Sebelum Membeli, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Realme 7i

Semakin banyak Smartphone terbaru yang rilis di indonesia, seperti Realme 7i yang baru yang meluncur di indonesia pada bulan September 2020 lalu.

Seri ini datang bersamaan dengan Realme 7, walau ada beberapa spesifikasi yang sama, tetapi Realme 7i memiliki beberapa kelebihan baik dari hal spesifikasi ataupun fitur yang ada didalamnya.

Hal yang terlihat sama pada kedua seri ini adalah sama-sama mengusung slogan “64MP Power Master” ini merujuk pada performa chipset, Kapasitas memori yang besar, Kapasitas bateri yang besar, fitur Fast charging, Desain yang elegan dan trendi.

Baca Juga : Kelebihan dan kekurangan Realme C12

Mungkin disini kita tidak akan membahas Realme 7 lebih dalam lagi, melainkan yang akan kita bahas adalah Smartphone Realme 7i yang memiliki catatan menarik, ini merupakan yang pertama kalinya varian ‘i’ dari seri numerik Realme rilis di Indonesia.

realme 7i harga tiga jutaan

Ini adalah spesifikasi lengkap dari Realme 7i :

  • OS : Android 10, realme UI
  • Ukuran Layar : 6.5 inches
  • Resolusi Layar            : HD+ 1600 x 720 pixels, 90Hz refresh rate
  • SIM : Nano SIM , Dual SIM , Dual Standby
  • CPU : Qualcomm Snapdragon 662 (11nm), Octa-core Kryo 260
  • Kecepatan CPU : 4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silve
  • Memori Internal : 128GB
  • RAM : 8GB
  • Baterai            : Li-Po 5.000 mAh, non-removable, 18W Quick charge
  • Kamera Belakang : 64MP + 8MP + 2MP + 2MP
  • Kamera Depan : 16MP

Untuk kamu yang sudah tertarik dengan Smartphone keren ini, saya akan berikan beberapa hal terkait spesifikasi Kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme 7i – Ini adalah referensi untuk kamu yang ingin membeli smartphone realme 7i, apakah cocok atau tidak? mari kita bahas lebih lengkap dan jelas mengenai berbagai kelebihannya, tidak lupa juga kita akan membahas kekurangannya.

Baca Juga: 7 Perbedaan Antara Realme 7 dan Realme 7i, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan dari Realme 7i

Smartphone ini memiliki beberapa kelebihan daripada versi 7, Realme 7i memiliki desain yang elegan, Layar yang lebar, Kapasitas Baterai yang besar, Memori dan RAM yang besar, dan juga Kamera yang ciamik. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas dibawah ini.

1. Desain elegan dan menawan

Kalau kita lihat setiap kali realme merilis Smartphone terbarunya selalu menarik dipandang, terkhusus untuk realme 7i. Yang spesial pada versi i adalah desainnya dengan sentuhan cermin berwarna, ini menjadikannya lebih terlihat lebih premium dan elegan.

Menurut saya urusan estetika Realme 7i ini sudah sangat keren. Pada bagian belakang kamu bisa melihat ada Pemindai sidik jari dan kamera yang berbentuk persegi dengan berbagai jenis kamera didalamnya.

Pada sisi bawahnya, terdapat 3,5mm audio jack, microphone, lubang speaker, dan juga prot USB dengan type-C. mungkin ketika kamu melihat pada bagian atas sisi, akan terlihat polos tanpa ornamen apapun.

Yang menarik, Realme 7i ini mengsung jenis kamera depan jenis punch hole (atau kamera tompel) yang saat ini menjadi tren dalam dunia Smartphone. Tentu dengan desain layar seperti ini menjadikan pengguna semakin leluasa dan tidak tergangu oleh apa yang ditampilkan.

Ada dua pilihan desain yaitu Aurora green (warna hijau bak aurora) dan Polar Blue (warna putih salju khas kutub utara).

2. Layar 6.5 inci yang memuaskan

Dengan menyuguhkan layar 6.5 inci Realme 7i tampak luas untuk digunakan, tentunya ini akan menabah sensasi kamu ketika bermain game atau menonton video.

realme 7i 6 5 inci

Smartphone ini bisa disebut Ultra Smooth Display, sebab kemampuannya dalam menyajikan pengalaman visual yang mulus dan halus, ini banyak dirasakan juga oleh pengguna.

Selain itu yang kerennya adalah 7i memiliki refrash rate sebesar 90Hz dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz yang mampu menghasilkan 90fps.

Layarnya cukup besar yaitu dengan rasio 20:9 dan 1600×720, Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa 7i ini memiliki layar yang luas ketika digunakan apalagi dengan desainnya dengan bazel yang rampig, Namun hanya bagian dagu ponsel saja yang terlihat agak tebal dibandingkan sisi lainnya.

3. Baterai super dengan fitur Quick Charge

Jika menggunakan Realme 7i Tak perlu khawatir baterai handphone akan cepat habis, sebab dengan kapasitas 5000mAh ponsel ini sanggup bertahan lama ketika digunakan untuk berbagai macam hal.

charger cepat realme 7i

Ini dia berbagai waktu habisnya bateri yang diukur dari ringkasan pemakaian 7i.

  • Siaga : 34 Hari
  • Musik : 88,5 Jam
  • Telepon : 35 Jam
  • Instagram : 25,9 Jam
  • WhatsApp : 21,5 Jam
  • Youtube : 19,2 Jam
  • Google Maps : 22,4 Jam
  • Bermain Game : 13 Jam

Tentu durasi habisnya bateri dapat juga di stabilkan dengan berbagai fitur pelengkap yang dapat mendukung baterai semakin awet, seperti contoh ada fitur Battery Optimization, Sleep standbay, App Quick freeze, dan lain sebagainya.

Yang spesialnya terdapat fitur Power Saving, fungsinya adalah untuk membuat ponsel tetap bertahan walau baterai dibawah 10% saja. Ketika mode ini diaktifkan maka kamu bisa mengakses aplikasi pilihan yang direkomendasikan agar baterai tetap bertahan.

Pengisian daya dengan Quick Charge – Ini adalah hal powerful yang dimiliki oleh Realme 7i, fitur Fast charging ini didukung dengan 18 Watt. Untuk terisi penuh mungkin kamu membutuhkan sekitar 60 menit ketika pengisian daya.

Yang spesial lagi 7i ini juga menyediakan reverse charging dengan menggunakan kabel OTG, gunanya agar smartphone ini bisa dipakai sebagai Power Bank.

4. Kapasitas Memori Internal & RAM yang besar

Saya takjub sih sama smartphone satu ini, hanya mengeluarkan kocek 3 Jutaan saja kamu sudah bisa mendapatkan Ponsel dengan RAM 8GB dan Memori internal sebesar 128 GB.

Selain kamera banyak orang yang mengincar dua spesifikasi ini untuk memilih Smartphone, sebab kedua hal ini sangat berpengaruh pada kinerja yang dilakukan.

Pengunaan RAM 8 GB ini dibekali dengan teknologi LPDDR4X, salah satu kelebihan dari teknologi ini adalah rendahnya kosumsi daya, dimana ini mengurangi daya driver output alhasil sekitar 20% pengurangan kosumsi daya menjadi lebih hemat.

Selain itu ROM berkapasitas 128 GB ini memiliki standar UFS 2.1 yang merupakan Teknologi canggih dengan memenuhi kompatibilitas JEDEC, Spesifikasi memori flash generasi paling maju di dunia. Hal ini memungkinkan pengalaman mobile lebih canggih dan cepat bagi pengguna.

5. Kamera Apik Kualitas Ciamik

Mungkin bagian ini adalah yang di sukai oleh semua orang, kamera pada Realme 7i menggunakan teknologi AI yang mampu mengambil gambar dalam berbagai Perspektif, artinya kamu bisa mendapatkan hasil foto yang luar biasa dalam hal apapun. Entah itu foto pemandangan, geduh, dekorasi, orang, maupun objek dengan jarak yang dekat.

kualitas kamera realme7i

Pada bagian belakang terdapat 4 lensa kamera dan pada bagian depan terdapat 1 lensa kamera selfie. Lihat dibawah ini untuk spesifikasi kamera pada Realme 7i lebih jelasnya.

  • Kamera Ultra Wide-angle : Dapat mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih lebar, lensa ini didukung dengan 8MP, dengan sudut keluasan 119°, lensa makro 2 MP, dan juga sensor kedalaman 2 MP.
  • Kamera Utama : Menagkap sebuah gambar dengan sangat jelas, kamera ini mencakup 64 MP ditambah bukaan f/1.8 serta ukuran sensor 1/1.173 inci.
  • Kamera Makro : Fungsi kamera ini untuk mengambil gambar dari jarak yang super dekat, bahkan jaraknya mencapai kedekatan 4 cm. Walaupun begitu kamu tetap bisa memotret foto dengan jelas dan tidak blur walau jarak yang dekat.
  • Kamera B/W : ini merupakan lensa dengan sensor B/W yang berfungsi untuk mengatur tingkat bokeh yang dihasilkan, menghasilkan filter foto, dan lain sebagainya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme X50 Pro Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Realme 7i

Walau ada berbagai kelebihan yang menjadi hal spesial dari Smartphone ini, tetapi ada juga beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan. Dibawah ini kita akan ulas kekurangan yang ada di Realme 7i.

1. Tidak adanya NFC

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, teknologi ini berfungsi untuk berkomunikasi anta dua perangkat dengan cara mendekatakan atau menempelkan. Jadi tujuan NFC ini adalah untuk memudahkan koneksi dengan perangkat lain.

NFC pada realme 7i

Realme 7i sayangnya tidak menghadirkan fitur NFC pada smartphonenya, Entah apa tujuannya hanya versi Realme 7 saja yang menawarkan fitur NFC ini. Tentu ini membuat terkejut para pengguna Realme yang menyadari bahwa versi 7i kali ini tidak menyedikan NFC pada penrangkatnya.

2. Resolusi layar masih HD+ saja

Resolusi layar masih menjadi aspek yang incar oleh beberapa pengguna Smartphone, sebab dengan resolusi layar yang tajam dan jelas membuat mereka lebih nyaman ketika menonton video atau memainkan game.

Alih-alih mengusung resolusi Full HD, 7i ini ternyata masih menggunakan resolusi HD+ saja yang artinya memiliki 720 x 1600 piksel. Hal ini tentu berpengaruh pada tampilan gamar dan ketajaman warna yang kurang sempurna.

Selain itu Realme 7i ini juga masih memakai panel IPS LCD, sehingga tampilan layar dihasilkan kurang maksimal ketika dibawah terik matahari.

Tentu ini harus menjadi pertimbangan, sebab sudah banyak Smartphone terbaru diluar sana yang sudah dibekali dengan resolusi layar Full HD.

3. Material bodi masih menggunakan Polycarbonate

Untuk kamu belum mengerti, jadi Polycarbonate adalah materal yang berbasis Plasik, plastik disini bukan jenis plastik berkualitas rendah yang sering kamu lihat tetapi plastik dengan tingkat pembentukan yang tinggi, keras, serta tidak mudah patah.

Selain itu bahan ini juga memiliki biasa produksi yang murah, maka banyak sekali Smartphone yang menggunakan material bodi ini.

material realme 7i

Tapi tapi, ada juga kekurangan yang akan terasa jika sebuah Smartphone menggunakan materal bodi ini, seperti : Mudah tergores, Rapuh termakan usia, Cepat leleh jika terkena api, Mudah kotor, Mudah penyok jika jatuh, Hawa panas yang dihasilkan oleh Smartphone akan sangat terasa, dan lain sebagainya.

Bahan Polycarbonate tidak sepenuhnya buruk, tenang saja walau bahan materal ini tidak sebagus lainnya tetapi untuk hal-hal biasa, okelah.

Kesimpulan

Terlepas dari Kelebihan dan Kekurangan realme 7i kita bisa ambil bahwa dari waktu kewaktu Smartphone terbaru diluar sana selalu memberikan sesuatu yang spesial, tidak terkecuali dengan Realme 7i.

Mungkin kamu bisa melihat ada berbagai kekurangan, tetapi lihatlah pada harga dan spesifikasi yang ditawarkan.

Smartphone ini menurut saya sudah cuku murah, hanya mengeluarkan kocek Rp3 jutaan saja kamu sudah bisa menikmati Smartphone dengan RAM 8, ROM 128, Processor Snapdragon 662, sudah dibekali dengan Android 10, Baterai super 5000mAh, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, 7i ini masih menjadi smartphone rekomended untuk kamu yang mencari ponsel dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.