9 Aplikasi Kompres Foto Terbaik di Android

9 Aplikasi Kompres Foto Terbaik di Android – Mengkompres foto itu juga perlu di lakukan, kenapa? karena ukuran foto yang kecil itu juga dibutuhkan untuk beberapa hal, seperti Foto Profil, Foto yang akan di kirim melalui Gmail, atau untuk Postingan blog.

Semakin tinggi kualitas file maka akan semakin besar pula ukuran file yang di hasilkannya, Begitu pun sama dengan Foto.

Untuk Melakukan Kompres foto itu sebenarnya mudah, kita bisa saja menggunakan software andalan Adobe Photoshop namun tidak semua orang memiliki software itu bukan.

Sebenarnya menggunakan Handphone pun kamu sudah bisa melakukan hal tersebut, yaitu dengan bantuan Aplikasi Compressing yang saat ini tersedia banyak di Google Playstore.

Aplikasi yang akan kita ulas di bawah ini tujuannya sama yaitu untuk menjadikan file foto kita menjadi sekecil mungkin, Namun fitur-fitur yang di sediakan setiap aplikasi berbeda, oleh karena itu mari kita ulas secara lengkap Kumpulan Aplikasi untuk kompres foto di HP.

Baca Juga : 8 Aplikasi Kompres Video di Android

1. Photo & Picture Resizer

Kurangi ukuran foto kamu dengan mudah dan cepat hanya satu klik saja, Jadi aplikasi ini bisa mengubah ukuran dan resolusi foto, kedua hal ini tentunya akan berdampak pada size foto itu sendiri.

Bukan hanya kompres foto saja, fitur pendukung lain juga sudah ada, seperti contoh Crop foto. Saat akan melakukan proses compressing kamu hanya perlu memilih foto dan tunggu alhasil Aplikasi ini akan secara otomatis memilihkan resolusi yang tepat untuk foto kamu, dan size pun juga akan meramping.

2. Photo Compress 2.0

Ukurannya yang kecil, tampilan sederhana, dan mudah juga untuk di gunakan menjadikan Aplikasi ini banyak sekali di gunakan. Walau ukurannya yang terbilang kecil yaitu sekitar 1,7 MB namun jangan ragukan kehebatan Photo Compress 2.0 ini.

Kompres foto, Resize foto, dan Crop foto juga tidak ketinggalan bisa kamu gunakan secara mudah disini. Saat akan melakukan proses kompres kamu bisa nih mengeser-geser kualitas foto dari 1 sampai 100 semakin kecil angka maka akan semakin kecil pula size foto yang di hasilkan.

3. QReduce Lite

Perlu di ketahui, QReduce ini memiliki dua versi yaitu yang Original dan Lite, sebenarnya terserah kamu ingin menggunakan yang mana, sama kok kedua versi ini memiliki kelebihan untuk Kompres foto yang sama.

Yang saya suka pada aplikasi ini adalah tampilannya yang simpel dan mudah untuk di gunakan, tinggal klik klik saja beres foto berhasil di kompres.

Pada cara pengkompresanya pun kamu cukup Menentukan file size yang akan di kompres, contoh jika kamu punya foto dengan size 1MB maka kamu tinggal tentukan nih ukuran file hasil kompresan yang kamu mau, misal 120 KB atau 80 KB.

4. LitPhoto Compress

aplikasi android kompres dan ubah ukuran foto

Optimalkan gambar yang kamu punya dengan beberapa opsi Kompres yang akan mengurangi size foto. Ada tiga fitur yang bisa kamu coba yaitu Compress foto, Resize foto, dan Crop foto.

Cara pengkompresannya pun juga sangat mudah, kamu tinggal memilih foto yang ingin di kompres, setelah itu atur Kualitas atau ukuran foto sesuai selera, yang kerennya kamu bisa mengatur sendiri kualitas foto dari 1-100% atau jika kamu memutuskan untuk mengubah sesuai size maka kamu bisa mengatur angka size dari foto tersebut. Gimana keren bukan?

5. Resize photo

aplikasi ubah ukuran foto android

Simpel, mudah, dan cepat untuk di gunakan sebagai tools Compressing foto. Cara Kompres menggunakan aplikasi ini agak berbeda dengan yang lainnya, jika yang lain kita bisa memilih Kualitas namun dengan Aplikasi ini kita memanfaatkan Pengaturan resolusi sesuai keinginan kita, ingin Kostum atau memilih ukuran yang di sediakan Aplikasi itu sesuai selera kamu.

Ya kita tahu sendiri jika kita mengatur foto dengan metode resolusi atau size mungkin ini tidak akan mempengaruhi kualitas foto.

6. Photoczip

photoczip kmpres foto android

Dengan satu langkah saja foto yang akan kamu kompres bisa kurang dari 100KB lo, Jadi Photoczip ini memungkinkan untuk mengelola setiap foto untuk di kecilkan ukurannya.

Jika kamu mempunyai foto dengan jumlah yang banyak, kamu bisa nih memanfaatkan fitur kerennya, yaitu kompres semua foto dalam format ZIP, Jadi tidak perlu repot-repot lagi menyeleksi foto kamu yang ingin di lakukan compressing.

Ada dua step yang bisa kamu atur untuk menurunkan size foto, seperti Merubah dimensi gambar atau mengubah kualitas gambar, dua hal ini bisa kamu ubah dalam bentuk angka dan tentunya bisa di ubah sesuka hati.

7. Video & Image compressor

Bisa kamu baca sendiri kan nama dari aplikasi ini, jadi ada dua nih fitur multifungsi untuk melakukan proses compressing, yaitu untuk Foto dan Video. Keren banget kan, ada dua file digital yang bisa kamu kompres hanya dengan satu aplikasi saja.

Di dalam bagian kompres foto kamu bisa mengatur sendiri Kualitas dan Resolusi sesuai keinginan, dan yang kerennya lagi saat selesai melakukan kompres kamu akan di beri sample dari foto sebelum dan sesudah di lakukan compressing.

Aplikasi ini juga ada fitur untuk melakukan Converter pada foto, seperti convert ke JPG, PNG, dan WEBP.

8. Compress Image

aplikasi compress photo android

Lakukan berbagi hal agar bisa menurunkan size foto, Nah Aplikasi ini cocok banget kamu gunakan untuk hal tersebut, karena di saat proses kompres kamu bisa memilih Rasio, Resolusi, dan Kualitas sesuai keinginan kamu, sehingga foto yang di hasilkan akan semakin kecil ukurannya.

Saat selesai melakukan kompres foto kamu akan di beri tahu Before dan After dari foto yang sudah berhasil di kompres, size dan tampilannya pun juga akan di lakukan perbandingan.

9. Compress Image Size in kb & mb

Compress Image Size in kb & mb

Selanjutnya ini juga tidak kalah keren menurut saya dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, Untuk melakukan Kompres foto kamu tidak perlu repot-repot, karena hanya dengan satu klik saja, foto kamu berhasil di rampingkan ukurannya.

Ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk mengecilkan size foto, seperti mengatur Kualitas (semakin tinggi angka kualitas maka akan semakin besar pula size foto) dan  Mengatur secara manual Size dari foto yang kamu inginkan.

Ini nih yang menurut saya fitur berbeda pada apliaksi compressing lainnya, yaitu fitur Edit. Disini kamu bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan pengubahan tampilan pada foto, seperti Eraser, Crop, Menambahkan text, Mengubah Signature, dan melakukan Rotasi.

Kesimpulan

Berbeda aplikasi maka akan berbeda pula fitur yang ada di dalamnya, namun tetap saja kumpulan aplikasi di atas memiliki kegunaan yang sama yaitu untuk mengecilkan size foto atau Kompres.

Sebenarnya ada dua faktor yang sebagian besar di gunakan oleh aplikasi-apliaksi kompres foto, seperti Kualitas dan Resolusi yang tentunya kedua komponen ini sangat ada kaitannya dengan size yang akan di hasilkan foto, jadi semakin kecil angka maka akan semakin kecil pula size nya.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *