10 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android 2020

Kebutuhan editing foto memang sedang mengalami pengingkatan, apalagi teknologi digital telah menjadi tujuan utama untuk memasarkan produk.

Ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bermunculan, yang menawarkan beragam fitur canggih yang dapat mengedit foto sedemikian apiknya.

Jika kita mengacu pada dunia digital saat ini, memang editing foto bukan hal yang lumrah lagi, sebab hasil final dari sebuah gambar digital yang keren itu melewati yang namanya proses editing.

Editing foto disini konteksnya luas ya, bisa edit filter foto, memanipulasi foto, membuat animasi, dan lain sebagainya.

Dari kebutuhan digital inilah, banyak aplikasi edit foto yang menjadi tren dikalangan pengguna Gadget. Untuk lebih lengkapnya akan kita bahas kumpulan aplikasi untuk edit foto terbaik dibawah ini.

Saat ini aplikasi editing foto yang ada di android tidak kalah dengan di laptop, sudah ada banyak juga software yang sebelumnya ada populer di laptop kini rilis di Android sebut saja Adobe Photoshop.

Tapi bukan itu saja aplikasi edit foto yang keren, ada lagi yang lainnya yang perlu juga kalian coba gunakan. Beirkut ulasannya.

1. PicsArt

aplikasi piscart

Aplikasi yang pertama ini sangatlah populer dikalangan para editor foto yang ada di Android, PicsArt juga sudah lama rilis, terhitung sejak tahun 2011 kini aplikasi editing foto ini sudah diunduh lebih dari 1 miliar sejauh ini.

Yang menjadikan aplikasi ini spesial adalah segala fitur yang ada didalamnya, Bukan hanya foto editor saja yang akan kamu temukan disini, ada juga Tools untuk mengedit video.

Namun kita lupakan dulu bagian video editor, kali ini kita fokus pada fitur yang disedikan untuk editing foto.

Fitur yang populer adalah Filter dan efek siap pakai yang akan mempercantik foto, menghapus latar belakang/ background dengan gampang, mewarani foto dengan berbagai opsi, menambahkan font yang sudah disedikan langsung oleh picsart, mengganti penampilan dengan fitur pengganti warna rambut, memanipulasi riasan, dan lain sebagainya.

2. Adobe Photoshop Express

aplikasi photoshop express

Mungkin kamu sudah paham apa ini aplikasi. Ya betul, ini adalah versi mobile dari Software Adobe Photoshop yang ada di laptop. Secara resmi aplikasi ini dirilis langsung oleh Adobe Systems. Disini kamu bisa mengekspresikan apa yang ingin kamu buat lewat sentuhan editor foto yang ada.

Ada berbagai alat dan efek yang bisa kamu pilih dan atur dengan ujung jari kamu, Personalisasi pengalaman sangatlah terasa ketika menggunakan kreativitas untuk mengedit foto.

Fitur yang mungkin kamu suka adalah, Penghilang noise atau bintik-bintik pada foto, Menambah filter dan efek foto dengan template siap pakai yang disediakan, Melakukan kolase foto yang mengagumkan, Menambahkan teks keren pada foto, dan masih banyak lagi.

3. Adobe Lightroom

Aplikasi Adobe Lightroom
Aplikasi edit foto android Adobe Lightroom

Ini adalah aplikasi editing foto lain yang dibuat oleh Adobe systems, secara keseluruhan memang sama dadri Adobe Express tetapi bedanya adalah Lightroom ini lebih condong ke editing warna atau efek pada foto.

Aplikasi ini sangatlah lengkap dan juga intuitif, segala fitur tentang perubahan efek warna ada disini. Setiap tools yang ada memberikan kamu kontrol yang mutakhir dengan penyesuian yang detail serta selektif.

Menggunakan Adobe Lightroom ini kamu harus pintar-pintar dalam memilih setiap opsi pengeditan, sebab ini pengaruhnya pada visual yang akan ditampilan oleh foto.

Jadi eksperimen adalah hal yang bisa kamu lakukan agar foto menjadi lebih keren dan hidup, Namun jika kamu tidak mau repot-repot mengatur, kamu bisa memanfaatkan fitur preset/ filter siap pakai yang bisa digunakan kapan saja.

4. Snapseed

aplikasi snapseed

Ini adalah aplikasi editing foto yang dicipatakan langsung Google, heran kan perusahaan sekelas google saja sudah mengembangkan aplikasi edit fotonya sendiri. Menggunakan Snapseed kamu bisa melakukan kontrol edit apapun untuk mencapai hasil yang bagus serta profesional.

Menurut saya Snapseed adalah aplikasi editing foto yang sederhana dan ringan, kamu bisa buktikan sendiri. Walau ringan, tetapi fitur utama yang ada didalamnya sangat relevan dan keren untuk bahan edit foto.

Fitur yang mungkin kamu suka adalah Pegaksesan gambar berekstansi RAW dengan mudah (kamu juga bisa mengkompres gambar RAW ke JPG), menyesuaikan warna foto, Memotong dan memutar foto, Menambahkan teks, Menerapkan efek warna, menambahkan bingkai, dan lain sebagainya. Kamu bisa rasakan sendiri kehebatan aplikasi ini di ponsel kamu masing-masing.

5. Picsa

aplikasi pisca

Aplikasi yang bisa membantu kamu untuk menambahkan efek-efek keren pada fotomu, Picsa lebih cocok untuk foto yang menampilkan objek manusia atau seseorang, tetapi tetap keren juga untuk foto berobjek lainnya.

Picsa menawarkan berbagai filter dan efek siap pakai yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik hasil foto, bukan hanya itu saja.

Ada juga fitur Menghapus latar belakang yang sangat keren dan selektif, Pembuat Kolase foto juga turut hadir sebagai fitur utama.

Kamu tidak perlu menyiapkan berbagai mentahan gambar untuk mengedit foto kamu, sebab di Picsa sudah ada beragam menatahan foto siap pakai yang bisa langsung kamu terapkan di foto. Ada juga 1000+ stiker gratis yang bisa kamu gunakan.

6. VSCO

aplikasi VSCO

Aplikasi VSCO berguna untuk editing foto agar terlihat lebih professional dan keren ketika dilihat, dengan menggunakan Aplikasi ini kamu bisa mengkreasikan ide dan kreatifitas pada foto yang ingin kamu edit.

Aplikasi ini lebih mengarah pada edtiing warna, jadi yang kamu temukan disini adalah tools edit efek atau filter.

Tapi tidak menghalangi untuk fitur lainnya, ada juga menu editing untuk Crop, Mempertajam foto, Menambah kejelasan foto, Mengubah warna kulit, dan lain sebagainya.

VSCO juga dijadikan sebagai media sosialnya para editing, karena disini kamu juga ditawarkan untuk membuat profil sendiri untuk dilihat orang banyak.

Postingan yang bisa kamu uploud adalah berbentuk Foto hasil editing yang kamu buat, selain itu kamu juga bisa membagikan rumus atau preset untuk menghasilkan efek tertentu.

Secara keseluruhan memang aplikasi ini sangatlah keren dan multifungsi. Selain bisa menedit foto VSCO juga menawarkan menu editing Video.

7. Inshot Editor Foto

aplikasi inshoot

Sejumlah tools mengenai editing foto ada disini, dengan aplikasi ini kamu bisa membuat foto lebih bergaya dan menarik dengan beberapa sentuhan saja.

Kenapa saya katakan cukup beberapa sentuhan saja, sebab Inshot photo editor menawarkan fitur spesial untuk mengedit Filter dan efek foto.

Ada lebih dari 100+ filter yang bisa kamu pilih, selain itu ada juga 500+ Efek keren dan gratis yang bisa langsung kamu berikan pada foto, ada 500+ stiker gratis, Tool pengeditan teks pada foto, penghapusan latar belakang, mengedit blur dan lain sebagainya.

Disini kamu bebas berkreatvitas dan menciptaikan sebuah hal yang hebat pada foto yang ingin kamu edit.

8. Kolase Foto

aplikasi kolase foto

Jika aplikasi berikut ini lebih mengarah ke pengeditan tata letak sebuah foto, Kolase foto pada aplikasi ini sangatlah mudah kamu cukup memilih template siap pakai yang bisa kamu lakukan untuk pengabungan ulang foto menjadi lebih keren lagi.

Total ada lebih dari 100+ layout bingkai yang bisa kamu pilih sesuka hati.

Tentu tidak keren kalau hanya ada editing kolase saja, sebab Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur keren lainnya yang bisa kamu gunakan.

Seperti Memberikan efek neon pada foto, memberikan filter, template keren siap pakai, Kumpulan emoji & stiker gratis, memberikan tipografi pada foto, dan lain sebagainya.

9. PicSay

aplikasi picsay

Picsay adalah aplikasi Editing foto yang sangat populer juga di Android, selain karena fitur-fitur keren yang ada didalamnya aplikasi picsay digemari juga karena memiliki ukuran yang sangat ringan.

Dengan Picsay kamu bisa melakukan berbagai hal untuk mengedit foto, seperti Mengganti Exposure, Contrast, Saturation, Brightness, dan lain sebagainya.

Ada juga fitur untuk memberikan teks pada foto, menggambar, penambahan Stiker dan Emoji, pemotongan background foto, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 8 Aplikasi Kompres Video di Android Terbaik 2020

10. Infinite Design

aplikasi infinite design

Mungkin ini adalah aplikasi yang sangat berbeda dari yang sebelumnya kita ulas, sebab Infinite design adalah aplikasi editing Gambar Vektor. ini adalah salah satu aplikasi terpopuler dikalangan para editot vektor.

Dengan Infinite Design kamu bisa membuat animasi keren, dan tentunya dengan kreatifitas dan sentuhan yang kamu lakukan sendiri.

Disini tidak ada preset!, sebab aplikasi ini diciptakan memang untuk memberikan kendali penuh agar pengguna bisa mengkreasikan gambar vektornya dengan leluasa.

Untuk membuat gambar vektor membutuhkan banyak tools, maka dari itu Infitie design juga telah menyedikannya agar bisa memudahkan kalian mengedit gambar.

Baca Juga : Aplikasi Mind Mapping Terbaik di Andoid

Kesimpulan

Dari semua aplikasi diatas kamu suka yang mana? kalau saya suka semua, sebab hanya mengandalkan aplikasi yang notabennya hanya puluhan MB saja kamu sudah bisa menikmati sensasi editing foto ala profesional.

Setiap aplikasi tentunya memiliki fitur dan kegunaanya masing-masing jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Dalam dunia editing foto kita tidak bisa memaksakan hasil yang diberikan, karena hasil disini pengaruhnya adalah dari siapa yang membuatnya. Jadi silahkan kreasikan kreatifitasmu dengan aplikasi-aplikasi diatas.

Oh iya, jika sudah edit foto jangan lupa di optimasi dulu dengan 9 Aplikasi Kompres Foto di Android Terbaik 2020 ya!

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.