Cari Tahu Yuk, Kelebihan dan Kekurangan Realme C12 Harga dan Spesifikasi

Realme kembali membuat gebrakan pada Smarthone terbarunya, yaitu realme C12 yang menjadi Rajanya entry level dengan sokongan baterai monster, yaitu 6000mAh.

Hal ini tentunya membuat para pengguna realme penasaran dengan salah satu smartphone keluaran terbarunya ini. Selain dengan Kapasitas baterai yang mumpuni C12 ini juga memiliki perfroma yang tidak boleh diragukan, yang spesialnya lagi Smartphone ini dibandrol dengan harga 1 jutaan saja!

Tidak ada yang bisa terucap pada Smartphone ini, banyak keunggulangan yang diberikan. Pihak Realme juga membuat Box dari realme c12 ini terlihat atraktif, sebenarnya box ini adalah hasil karya dari realme fans yang memenangkan Kontes #GambarinBoxrealme, pantas saja design box kali ini terlihat beda dan unik dari pada yang lainnya.

Tetapi box dengan design spesial ini hanya bisa kamu dapatkan secara terbatas di realme Store.

kelebihan realme C12

Kalau kamu penasaran dengan Spesifikasi dari Smartphone Realme C12 ini, mari lihat spek dasarnya dibawah ini.

LayarIPS LCD 6,5 inci, 720 x 1560 pixels
ChipsetHelio G35 (12 nm)
GPUPowerVR GE8320
RAM3 GB
Memori Internal32 GB
Kamera Belakang13 MP, 2 MP, 2 MP
Kamera Depan8 MP
BateraiNon-removable Li-Po 6000 mAh

Setelah melihat sekilas dari spesifikasi realme c12 diatas, selanjutnya mari kita review lebih lengkap lagi mengenai Smartphone ini tentang kelebihan apa saja yang ditawarkan dan Kekurangan apa saja yang menjadi kendala para realme fans, berikut review lengkapnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Realme 7i

Kelebihan Realme C12

Smartphone yang rilis pada Agustus 2020 ini banyak digemari oleh orang-orang, jelas saja selain harganya murah dan terjangkau c12 ini juga meiliki spesfikasi yang WOW.

1. Bodi yang Dinamis dan Elegan

Kali ini Realme c12 mengadopsi desain dengan pola Geometric Gradient. Kalau dilihat sekilas dengan realme c15, desain dari body memang memiliki kesamaan.

Yang menarik dari body blelakangnya adalah memiliki 3 gradiasi warna yang terlihat berbeda dengan bentuk trapizium dan memiliki tekstur bergaris yang sangat elegan dan menghasilkan efek visual yang teratur dan tidak dapat diprediksi.

body realme 7

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan realme untuk smartphone terbarunya ini, yaitu Marine Blue dan Coreal Red. Karena body belakangnya berbahan polikarbonat, menjadikan C12 ini terasa enak digengaman dan terasa licin.

Kelebihan dari bahan polikarbonat ini juga bisa meredam bekas sidik jari yang bisasanya menempel, serta membuat materialnya tidak mudah tergores.

Pada sisi kiri smarthone kamu akan menemukan temat untuk Slot kartu SIM dan juga Memory card, yang menjadi spesial adalah C12 ini dibekali dengan 3 slot kartu (yaitu 2 kartu SIM dan 1 kartu memori microSD).

Realme sendiri mengklaim bahwa setiap smartphone yang dibuatnya telah melewati berbagai jenis uji coba untuk memastikan ketahanan body nya, maka hal ini mampu membuat realme C12 tahan akan percikan air dan jatuh.

2. Baterai dengan Papasitas 6000mAh yang Memuaskan

Ini adalah kelebihan yang paling menonjol dari realme C12, ya benar kapasitas baterai yang ditawarkan sangatlah besar dan terbilang cukup untuk Mengakomondasi kebutuhan sehari-hari seperti Medsosan, Main game, Nonton film, dan lain sebagainya.

kapasitas baterai realme 7

Realme mengkalim bahwa smartphone terbarunya ini mampu bertahan dalam waktu 57 Hari pada kondisi siaga/ atau tidak digunakan sama sekali, dan juga bisa bertahan 28 Jam untuk nonton YouTube.

Untuk aktivitas standrad penggunaan, C12 bisa bertahan lebih dari sehari.

Hal inilah yang menjadi keistimewaan smartphone realme kali ini, dengan merogoh kocek 1j utaan saja kamu sudah bisa membawa pulag ponsel dengan kapasitas baterai yang jumbo.

Ada berbagai fitur pendukung untuk memaksimalkan kinerja baterai pada Realme c12 ini, seperti :

  1. App Quick Freeze (membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi)
  2. Screen Battery Opimization (menurunkan beberapa efek tampilan untuk meningkaykan daya tahan baterai)
  3. Sleep Standby Mode (menghemat daya ketika tidur)
  4. Power Saving mode (fitur hebat untuk memperpanjang masa pemakaian baterai/ biar lebih awet)
  5. Charging Saya sedikit tidak suka dengan charging di Realme c12, karena dibutuhkan waktu sekitar 3 jam lebih untuk mengisi baterai hingga penuh. Oke kita bisa maklumi ini karena mengingat hanya 10 Watt saja daya output dari charger, selain itu tidak adanya fasilitas fast charging. Namun kita kembali lagi ke hal harga, tentu ini sudah sangat terjangkau sekali walau ada kekurangan pada hal charging.

3. Kamera berkualitas apik

Ada tiga kamera super yang menghiasi bagian bodi belakang dari realme C12, dan untuk bagian depan terdapat satu kamera selfie.

Bagian kamera pada realme C12 ini sudah terbilang bagus untuk pengalaman memotret kamu, hasil bidikan dari setiap kamera meiliki kelebihannya masing-masing.

kamera realme 7

Walau konfigurasi kamera cukup standar untuk sekelas ponsel entry-level, tetapi c12 ini mampu menghasilkan hasil foto dengan ketajaman dan warna yang cukup baik dikelasnya. Tentu ini sangat cocok sekali untuk kamu pengemar fotografi yang mencari Smartphone dengan kamera apik dan harga terjangkau.

Mari kita ulas sedikit keempat kamera yang ditawarkan Realme c12 ini :

  • Kamera Utama : Mempunyai 13MP dengan lensa f/2.2 yang cukup bisa untuk mengamankan dari cahaya ketika ingin mengabil gambar. Hasil dari kamera utama sudah cukup bagus di kondisi cahaya yang ideal, Ketajaman dan reproduksi warna pada kondisi gambar bercahaya juga sangat baik.
  • Kamera Makro : Dengan resolusi 2MP saja, kamera makro ini sudah bisa diandalkan untuk mendapatkan hasil foto yang tajam dan jelas. Sangat cocok untuk pengambilan gambar dalam jarak yang dekat detail.
  • Kamera B&W : Sama ini juga mengadopsi resoluis 2MP, seperti yang saya sebut diatas, walau resolusi kecil tetapi hasil foto sudah cukup baik untuk sekelas Smartphone entry-level.
  • Kamera Selfie : Pada bagian kamera depan memiliki 5MP dan sudah mendukung pemotretan AI Beauty, mode HDR, mode Potrait, dan juga fitur Panoselfie yang bisa membantu kamu untuk mengambil foto selfie dengan objek yang luas dan jelas.

Satu lagi yang mungkin kamu suka, Ketika kamu merekam video dengan realme c12 ini hasil rekaman akan ditampilkan dalam resolusi Full HD (1080/30fps) dan HD (720/30fps).

4. Menghadirkan 3 Slot Card

slot sim card realme 7

Sekarang ini juga sudah banyak smartphone yang mengadopsi tiga slot card, namun tidak banyak yang memiliki harga yang terjangkau, salah satu Smartphone yang memiliki harga hanya 1jutaan namun sudah menggunkan 3 slot card adalah realme c12.

Ada banyak keluhan yang dialami oleh pengguna smartphone saat ini, yaitu ketika ingin memasang memori eksternal harus mengorbankan/ atau mencopot salah satu SIM card nya terlebih dahulu.

Maka realme C12 ini bisa menjawab keluhan kalian semua, tanpa mencopot SIM card kamu sudah bisa menyimpan satu microSD hingga kapasitas 256 GB.

5. Harga terjangkau hanya 1 Jutaan

Sudah beberapa kali saya sebutkan diatas bahwa Smartphone keluaran terbaru dari realme ini membandrol harganya senilai Rp 1.899.000 saja.

Ya itu sudah cukup mendapatkan smartphone dengan kualitas baterai super dan performa yang cukup baik di kelasnya.

Apa yang disuguhkan pada realme c12 ini sudah cukup komperhensif dan memiliki aspek dan kemampuan yang memadai.

Jadi untuk kamu yang mencari smartphone dengan harga yang terjangkau dengan perfroma dan daya baterai yang baus, maka C12 ini bisa menjadi pilihan untuk kamu pertimbangkan.

Baca Juga : Kelebihan dan kekurangan Realme X50 Pro Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Realme C12

Mungkin ada beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan Smartphone Realme c12 ini, tetapi aspek kekurangan juga perlu diperhatikan, sebab dengan harga yang lumayan terjangkau bukan tidak mungkin setiap aspek dan kualitas didalamnya perlu diperhatikan.

1. Tidak Mendukung Fast Charging

Sulit rasanya untuk bersaing dengan smartphone diluar sana yang sudah mengadopsi fitur Fast Charging pada posnelnya, ya ini mungkin menjadi salah satu kekurangan yang sangat terasa di kalanga realme fans, sebab fitur ini sangatlah bermanfaat apalagi untuk baterai yang tergolong besar.

fast charger realme 7

Buktinya kita harus menunggu 3 jam lebih sampai baterai terisi penuh, ini tentu sangat menjadi aspek yang perlu dipertimbangkan. Hal ini mungkin disebabkan juga karena output daya yang dihasilkan hanya 10W saja.

Oke kita bisa ambil sisi positifnya, mengingat harga realme c12 ini dibawah 1 jutaan. Eits, tetapi tahukan kamu bahwa kini sudah banyak ponsel murah yang membekali dirinya dengan fitur Fast Charging, sebut saja Redmi 8A, Samsung Galaxy A20, Redmi 9, dan lain sebagainya.

Absennya fitur fast charging ini menjadikan sebuah kekurangan yang berarti untuk realme c12.

2. Performa yang masih Kurang

Performa yang saya sorot disini adalah chipset yang digunakannya, Realme menggunakan chipset jenis MediaTek Helio G35. SoC ini terbilang langganan dari realme, sebab versi sebelumnya yaitu C12 juga menggunakan chipset ini.

Maka dari itu dari segi performa tidak sedikit berubah atau membawa peningkatan dari versi pendahulunya.

mediatek helio g35 realme 7

Karena masih menggunakan SoC Helio G35 realme c12 masih kalah melawan saingannya yaitu Redmi 9 yang memiliki SoC Helio G80.

Walau perbedaan versinya tidak sedikit jomplang, hanya beberapa puluh saja. Tapi kalau kita uji dari skor AnTuTu Benchmark ternyata kedua chipset ini memiliki perbedaan yang sangat terasa.

Helio G80 milik redmi 9 ternyata menyetuh skor 204.511 sedangkan Heluo G35 milik Realme c12 hanya sampai di angka 109.405 perbedaan yang sangat signifikan yaitu mencapau 50 persen.

Mungkin ketika kamu ingin memainkan game berat, seperti PUBG Mobile kamu perlu menyettingnya ke kualitas rendah terlebih dahulu agar mendapatkan FPS yang stabil.

3. Ukuran tebal dan Berat

ukuran dan tebal realme 7

Bagian ini mungkin agak bisa kita maklumi karena realme c12 menggunakan kapasitas baterai sebesar 6000mAh yang artinya diperlukan berat juga untuk memenuhi kebetuhan.

Berat dari C12 ini adalah ±209 gram, ini mungkin terbilang berat ya untuk kita gunakan sehari-hati. tetapi masih okelah, untuk kamu yang tidak memeduilkan berat dari Smartphone ini.

Yang kedua adalah ukuran lebarnya, dengan 75,9mm Realme C12 ini akan terlihat besar ketika di gengaman tangan, dan mungkin ini tidak cocok untuk kamu yang mencari smartphone dengan tebal yang slim.

4. Masih menggunakan Layar HD+

layar HD+ realme 7

Layar adalah komponen penting yang dimiliki oelh setiap Smartphone, layar adalah bagia yang sering dilihat oleh pengguna, maka dari itu kualitas harus bisa memberikan yang terbaik kepada penggunanya.

Tetapi layar yang digunakan Realme c12 ini mungkin masih memiliki kekurangan, yaitu masih menggunakan resolusi HD+ yang artinya belum mengadopsi Full HD+.

Dengan kondisi ini artinya ukuran layar yang ditampilkan hanya 1280×720 saja, ini tentunya akan mempengaruhi tingkat ketajaman dari tampilan layar tersebut.

Kesimpulan

Bagaimana apakah kamu sudah ingin memutuskan untuk membeli Smartphone keren Realme c12 ini? lebih baik pertimbangkan dulu dari setiap aspeknya sampai memutuskan untuk membelinya.

Jadi kesimpulannya, Realme C12 ini masih banyak pesaing unggul lainnya pada kelas entry-level yang lebih baik dalam setiap aspek performa maupun kualitas.

Namun kita kembali lagi pada kapasitas baterai yang dihadirkan C12 ini, lagi-lagi ini masih menjadi keunggulan paling terasa pada smartphone ini, harga 1 jutaan sudah bisa mendapatkan baterai super.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *