Cara Memperkecil Ukuran Video di Android

Dalam proses penyimpanan, video biasanya menjadi file yang paling banyak memakan tempat. Terlebih dengan resolusi yang tinggi, membuat pengguna harus memperkecil resolusi baik itu untuk kepentingan penyimpanan, pemindahan atau mengunggah secara khusus dengan limit kapasitas.

Cara memperkecil ukuran video di android kemudian menjadi alternatif yang dibutuhkan. Android sendiri didukung dengan sistem yang cukup baik, termasuk, mengurangi resolusi pada video yang hendak dipilih. Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi kapasitas sesuai yang diinginkan tanpa merusak kualitasnya.

cara memperkecil ukuran video di android

Cara Mengecilkan Ukuran Video di Android

Cara mengecilkan ukuran video, memiliki beberapa proses sekaligus aplikasi sebagai perangkat ketiga. Berikut ini alternatif yang dapat digunakan.

Baca Juga : 9 Aplikasi Kompres Foto Untuk Android Terbaik 2020

Kompres Video dengan Aplikasi Panda Video

Panda video compress merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran video yakni compressor. Aplikasi ini sendiri bisa didapatkan dengan mudah tanpa perlu melakukan pembayaran secara khusus.

Panda video compressor, mempunyai kemampuan salam kompres di banyak resolusi. Penggunaannya pun cenderung lebih mudah, yakni hanya dengan menekan/tap untuk video yang telah ditentukan sebelumnya.

Selanjutnya, aplikasi tersebut juga mampu melakukannya terhadap banyak format video yang populer saat ini.

  • Install aplikasi Pada Video Compressor pada Google Play Store.
  • Siapkan video yang akan diperkecil atau dikompres.
  • Sebelum itu, pastikan baterai pada ponsel Anda dalam keadaan penuh atau memadai karena proses kompres akan memakan tenaga yang cukup besar.
  • Klik “pilih video”.
  • Pilih dan tentukan ukuran video yang diinginkan atau mencapai kapasitas yang Anda mau.
  • Tunggu hingga seluruh proses kompres selesai.

Jika selesai, Anda bisa langsung melihat hasil kompres video. Ada baiknya, untuk melihat hasil sebelum dan setelah kompres untuk memastikan resolusi dan seluruh durasi video ditampilkan dengan baik.

3 Rekomendasi Aplikasi Video Compressor

Selain aplikasi di atas, sebenarnya terdapat beberapa aplikasi sejenis yang bisa membantu Anda seperti berikut ini:

VidCompact

VidCompact merupakan aplikasi kompres tang terbilang populer saat ini. Aplikasi tersebut, memungkinkan penggunanya mengompres file video tanpa mengurangi kualitas di dalamnya. Aplikasi kompres video sendiri cukup mendukung pada hampir seluruh format populer macam MOC, WMV maupun MKV.

Selain itu, aplikasi tersebut juga mendukung sejumlah rangkaian fitur lain seumpama pemangkas video, memotong, memutar, penstabilan, mengganti nama, ke versi hingga merubah frekuensi audio.

Video Trancoder

Video Trancoder mendukung sejumlah jenis format video yang cukup populer sebut saja AVI, FLV, GIF, MP3 dan sejenisnya. Aplikasi pemotongan video sendiri memang diperuntukkan untuk mengompresnya.

Program sumber terbuka FFmpeg, juga digunakan melalui aplikasi untuk memindahkan kode video dari sebuah format ke dalam format lainnya. Proses pengompresan ini sendiri memakan waktu yang terbilang cepat dan mudah.

Resize Video

Aplikasi Resize, memungkinkan pengguna dalam mengubah sekaligus mengompres file video berdasarkan kebutuhan penggunanya. Video, dalam hal ini juga dapat dihilangkan berdasarkan keinginan tertentu penggunanya.

Termasuk, jika musik yang disematkan ke video ingin diubah atau justru dihapus berdasarkan musik yang diinginkan. Anda bahkan bisa membuat video bisu yang dibuat berdasarkan keinginan Anda sendiri.

Ada kalanya, Anda akan terbatas dalam hal kapasitas pengiriman file yang kemudian mengharuskan Anda untuk mengurangi resolusi video sebelumnya. Namun yang pasti, cara memperkecil ukuran video di hp android cukup mudah dilakukan baik itu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau hanya menggunakan website yang relevan.

Bagikan:
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published.