untuk menonton Video playback selama 2 jam baterai masih 91%, bermain Asphalt 9 selama 3 jam baterai menyisakan 60%, 1 jam pemakaian menggunakan kamera baterai masih setengahnya yakni 51%, 1 jam menggunakan instagram kapasitas baterai masih 46%, lanjut main game lagi kali ini Free fire selama 2 jam ternyata baterai masih menujukkan angka 26%, 1 jam merekam video 1080p dan baterai masih 18%, total untuk drain test dari 100% sampai benar-benar habis 0% membutuhkan waktu 11 jam 35 menit.

Catatan waktu ini tidak sebentar lo, ya bisa seharian penuh jika digunakan untuk beraktivitas, itupun untuk pemakian intensif, mungkin jika pemakian normal masih bisa lebih lama lagi, bahkan mencapai 2-3 harian.

Baterai yang awet dari Infinix Hot 10 ini juga tidak lepas dari kombinasi resolusi layar HD plus dan chipset yang cukup hemat daya, apalagi ditambah dengan teknologi Power Marathon yang bisa memberikan masa pakai baterai yang lebih lama lagi, serta ada juga teknologi mode ultra power saving yang berguna untuk membuat baterai lebih super hemat lagi terutama ketika momen genting atau jauh dari colokan hal ini sangat dibutuhkan.

4. Audio DTS yang menggelegar

Memiliki perfroma, layar, baterai yang mumpuni untuk melibas aktivitas gaming kita sehari-hari tentu tidak akan cukup jika belum memiliki kualitas spekaer yang oke. Percuma saja kita menikmati segala visual yang diberikan pada layar namun tidak memperdulikan audio yang bisa kita dengarkan, kenyamanan dari spekaer smarpthone juga menjadi hal yang perlu kita pertimbangkan karena dengan ini kita bisa menikmati berbagai kemampuan smartphone dengan penuh dan nyaman untuk berbagai aktivitas terutama bermain game, menonton film, maupun mendengarkan musik.

Infinix belakangan ini juga mulai sering mengadopsi sistem Audio DTS untuk spekaer smartphonenya, terutama untuk seri Infinix Hot 10 kali ini dimana selain mendukung DTS ada juga Mode music party yang menambah pengalaman audio menjadi lebih nyata lagi.

Berkat adanya dukungan teknologi pemrosesan audio dari DTS, kamu bisa menikmati efek suara yang diberikan pada spekaer menjadi lebih menghibur lagi. Penyesuaian efek suara ini sudah dipersonalisasi agar bisa menikmati berbagai pengalaman yang bisa memakimalkan kualitas suara baik untuk film, game, maupun musik kapan saja dan dimana saja.

5. Kualitas Quad-camera yang lumayan oke

Quad-camera Infinix Hot 10

Banyak yang menyepelekan aspek kamera dari smartphone-smartphone dikelas entri, yha memang kenyataanya begitu kebanyakan vendor smartphone tidak terlalu memaksimalkan aspek kamera ini untuk smartphone dengan bujet terbatas namun ada juga yang fokus betul nih dengan satu hal yakni aspek kamera. Kalau bisa saya bilang infinix hot 10 ini seimbang sih, perfroma juga oke, tampilan layar cukup memuaskan, dan untuk kamera juga lumayan karena konfigurasi quad-cameranya yang biasanya jarang ada pada smartphone dikelas harga 1 jutaan maupun entri.

Spesifikasi dari keempat lensa kameranya ini lumayan, walau agak terkesan gimmick tetapi masih wajar lah. kamera utama dari Hot 10 ini memiliki resolusi yang paling besar yakni 16 MP dengan bukaan f/1.9, ada juga dua kamera 2 MP yang berfungsi sebagai lensa makro dan depth atau kedalaman, satu lagi ada lensa QVGA.

Untuk kamera makro dengan resolusi 2 MP, lensa ini juga cukup tangguh lo yakni bisa membidik objek sekecil mungkin dengan begitu detail bahkan bisa sampai 40mm. Oh ya mungkin ada yang bertanya-tanya juga apa sih kegunaan lensa QVGA? jadi lensa ini adalah salah satu lensa AI yang digunakan untuk kondisi low-light atau minim cahaya.

Kamera dari Infinix hot 10 ini cukup andal jika digunakan untuk menangkap gambar untuk berbagai hal, seperti membeirkan Efek Beauty, Lensa bokeh, kemampuan poteret di malam hari, serta Panorama. Keempat lensa belakangnya ini juga cukup memusakan untuk spek kamera pada smartphone dikelas harga yang sama, detail yang ditangkap, reproduksi warna, dynamic range cukup bisa membuat puas bagi siapa saja yang menggunakannya.

Beralih ke bagian depan, dengan desain punch-hole kamera selfienya ini memiliki resolusi sebesar 8MP dengan dibekali teknologi AI Smart Beautification dengan fitur wide-angle, kameranya ini memiliki aperture f/1.8 yang cukup oke lah untuk berswafoto.

6. Sudah mendukung Fingerprint dan Face unlock

Fingerprint dan Face unlock Infinix Hot 10

Isu keamanan smartphone tidak kalah pentingnya lo, tentunya kita tidak mau berbagai data-data penting dan privasi yang tersimpan diakses atau dibajak oleh orang lain, Nah hal ini pun mulai bisa dipecahkan oleh teknologi yang semakin maju dengan mengahdirkan sensor keamanan tambahan yang ada.

Mungkin kita banyak mengetahui yang namaya Pola, Pin, sampai password untuk membuka smartphone yang terkunci. Apakah dengan adanya ketiga fitur kemanan ini smartphone sepenuhnya benar-benar aman? tentu saja tidak, beruntungnya saat ini ada yang dinamakan sensor biometrik yang menandalkan bagian tubuh untuk membuka sebuah kunci smartphone.

Sebut saja yang tengah populer saat ini seperti sensor fingerprint atau sidik jari, ada juga Face unlock atau pemindai wajah. Nah dengan kedua sensor ini kita akan merasa lebih aman, karena untuk mengakses perangkat, memerlukan izin dari salah satu anggota tubuh si pemilik. Dan untuk infinx hot 10 ini sudah mendukung kedua sensor keamanan itu.

Seperti sistem kemanan Face Unlock yang membuat proses membuka kunci lebih mudah dan cepat dengan hanya mengarahkan wajah kita ke kamera depan dan dengan cepat kunci pun akan terbuka, ada juga fungsi keamanan sidik jari yang terletak dibelakang bodi yang juga dapat menyesuaikan kita agar bisa membuka kunci dengan lebih cepat hanya dengan mengarahkan jari yang sudah terdaftar sidik jarinya ke sensor yang ada.

7. Dukungan antarmuka XOS 7.0

antarmuka XOS 7.0 Infinix Hot 10

Infinix ini juga dikenal sebagai smartphone masa kini yang relevan banget buat anak muda, segala fitur yang diberikan cukup memanjakan berbagai aktivitas sehari-hari untuk penggunaan smartphone. Selain itu infinix ini juga sudah memiliki sistem operasi nya sendiri yang dinamai XOS, diaman ini adalah sebuah OS in-house dari infinix yang didasarkan pada Andorid.

XOS dari infinix ini memegang tiga pilar utama yang menjadi fokus, seperti keamanan, Style, serta efesiensi. ketiganya ini tentunya didukung dengan berbagai fitur berguna yang menjadi tombak daripada interface (UI) dari infinix itu sendiri.

Untuk Infinix Hot 10 dibekali XOS 7.0 yang berbasis Andorid 10. Berbagai hal yang ada pada XOSnya ini cukup memanjakan kita sebagai pengguna smartphone, terdapat banyak fitur menarik dan ditunggu yang patut kita coba mulai dari penampilan sampai kegunaan. Menurut Infinix sendiri XOS 7.0 ini didesain untuk kehidupan yang lebih cerdas, lebih ekslusif, dan mudah. dimana ini menampilkan desain visual yang baru dengan warna yang trendi dan kaya untuk meningkatkan pengalaman yang lebih luar biasa. Ada fitur-fitur cerdas seperti Smart Scanner, Ulife, Ear-sensor Recaiver, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Kekurangan Smartphone Infinix Hot 10

Sangat disayangkan setelah melihat banyak keunggulan diatas, tampaknya Infinix Hot 10 ini belum sepenuhnya sempurna dipasaran. Hal ini sebetulnya wajar saja sebab harganya yang terjangkau, toh sudah banyak keunggulan yang cukup mengesankan. Namun ulasan kekurangan dari Hot 10 dibawah ini semoga bisa menjadi pertimbangan untuk kamu sebelum membelinya.

1. Finishing bodi yang kurang menarik

Finishing body Infinix Hot 10

Infinix sebenarnya terkenal dengan produk smartphonenya yang memiliki desain bodi yang elegan dan menarik, hanya saja untuk kali ini Infinix Hot 10 masih kurang untuk aspek desain bodi. Sebenarnya kalau kita lihat dengan kasat mata konsep dan warna desain sudah cukup menarik, pemilian warna yang ditwarkan tergolong oke. Hanya saja kekurangannya adalah eksekusi desain yang kurang sempurna, kesan yang kurang dari finishingnya ini memang menjadi perhatian.

Desain bodi belakangnya ini dibuat dengan ukiran laser yang menciptakan bentuk persepsi visual dari cahaya dan bayangan yang saling berkaitan, namun hasilnya masih kurang maskimal dan tampak biasa saja.

Selain itu bobot dari smartphone ini juga hampir mencapai 200 gram, dimana bobot ini tergolong berat lo untuk smartphone dikelasnya. Ketebalan bodi juga sampai 8,9mm dan ini juga termasuk besar. Hal ini mungkin akan membuat Infinix Hot 10 kurang nyaman jika digenggam, smartphone yang besar dan berat tentu akan kurang cocok untuk digenggam dengan satu tangan apalagi untuk tangan masyarakat Asia.

2. Tidak ada Gorilla Glass

tidak ada gorilla glass Infinix Hot 10

Proteksi layar smartphone saat ini sangat diperlukan untuk melindungi layar dari kerusakan baik itu pecah maupun goresan. Namun dikemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini, kamu tidak perlu khawatir layar smartphone kamu rusak, sebab sudah ada teknologi yang namanya Gorilla Glass.

Gorilla Glass adalah sebuah teknologi coating atau lapisan untuk melindungi layar smartphone dari goresan maupun benturan, gorilla glass ini akan tetap mempertahankan postur yang tipis dan juga indah serta nyaman juga dipakai, maka kalau kamu lihat smartphone yang menggunakannya tidak akan terlihat kasat mata, hanya ketahanan layar saja yang akan terasa.

Tetapi untuk infinix Hot 10 ini sayangnya belum mengadopsi teknologi keamanan layar berikut ini, mungkin kita merasakan kemampuan layar yang berkualitas dan berukuran besar dari Hot 10, namun tidak untuk proteksi layarnya.

Padahal kalau kita lihat aspek layar dari pendahulunya yakni Infinix Hot 8, dimana sudah tersemat Gorilla Glass disana. Hal inilah yang mungkin membuat banyak para penggemar kecewa, malah ada kemunduran dari apa yang sudah ada. Selain itu dikelas harga yang sama juga sudah banyak smartphone yang memiliki proteksi layar Gorilla glass ini.

3. Tidak ada dukungan Fast Charging

tidak fast charging Infinix Hot 10

Biasanya smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar, disematkan sebuah teknologi pengecasan cepat pada box penjualannya. Hal ini tentu untuk menghemat waktu yang dibutuhkan oleh pengguna  agar tidak menunggu terlalu lama ketika melakukan pengisan baterai.

Fast charging saat ini juga sudah banyak disematkan pada samrtphone terbaru saat ini, terutama pada Infinix. Tetapi sayangnya untuk Infinix Hot 10 kali ini belum mendukungnya, hanya ada pengisan daya ekslusif 10W saja pada box penjualannya.

Test charging pada Infinix Hot 10 ini juga pernah di uji oleh channel Youtube Tech Updates, dimana ketika baterai 0% dicas selama 10 menit terisi 7%, 30 menit pengisan baterai masih 20%, 1 jam berlalu kapasitas menunjukkan angka 40%, lanjut lagi 1 jam 30 menit dan baterai masih 60%, 2 jam berlalu kapasitas baterai adalah 79%, 2 jam 30 menit baterai hampir penuh yakni sekarang 95%, dan kalau kita tunggu sampai benar-benar full 100% membutuhkan waktu selama 2 jam 53 menit. Ya hampir 3 jam lah, waktu ini sebenarnya tidak terlalu lama, walau jika disematkan teknologi fast charging mungkin akan semakin cepat lagi.

Harga dan Spesifikasi Smartphone Infinix Hot 10

harga dan spesifikasi Infinix Hot 10
  • Nama : Infinix Hot 10
  • Rilis: Oktober 2020
  • Bobot : 195 gram
  • Layar: IPS LCD, 16M Colors
  • Resolusi : 720 x 1640 piksel, screen ratio 82, 2%
  • Sistem Operasi : Android 10, MIUI 6.0
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB / 128 GB
  • Chipset :  Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU :  Mali-G52 2EEMC2
  • Kamera Belakang : 16 MP (wide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth), QVGA (low light sensor)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5200 mAh non-removable

Kesimpulan

Bagaimana dengan ulasan kelebihan dan kekurangan diatas, apakah Infinix Hot 10 masuk kriteria favorit kamu? kalau menurut saya smartphone ini terbilang cukup menarik lo dan cukup unggul juga apalagi untuk smartphone dibawah harga Rp2 jutaan. Di kelas entri banyak juga smartphone yang memiliki spek dan kelebihan, tetapi Infinix Hot 10 ini mempunyai nilai lebih dibandingkan yang lainnya.

Sebut saja seperti panel layar yang besar dengan 6,78 inci, perfroma unggulan berkat chipset MediaTek Helio G70, baterai berkapasitas besar dan tahan lama, fitur dan teknologi bawaan yang lengkap, dan lain sebagainya. Tetapi kembali lagi namanya juga smartphone dikelas entri, pasti ada saja kekurangan yang tidak bisa dilewatkan, oke mungkin kita bisa maklumi dan itu kembali lagi ke masing-masing.

Bruno Li selaku CEO Infinix Mobility Indonesia dalam keterangan persnya juga menyebutkan bahwa perfroma dariapda Infinix Hot 10 ini adalah salah satu hal yang paling penting apalagi di pandemi sepert ini, dimana banyak kegiatan yang dilakukan secara online, baik itu dalam bekerja maupun belajar. Dimana pengguna memerlukan smartphone dengan perfroma yang cepat, memori besar, layar yang luas, dan tidak ketinggalan juga smartphone dengan harga yang terjangkau. Infinix Hot 10 ini memiliki dua varian memori dan harga yang berbeda, masing-masing hadir dalam varian 4/64 GB dengan harga Rp 1.580.000 dan untuk varian 4/128 GB dibandrol dengan harga Rp 1.799.000.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.