8 Aplikasi Kompres Video Terbaik di Android

8 Aplikasi Kompres Video Terbaik di Android – Format digital seperti Video tentu sudah menjadi sebuah media yang sangat bermanfaat di era saat ini, dengan media ini kita bisa secara bebas memutar, menyiarkan, dan menampilkan visual berupa gambar yang bergerak.

Semakin tinggi kualitas dan panjangnya durasi video, tentu akan semakin tinggi pula ukuran file video tersebut. Nah, tentu tools seperti Commpressing videos sangat di butuhkan, kita tidak perlu alat canggih untuk melakukan hal tersebut.

Sebab dengan hanya menggunakan Android atau Handphone kita sudah bisa melakukan kompres video. Apa saja aplikasi-aplikasi yang bisa di gunakan, mari simak ulasan di bawah ini.

Yang akan kamu dapatkan setelah melakukan kompres video adalah mengecilnya ukuran file video tersebut dan juga tentu kualitas juga akan turun.

Selain 9 Aplikasi Kompres Foto Terbaik di Android, di bawah ini ada 8 Aplikasi yang diharapakan dapat membantu melakukan proses kompres video dengan mudah dan cepat.

1. Video Compress

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengkompress video dengan mudah, seluruh video yang ada di dalam memori hp akan secara otomatis tampil di daftar kompress, tentu ini sangat memudahkan sekali jika kamu hendak mengambil tindakan untuk compressing videos.

Ada kelebihan lain dari aplikasi ini, seperti menghilangkan suara pada video (salah satu cara juga untuk mengecilkan file), kemudian ada juga tools untuk mengekstrak video ke audio.

Metode pengkompresan disini, bisa kamu atur sendiri atau juga bisa memilih sendiri kualitas video sesuai keinginan. Jika kamu memutuskan untuk mengatur sendiri atau kostum kamu bisa nih menurunkan resolusi dan bitrate sesuka hati.

2. Kompresor Video

kompresor video - kompres video foto dengan cepat

Sebenarnya ini hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, namun sedikit ada tambahan fitur yang di sediakan. Kamu bisa secara leluasa memilih video yang ingin kamu kompres, dalam sesi pengkompresan kamu bisa mengatur video tersebut mau resolusi tinggi atau rendah, atau kamu juga bisa melakukan kostum untuk mengatur Resolusi dan Bit Rate yang nantinya akan berpengaruh pada size video.

Fitur atau tools yang di sediakan aplikasi ini bukan hanya Kompres video saja, melainkan ada juga Crop atau Potong durasi video, kemudian Mengekstrak video ke format audio, dan Mempercepat video.

Satu lagi nih, walau namanya Kompresor Video tapi aplikasi ini ada juga fitur untuk mengkompres foto.

3. Video Compressor – VidCompact

video ke mp3 converter video compressor vidcompact

Yang satu ini tidak kalah keren, dengan fitur yang lengkap dan multifugsi juga Video Compressor ini banyak di unduh di Google Playstore. Ya wajar sih, emang lengkap fiturnya, selian itu tampilanna juga menarik banget.

Jangan khawatir kalau format video yang akan kamu kompress tidak di dukung, sebab Video Compressor ini mendukung banyak format file, seperti MP4, 3GP, AVI, FLV, dan sebagainya.

Selain kompres kamu juga bisa mempangkas durasi dari video, dan ada juga converter yang bisa kamu gunakna untuk merubah audio ke video.

4. Panda Video Compressor

panda video compressor movie n video resizer

Namamnya mungkin unik ya, Tapi ini bukanlah sebuah game, melainkan Apikasi untuk mengkompres video. Di sini kamu bisa memilih format video apapun untuk kamu lakukan proses pengkompresan, sebab format video seperti MP4, AVI, 3GB, MKV, FLV, dan sebaginya sudah di dukung Panda Video Compressor.

Saat mengkompres kamu bisa tuh memilih besar ukuran dari video kamu inginkan, seperti ada ukuran kecil, medium, besar, dan ada juga ukuran yang di sesuaikan untuk untuk Email (yaitu 25MB).

5. Compress Video: Video Cutter – Audio Extractor

compress video cutter audio extractor

Jika yang satu ini menurut saya dari segi tampilan sangat menarik dan keren. Apa yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini? ya seperti namnaya, disini kamu bisa melakukan Comperessing video dengan mudah dan cepat.

Selain itu fitur andalan lain dari Aplikasi ini adalah Video Cutter dan Audio Extractor atau Pemotongan video dan Pengekstrakan video ke audio, hanya dengan satu klik saja.

Ada juga nih Speed up, gunanya adalah untuk mempercepat durasi video, ini akan berpengaruh pada kecepatan dari gerak video dan ukuran filenya pun akan berkurang juga.

6. Smart Video Compressor and resizer

Smart Video Compressor and resizer

Pilih video dan mulai untuk Mengkompress video, dengan semudah itu kamu sudah bisa mengecilkan ukuran video kamu. Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan kompres video dengan kendali kamu sendiri, Maksudnya kamu bisa mengatur Dimensi, Compressing speed, dan Kualitas sesuka hati.

Selain itu ada juga fitur yang bisa kamu gunakan untuk melakukan Pemangkasan pada video, Jangan di ragukan lagi kehebatan dari Smart Video Compressor and resizer ini sebab aplikasi ini di bangun menggunaakn FFMPEG yang merupakan perpustakan media besar untuk melakukan kompresi pada format digital seperti video.

7. Video Compressor

Video Compressor - video to mp3 converter

Adalah aplikasi Video Compressor yang hebat dan mudah juga untuk di gunakan, ada tiga fitur utama dari aplikasi ini, yaitu Mengkompress video, Mengkonversi video ke MP4, dan Mempangkas video.

Untuk mengkompress video, kamu bisa tuh memilih kualitas yang ingin kamu inginkan pada video yang kamu kompres, seperti 720p, 640p, 480p, 360p, 240p, dan 144p. Video Compressor sendiri menyebutkan bahwa saat melakukan kompres file video di pastikan kamu tidak akan kehilangan kualitas aslinya.

Jika format video kamu adalah FLV, AVI, WEBM, MOV, dan lain-lain, kamu bisa tuh melakukan konversi atau mengubahnya ke format MP4.

8. Video Format Factory

Video Format Factory

Berikutnya ini merupakan aplikasi multifungsi yang bisa di guanakan untuk segala hal yang berkaitan dengan format video. Dengan Video Format Factory kamu bisa melakukan konversi atau mengubah format file video kamu, contoh format video kamu .FLV dan bisa kamu ubah ke .MP4 hanya dengan satu klik saja.

Selanjutnya kamu juga bisa melakukan Kompres video atau pengurangan size dari file, dan tentunya ini akan menghemat ruang penyimpanan.

Saat melakukan Compressing video kamu bisa mengatur sendiri details video, seperti Format, Size, FPS, Resolusi, dan Bitrate, semua komponen tersebut akan sangat berpengaruh dengan ukuran size dari video kamu.

Kesimpulan

Bisa dengan semudah itu bahkan dengan aplikasi android saja kita bisa melakukan Compressing videos. Tunggu-tunggu dulu, sebenarnya anggapan yang sering muncul seperti mengkompres tanpa mengurangi kualitas itu salah, karena aplikasi seperti di atas itu memanfaatkan hal-hal yang ada pada video seperti Resolusi, Bit rate, FPS untuk mengatur ukuran file video.

Jadi kalau semakin kecil Resolusi, bit rate, dan FPS maka akan semakin kecil pula ukuran, dan ini juga akan mempengaruhi Kualitas video.

Kalau tidak ingin kurang kualitas video, kamu sebearnya bisa kok melakukan Pemangkasan durasi video, dan tentunya sebagian besar aplikasi yang sudah kita ulas di atas, menyedikan fitur tersebut.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *