Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Realme X50 Pro, Harga dan Spesifikasi

Realme x50 Pro adalah smarthone Flagship pertama dan terbaik dari realme yang sudah mendukung koneksi 5G. Walau kita tahu bahwa realme adalah smartphone yang anak muda banget, selain harus performa terbaik, harga juga harus terjangkau.

Namun beda dengan versi kali ini, sebab smartphone flagship ini memang benar-benar berbeda dengan menghadirkan spesfikasi terbaik dan perofrma tercepat, Realme x50 pro di bandrol dengan harga yang lumayan mahal.

Hal ini tentu didasari juga oleh beberapa kelebihan yang ditawarkannya, mulai dari fitur dan kemampuannya yang sudah memenuhi kriteria untuk berbagai kegunaan, terutama main game.

Ya benar sekali, ada berbagai kelebihan yang diberikan Realme x50 Pro kepada para penggunanya, Berikut ini kita akan membahas semua itu mulai dari kelebihannya, dan tidak lupa juga dengan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme X50 Pro

Mungkin ini cara realme untuk menjawab semua pesaingnya, bahwa ia tidak hanya membuat smartphone yang biasa-biasa aja, tetapi juga yang luar biasa dan terbaik.

Turbukti dengan keluarannya kali ini, apakah kemampuan dari Realme x50 pro mampu mengalahkan pesaing-pesaingnya? jawabannya akan kita rangkum dalam berbagai kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini, mungkin kamu bisa memandingkan sendiri apakah Realme x50 pro layak diakui sebagai smartphone flagship terbaik.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme C12 Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Realme X50 Pro

Kalau kita melihat dari kelebihanya, tentu sudah tidak perlu ditanyakan lagi, sebab dengan harga jual yang lumayan tinggi maka tidak adil jika spesifikasi yang ditawarkannya mengecewakan. Soal spesifikasi, kemampuan, performa, fitur adalah yang terbaik untuk smartphone Realme saat ini.

1. Desain yang trendi

Setiap smartphone flagship tahun 2020 harus memenhui ekspektasi tertentu, terutama desain bodi. Ada dua warna desain bodi belakangnya, yaitu Moss Green dan Rust Red.

desain realme x50

Kedua warna ini tentunya memiliki makna dan perspektif yang berbeda, Kalau kita lihat seklias semua warna dari bodi belakangnya terlihat agak gelap dan buram, dengan dilapisi permukaan kaca yang diproses menggunakan AG Technology, ini membuat warna dari bodi memiliki saturasi yang rendah dan tampilan matte berstruktur rendah.

Tetapi inilah kunikan dari setiap desain smartphone realme, yang selalu elegan dan trendi di kalangan anak muda.

Selain itu dibagian belakang bodi juga terdapat empat kamera yang ditata secara vertikal, Serta kamera punch-hole pada bagian depan. Beralih ke sisi samping kiri terdapat tombol pengatur volume dan bagian untuk tombol power.

Kita lanjut ke bagian bahwa, terdapat port USB Type-C untuk pengisan daya, SIM tray, Speaker stereo, dan lubang microphone. Untuk bagian atas hanya ada speaker stereo dan microphone saja.

2. Layar memiliki referesh rate 90Hz

Layar dengan refresh rate 90Hz di yakini 50% lebih tinggi dalam memberikan pengalaman visual yang lebih lancar dan halus, Apalagi kalau kita menggunaknanya untuk Bermain game dan menonton film, tentu sangat puas sekali.

Selain itu layar dari Realme x50 Pro ini juga sudah mendukung touch sampling dengan rate 180Hz. Resolusinya adalah 2400x1080p Full HD+ dengan proteksi layar Corning Gorlilla Flass 5.

Layar rate 90hz Realme x50 pro

Ukuran layar dari smartphone ini adalah 6,44 inci Super AMOLED bahan Luminescent dan rasio layar 20:9, ini menjadikan layar dari x50 Pro terlihat menakjubkan dari setiap sisinya.

Reproduksi warna yang dihasilkan sudah sangat baik dan bisa menyala terang sampai 1000 nit. Untuk lebih lengkapnya mari kita ulas fitur Visual luar biasa yang ditawarkan Realme x50 pro ini.

1. Super AMOLED New E3 Luminescent Materials

Seperti ciri khas layar AMOLED, Layar yang ditawarkan memiliki tingkat kecerahan yang memuaskan tentu ini menjadi keunggulan tersendiri dari smartphone ini.

Selain itu teknologi COF menjadikan rasio layar mencapai 92%, yang artinya kalau kita lihat pada bagian bawah atau dagu smartphone mengecil sampai 3,54mm.

2. Lastest in-display Fingerprint

Hanya 0,27 detik waktu yang dibutuhkan realme x50 Pro untuk membuka kunci fingerprint-nya. Wow, ini cepet banget sih dari yang dibayangkan.

Kita mungkin sering menemukan smartphone yang kalau membuka fingerprint itu harus nunggu seperkian detik baru terbuka, beda dengan Realme x50 pro ini yang dapat membukanya dengan cepat.

Fingerprintnya terletak di layar, tepatnya dibagian bawah. Modul Fingerprint optik terkini yang dikembangkan oleh Goodix memiliki sistem identifikasi dengan banyak lapisan.

3. Mendukung video dengan HDR 10+

Ini pakai plus lo, Wah tentu sangat puas sekali ketika melihat tampilan layar smartphone yang sudah mendukung fortmat HDR10 plus, Apalagi ketika digunakan untuk menonton video atau film  memiliki tingkat warna yang lebih jelas dan lebih detail.

4. DC Dimming Eye Protection Mode

Sering mengalami mata lelah ketika menggunakan smartphone, mungkin itu karena kecerhaan layar yang tinggi dan terlalu tajam untuk diterima mata. Smartphone Realme x50 Pro ini mampu mengatasi semua itu dengan efektif bisa mengurangi cahaya ketika gelap.

Dan ada juga fitur yang bisa kamu aktifkan agar memproteksi mata dengan mengurangi radiasi dari layar.

3. Kamera dengan Hasil tangkapan yang Luar biasa

Dengan desain wadah kamera berbentuk vertikal yang diisi oleh Quad Camera yang memiliki resolusi dan hasil tangkapan yang luar biasa apik. Total Realme X50 Pro ini memiliki 6 Kamera, yaitu 4 pada bagian belakang dan 2 di bagian depan.

Mari kita bahas satu-satu kamera dari Realme X50 Pro, berikut ini.

Bagian Belakang

fitur kamera belakang realme x50 pro

Seperti yang sudah saya sebutkan, dengan setup kamera yang didesain secara vertikal menjadikannya tampak elegan ketika dipandang. Berikut ulasan spesifikasi dari 4 kamera Realme X50 pro (kita mulai dari urutan paling atas ya).

  • Telephoto Lens : Dengan resolusi sampai 12MP f/2.5 54mm untuk foto yang diperbesar 2x, melakukan 5x Hybrid Zoom, dan juga 20x digital zoom.
  • Main Camera : Resolusi super 64MP f/1.8 yang memungkinkan kamu untuk memotret foto dengan detail yang ekstra.
  • Ultra Wide-angle & Macro Lens : Mode ultra wide akan menghasilkan gambar dengan tangkapan yang luas, dibekali 8MP. Selain itu ini juga mendukung fitur Autofokus. Dapat juga kita gunakan sebagai Macro camera dengan bidikan yang sangat dekat (4cm) dan mengambail berbagi foto makro dengan jelas dan terfokus.

B&W Portait Lens : Dan urutan yang paling bawah memiliki resolusi 2MP dengan mode potret B&W.

Bagian Depan

bagian depan kameran realme x50 pro

Ada dua kamera depan dengan desain punch-hole, Tidak kalah dengan bagian kamera belakangnya. Kamera selfie ini memiliki resolusi yang sama-sama tinggi yaitu 32MP dan 8MP, sangat cukup sekali bila digunakan untuk menangkap wajah dengan cara selfie.

  • Wide-angle lens 32MP : dengan lensa 26mm f/2.5 kamera ini sudah mampu menyaingi kualitas kamera utama pada smartphone ini, hasil yang diberikan sangatlah bagus, mulai dari kontras sampai warna sudah jempolan.
  • Ultra Wide-angle lens 8MP : Dilengkapi dengan 105 derajat ultra wide yang artinya bisa menangkap gambar selife dengan tampilan yang luas. Selain itu blur, warna, kontras juga sudah baik.

Rekaman Video

Ada juga yang perlu kita ketahui selain kelebihannya dalam menangkap gambar dengan kualitas yang bagis, yaitu perekaman videonya.

Realme X50 Pro ini mampu merekam video hingga 2160p dengan kamera utamanya selain itu juga dapay memberikan rekaman kualitas 4K debgan framerae 60fps.

Saat merekam tidak stabil dan goyang-goyang? tenang saja realme mengahadirkan fitur stabilisasi video UIS dan UIS Max pada kameranya. Kalau kita test nih, hasil rekaman yang diberikan sangat terlihat stabil dan impresif, walau ada guncangan yang luar biasa sekalipun.

Fitur Nightscape

Sebenarnya ada dua fitur Nightscape pada kamera realme x50 pro ini, yaitu Ultra Nightscape dan Supert Nightscape 3.0, sama keduanya memiliki manfaat untuk memotret foto dengan jelas, terang, dan berkualitas dalam malam hari.

4. Pengisian Baterai yang sangat Cepat

pengisian baterai cepat realme x50 pro

Walau kapasitas Baterai dari realme x50 pro ini juga lumayan besar yaitu 4,200 mAh, Tahu tidak walau kapasitasnya yang besar namun untuk memenuhinya kembali itu hanya butuh waktu 35 Menit saja.

Ini terjadi karena Smartphone ini adalah yang pertama dalam mendukung fitur pengisian daya 65W SupertDart baru.

Walau dapat megisi aya dengan super cepat, jangan beranggapan baterai akan kembali habis dengan cepat juga, dalam berbagai test yang dilakukan Realme x50 Pro ini dapat bertahan selama 13 Jam untuk berselancar internet, 17 Jam lebih utnuk pemutaran video, dan dapat bertahan dalam mode siaga sampai 88 Jam.

Memang ini sangat mengesankan sekali bagi industri smartphone saat ini, pengisan daya secepat itu mungkin sangat membantu sekali.

5. Performa tinggi dengan Snapdragon 865

smartdragon 865 realme x50 pro

Memang unggul sih smartphone flagship dari realme ini. Kamu tidak salah lihat benar sekali Realme X50 Pro ini berjalan pada chipset Snapdragon 865 terbaru, ia juga dilengkapi dengan modem Qualcomm X55 yang dapat menamabahkan konektivitas 5G dengan lebih lebih lengkap.

Untuk CPU yang digunakannya samrtphone ini menggunakan octa-core yang mencakup Kryo 585 dengan kekuatan 2.84 GHz, dan 3 buah barian clock speed 2.42 GHz. Kita beralih GPU yang menggunakan Andreno 650,

Prosesor semacam ini yang ditawarkan Realme x50 Pro adalah satu hal yang luar biasa, walau bukan smartphone gaming tetapi buktinya ponsel ini mampu melibas game-game berat seperti PUBG Mobile dengan settingan grafis tinggi sekalipun.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme 7i

Kekurangan Realme X50 Pro

Ada kelebihan maka ada kekurangan juga, sebagai pembeli yang bijak tentu kita juga harus mempertimbangkan segala aspek kekurangan yang perlu diperhatikan untuk memilihnya, apakah cocok atau tidak. Dengan segudang kelebihannya tentu realme x50 pro tidak luput dari berbagai kekurangan, mari kita ulas beberapa pointnya.

1. Tidak memiliki Rating IP

IP Rating adalah proteksi yang dapat melindungi benda-benda elektronik kesayangan kita dari kemasukan sesuatu, terutama air dan debu. Nah inilah yang tidak ada pada Realme X50 Pro, sangat sayang sekali tidak adanya fitur ini.

Pada umumnya Smartphone degan harga 10 juta keatas duah bisa mendapatkan IP55 keatas, dan mampu membuat smartphone bisa bertahan terhadap percikan air atau benda-benda yang masuk.

Entah apa, realme ini IP ratingnya tidak diketahui jadi untuk kamu yang sudah memutuskan utnuk membelinya harus hati-hati nih.

2. Tidak ada Reverse Charging dan Wirless Charging

Lagi-lagi ada berbagai fitur penting yang seharusnya ada namun tidak ada pada smartphone realme x50 pro ini, yaitu Wireless charging (kemampuan untuk melakukan pengisian daya dengan cara nirkabel yaitu tanpa kabel) dan Reverse charging (membuat smartphone bisa dijadikan sebagai power bank).

Sangat sayang memang kedua fitur ini absen pada smartphone dari relame x50 pro, Walau dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi, seharunya fitur ini sudah lumrah ditemukan pada smartphone lain dengan harga seperti x50 pro.

Harga dan Spesifikasi Lengkap Realme X50 Pro

spesifikasi realme x50 pro image

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, smartphone flagship terbaru dari realme ini sudah sangat mumpuni untuk melibas berbagai aktivitas sehari-hari dengan lancar, seperti bermain game, menggunkananya untuk multitasking, dan lain sebagainya.

Mungkin diatas hanya beberapa presepsi yang bisa saya simpulkan dari sisi kelebihan dan juga kekurangan. Selanjutnya mari kita lihat rangkuman spesifikasi dari Realme x50 pro ini.

  • Layar : 6,44 inci dengan resolusi 2400×1080 FHD+
  • Tipe layar : Corning Gorilla Glass 5
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 865 5G
  • CPU : 7nm EUV, Octa-core, Up to 2.84GHz
  • GPU : Andreno 650
  • RAM : 12GB LPDDR5
  • ROM : 256GB UFS 3.0+
  • Baterai : 4.200 mAh, dengan teknologi fast charging sampai 65 Watt
  • Kamera Belakang : 2MP, 64MP, 8MP, dan 2MP
  • Kamera Depan : 32MP dan 8MP
  • Sistem Operasi : Android 10, Realme UI
  • Berat smartphone : 205g
  • Harga : Rp 12 Juta

Kesimpulan

Inilah bukti realme indoensia bahwa ia siap memasuki era 5G, dengan menghadirkan dukungan untuk konektivitas tersebut. Walau secara resmi 5G belum hadir di indonesia, namun ini adalah persiapan kedepan realm agar mampu bersaing dengan Smartphone diluar sana.

Bagaimana sudah puas bukan dengan pembahasan diatas? kita sudah mengerti beberapa kelebihan dan kekurangan dari Realme x50 Pro ini, dengan chipset yang kencang, layar yang memuaskan, pengisan daya yang super kencang, kamera yang mengagumkan, tentu ini sudah memenuhi kriteria sebagai smartphone kelas flagship dengan spesifikasi yang terbaik saat ini.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.