7 Perbedaan Realme C11 dan Realme C12, Spesifikasi dan Harga

Pada 2020 ini realme selalu meluncurkan smartphone entry-levelnya dengan kejutan-kejutan yang diberikan, Akhir juni lalu realme meluncurkan Realme C11, satu bulan kemudian tepatnya juli realme kembali merilis C15, satu bulan selanjutnya Realme kembali meluncurkan Realme C12.

Dengan terus hadirnya smartphone barunya menjadikan relame sebagai produsen yang selalu menarget pasar entry-level, ini juga menjadikannya smartphone terpopuler di kalangan anak muda yang ingin mendapatkan Ponsel dengan spesifikasi mumpuni namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Untuk kamu yang ingin membawa pulang smartphone dengan harga terjangkau + memiliki spek yang keren, saya rekomendasikan dua versi ini yaitu Realme C11 dan Realme C12.

Karena harganya sama-sama di kisaran 1 jutaan, dan spesifikasinya yang terbilang hampir sama, selain itu waktu peluncurannya yang tidak terlalu jauh jaraknya, Membuat calon konsumen binggung ingin memilih yang mana antara C11 dan C12.

Tenang saja, agar kalian semua tidak binggung ingin memilih yang mana, kali ini saya akan membagikan Perbandingan perbedaan dari kedua smartphone besutan Realme berikut ini.

Perbedaan Smartphone Realme C11 dan Realme C12 – Dibawah ini kita akan membahas secara lengkap apa saja sih perbedaan yang paling menonjol dari kedua smartphone ini, hal ini mungkin juga bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk menentukan ingin membeli yang mana. Langsung saja kita ke pembahasannya.

1. Desain Bodi

body realme c11 dan realme c12

Sudah tidak perlu ditanyakan lagi soal desain bodi dari setiap Smartphone Realme, sebab setiap kali merilis smartphone baru realme selalu memberikan suguhan warna bodi yang sangat mengangumkan ketika dilihat. Seperti contoh Realme C11 dan C12 ini, masing-masing memiliki dua warna bodi berbeda.

Jika C11 mengusung Geometric Art Design dengan Warna Mint Green dan Pepper Grey, sedangkan C12 memberikan bodi yang berbeda yaitu Geometric Gradient Design yang mempesona dengan dua warna yaitu Coral Red dan Marine Blue, Mungkin saya lebih suka yang C12 sebab Design Geometric Gradient yang  memberikan hasil mempesona ketika terlihat selain itu gaya ini lebih trendi dan penuh gaya.

Terlepas dari perbandingan itu kedua Smartphone ini tetap memiliki bodi yang dibalut oleh plstik, dan secara keselurhan sebenarnya design dari kedua ponsel ini sama saja, yang membedakan adalah garis atau peraduan warna yang bervariasi.

C11 dan C12 juga memberikan bodi yang memiliki Tekstur unik sehingga memberikan rasa nyaman ketika dalam genggaman dan ketahan dalam goresan yang mungkin menjadi perhatian.

2. Spesifikasi Display

display realme c11 dan realme c12

Ukuran layar dari Realme C11 dan C12 sebenarnya sama, yaitu 6.5 inci degan rasio layar 88,7%. Namun apa yang membedakannya? yuk kita baca pemabahsan dibawah ini.

Pada Realme C11 ternyata belum ditemukan informasi bahwa ia dilindungi oleh Gorilla Glass, jadi C11 masih belum menggunakan proteksi layar, untuk jaga-jaga mungkin kamu harus memasang pelindung layar tambahan agar layar depannya tidak mudah tergores.

Sedangkan Realme C12, ini sudah jelas menggunakan Corning Gorilla Glass yang artinya layar C12 kamu akan dilindungi dari setiap Goresan dan juga benturan, Selain itu layar yang dihasilkan tetap mempertahankan posturnya yang tipis dan indah, serta nyaman ketika dipakai.

Mungkin kalau soal Layar saya lebih suka Realme C12 karena teknologi Gorilla Glassnya, Sayang sekali memang C11 belum dilengkapi oleh teknologi ini, mengingat sudah banyak smartphone terbaru yang sudah menerapkan Layar Corning Gorilla Glass untuk ketahanan dan kekuatannya.

3. Kualitas Kamera

kualitas kamera realme c11 dan reamle c12

Ini tadi yang saya singung, bahwa realme sangat populer di kalangan anak muda terutama yang suka foto-foto nih, tenyata kedua versi ini yaitu Realme C11 dan C12 sama-sama memiliki kulaitas jepretan yang bagus.

Tapi-tapi ada perbedaanya, Jika Realme C11 hadir dengan konfigurasi dua kamera belakangnya, berbeda dengan C12 yang menyuguhkan tiga kamera belakang sekaligus, tentu ini membuat pengguna semakin puas ketika ingin memotret.

Dua kamera dari realme C11 ini terdiri dari 13MP primary camera dan 2MP potrait lens, sedangkan realme C12 memiliki spesifikasi kamera belakang seperti berikut, 13M primary camera, 2MP B&W lens, dan 2MP macro lens.

Walau begitu kita bisa lihat ada persamaan antara keduanya, yaitu kamera utamanya yang memiliki 13MP dengan bukaan f/2.2 aperture.

Bukan hanya itu kedua versi ini juga menggunakan 5MP pada kamera depannya yang dilengkapi dengan teknologi AI selfie.

4. Sensor Keamanan

sensor keamanan realme c11 dan c12

Saat ini smartphone terbaru terus memperbarui fitur kemananan ponselnya agar pengguna lebih puas dan terasa aman terhadap smartphonenya. Pada Realme C11 dan C12 sebetulnya tidak jauh berbeda soal sensor, keduanya sama-sama menggunakan Magnetic induction sensor, Light sensor, Proximity sensor, dan Acceleration sensor, selain itu C11 dan C12 juga dilengkapi dengan Face Unclok yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci lewat muka mereka.

Yang membedakannya adalah Sensor sidik jarinya atau Fingerprint, sangat sayang sekali Realme C11 tidak dilengkapi dengan sensor ini, namun untuk C12 ini sudah dilengkapi dengan fingerprint yang dapat diandalkan untuk membuka layar smartphone secara cepat dan mudah.

5. Kapasitas Baterai

kapasitas baterai realme c11 dan c12

Kapasitas baterai pada zaman sekarang ini sudah jangan ditanyakan lagi manfaatnya, semakin besar kapasitasnya maka akan semakin lama pula waktu penggunaanya. Baterai ini juga banyak dicari oleh para anak muda yang gencar mencari Smartphone murah namun dengan kapasitas baterai yang besar.

Saya mengakui realme memang tidak tanggung-tanggung membuat penggunanya terkesan, seperti kapasitas batrai pada masing-masing versi berikut ini, Untuk Realme C11 dibekali dengan 5000mAh baterai dan Realme C12 dengan 6000mAh. Ya walau C12 masih unggul, tetapi kapasitas segini itu sudah termasuk besar lho.

Perbedaan lainnya adalah pada waktu penggunaanya, untuk C11 di yakini mampu bertahan selama 40 Hari dalam kondisi siaga/ tidak digunakan, sedangkan C12 lebih lama yaitu 57 hari.

Selain itu keunggulan dari Realme C12 pada spesfikasi baterainya adalah dapat digunakan sebagai Power bank atau dalam istilahnya dapat dimanfaatkan sebagai reverse charging.

6. Varian RAM

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah komponen yang biasanya di cari paling pertama ketika kamu mengincar smartphone untuk bermain game. Realme C11 dan Realme C12 tentu memiliki varian RAM yang berbeda, jika kita lihat C12 ia menggunakan 2 GB dan 3 GB RAM, berbeda dengan realme C12 yang hanya menyediakan varian RAM 3 GB untuk smartphonenya.

Untuk tambahan kedua smartphoen ini sebenarnya juga memiliki memori internal yang sama yaitu 32GB dengan LPDDR4. selain itu untuk chipset yang mereka gunakan juga sama,  yaitu MediaTek Helio G35 dengan fabrikasi 12 Nm.

7. Spesifikasi Smartphone

Ini sudah jelas bahwa kedua smartphone realme ini memiliki spesifikasi yang berbeda, namun tetap saja ada beberapa komponen yang masih sama dari C11 dan C12, seperti contoh tadi yang sudah saya sebutkan Chipset yang digunakan sama, ROM sama, Kamera depan sama, sistem Android 10, Ukuran layar yang sama, 3 Slot card dengan 2 SIM card + 1 MicroSD, dan satu lagi yang sama dalah Harganya yang dibandrol pada kisaran 1 jutaan saja.

Untuk lebih lengkapnya mungkin kamu bisa membaca perbedangian spesifikasi antara Realme C11 dan C12 dibawah ini.

Spesifikasi Realme C11 :

  • 1600×720 HD+
  • Baterai : 5000 mAh Massive Battery
  • Kamera : 13MP Primary Camera + 2MP Potrait Lens, dan 5MP AI Selfie
  • Prosesor : MediaTek Helio G35
  • Penyimpanan & RAM : 32 GB ROM, 2/3GB RAM
  • Berat : 196 gram
  • Sistem : Realme UI dengan Android 10
  • Harga : Rp 1.599.000,-

Spesifikasi Realme C12 :

  • Layar : 6,5 inci HD+ Mini-drop Fullscreen, Corning Gorilla Glass
  • Resolusi : 1600×720
  • Baterai : 6000 mAh Mega Battery (mendukung sebagai powerbank)
  • Kamera : 13MP Primary Camera + 2MP B&W lens + 2MP Macro lens, dan 5MP AI Selfie
  • Prosesor : MediaTek Helio G35
  • Penyimpanan & RAM : 32 GB ROM, 3GB RAM
  • Berat : 209 gram
  • Sistem : Realme UI dengan Android 10
  • Harga : Rp 1.899.000,-

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme C12, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Segitu saja pembahasan tentang perbedaan kedua smartphone Realme yaitu C11 dan C12, mengingat jangka waktu perilisan kedua Smartphone ini tidak terlalu lama membuat sebagian pembeli binggung ingin memilih yang mana antara C11 atau C12.

Jujur saya secara spesifikasi perbandingan antara kedua smartphone ini, Realme C12 lebih unggul dari berbagai aspek. Namun untuk C11 juga memiliki kelebihan yaitu harganya yang terjangkau, kita sudah bisa mendapatkan performa smartphone yang mumpuni.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.