Tips Menambah RAM Laptop dan Efek Sampingnya Yang Perlu Diketahui

Menambah RAM laptop adalah salah satu syarat wajib untuk meningkatkan performanya menjadi lebih baik. Sebab, meskipun Anda sudah upgrade VGA dan prosesor maka tetap kurang jika kapasitas RAM tidak berubah. Bermula dari sinilah kemudian banyak bermunculan bagaimana cara menambah RAM laptop? Tenang, Anda bisa segera mengetahuinya lewat artikel berikut.

Laptop sekarang ini sudah menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari. Software yang terus diperbaharui menuntut para pengguna memiliki spesifikasi perangkat memadai supaya tetap bisa mengoperasikan dengan lancar. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah RAM.

Selain mengulas tentang bagaimana cara menambah RAM Laptop, kita juga bahas tips dan efek samping setelah melakukan upgrade. Tanpa panjang lebar, mari disimak uraian selengkapnya berikut.

Cara Menambah RAM Laptop

Tips Upgrade RAM Laptop

Upgrade RAM tergolong sebagai modifikasi pada perangkat, oleh karena itu tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apabila Anda hanya asal mengganti tanpa mengetahui beberapa hal dasar yang sifatnya penting, besar kemungkinan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Supaya tidak menyesal nantinya, pahami dahulu beberapa langkah ini:

1. Ketahui Alasan Upgrade RAM

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan sebelum menambah RAM adalah alasan mengapa harus melakukannya. Apakah memang karena kebutuhan atau sekedar untuk iseng-iseng belaka. Ingat, kegiatan ini bisa saja memberikan dampak buruk terhadap perangkat Anda.

Sebagai contoh, Anda ingin upgrade RAM laptop karena ingin memakainya untuk mengedit video. Maka RAM minimal yang diperlukan sebesar 8GB. Kapasitas ini dirasa sudah cukup dan tidak menimbulkan lag pada saat editing video.

Beda lagi ketika Anda ingin mengganti RAM untuk pekerjaan ringan seperti membuka Microsoft Office. Menambah ke RAM 4GB tentu sudah cukup dan tidak perlu sampai harus 8GB. Intinya, sesuaikan kebutuhan.

Selain menyesuaikan menurut kebutuhan, disarankan agar Anda upgrade 2x lipat dari kapasitas sekarang. Sebagai contoh, RAM laptop saat ini 2GB maka lebih baik menjadikannya 4GB. Begitulah seterusnya.

2. Cek Ketersediaan Slot RAM 

Tidak sedikit orang yang bertanya ‘’Apakah semua laptop bisa upgrade RAM?” Jawabannya Ya. Namun, tidak semunya bisa menambah RAM karena sebagian laptop hanya memiliki 1 slot. Sehingga pilihannya hanya mengganti total atau upgrade.

Beda dengan laptop yang dibekali lebih dari 1 slot, maka mereka bisa menambah RAM laptop. Gunakan software Speeccy untuk mengetahui berapa jumlah slot RAM di laptop.

Beberapa laptop juga memiliki slot RAM yang disolder permanen. Kalau sudah begini, Anda tidak bisa mengganti RAM dan pilihannya harus membeli laptop baru. Maka dari itu, sebelum pergi ke toko laptop pastikan dahulu slotnya ada berapa dan bisa diganti atau tidak.

3. Memperhatikan OS Laptop

Setiap laptop dibekali sistem operasi yang berbeda antara satu dengan lainnya. Masing-masing sistem operasi tersebut mempunyai batasan daya baca memori sistem berbeda pula. Perhatikan laptop Anda, apakah menggunakan OS 64-bit atau 32-bit.

Dalam hal ini, OS dengan tipe 64-bit mempunyai jumlah penanganan atau daya baca memori lebih banyak daripada OS 32-bit.

Baca Juga : Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Misalnya saja, Anda memiliki laptop windows 10 32-bit dengan batas limit memori sebesar 4GB. Meskipun Anda menyematkan RAM lebih dari 4GB, maka yang bisa dibaca tetap hanya 4GB. Sedangkan di laptop Windows 10 64-bit, maka support sampai 128GB.

Untuk melihat OS laptop dan tipe arsitekturnya, Anda bisa mengetik about your PC di kolom search windows dan klik enter. Sekarang perhatikan bagian System type.

Baca Juga : Cara Bit Laptop Windows 10, 8, 7

4. Mengetahui Integral Circuit dan Tipe RAM

Perlu Anda ketahui, bahwasannya ada dua Integral Circuit RAM yang dibedakan menjadi SODIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module) dan DIMM (Dual Inline Memory Module). Masing-masing tipe digunakan di perangkat berbeda, sebagaimana SODIMM adalah RAM pada notebook atau laptop dan DIMM pada komputer atau PC.

Setelah diketahui jenis integral circuitnya, Anda sekarang mengecek tipe DDR RAM yang digunakan pada motherboard laptop. DDR (Double Date Rate) merupakan metode yang dipakai RAM untuk mentransfer data di dalam satu siklus.

Sekarang ini tersedia DDR1 – DDR5, namun yang paling banyak digunakan adalah DDR4 dan DDR5 masih dikembangkan. Semakin tinggi angka DDR, kemampuan mentransfer datanya semakin cepat.

Jika laptop Anda menggunakan DDR4, maka chip RAM baru harus DDR4 pula. Meskipun sekarang ada sejumlah motherboard yang menudukung multi versi DDR. Tetap saja direkomendasikan supaya menggunakan versi DDR yang sama.

Semisal saja, SODIMM DDR4 12GB PC4-19200 (2800MHz). DDR4 berarti tipe RAM yang dipakai, 12GB menunjukkan kapasitasnya dan PC4-19200 (2800MHz) melambangkan tipe memorinya, dengan kecepatan 2800 MHz.

5. Mengetahui Kecepatan atau Frekuensi RAM

Tips mengganti RAM laptop yang tidak kalah penting lainnya adalah mengetahui frekuensinya. Jika RAM bawaan laptop Anda bertipe DDR PC-4-19200 (2800 MHz), maka RAM yang nantinya dipakai untuk upgrade harus identik atau sama. Ketika Anda salah membeli, maka RAM baru akan mengikuti frekuensi pada RAM bawaan laptop.

Semisal, RAM default dari laptop Anda menggunakan tipe DDR4 PC4-19200 (2800 MHz). Kemudian Anda menggantinya dengan RAM baru DDR4 PC4-22400 (3200MHz). Maka frekuensi RAM baru mengikuti bawaan laptop dan membuat kecepatan RAM jadi lebih kecil.

Sebab, RAM bawaan laptop sebesar 2800 MHz. RAM baru yang sebenarnya berkecepatan 3200 MHz tidak berfungsi atau mentok di angka 2800 MHz menyesuaikan bawaan laptop.

6. Maksimalkan Channel di Perangkat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, secara umum laptop dibekali lebih dari satu slot RAM. Agar pekerjaan laptop lebih ringan, Anda tinggal menambah banyak RAM dan tidak bergantung pada satu channel saja.

Sebagai contoh, Anda menginginkan RAM 8GB. Maka dianjurkan membeli 2 buah RAM yang masing-masing berkapasitas 4GB. Intinya, membeli 2 buah 4GB lebih baik daripada 1 RAM 8GB. Sehingga, laptop tidak akan terlalu terbebani dan performanya lebih ringan.

Apabila ingin menerapkan metode ini, merknya boleh berbeda namun pastikan spesifikasinya sama. Spesifikasi itu terdiri dari kapasitas, frekuensi dan versi DDR.

7. Pilih Chip RAM yang Bagus

Sekarang ini semakin banyak chip RAM laptop yang dijual dipasaran. Jangan asal pilih, sebaiknya Anda membeli dari beberapa merk terkenal dan sudah terbukti kualitasnya. Seperti merk Visipro, Corsair, Samsung dan Infineon, semuanya cukup direkomendasikan untuk dipilih. 

Untuk frekuensi pemakaian laptop relatif lama, dianjurkan supaya membeli RAM yang dibekali heat spreader. RAM seperti ini terbukti memberikan kestabilan dan performa lebih bagus.

8. Berkonsultasi Kepada Teman Lain Yang Lebih Paham

Apabila Anda kebetulan memiliki teman yang sudah berpengalaman di bidang laptop dan jeroannya, maka bisa mengobrolkan hal ini. Sehingga, Anda bisa mendapatkan saran terbaik dari mereka dan meminimalisir risiko mengalami kegagalan.

Jika tidak ada teman dekat yang paham, bisa bertanya langsung ke tukang service laptop terdekat.           

Cara Menambah RAM Laptop

Ketika sedang membicarakan bagaimana cara mengganti RAM laptop, maka ada beberapa metode yang bisa dilakukan oleh pengguna. Mulai dari yang gratisan, biaya murah sampai mengharuskan Anda menabung terlebih dahulu. Selengkapnya sebagai berikut:

1. Cara Menambah RAM Laptop Tanpa Membeli

Metode pertama ini memanfaatkan Hardisk Internal, sehingga Anda bisa melakukannya kapanpun dan tidak perlu pusing soal biayanya. Adapun langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

  1. Silahkan Anda klik kanan pada ruang kosong di bagian My Computer. Kemudian klik tombol Properties
  2. Setelah itu, pilih menu Advanced System Setting
  3. Apabila sudah berhasil masuk ke system properties, Anda bisa melihat tampilan performance dan klik opsi Setting
  4. Kemudian Anda masuk ke Performance Option. Sekarang klik tombol Change di menu Virtual Memory
  5. Perhatikan bagian automaticallyy manage paging file, hilangkan centangnya
  6. Kemudian pilih drive manapun yang ingin dipakai untuk meningkatkan
  7. Masukkan angka agar Anda bisa menambah RAM sesuai dengan ruang kosong di hardisk internal laptop
  8. Sekarang klik Set dan pilih tombol OK
  9. Kemudian silahkan restart laptop dan cek bagian memori, pasti angka virtualnya bertambah
  10. Selesai

2. Cara Menambah RAM Laptop 2GB Menjadi 4GB

Berbeda dengan metode sebelumnya yang benar-benar gratis, maka kali ini Anda perlu mengeluarkan sedikit uang. Yaitu untuk membeli flashdisk dan menjadikannya sebagai RAM. Langkah ini tentu saja lebih mudah dan efektif daripada membeli chip RAM baru.

Nah, apabila sudah penasaran langsung ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan flashdisk terlebih dahulu, kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan. Pada contoh ini kita menggunakan flashdisk 4GB
  2. Kemudian sambungkan flashdisk ke laptop
  3. Buka menu Windows Explorer di laptop
  4. Setelah itu klik kanan pada device flash disk
  5. Pilih properties
  6. Pada halaman properties, klik opsi readyboost
  7. Kemudian klik use device
  8. Atur sesuai kapasitas flashdisk yang Anda gunakan sebagai RAM
  9. Klik apply dan OK
  10. Selesai  

Note: Penting untuk diingat bahwasannya tidak semua flashdisk bisa dipakai untuk menambah RAM laptop. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Flashdisk menggunakan sistem FAT16, NTFS, dan FAT32. Kapasitas free space pada flashdisk minimal 235 MB.
  2. Mempunyai waktu akses cepat, setidaknya 1 milidetik
  3. Memiliki kemampuan read; 2.5MB/s and write: 1.75 MB/s.

Apabila Anda memaksakan flashdisk yang tidak memenuhi kriteria diatas, maka berakibat pada rusaknya flashdisk tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Password di Laptop Windows 10

Efek Samping Upgrade RAM Laptop

Setelah Anda berhasil menambah RAM laptop, maka perubahan yang paling dirasakan adalah performa lebih cepat. Jika dahulu laptop Anda kurang bertenaga ketika menjalankan suatu program, maka sekarang sudah tidak lemot lagi.

Seperti itulah kelebihan mengganti RAM laptop dan pasti ada beberapa konsekuensi yang harus siap diterima. Diantaranya seperti:

  • Kegiatan ini dapat merusak hardisk atau hardware jika memakai dua RAM atau lebih dan mereknya berbeda. Kerusakan bisa juga disebabkan oleh memakai RAM beda jenis di 2 slot pada laptop atau notebook
  • Kapasitas dari 2 RAM atau lebih yang beda merek di satu rangkaian laptop berpotensi merusak bagian RAM lain
  • Apabila Anda mengganti dengan chip RAM, biaya yang perlu dikeluarkan cukup mahal. Lebih baik membeli laptop yang baru sekalian
  • Banyak laptop mengalami error sesudah upgrade RAM, khususnya di bagian kompatibel mainboard serta hardware-nya

Demikianlah pembahasan mengenai cara menambah RAM laptop dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya. Semoga bermanfaat untuk Anda, sehingga bisa lebih paham ketika ingin upgrade RAM. Jadikan informasi diatas sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut sebelum melakukannya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.