10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 7, Harga dan Spesifikasi

Xiaomi kembali merilis seri Note andalanya, dimana banyak seri Redmi note yang memiliki spesifikasi mumpuni namun dengan harga yang terjangkau. Kali ini kita kedatangan Xiaomi Redmi Note 7 yang merupakan smartphone kedua dari redmi setelah resmi mandiri menjadi sub-brand dari Xiaomi.

Harganya hanya Rp 2 jutaan saja, namun saya herannya Xiaomi terlalu berani dalam merilis setiap smartphonenya, walau dengan harga yang murah Redmi Note 8 ini terbilang kompetitif untuk beberapa Aspeknya. Mulai dari daya tahan baterai yang awet, Resolusi kamera 48 MP yang luar biasa, dan lain sebagainya.

Walau dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, Rupanya Xiaomi tetap berusaha mempertahankan citranya dan memberikan yang terbaik untuk setiap smartphone rilisannya.

Nah dari pada dibuat pensaran dengan Redmi Note 7 kali ini, mending kita bahas saja Apa si kelebihan dan kekurangan dari Smartphone ini, apakah smartphone ini layak untuk dimiliki? Oke tidak usah berlama-lama mari kita ulas dibawah ini.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Mi 9, Harga dan Spesifikasi

kelebihan dan kekurangan xiaomi redmi note 7

Kelebihan Smartphone Xiaomi Redmi Note 7

Mungkin banyak yang menyepelekan smartphone ini, karena harganya hanya 2 jutaan saja. Namun setelah kamu membaca pembahasan dibawah ini, mungkin akan berubah pikiran. Lantas apa saja sih kelebihan dari Redmi Note 7 ini? yuk langsung saja kita bahas.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Mi 10 5G, Harga dan Spesifikasi

1. Desainnya sangat Menarik dan Kokoh

desain kokoh redmi note 7

Redmi Note 7 ini memiliki bentuk desain yang cantik dan elegan, desainnya hampir menyerupai Xiaomi Mi 8 Lite. Bodi belakangnya di lapisi dengan bahan kaca yang begitu mengkilap.

Walau hadir dengan frame bodi plastik, Redmi Note 7 ini memiliki kekuatan bodi yang terbilang kokoh. Kenapa? Hal ini berkat pelindung Corning Gorilla Glass 5 nya yang mampu menahan smartphone dari segala benturan ataupun kerusakan.

Seperti yang sudah saya singgung diatas, Desain dari Redmi Note 7 ini begitu menarik dengan bodi kaca yang mengkilap. Ada tiga varian warna yang nyentrik dengan variasi gradasi, yaitu Fantasy blue, Black, dan Twilight gold.

2. Layar yang besar dan jernih

layar besar dan jernih redmi note 7

Menurut saya Redmi Note 7 ini sangat cocok untuk kamu yang gemar bermain game ataupun suka menonton film di smartphone. Dengan layar berukuran 6,3 inci beresolusi 2340 x 1080 piksel dan berdensitas 409 ppi dan aspek rasio sampai 19,5:9 layar dari Redmi Note 7 ini sangat baik dalam memberikan pengalaman untuk mata penggunanya, seperti kita di manjakan dengan kualitas displaynya.

Selain besar, layar dari Redmi Note ini juga jernih. Walau notabennya hanya menggunakan panel IPS dan bukan OLED. Layarnya masih tegolong bagus dan memiliki tampilan yang jernih serta jelas.

3. Kualitas Kamera yang Apik

kualitas kamera apik redmi note 7

Redmi Note 7 juga sangat unggul pada sektor kamera, dengan konfigurasi dual camera beresolusi 48 MP dan 5 MP pada bagian belakangnya, kemampuan cameranya sudah cukup oke untuk menangkap hasil foto yang berkualitas.

Perlu kamu tahu juga, Smartphone ini memiliki bukaan lensa F/1.8, 1,6μm piksel besar, dan PDAF yang mempunyai pengaruh besar pada kamera utama dari Redmi Note 8 sehingga bisa menghasilkan foto yang layak ditampilkan di media sosial. Ada juga fiutr Night Mode yang mampu menangkap objek di kondisi low-light dengan baik.

4. Baterai yang mampu Bertahan lama

baterai 4000 mAh redmi note 7

Tak hanya bagus di sektor kamera, Smartphone ini juga bagus pada sektor ketahanan baterai. Dengan kapasitas 4000 mAh tentu ini sudah cukup besar dan mampu bertahan lama. Berdasarkan test yang dilakukan, Redmi Note 7 ini mampu bertahan 108 jam lamanya, denngan rincian 32:35 jam untuk telepon, 14:04 untuk berselancar di internet, dan 14:12 jam untuk menonton video.

Nah selain kapasitas baterai, yang mengembirakan lainnya adalah Redmi Note 7 sudah menghadirkan pengisian cepat dengan dukungan teknologi Qualcomm Quick Charge 4 dengan charger 5V/2A. Pengisan dari 0% sampai penuh, bahkan hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja.

5. Performanya yang kencang

snapdragon 660 redmi note 7

Dengan dibekali chipset kencang besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 660 . Redmi Note 7 ini sangat andal soal hal perfroma dan mampu digunakan untuk melibas aktivitas-aktivitas multitaskin aplikasi maupun bermain game berat.

Hasil tes AnTuTu yang diperoleh bahkan bisa mencapai skor 139075, dan berhasil unggul dibandingkan Honor 8X maupun Realme 2 Pro. Performa dari Redmi Note 7 juga di dukung dengan kapasitas RAM, dan juga sistem MIUI 10 yang berjalan dengan OS Android 9 pie yang terkenal smooth dan playable.

6. Sudah mendukung USB Type-C

mendukung usb type c redmi note 7

Nah ini adalah kelebihan yang menurut saya beda dari yang lainnya, sebab di kelas harga yang terjangkau seperti Redmi Note 7 ini, tipe Port tipe C sudah di dukungnya. Pada era saat ini Port tipe ini semakin marak digunakan pada smartphone-smartphone terbaru, alasannya banyak seperti Transfer daya atau data lebih cepat, multifungsi, bersifat universal, dan kelebihan lainnya.

7. Harganya Murah tapi tidak Murahan

HP Xiaomi di bawah 2 jutaan

Xiaomi sangat terkenal dengan produk-produk smartphonnya yang dijual dengan harga-harga terjangkau, namun herannya spesifikasi yang ditawarkan cukup berlimpah dan berkualitas.

Seperti Redmi Note 7 ini yang dipatok dengan harga yang begitu terjangkau, Ada dua versi Redmi Note 7 yang di rilis. Yakni versi RAM 3 GB + ROM 32 GB dengan harga Rp 1,999,00 ada juga versi 4 GB + 64 GB dengan harga Rp 2,599,000.

Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi Note 7

Terlepas dari beberapa kelebihan yang menarik perhatian, Sayangnya masih ada kekurangan yang terlihat dari Xiaomi Redmi Note 7 ini.

1. Tidak ada dukungan NFC

Sayang sekali di saat tenar-tenarnya fitur NFC, Redmi Note 7 malah tidak memberikannya pada smartphone barunya ini. NFC memungkinkan kita untuk bisa melakukan aktivitas seperti transaksi menjadi lebih mudah, hanya dengan menempelkan smartphone pada mesin maka kita proses pembayaran sudah selesai.

Ya intinya NFC ini adalah teknologi yang mampu mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain dengan mudah dan cepat. Kalau Anda sedang mencari HP Xiaomi yang mendukung fitur NFC silahkan cari tahu pada artikel 15 HP Xiaomi yang Mendukung NFC Terbaru.

2. Tidak tahan air dan debu

tidak tahan air dan debu redmi note 7

Untuk kamu yang menginginkan Smartphone dengan kekuatan tahan air dan juga debu, sayang sekali Redmi Note 7 bukan menjadi pilihan yang cocok untuk kamu. Ya wajar sih, mengingat harga dari smartphone ini juga tidak mahal-mahal amat, bahkan tergolong murah. Jadi Redmi Note 7 minus pada perlindungan IP68 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu.

3. Tidak mendukung Perekaman 4K

tidak mendukung perekaman 4k redmi note 7

Perlu kamu tahu chipset dari Qualcomm Snapdragon 660 sebenarnya telah mengkantongi kemampuan perekaman video beresolusi 4K. Namun walau Redmi Note 7 telah membekali smartphonenya dengan chipset tersebut, perekaman 4K tidak didukung.

Redmi Note 7 hanya mampu merekam video dengan resolusi max 1080p @30fps dan 1080p @60fps. Ya mungkin ini mengecewakan, tetapi menurut saya kualitas hasil rekamannya masih terbilang baik dan tidak jelek-jelek amat.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7

  • Nama : Redmi Note 7
  • Rilis: Maret 2019
  • Bobot : 180 gram
  • Layar: IPS LCD 6,329 inci
  • Resolusi : 720 x 1520 piksel, rasio to bodi 81,5%
  • Sistem Operasi : Android 9.0 (pie), MIUI 12
  • RAM : 2GB, 3GB, 4GB
  • Memori Internal : 16GB, 32GB, 64GB
  • Chipset :  Qualcomm SDM635 Snapdragon 635 (14 nm)
  • GPU : Adreno 506
  • Kamera Belakang : 12MP + 2MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Baterai : 4.000 mAh, Charging 10W
  • Harga Resmi : Rp 1,499,000

Kesimpulan

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang ditawarkannya, Smartphone ini sesungguhnya benar-benar bagus dan menarik dikelasnya. Harganya yang cukup terjangkau menjadi salah satu alasannya, kalau saya bisa mengatakan Redmi Note 7 ini menjadi smartphone paling juara di kelas harganya, sebab di kelas harga yang sama tidak banyak yang menawarkan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan Redmi Note 7 seperti di atas.

Ya walaupun begitu kita masih bisa melihat beberapa kekurangan yang ada. Namun itu tidak menjadi masalah, sebab semua itu di tutupi oleh berbagai kelebihan-kelebihan yang luar biasa.

Apakah Redmi Note 7 cocok untuk kita bawa pulang? jawabannya tergantung. Menurut saya smartphone sangat kompetitif pada beberapa aspeknya seperti desain, spek, fitur kamera, baterai, dan lain sebagainya. Hanya dengan harga 2 jutaan kita bisa melihat smartphone ini memiliki beberapa fitur yang terkesan gimmick ala flagship, itu wajar mengingat harga juga tidak bisa bohongi. Perlu kamu tahu juga, sangat sulit untuk menemukan kualitas dan performa smartphone lain sebaik Redmi Note 8 dengan rentang harga yang sama.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.