11 Aplikasi Mind Mapping Terbaik Untuk Android dan PC

Gagasan atau ide bisa muncul kapan dan dimana saja. Namun terkadang ketika mencoba menyampaikan ide tersebut, ternyata ada bagian yang terlewatkan, padahal bagian tersebut bisa dibilang lumayan penting untuk disampaikan.

Agar tidak ada yang terlewat, sebaiknya kita catat dulu sekiranya bagian apa saja yang dirasa penting. Catat ide Anda mulai dari topik utama sampai ke bagian yang paling kecil. Hal ini dilakukan supaya semua ide bisa tersampaikan dengan baik.

Nah, disini ada aplikasi dimana Anda bisa mencatat sekaligus memetakan ide-ide segar Anda. Selain dapat menyampaikan ide secara lengkap dan terperinci, aplikasi ini juga dapat membantu Anda mempresentasikan ide secara sistematis.

Apa itu Aplikasi Mind Mapping?

Mind Mapping App adalah suatu aplikasi yang dapat memetakan semua ide-ide Anda dalam bentuk visual. Disana Anda bisa menuliskan ide atau gagasan berdasarkan cerita Anda sendiri.

Dengan mengaplikasan catatan Anda ke Mind mapping, Anda dapat menjadi lebih mudah menyampaikan ide-ide segar Anda, sekaligus memudahkan orang lain untuk mencerna dan memahami informasi yang Anda berikan.

Aplikasi ini juga dapat membantu para pelajar dan mahasiswa memahami isi materi pelajaran mereka. Tersaji diagram dan chart untuk memetakan konsep, tugas, kata-kata, atau elemen yang terkait dan diatur sedemikian rupa yang dikembangkan dari ide awal.

Jadi, aplikasi Mind Map merupakan cara termudah untuk mengelola brainstorming tanpa harus kuatir tentang bagaimana urutan dan strukturnya di dalamnya. Mind mapping ini juga terdapat alat-alat yang dapat membantu Anda menyusun ide-ide secara visual dalam bentuk garis dan chart.

Kelebihan Menggunakan Mind Map

Mind Mapping membantu menyimpan, menyusun dan mengelola informasi dalam bentuk chart atau diagram. Tidak seperti coretan kertas biasa, Mind Mapping membantu menyimpan, menyusun dan mengelola informasi dalam bentuk chart atau diagram.

Aplikasi mind mapping benar-benar membuat laporan Anda menjadi seperti sebuah karya seni yang indah. Sehingga Informasi yang Anda sajikan jauh lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang-orang yang antusias dengan presentasi Anda.

Berikut adalah kelebihan Mind Mapping App:

  • Struktur Mind Mapping didesain semenarik mungkin agar otak bisa menyerap informasi dengan mudah
  • Mind Mapping menghubungkan antar ide tiap individu sehingga memungkinkan Anda melihat gambaran besar dari ide-ide tersebut
  • Mind Mapping menyampaikan hirarki dari yang besar hingga bagian terkecil
  • Mind Mapping memudahkan otak mengingat ide dan gagasan dengan mental triggers (gambar, warna, dan koneksi)
  • Membuat Mind Mapping seperti sedang membuat karya seni. Anda tidak seperti sedang mencatat, malah bisa dibilang seperti sedang menggambar atau mencoret-coret.

Bagaimana Cara Membuat Mind Map?

Sebelum memetakan ide, buat konsep terlebih dahulu. yang berawal dari subjek utama kemudian dipecah menjadi beberapa bagian yang nantinya akan membentuk sebuah cabang-cabang. Masih bingung? Berikut penjabarannya :

  1. Buat subjek atau tema utama terlebih dahuli dibagian tengah atau kanan
  2. Bagi tema utama menjadi beberapa topik hingga berbentuk percabangan
  3. Beri gambaran beberapa ide, kata kunci atau catatan berdasarkan dari garis topik terkait
  4. Tandai topik yang dirasa kurang penting dipercabangan lain
  5. Hingga cabang-cabang tersebut membentuk sebuah struktur yang saling terhubung

Masih bingung juga? Silahkan lihat gambar berikut ini:

mind mapping adalah

Pada gambar diatas, mind map menunjukan pola bercabang. Dari subjek kemudian berkembang menjadi topik-topik yang lebih sepesifik.

Nah, setelah membentuk konsep, selanjutnya Anda bisa langsung membuat Mind Map. Tetapkan ide Anda berdasarkan apa yang ada didalam pikiran Anda.

Mulai dari tema umum sampai sub tema yang lebih spesifik.

Contoh:

  1. Tuliskan subjek utama di tengah atau sebelah kanan halaman
  2. Subjek utama berisikan tema umum, misal : makanan, kesehatan, olahraga, politik dan lain sebagainya
  3. Pikirkan sub topik dari subjek utama tersebut dan buat isi atau gambaran sub topik tersebut
  4. Jika memang ada pembahasan lebih spesifik, buatlah Sub-sub topik melalui garis-garis percabangan
  5. Gunakan kalimat singkat yang tidak terlalu panjang untuk sub topik dan sub-sub topik
  6. Tambahkan sedikit catatan untuk memperjelas buah pemikiran yang Anda buat
  7. Bila perlu tambahkan beberapa gambar untuk.

Mudah ya?

11 Aplikasi Mind Map Terbaik untuk Mengutarakan Ide dan Gagasan

Berikut ini adalah rekomendasi 11 aplikasi mind mapping yang mungkin akan berguna untuk memetakan ide dan gagasan Anda.

1. Bubbl.Us

Bubbl adalah aplikasi mind map berbasis web yang difokuskan kepada Pure Mind Mapping. Salah satu aplikasi braindstorming cloud yang paling populer karena kesederhanaannya.

Bubbl dapat diakses secara gratis dan berbayar. Jika Anda pengguna Free, Anda hanya dapat diberi kesempatan membuat 3 Mind Map dan hanya menikmati fitur dasar saja.

Jika Anda member berbayar Anda cukup membayar $6 /bulan atau /user. Pada member berbayar ini Anda dapat mengaktifkan fitur premium seperti real time collaboration dan riwayat revisi.

Aplikasi ini bukan sekedar Mind Mapping biasa. Cocok bagi pemula yang tidak membutuhkan terlalu banyak fitur!

2. LucidChart

LuciChart memiliki banyak fitur untuk menunjang kebutuhan pemetaan ide, seperti kolaborasi real-time, manajemen perubahan dan history, manajemen tim dan akses, juga tersedia ratusan integrasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi ini menyediakan semua jenis diagram, dari yang paling sederhana hingga kompleks. Yang unik dari aplikasi ini adalah ia memiliki banyak template gratis untuk membuat mind mapping, sehingga pekerjaan membuat diagram menjadi lebih bervariasi.

Fitur keren lain dari LucidChart adalah kemampuannya dalam menghubungkan data, menautkan data, dan penyimpanan data yang langsung tersimpan di spreadsheet.

Apabila ada pengguna yang merubah data, maka spreadsheet akan secara otomatis berubah dalam bagan dan diagram pengguna lain. Aplikasi ini memang sangat memudahkan pengguna untuk berkolaborasi dengan tim.

3. Ayoa

Ayoa adalah aplikasi mind mapping Berbasis cloud yang fokus terhadap manajemen tugas, kolaborasi dan interaksi. Cocok bagi mereka yang memiliki segudang ide kreatif dan mengubahnya menjadi kenyataan.

Tidak seperti aplikasi mind map lainnya, Ayoa dapat memantau pekerjaan, daftar tugas yang harus dilakukan, dan berkolaborasi dengan orang lain.

Disini Ayoa memiliki struktur mapping yang sederhana, indah, serta antarmuka visual yang unik, sehingga dapat menginspirasi dan memunculkan ide-ide hebat.

Selain itu, ada tiga pilihan gaya mind maps yang terinspirasi dari pemetaan tradisonal yang digambar manual oleh tangan.

  1. Organic Mind Maps – memungkinkan pengguna membuat cabang halus dan melengkung
  2. Speed Mind Maps – memungkinkan pengguna membuat tata letak otomatis dan cabang kotak untuk menangkap ide dengan cepat
  3. Radial Maps – memungkinkan pengguna mempresentasikan ide-ide dalam visual pie-chart.

Pengguna Ayoa juga dapat mengubah catatan Evernote menjadi tugas. Terintegrasi dengan Google Drive, Dropbox, dan Google Kontak, yang memungkinkan pengguna dapat menyingkronkan proyek dengan klender Google dan menerima email melalui Email2Task.

4. Mindom

Mindomo adalah aplikasi mind mapping yang dapat mensinkronisasi iPad ke Android. Ini sangat berguna apabila Anda bekerja dengan tim yang memiliki perangkat yang berbeda-beda.

Aplikasi mind mapping satu ini memberikan pilihan layanan gratis dan berbayar. Pada layanan gratis Anda akan diberikan tiga mind mapping dengan fitur terbatas. Dan apabila Anda pengguna layanan berbayar, Anda dapat menambahkan audio dan video, backup mind map ke Dropbox, dan dapat mengekspor ke format lain.

Baca Juga : 9 Aplikasi Kompres Gambar di Android Terbaik

5. SimpleMind

SimpleMind merupakan salah satu aplikasi mind mapping yang menurut saya sangat user friendly. Aplikasi ini ada banyak beragam toolbar yang nantinya akan memudahkan pengguna dalam membuat mind mapping.

Selain itu, SimpleMind juga menyediakan beragam sistem untuk menggalang sesi brainstorming.

Bagi pengguna yang menggunakan perangkat selular mereka dapat menambahkan memo suara dan video, sehingga mind mapping yang mereka buat menjadi lebih menarik.

Tambahan lain, SimpleMind memiliki beberapa fitur unik, salah satunya adalah kemampuannya dalam mengimpor file PDF yang secara otomatis dapat menerjemahkan PDF ke mind map.

Ini bisa menghemat waktu Anda setiap melakukan pengerjaan secara manual. Jadi ketika pengguna ingin memetakan ide-ide dalam bentuk buku atau artikel, pengguna bisa langsung mensubmitnya kedalam mind mapping yang dibuat. Pengguna juga dapat dengan bebas mengubah atau mengedit isi mind mapping sesuai kebutuhan.

Perlu Anda ketahui bahwa apabila pengguna ingin mengakses mind mapping yang sama di beberapa perangkat, mereka harus menyimpan mind mappingnya terlebih dahulu di cloud, bukan server lokal.

6. Scapple

Scapple merupakan software yang diciptakan untuk membantu penulis menguraikan tulisan mereka. Literature and Latte ini dibentuk pada tahun 2006 dengan tujuan menawarkan penulis untuk mengembangkan keterampilan menulis.

Aplikasi ini lumayan terkenal di pasaran saat ini, yang pada peluncuran perdananya mengundang para pengguna untuk mencoba membuat catatan kecil di kanvas kosong kemudian dikembangkan menjadi tulisan senderhana atau cerpen.

Fitur pendukung lainnya, pengguna dapat menyisipkan file dalam bentuk teks, PDF, gambar, bahkan video. Scapple disenangi banyak orang karena kemudahan dalam menggunakannya.

Sayangnya Anda perlu membayar $14,99 untuk dapat menggunakan layananya. Namun tak perlu kuatir, Anda akan diberikan percobaan gratis selama 30 hari. Ini bagus untuk Anda yang ingin mencobanya terlebih dahulu sebelum benar-benar menggunakannya.

7. FreeMind

Software mind mapping satu ini begitu simpel dan mudah digunakan. Tersedia banyak fitur penting untuk kegiatan mapping, antara lain menyalin, menambahkan informasi pintar, dan fungsionalitas drag-and-drop.

Fitur-fitur itu nantinya dapat digunakan untuk beberapa tujuan, seperti melacak pekerjaan, menciptakan basis pengetahuan, brainstorming, dan masih banyak lagi lainnya.

Meski demikian aplikasi ini memiliki satu kelemahan, yaitu dimana software ini hanya bisa digunakan oleh satu penguna saja. Artinya, pengguna tidak bisa berkolaborasi dengan pengguna lain ketika mind mapping sedang berjalan. Jadi Anda harus bergantian saat berbagi pekerjaan dengan rekan satu tim lainnya.

Freemind bisa Anda gunakan secara gratis dengan fitur yang hampir lengkap. Developer terus memberikan fitur baru, seperti mengikuti tautan HTML baik web atau file dekstop yang disimpan dalam node.

8. MindManager

MindManager adalah aplikasi mind mapping berfitur lengkap untuk Windows maupun Mac.

Target pasar software ini adalah perusahaan dan UMKM, sehingga harga yang ditawarkan juga cukup mahal. Meski demikian Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari.

sudah banyak perusahaan besar yang menggunakanya, seperti Proctor dan Gamble dan terintegrasi dengan Microsoft Office suite.

9. Padlet

Padlet memungkinkan penggunanya membuat board, dokumen, halaman web dan berkolaboasi dengan pengguna lain. Aplikasi ini dikenal sebagai software mapping yang memiliki antarmuka yang intuitif.

Padlet membantu perusahan atau individu dalam memetakan ide-ide dalam bentuk visual di dalam ruang yang bisa diakses di semua perangkat secara aman. Fitur dan Fungsi Padlet juga terus mengalami peningkatan serta terkadang ada penambahan fitur baru.

Tidak seperti aplikasi mind mapping pada umumnya, software ini memiliki alat yang mendukung penggunanya untuk membuat konten, mulai dari sticky note hingga esai.

Padlet mendukung 29 bahasa dan terus bertambah, sehingga bisa digunakan oleh siapa dan dari mana saja diseluruh dunia. Fitur berbagi aplikasi ini juga terus mengalami peningkatan, salah satunya adalah fitur yang dimana ia dapat memastikan bahwa tidak ada anggota tim yang tertinggal.

Pengguna juga bisa menampung banyak kontributor tanpa harus mendaftar sebelumnya.

10. Stormboard

Stormboat masih menerapkan mind mapping secara tradisional, dimana ia masih menggunakan sticky note untuk pemetaan manual. Disini pengguna dapat mengelompokan catatan dari berbagai bagian layar untuk mewakili setiap koneksi awal mind mapping dibuat, kemudian menambahkan korelasi visual dengan garis.

Bahkan pengguna dapat menambahkan sticky note baru setelah membuat postingan sebelumnya, sehingga pengguna dapat fokus kepada satu ide ke ide lainnya tanpa harus banyak berpikir.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat melibatkan seluruh tim dengan kolaborator yang dapat membuat task, komentar yang tersimpan, dan rekaman suara setiap individu untuk masing-masing ide. Ditambah, proses bisa dilakukan secara otomatis dengan Zapier Integrations Stormboard.

Kegiatan mind mapping tidak lagi menjadi sulit berkat Stormboard ini. Semua orang bisa dengan mudah mencerna hasil pemikiran Anda.

11. Canva

Canva sebenarnya lebih condong ke aplikasi pembuatan banner untuk konten, seperti banner media sosial, blog, periklanan, thumbnail video, poster, logo dan masih banyak lagi lainnya.

Canva memiliki ribuan template yang bisa Anda unduh secara GRATIS. Selain untuk tujuan bisnis, Canva juga bisa dimanfaatkan untuk membuat Mind Mapping.

Canva menawarkan banyak alat untuk mendukung kegiatan Mind Mapping, seperti alat pemutar gambar menjadi miring, meng-crop, dan mengukur skala gambar secara Digital.

Disana, pengguna juga dapat menyesuaikan pesan dengan gaya, font, dan bahkan warna.

Paket berbayar Canva untuk Mind Mapping memungkinkan pengguna dapat berkolaborasi sampai 10 anggota tim. Jika ingin grub yang lebih besar lagi, pengguna dapat memilih paket Canva For Work.

Baca Juga : 8 Aplikasi Kompres Video di Android Terbaik

Kesimpulan

Mind Mapping adalah metode ampun untuk mencari dan menciptakan ide baru. Meski bisa dilakukan dengan selembar kertas dan ballpoint, aplikasi membuat mind mapping jauh lebih efektif dan aman. Selembar kertas akan lebih mudah hilang daripada jejak digital.

Alternatif lainnya adalah Anda dapat mennggunakan Microsoft WOrd atau Photoshop untuk membuat Mind Mapping. Tinggal braindstorming saja ide Anda apa yang menurut Anda mudah.

Jadi, dengan aplikasi mind mapping, semua orang dapat melihat dan memahami hasil pemikiran Anda. Jangan sampai ide brilian Anda terlewat begitu saja!

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.