Kelebihan dan Kekurangan Realme 7, Harga dan Spesifikasi

Realme Indonesia kembali menghadirkan smartphone kelas mid-range literasi dari Realme 6 bernama Realme 7. Manajemen Realme mengatakan Realme 7 akan menerapkan standar baru di segmen di kelas menengah, dengan serangkaian peningkatan dari segi performa chipset, kamera, dan juga baterai.

Nah seperti apakah penampakan dari Realme 7 ini? berapa harga dan seperti apa spesifikasinya? inilah kelebihan dan kekurangan dari HP Realme 7.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme 7i

Kelebihan Realme 7

1. Desain

desain realme 7

Realme 7 mengusung konsep desain yang sedang nge-trend saat ini, yaitu punch-hole atau layar berlubang yang terdapat pojok kiri atas layar. Sementara dibagian belakang, Realme 7 menggunakan empat kamera yang disusun secara vertikal lengkap dengan LED Flash dan logo Realme dibawahnya.

Penempatan Finger Print sensor dibagian samping juga menambahkan kesan elegan desain dari Realme 7 ini.

2. Layar

90Hz layar realme 7

Realme 7 membentangkan diagonal layar yang cukup lebar 6,5 inch yang didukung resolusi HD++ dan telah dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Disamping itu, layar pada Realme 7 juga mendukung refresh rate hingga 90Hz, sehingga tentu akan memberikan pengalaman menonton video ataupun bermain game yang lebih maksimal.

3. Software Up to Date dan Hardware Power Full

ram memory realme 7

Ponsel anakan OPPO ini memiliki Sistem Operasi Android 10 dengan User Interface Realme UI 1.0. Sedangkan untuk bagian dapur pacunya, Realme 7 mengandalkan MediaTek Helio G95 (12 nm) dan CPU Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55).

Dimana Prosesor ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 2 GHz, untuk kebutuhan bermain game tentunya sudah mumpuni.

4. RAM dan Memori

Untuk mendongkrak peformanya agar maksimal, Realme 7 disokong dengan RAM berkapasitas 8 Gb dengan penyimpanan internal 128 Gb, dan menariknya kamu masih dapat menambahkan slot microSD hingga 512 Gb.

5. Hasil Foto

hasil foto realme 7

Untuk menunjang eksistensi dan mengabadikan setiap moment kamu, Realme 7 memiliki kemampuan kamera yang menarik. Pada bagian belakang terdapat 64 Mp pada kamera Rear yang menggunakan sensor Sony IMX682.

Untuk kamera keduanya menggunakan lensa 8MP ultra-wide, kamera ketiga 2MP portrait, terakhir 2MP macro lens dengan jarak fokus terdekat 4cm.

Sementara untuk kamera selfie, Realme 7 menggunakan kamera beresolusi 16MP. Untuk kemampuan perekaman video, Realme 7 juga telah mampu merekam video dimaksimal resolusi 4K, dilengkapi dengan UIS Video Stabilization dan bisa merekam slow motion di 1080P Slow-mo, 120fps EIS.

6. Kapasitas Baterai Besar

kapasitas baterai realme 7

Pada sektor daya, ponsel ini memiliki kapasitas baterai 5000 mAh, dengan dukungan teknologi fast charging 30W DART Charge yang menjanjikan baterai penuh hanya dalam waktu 65 menit saja. Jadi Realme 7 akan selalu menemani aktifitas kamu selama seharian penuh.

7. Dilengkapi dengan Teknologi NFC

Nah, inilah yang paling menarik dari Realme 7, Jika pada seri sebelumnya Realme 6 belum dilengkapi NFC, Realme 7 ini sudah dilengkapi Teknologi NFC.

Jadi akan menjadi salah satu selling point utama di Realme 7 ini. Selain itu Realme 7 juga sudah menggunakan USB Type C dan meletakan Finger Print Sensor pada bagian samping yaang sudah kami sebutkan diatas.

Baca Juga : 7 Perbedaan Realme 7 dan realme 7i

Kekurangan Realme 7

1. Bahan dan Ketebalan

Kekurangan Realme 7 masih menggunakan bahan polycarbonat dan dimensi bodi yang lebih tebal dari pada Realme 6. Pada umumnya bodi yang tebal bisa mengurangi kenyamanan pengguna saat menggenggam.

2. Bloatware yang Mengganggu

Sepanjang tahun 2019, Sistem Operasi Realme masih mengandalkan antarmuka ColorOS kepunyaan OPPO. Namun di tahun 2020, Realme mulai menghadirkan skin OS sendiri dengan nama Realme UI. Meski demikian, Realme UI sendiri adalah OS modifikasi dari ColorOS.

Antarmuka baru ini memang terlihat lebih fresh dan ada beberapa penambahan fitur baru, namun sayangnya Realme UI memiliki banyak bloatware yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna.

Bloatware adalah aplikasi bawaan yang pada dasarnya tidak terlalu penting bagi pengguna, sehingga ini bisa menambah beban pada memori internal.

Aplikasi bawaan tersebut ada yang bisa dihapus dan ada pula yang tidak bisa dihapus. Kekurangan ini sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing pengguna, bisa jadi sebagian dari mereka tidak keberatan mengenai aplikasi bawaan ini.

Tapi ada sebagian orang yang tidak mengharapkan aplikasi tersebut ada di ponsel mereka, dan gawatnya blotware tersebut tidak bisa dihapus sendiri! tentu itu sangatlah menganggu.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.