10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Mi 10 5G, Harga dan Spesifikasi

Ponsel merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, ponsel juga bisa digunakan untuk segala keperluan bukan hanya sebagai media komunikasi saja, akan tetapi juga sebagai gaya hidup dan juga hiburan. Ponsel juga semakin hari mengalami perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakatnya, mulai dari desain hingga fitur-fitur yang ada di dalam ponsel tersebut.

Bukan hanya berkembang di bidang tampilan dan fitur-fiturnya akan tetapi jaringan yang ada di dalam ponsel tersebut juga mengalami perkembangan. Dari awal kemunculannya, jaringan ponsel awalnya hanya didukung dengan sistem jaringan 2G yang terus berkembang menjadi 3G, 4G dan sekarang pengguna ponsel dihebohkan dengan kemunculan 5G. apa itu jaringan 5G dan apa keunggulannya? 5G adalah adalah jaringan seluler generasi ke 5 yang menawarkan kecepatan internet jauh lebih baik dari sebelumnya, adapun keunggulan dari jaringan 5G ini adalah memungkinkan konektivitas yang lebih cepat, stabil dan juga aman.

Dilansir dari kompas.com, jaringan 5G pun sudah hadir di Indonesia sejak 27 Mei 2021 yang lalu, jadi kemunculan jaringan 5G ini masih terbilang baru di Indonesia, warga indonesia sudah bisa menikmati jaringan 5G ini diberbagai tempat di Indonesia. Akan tetapi sayangnya hingga saat ini ponsel yang diiringi dengan sistem 5G masih terbilang sedikit, hanya beberapa jenis ponsel saya yang mempunyai fitur 5G di dalamnya. Salah satunya adalah Xiaomi Mi 10 5G.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Mi 10 5G, Harga dan Spesifikasi

Mungkin kita tidak asing lagi mendengar nama salah satu brand yang dikembang oleh perusahaan Xiaomi, Xiaomi mempunyai beberapa brand Handphone mulai dari Mi, Poco dan beberapa produk lainnya, xiaomi juga terkenal dengan mengikuti perkembangan kebutuhan para konsumen bahkan beberapa produk yang mereka keluarkan belum pernah dikeluarkan oleh brand lainnya, misalnya saja dalam mengikuti perkembangan jaringan 5G ini. Mi 10 5G merupakan salah satu jenis ponsel yang dikeluarkan oleh Xiaomi sejak tahun 2020 yang lalu, adapun keunggulan dari Mi yang satu ini adalah telah menerapkan jaringan 5G.

kelebihan dan kekurangan xiaomi mi 10 5g

Sementara itu beberapa  spesifikasi Mi 10 5G ini meliputi: ukuran layar ponsel sekitar 6,6 Inchi, adapun kapasitas memori Xiaomi Mi 10 5G terbagi menjadi tiga yaitu 6 GB/ 128 GB, 8GB/128GB dan juga 8GB/265GB, ponsel ini terdiri dari 4 warna mulai dari Nighttime Blue, Chrome silver, Graphite Gray dan juga Aurora Green, panjangnya sekitar 161,81 mm, lebar 75,34 mm, tebal 8,92 mm dan beratnya sekitar 190 gram, kapasitas baterai 5000 mAH yang sudah dilengkapi dengan sistem fast charging sementara itu ponsel ini memiliki 3 kamera, dengan resolusi  48 MP kamera utama dan  8 MP kamera depan, adapun keamanan ponsel ini didukung oleh fingerprint dan juga face unlock, selain itu android ini juga telah mendukung sistem android 11. Bagaimana menarik bukan?

Akan tetapi, seperti yang kita ketahui semua benda yang ada di semesta ini memiliki kekurangan dan kelebihan dan tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan jenis Handphone yang satu ini. Xiaomi Mi 10 5G memiliki segudang kelebihan dan juga terdapat kekurangan. Jadi sebelum membeli ponsel jenis ini ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan HP Xiaomi Mi 10 5G

1. Dilengkapi Performa Qualcomm Snapdragon 865

snapdragon xiaomi mi 10 5g

Salah satu keunggulan yang dimiliki Xiaomi Mi 10 5G adalah sistemnya yang sudah dilengkapi dengan snapdragon 865, kita tahu walaupun saat ini snapdragon  jenis ini tergolong bukan jenis snapdragon yang paling tinggi, akan tetapi snapdragon jensi ini terbilang merupakan salah satu jenis  snapdragon yang mempunyai kualitas cukup tinggi,  dengan adanya fitur ini membuat ponsel ini semakin lancar digunakan baik dalam kegiatan apapun seperti bermain game dan lain sebagainya. Jadi buat kalian yang mencari ponsel 5G dengan performa terbaik, xiaomi Mi 10 5G adalah solusi yang paling tepat.

Baca Juga : 6 Rekomendasi HP Snapdragon 662 Terbaik

Dengan adanya snapdragon 865 ini membuat hp yang satu ini jauh lebih baik sekitar 25 persen dibandingkan dengan Xiaomi lainnya dan hal ini juga membuat konsumsi baterai yang ada di dalam ponsel ini 25 persen jauh lebih rendah dibandingkan produk Xiaomi yang lainnya. dengan adanya performa tersebut maka jangan khawatir jika pengguna HP yang satu ini menjalankan game berat atau tidak. Ponsel ini juga disediakan untuk pengaturan grafis tertinggi sekalipun.

Snapdragon adalah sistem on chip yang biasanya digunakan pada sistem operasi android maupun Ios. Adapun fungsi dari snapdragon adalah sebagai pemroses data, pemproses gambar visual, sebagai media penyimpanan dan juga sebagai konektor internet. Jadi dengan adanya snapdragon ini, sistem dalam ponsel atau HP dapat bekerja secara maksimal. Jadi dengan adanya penggunaan snapdragon yang mencapai 865 membuat performa dalam ponsel secara maksimal, bukan hanya bermain game saja akan tetapi hal ini juga berpengaruh pada penangkapan gambar visual dan juga koneksi internet.

2. Kualitas Kamera yang Memadai

108MP Quad Kamera mi 10 5G

Sebagai salah satu jenis HP kelas atas, pihak Xiaomi juga tidak akan meninggalkan kualitas kamera yang ada di dalam ponsel ini. Kamera Xiaomi terkenal dengan kecerahan dan kenaturalan hasil tangkapannya.  Bagi beberapa orang yang mencari kamera ponsel dengan kualitas yang bagus, maka mi 10 5G adalah solusinya.

Seperti yang telah dicantumkan di atas, ponsel ini memiliki 3 kamera belakang dan jug satu kamera depan, dengan resolusi kamera utama yang mencapai 48 MP, membuat setiap tangkapan foto dari hp ini terlihat secara maksimal, jernih dan juga mengeluarkan detail yang sangat baik, bukan hanya hasil tangkapan foto dari kamera belakang akan tetapi hasil tangkapan kamera depannya juga sangat jernih dan membuat foto selfie kamu terlihat jauh lebih natural.

Bukan hanya tangkapan foto saja, akan tetapi hasil tangkapan video dalam Xiaomi Mi 10 5G juga terlihat bagus dan cerah, fitur ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan editing video. Bahkan hasil tangkapan video ponsel ini tidak kalah dengan hasil tangkapan kamera mahal, bahkan bagi kalian yang suka dengan fitur slow motion, kamera ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Selain itu ponsel ini juga mempunyai fitur yang bernama Movie Frame yang akan membuat hasil rekaman yang terlihat layaknya seperti sebuah film. Di dalam kamera juga terdapat fitur pro mode yang bisa dinikmati sehingga akan menambahkan beberapa fungsi lain seperti AE/AF lock, Focus peaking bahkan shootysteady, fitur-fitur tersebut akan membuat kamera akan terlihat seperti sebuah kamera profesional.

Sebagai tambahan kamera sensor dalam ponsel ini mencapai 108 MP, resolusi kamera yang besar ini didukung pula oleh Qualcomm Spectra 480 ISP, AI 2.0 Optimization dan juga teknologi HEIF compression yang membuat hasil foto akan berkualitas tinggi, namun jangan khawatir karena dengan sistem pendukung ini akan membuat ukuran atau size yang lebih kecil.

3. RAM dan ROM besar

8GB LPDDR5 256GB UFS3

Pada ponsel lain sering kita temukan beberapa ponsel yang memiliki kapasitas memori yang sangat kecil sehingga tidak memungkinkan untuk menyimpan video, foto, file atau bahkan aplikasi sekalipun, atau bahkan diantara kita ada yang mengalami hal yang sama, sebelum mendownload suatu aplikasi atau ingin merekam momen berharga namun mendapat peringatan memori tidak cukup dan harus membersihkan memori terlebih dahulu, hal ini sungguh menjengkelkan karena beberapa momen harus segera di dokumentasikan dan juga di ponsel tersebut terdapat banyak file penting yang tidak bisa dihapus satu persatu, namun jangan khawatir dengan kemunculan Xiaomi Mi 10 5G ini akan meminimalisir hal tersebut.

keunggulan lain yang dimiliki oleh Mi 10 5G ini adalah memiliki kapasitas memori yang besar, baik RAM dan juga ROM nya, kapasitas memori super besar ini akan membantu para penggunanya menyimpan berbagai jenis file, aplikasi dan lainya dalam jumlah yang banyak. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika memori kamu akan penuh, karena ponsel ini memiliki kapasitas yang akan menampung segala keperluan kamu di dalam ponsel baik aplikasi seperti game berukuran super besar dan juga aplikasi lainnya. dengan menggunakan ponsel jenis ini kamu tidak perlu menghapus dan memilah file di penyimpanan lagi.

4. Jaringan 5G

jaringan 5g mi 10 5G

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Mi 10 ini adalah jaringan 5G nya, bagaimana tidak, jaringan ini masih sedikit dimiliki oleh beberapa ponsel di Indonesia, dengan adanya jaringan ini kualitas internet penggunan juga akan semakin meningkat dan semakin cepat, jadi dengan menggunakan HP ini juga kecepatan internetnya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan HP yang masih memiliki jaringan internet dibawah 5G ini. Jaringan 5G juga menjadi salah satu ciri khas dari ponsel ini, hal inilah yang paling banyak diburu orang lain ketika ingin membeli HP Xiaomi Mi 10 5G ini.

5. Fast Charging dan Dilengkapi dengan Wireless Charging

pengisian daya cepat mi 10 5G

Untuk mengisi daya sampai dengan 5000 mAH pada umumnya akan membutuhkan waktu yang sangat lama hingga baterainya tersebut mencapai 100%, akan tetapi Mi 10 ini telah dilengkapi dengan fitur fast charging, artinya kecepatan pengisian daya ponsel ini jauh lebih cepat  dan bisa mengisis daya hingga 100 persen dalam waktu 65 menit dengan menggunakan pengisi daya 30 W. Dengan cepatnya pengisi daya tersebut hal ini bisa membantu anda mengurangi pengeluaran listrik selain itu ini juga tidak akan menyia-nyiakan waktu anda saat menunggu baterai ponsel ini terisi penuh

Selain itu ponsel ini juga telah dilengkapi dengan sistem nirkabel atau wireless charging, artinya ponsel tersebut dapat mengisi daya tanpa bantuan kabel sekalipun. Untuk jenis ponsel nirkabel di Indonesia juga terbilang masih jarang ditemukan.

6. Sistem Dual Speaker yang Disempurnakan

dual speaker

Bagi kalian yang menyukai musik dan juga menonton video dengan menggunakan HP, mungkin Mi 10 ini adalah pilihan yang sangat tepat, karena ponsel ini telah memiliki dual speaker untuk audionya.  Audio ponsel jenis ini memiliki dual 1216 speaker super linear yang membuat volumenya besar dan juga jangkauannya yang semakin jauh. Jadi suara yang dihasilkan oleh Mi 10 ini sangat cocok di dengar pada saat menonton film, bermain game  atau juga mendengarkan musik. Selain itu suaranya juga terdengar jernih dan suara yang dikeluarkan tidak akan pecah jika mengeluarkan suara dengan volume penuh.

7. Tampilan

Tampilan 90Hz mi 10 5g

Selain beberapa keunggulan di atas, keunggulan lain yang dimiliki oleh Mi 10 ini adalah tampilan dan desainnya yang sangat memukau. Desain ponsel ini juga terlihat sedikit melengkung yang akan meminimalisir  terjadinya Hp tersebut jatuh dari tangan, desain ini juga akan membuat lebih nyaman ketika digunakan saat bermain game.

Sepertinya tampilan desain Xiaomi Mi 10 5G ini memang didesain untuk keperluan saat ini, karena hal ini sangat mementingkan apa yang diinginkan para konsumen saat ini. Selain tampilan desain yang memukau, warna desain Xiaomi Mi 10 5g juga terlihat sangat memukau dan warnanya terlihat sangat berkelas. Dari penempatan kamera juga membuat tampilan ponsel ini semakin terlihat maksimal.

Kekurangan Xiaomi Mi 10 5G

Ternyata bukan hanya keunggulan saja, akan tetapi Xiaomi Mi 10 5G juga memiliki beberapa kekurangan, adapun beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 10 5G ini adalah sebagai berikut:

1. Belum Dilengkapi Sertifikasi IP68

Salah satu penyebab yang sering membuat ponsel rusak adalah karena disebabkan jatuh ke dalam air, terkena hujan dan masalah-masalah yang berhubungan dengan air lainnya. Jika hal tersebut terjadi, itu menandakan ponsel itu belum dilengkapi dengan sertifikasi IP68 dan salah kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 10  5G ini adalah belum memiliki sertifikasi IP68, IP68 adalah kode sertifikasi yang dirilis oleh komisi elektronik Internasional yang berarti produk ini dapat dibawa hingga kedalam 1,5 meter dibawah permukaan air.

Artinya ponsel ini belum dilengkapi anti air sehingga sangat berbahaya jika jatuh kedalam air dan juga ketika si pemilik ponsel tersebut kehujanan. Bukan hanya tidak dilengkapi dengan anti air saja, akan tetapi ponsel ini juga terlihat rawan berdebu. Bagi para pengguna HP jenis ini agar berhati-hati dan tidak terkena air.

2. Tidak dibekali Port Audio Check 3,5 mm

Sejak dahulu ponsel telah dilengkapi dengan port audio check atau juga yang biasa disebut dengan lubang earphone, adanya port audio ini menandakan sejak dahulu mendengarkan suara dari ponsel merupakan salah satu kebutuhan mendasar, bukan hanya mendengarkan musik saja akan tetapi dengan adanya port audio tersebut seseorang juga bisa mendengarkan radio atau telepon dengan suara yang sangat minim.

Bagi para pecinta musik, tidak dibekali dengan port audio check merupakan hal yang sangat merugikan, hal ini karena kamu tidak bakalan bisa menikmati musik dengan bantuan earphone, headphone atau sejenisnya. Jadi satu-satunya cara yang digunakan adalah dengan menggunakan earphone bluetooth. Walaupun saat ini sudah banyak earphone bluetooth yang sudah tersebar di pasaran, akan tetapi tanpa adanya port audio ini juga sangat merugikan. Bagi para pecinta produk xiaomi mungkin bisa menggunakan produk Headset Bluetooth. Bukan hanya ponsel saja, akan tetapi Xiaomi juga mengeluarkan beberapa produk lain seperti headset yang akan melengkapi kebutuhan para konsumen mereka.

3. 5G Jarang Terpakai di Indonesia

Sebelumnya telah disebutkan bahwa jaringan 5G sudah ada di negara kita, akan tetapi sistem jaringan 5G ini belum tersebar di seluruh wilayah indonesia dan hanya tersedia di beberapa kota besar saja, jadi sistem jaringan 5G ini tidak akan terpakai dan hanya mentok di jaringan 4G saja.

Harga dan Spesifikasi

  • Layar: Super AMOLED, 6,67 inci
  • Chipset: Snapdragon 865
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 108 MP + 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Li-Po 4780 mAh
  • Harga : Rp 8,500,000 – Rp 9,500,000

Bagimana, masih tertarik dengan produk yang satu ini?

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *