11 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Hot 9, Harga dan Spesifikasi

Untuk anak muda sekarang pasti membutuhkan samrtphone dengan kualitas yang mumpuni namun dapat dimiliki dengan harga yang terjangkau, Nah saat ini banyak sekali smartphone dengan tipe seperti itu yang bisa kita dapatkan, para vendor smartphone sekarang mulai gencar dalam merilis smartphone berkualitas yang relevan dengan anak muda. Salah satunya adalah Infinix.

Membuka tahun 2020 lalu, infinix meluncurkan seri terbaru di keluarga Hot series, yakni Infinix Hot 9. Yang diyakini sangat cocok sekali untuk generasi muda saat ini, seperti yang dikatakan oleh Bruno Li CEO Infinix Smartphone indonesia yang mengatakan bahwa,

“Infinix memiliki berbagai aspek yang banyak menjadi fokus kami dalam rangka menjawab permintaan pasar anak muda di indonesia, Aspek seperti teknologi kamera samrtphone yang diatas rata-rata, desain smartphone yang simple dan stylish, penyempurnaan layar yang lebih besar, serta mengutamakan fungsi produk yang berguna untuk kebutuhan pengguna sehari-hari, dan yang paling penting bisa menjadi value proposition kami di pasar indonesia yakni harga yang terjangkau dengan kualitas yang sempurna. ” Ungkapnya dalam siaran persnya.

Baca Juga :

Yha itulah fokus utama dari Infinix Hot 9 ini, satu hal yang perlu kamu tahu bahwa spesifikasi yang ditanamkan pada samrtphone ini terbilang tidak mungkin didapatkan pada smartphone dikisaran harga satu jutaan di indonesia. Namun Infinix Hot 9 ini sungguh mengejutkan dengan berbagai kelebihan aspek yang ditawarkannya. Bruno sendiri mengatakan bahwa dengan mengusung tema kampanye “#GakMungkin” Infinix Hot 9 ini bisa hadir sebagai salah satu smartphone superior dan sanggup menggeser para kompetitornya.

Menurut saya banyak kelebihan yang ada pada Infinix Hot 9 ini, nah daripada membuat pensaran. Yuk kita bahas kelebihan yang ditawarkan smartphone kelas mid-end ini dibawah, tidak lupa juga kita akan bahas beberapa aspek kekurangan mungkin terlihat sebagai pertimbangan untuk kamu ketika akan membelinya nanti.

Kelebihan Smartphone Infinix Hot 9

Walau hadir dikelas mid-end, tak membuat Inifnix Hot 9 ini lantas tidak memiliki kelebihan. Ya kita tahu sendiri produsen smartphone asal Hong Kong ini memiliki produk yang berkualitas, di harga yang terbilang cukup terjangkau, dan menawarkan berbagai spesfikasi yang dapat bersaing dengan kompetitornya, Smartphone ini tetap saja unggul. Nah dibawah ini kita akan membahas beberapa kelebihan yang ditawarkan kepada para penggunanya, berikut.

Baca Juga : 12 Kelebihan dan kekurangan Smartphone Infinix Hot 10S, Harga dan Spesifikasi

1. Desain dan Bulid Quality yang oke

kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 9

Desain smartphone yang bagus dan stylish tentu menjadi hal yang diperhatikan oleh anak-anak muda saat ini, sebab memiliki smartphone dengan desain yang cantik akan sangat bagus ketika dilihat dari luarnya. Nah untuk kamu para penggemar Infinix pasti sudah tahu dengan tipe desain bodi yang selalu dibawa oleh perusahaan smartphone asal Hongkong ini.

Infinix Hot 9 ini memiliki desain bodi dan bulid quality yang cenderung oke. Warna gradasi yang buatnya sangat pas dengan smartphone modern saat ini, walau bodi belakangnya ini hanya memakai bahan polikarbonat, setidaknya ini memberikan kesan glossy yang memukau. Smartphone ini memiliki ukraun 76.8 mm x 165.4 mm x 8.8 mm dengan bobot smartphone yang tidak terlalu berat, yakni hanya 185 gram saja.

Smartphone ini membawa empat varian warna yang berbeda-beda, yakni Quetzal Cyan, Midnight Black, Violet, dan Ocean Wave. Dimana setiap warna bodinya ini memiliki tekstur potongan seperti permata yang unik, desain ini disebut Finishing Gem Cut diaman ada seperti garis-garis cantik dan menarik perhatian, terutama untuk anak muda zaman sekarang.

2. Layar Punch-Hole yang luas

Layar Punch-Hole Infinix Hot 9

Infinix ini tampaknya mulai serius untuk urusan layar, sebab dari beberapa seri belakangan ini Infinix mulai menerapkan layar dengan ukuran yang lebar dan kualitas yang bagus sehingga bisa memberikan pengalaman display kepada penggunanya agar lebih baik dan puas.

Infnix Hot 9 ini menawarkan layar berukuran 6.6 inci dengan tipe panel IPS LCD yang memiliki resolusi 720 x 1600 piksel. Layarnya ini memiliki kerapatan piksel hingga 266 ppi. Selain itu kalau kamu lihat sekilas layar yang digunakannya ini menerapkan desain Infinity-O atau punch-hole camera, hal itu tentu menambah kesan elegan dan premium dari smartphone mid-end ini.

Walau layar dari Infinix ini belum mengahadirkan Full HD, dan masih HD+ namun saya akui kualitasnya cukup oke untuk smartphone dikelas harga satu jutaan.

3. Kapasitas Baterai 5000 mAh yang awet

baterai 5000mAh Infinix Hot 9

Baterai juga menjadi salah satu aspek kelebihan yang ada pada Infininx Hot 9 ini, dengan kapasitasnya yang mencapai 5.000 mAh, smartphone ini tergolong sebagai salah satu tipe smartphone yang memiliki kapasitas baterai jumbo, meski harganya yang sangat terjangkau. Bahkan jarang lo smartphone diharga yang sama, dengan kapasitas baterai sampai 5000 mAh.

Memiliki smartphone dengan kapasitas baterai yang besar tentu menjadi kepuasan tersendiri untuk kita, sebab dengan ini kita bisa menggunakan samrtphone kapan saja dan dimana saja tanpa takut cepat kehabisan baterai. Apakah kapasitas 5000 mAh ini hanya sekedar angka? Eitss tidak, smartphone ini juga sangat awet lo baterainya.

Menurut Channel YouTube Canggih Kali mengatakan daya tahan beterai dari Infinix Hot 9 ini cukup lama, bahkan dalam pemakaian ringan smartphone ini mampu bertahan selama 36 jam lebih. Sementara untuk pemakaian intensif seperti bermain game, menonton film bisa bertahan selama seharian penuh.

Baca Juga : 11 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Note 7, Harga dan Spesifikasi

4. Konfigurasi Camera AI

Konfigurasi Camera AI Infinix Hot 9

Sudah jangan bohong, salah satu aspek yang pertama kali kamu lihat ketika ingin membeli smartphone baru pasti kualitas kamera kan? Nah di tengah maraknya sosial media saat ini, tentu juga harus dibarengi dengan meningkatnya kemampuan fotografi yang ada pada lensa kamera smartphone, karena biasanya kita selalu mengabadikan momen tertentu dengan gadget kesayangan kita.

Memiliki smartphone berkualitas dengan kamera yang apik tentu menjadi idam-idaman, Nah hal ini tentunya ada pada Infinix Hot 9 yang memiliki konfigurasi Quad-camera yang andal dan mampu menangkap foto dengan sangat cantik. Empat kameranya ini juga disebut dengan AI Quad Camera, dimana memiliki spesifikasi sebagai berikut.

Lensa utama 16 MP yang memiliki ukuran piksel 1.12 µm dan aperture f/1.8. Lensa ini mampu menangkap gambar dengan sangat cantik berkat AI Beauty Mode yang ditanamkannya.

Lensa makro 2 MP, yang mampu menangkap gambar dalam jarak yang sangat dekat dengan detail yang terjaga.

Lensa kedalaman (depth) 2MP, lensa ini biasanya digunakan untuk mode potret yang dapat memberikan informasi untuk emmastikan bahwa si objek berada dalam keadaan yang tetap fokus, sementara untuk latar belakangnya blur.

Terakhir ada lensa low-light QVGA, kalau lensa ini sangat cocok digunakan pada malam hari atau dalam keadaan yang minim cahaya. Dengan lensa ini kamu mampu mendapatkan kualitas gambar yang tetap terjaga meski didalam gelap sekalipun.

Beralih ke bagian depannya, dengan desain punch-hole camera, Lensa selfie ini memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Menurut beberapa uji coba kualiatas kamera yang dilakukan oleh para penguji, yang menyebutkan bahwa hasil tangkapan dari kamera Infinix Hot 9 ini cukup bagus dan melebihi ekspetasi yang diperkirakan. Bahkan AI camera ini juga memiliki banyak fitur pendukung seperti Opticial zoom, Digital Zoom, Phase detection autofocus (PDAF), HDR, ISO Settings, Panorama, Autofocus, dan masih banyak lagi.

5. Spekaer sudah didukung Audio DTS

Audio DTS AI Infinix Hot 9

Aktivitas kita ketika menggunakan smartphone pastinya tidak lepas dari aspek Audio, apalagi untuk kamu yang senang bermain game, menonton film, atau bahkan mendengarkan musik. Pastinya membutuhkan kualitas spekaer yang mumpuni agar audio yang diberikan dapat memuaskan bagi siapa saja yang mendengarkannya.

Kualitas sepaker yang baik tentu sudah mulai diperhatikan oleh Infinix, sebab dari beberapa seri smartphonenya yang banyak menggunakan fitur Audio dari DTS.

Nah Infinix Hot 9 ini juga sudah menggunakan fitur DTS ini, atau kepanjangan dari Dedicated To Sound. Dengan dukungan pemrosesan suara ini, kualitas spekaer akan menghasilkan efek suara yang terdengar lebih baik dan menghibur, ini tentu akan meningkatkan pengalaman kamu ketika menggunakan samrtphone untuk bermain game, musik, maupun film.

Katanya sudah banyak diadopsi di seri Infinix? iya betul, namun tidak untuk Hot series. Bahkan teknologi pemrosesan suara DTS ini baru diadopsi pada Hot 9. Nah bedanya, jika kita lihat ke seri Hot 8 sebelumnya, ia masih menggunakan tipe spekaer biasa dan belum DTS.

6. Penyimpanan yang bervariasi dan LPDDR4X

LPDDR4X Infinix Hot 9

Walau hanya dibandrol dengan harga hanya Rp 1 jutaan saja, Infinix Hot 9 ini tidak melit soal memori penyimpanan yang diberikannya. Smartphone ini memiliki tiga varian Internal yakni 32 GB, 64 GB, dan yang tertinggi 128 GB tentunya ketiga varian tersebut memiliki harga yang bervariasi juga namun masih di kisaran satu jutaan.

Dengan minimal kapasitas penyimpanan yang dimilikinya, tentu Smartphone ini sangat relevan sekali untuk kebutuhan anak muda zaman sekarang. Sebab penyimpanan yang besar pastinya bisa menyimpan daya yang banyak juga, untuk yang hobi bermain game misalnya tentu bisa mendowload banyak game dismartphone, untuk kmau yang hobi fotografi juga cocok sebab bisa menyimpan banyak dokumenstasi foto maupun video langsung ke smartphone.

Selain kapasitas yang besar, Infinix Hot 9 ini juga menawarkan dua varian RAM yakni 3 GB dan 4 GB. RAM dari smartphone ini sudah menggunakan LPDDR4X yang dikenal sebagai generasi terbaik dan terbaru saat ini. Tipe RAM satu ini diproduksi dengan teknologi proses fabrikasi 19nm, yang membedakan dengan generasi sebelumnya adalah efesiensi daya yang meningkat 10%.

Keuntungan Infinix Hot 9 menggunakan tipe LPDDR4X adalah proses transfer data yang lebih cepat, bahkan tebut di angka 34.1 Gpps. Yang artinya smartphone ini akan memberikan pengalaman multitaskin yang jauh lebih baik dan hemat daya baterai tentunya.

7. Face Unlock dan Fingerprint

Face Unlock dan Fingerprint Infinix Hot 9

Isu keamanan untuk smartphone menjadi salah stau perhatian paling besar belakangan ini, sebab maraknya pencurian data dari orang-orang jahil, selain itu untuk kamu yang kemana-mana pasti bawa smartphone tentunya keamanan privasi juga menjadi hal yang diperhatikan. Untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya smartphone saat ini sudah menyediakan fitur-fitur keamanan bawaan seperti Pola, Password, sampai PIN.

Tetapi apakah itu saja cukup? tentunya tidak. Saat ini banyak inovasi-inovasi pintar guna memperkuat keamanan sebuah perangkat smartphone, contoh saja yang lagi ngetren nih seperti sensor keamanan biometrik Face Unlock dan Fingerprint.

Dan sebagai salah satu vendor smartphone masa kini, infinix tentu tidak mau ketinggalan menyematkan kedua sensor keamanan ini pada smartphonennya.

Face Unlock atau pemindai wajah yang akhir-akhir ini melejit, sejak penggunaan FaceID yang digunakan pada smartphone besutan Apple yakni iPhone. akhirnya smartphone-smarpthone lain pun mengikuti tren ini dan buktinya kini Face Unlock menjadi standar keamanan untuk smartphone terbaru saat ini, salah satunya Infinix Hot 9.

Ada juga Fingerprint pada Infinix Hot 9 yang terletak di belakang bodi smartphone, untuk saat ini sebenarnya sensor sidik jari sudah mulai umum ditemukan di smartphone terbaru masa kini. Fitur keamanan ini diyakini sangat fleksible sebab bisa membuka kunci smartphone dengan sangat simple dan cepat. Selain itu sensor ini juga digadang-gadang paling aman, sebab menurut penelitian dari Francis Galton kemungkinan kesamaan sidik jari manusia hanya 1 banding 64 miliar orang, jadi sangat tidak mungkin smartphone kamu dibobol karena sidik jari yang mirip.

Baca Juga : 13 Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Note 7 Lite, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone Infinix Hot 9

Setelah mengetahui beberapa poin kelebihan diatas, jangan berpikir smartphone ini tidak memiliki kekurangan. Apa ada sih samrtphone yang seratus persen sempurna? pastinya ada saja beberapa celah kekurangan yang terlihat. Nah dibawah ini kita akan simak beberapa poin kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Pengisian daya yang lama (tidak ada Fast Charging)

tidak ada Fast Charging Infinix Hot 9

Teknologi pengisian cepat atau fast charging adalah salah satu fitur yang wajib sekali tersemat pada perangkat smartphone masa kini, terutama di kelas menengah. Dengan adanya dukungan teknologi ini, pengguna dapat menikmati kehebatan pengisian daya ulang baterai dengan sangat cepat, meskipun kapasitas baterainya besar.

Hal ini pun juga ada pada Infinix Hot 9 yang tidak ada teknologi pengisian cepat ini, walau kita tahu smartphone ini memiliki keunggulan pada kapasitas baterai yang besar namun tidak untuk pengisan daya ulangnya. Jangan harap smartphone ini dapat mengisi daya dengan sangat cepat hingga penuh, untuk smartphone lainnya yang mungkin sudah mendukung fast charging, waktu 1 jam ini biasanya sudah bisa memenuhi isi baterai smartphone.

Namun hal ini jauh dari ekspetasi untuk Infinix Hot 9 sebab absennya fast charging.  Smartphone ini hanya menggunakan dukungan pengisan X-Charge 10W.

2. Peforma yang kalah saing

MediaTek Helio A25 Infinix Hot 9

Berbeda dengan kebanyakan smartphone Infinix Lainnya yang biasanya sangat andal sekali untuk urusan perfroma, sebebarnya saya juga menemukan kespesialan dari perfroma pada Infninix Hot 9, hanya saja masih kalah saing dari para kompetitor diharga yang sama.

Infinix Hot 9 hadir dengan chipset MediaTek Helio A25 yang dibuat  dengan proses fabrikasi 12 nm. Chipset ini memiliki prosessor octa-core yang terdiri dari 4 core berkecepataan 1,8 GHz dan 4 core berkecepataan 1,5 GHz. Selain itu pengelola grafis atau GPU yang digunakannya adalah PowerVR GE8320.

Saya akaui Helio A25 ini bukan chipset yang jelekm bahkan ia adalah salah satu chipset hemat daya, oleh karena itulah Smartphone ini memiliki daya tahan beterai yang cukup baik. Namun untuk kategori, chipset yang bertenaga, Helio A25 ini masih kalah saing.

Dari beberapa test perfroma yang dilakukan, Infinix Hot 9 ini mengalami overheat ketika digunakan untuk bermain game seperti Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile dalam pengaturan grafis medium. Wajar saja isu panas ini juga dipengaruhi oleh konfigurasi CPU yang dipakainya.

Kalau kita bandingkan nih dengan smartphone lain dikelas harga 1,8 jutaan seperti Realme C3 atau Realme 5i yang memiliki perfroma yang cukup baik, dengan Helio G70 dan Snapdragon 665 nya.

3. Belum mendukung USB Type-C

Belum mendukung USB Type-C Infinix Hot 9

Untuk pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan microUSB, dimana konektor ini memiliki bentuk dengan ujung yang datar dan lengkung seperti membentuk atap rumah. Namun saat ini semakin berkembangnya dunia teknologi, ada yang namanya USB TypeC yang bentuknya ini lebih fleksible yakni simetris pada ujung-ujungnya, bentuk ujung konektornya menyerupai huruf C atau oval.

Infinix Hot 9 ini ternyata masih saja menggunakan tipe microUSB, yang banyak orang katakan sudah ketinggalan zaman. Seperti yang ditulis oleh kebanyakan sumber, tipe port USB C ini saat ini sudah menjadi standar konektor teknologi di masa depan, buktinya sudah banyak brand smartphone yang menggunakan jenis ini.

Beberapa kelebihan USB tipe C seperti, desain yang user-friendly jadi kamu tidak perlu binggung ketika memasukkannya ke dalam lubang, sifatnya Universal dimana tipe C ini sudah banyak diadopsi pada jenis perangkat luar sana seperti tablet, laptop, PC, hingga kamera digital, Transfer daya lebih cepat, Transfer data lebih cepat, dan kelebihan-kelebihan lainnya.

4. Hanya Support 5 point Multi-Touch saja

Support 5 point Multi-Touch Infinix Hot 9

Aspek layar yang dimiliki Infinix Hot 9 memang sangat unggul, namun tidak untuk akurasi dan fluiditas pada layarnya. Mungkin kamu sudah tahu beberapa hal yang ada di layar smartphone, seperti resolusi yang mempengaruhi ketajaman, jenis layar yang mempengaruhi kualitas layar, hingga yang jarang orang ketahui adalah multi-touch.

Perlu kamu tahu dulu, Multi-touch ini adalah kemampuan layar untuk merespon lebih dari satu titik sentuhan jari secara bersamaan, seperti contoh teknologi multi-touch ini bisa dengan mudah memperbesar atau memperkecil suatu tampilan gambar dengan gerakan mencubit (pinch iin dan pinch out), jadi tanpa multi-touch kamu tidak bisa melakukan hal ini.

Infinix Hot 9 ini hanya memiliki layar yang mengukung sentuhan 5 point saja pada multi-touchnya. Yang artinya layar hanya akan merasakan 5 titik sentuhan dalam satu kali sentuhan secara bersamaan. Padahal untuk smartphone masa kini, sudah banyak yang mendukung layar dengan 10 point multi-touch.

Jadi semakin banyak point pada multi-touch maka pengguna akan semakin merasakan pula akurasi dan kecepataan sentuh yang baik pada layar smartphone, inilah yang membuat pengalaman navigasi menjadi lebih menyenangkan.

Harga dan Spesifikasi Infinix Hot 9

  • Nama : Infinix Hot 9
  • Rilis: Maret 2020
  • Bobot : 185 gram
  • Layar: IPS LCD 6.6 inci, HD+
  • Resolusi : 720 x 1600 pixels, screen ratio 82.8%
  • Sistem Operasi : Android 10, XOS 6.0
  • RAM : 2GB, 3GB, 4GB
  • Memori Internal : 32GB, 64GB, 128 GB
  • Chipset : MediaTek Helio A25 (12 nm)
  • GPU :  PowerVR GE8320
  • Kamera Belakang : 16 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth), QVGA (low light sensor)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable

Baca Juga : 10 Kelebihan dan kekurangan Smartphone Infinix Hot 10, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Singkatnya smartphone ini memiliki banyak sekali keunggulan yang meyakinkan walau hadir dikelas mid-range dengan harga hanya Rp 1 jutaan, berbagai aspeknya cukup bisa menghipnotis siapa saja yang pertama kali melihatnya untuk memilikinya.

Aspek seperti perfroma yang kencang dengan dibekalinya chipset dari Mediatek Helio A25 dengan disandingkan RAM 4GB dan internal 128GB. Selain itu ada sektor kamera juga yang unggul berkat konfigurasi quad-camera yang lengkap, Keunggulan lain yakni baterai yang besar dengan mengusung kapasitas 5000 mAh, untuk bagian luarnya seperti desain dan layar juga cukup mumpuni.

Nah hal ini juga berkali-kali dipaparkan oleh Bruno Li, yang mengatakan, “Smartphone Infinix Hot 9 ini adalah salah satu produk eterbauk di kelas premium mid-end di indonesia, lebih khususnya untuk anak-anak muda yang membutuhkan smartphone dengan spek mumpuni untuk mendukung kegitaan mereka sehari-hari, seperti bermain game, sosial media, stremming video, fotografi, dan lain sebagainya.” ucap Bruno.

Dalam perilisannya pada 23 Maret 2020 lalu di indoensia, Infinix Hot 9 ini hadir dalam beberapa varian harga tergantung daripada penyimpanannya. Yang paling mahal ada varian RAM 4 GB dan Internal 128 GB dengan harga Rp 1,7 juta saja.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.