Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M51, Harga dan Spesifikasi

Samsung selalu mengeluarkan smartphone terbarunya setiap tahun, dengan berbagai kejutan yang ada. Beragam segmen turut hadir untuk memuaskan penggunannya mulai dari segmen entry-level yang kita tahu seperti Galaxy A01, kelas tinggi dengan Note20 series, dan untuk kelas menengahnya mungkin galaxy M51 sangat cocok sebab seri ini menawarkan segudang kelebihan yang tak main-main.

Yang paling menonjol pada smartphone ini adalah kapasitas baterai yang sangat besar, selain itu spesifikasi hardware juga sangat mumpuni untuk menghasilkan performa yang bertenaga.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31 Harga dan Spesifikasi

Selain kedua hal tersebut, Samsung Galaxy M51 juga sangat cocok buat kamu yang gemar photografi, sebab koleksi 4 kamera dengan resolusi kamera utama sampai 64MP menjadi nilai tambah untuk seri kali ini.

Itu adalah ringkasan dan gambaran sedikit mengenai kelebihan dari smartphone ini, Untuk selanjutnya kita akan membahas kembali kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Galaxy M51 dengan lebih lengkap.

Samsung Galaxy M51 Thumbnail

Kelebihan Samsung Galaxy M51

Akankan Galaxy M series kali ini bisa menarik hati para fans-nya? tentu jelas sebagai smartphone segmen menengah M51 memiliki segudang kelebihan yang tidak boleh diragukan lagi. Oke tidak perlu berlama-lama berikut ringkasan kelebihan yang dimilikinya.

1. Kapasitas Baterai sampai 7.000 mAh

Kapasitas baterai yang besar adalah ciri khas dari Samsung Galaxy M series selama ini, hadir dengan 7.000 mAh baterai adalah hal yang luar biasa sebab besaran kapasitas ini hampir tidak pernah ditemukan pada vendor-vendor lainnya.

Ini adalah kapasitas monster yang benar-benar ditonjolkan oleh samsung pada galaxy M51, tentu saja jaminan mutu untuk bisa bertahan sepanjang hari adalah hal yang wajar.

Untuk pemakaian normal smartphone ini mampu bertahan 2 hari, bahkan samsung sendiri mengklaim bahwa Galaxy M51 dapat digunakan untuk teleponan sampai 64 jam, mendengarkan musik sampai 182 jam, dan untuk streaming video sampai 34 jam.

Nah dengan kapasitas yang bongsor tentu kalian berpikir bahwa untuk pengisan daya dibutuhkan waktu yang lama. Eits jangan salah, kalau Galaxy M51 ini ternyata sudah menukung teknologi Super Fast Charging 25W.

Hal ini terbukti, untuk mengisi daya sampai penuh (dari 0% sampai 100%) hanya dibutuhkan waktu 1 jam 46 menit saja.

Kapasitas sebesar ini tentu sangat bermanfaat untuk kamu yang menyukai bermain game, menonton film, jalan-jalan, tanpa takut kehabisan baterai dan tak perlu susah payah membawa power bank.

2. Bisa digunakan sebagai Power Bank

Samsung Galaxy M51 Power Bank

Smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar kebanyakan sudah dibekali dengan fitur reverse charging , fitur ini memungkinkan smartphone digunakan sebagai power bank untuk perangkat lain, atau dalam kata lain kamu bisa berbagi daya antara smartphone.

Fitur ini memang mengadopsi dari seri sebelumnya yaitu Galaxy M31 yang terlebih dahulu menerapkan fitur reverse charging.

Dengan hadirnya ini tentu sangatlah cocok untuk kamu yang suka berpergian keluar namun tidak ingin susah payah membawa power bank.

3. Tenaga pacu yang Luar biasa

Samsung Galaxy M51 Wualcomm Snapdragon

Sekarang kita beralih ke performanya, Galaxy M51 tidak main-main soal chipset yang digunakannya kali ini, Kalau kita tahu kebanyakan smartphone Samsung setia menyertakan chipset Exynos pada setiap variannya. Namun entah kenapa galaxy M51 ini dibuat berbeda dengan sokongan chipset Snapdragon 730G (8nm) yang sangat baik digunakan untuk berbagai hal.

Penggunaan SoC ini tentu menjadi hal yang berbeda pada galaxy M series, pasalnya untuk seri sebelumnya yaitu Galaxy M31s hanya menyertakan Exynos 9611 pada manufaktur 10nm.

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa SoC ini sangat dapat diandalkan untuk berbagai hal, Seperti bermain game yang dapat memberikan rendering grafis sampai 25% lebih. Selain itu AI Engine juga menjadi satu hal yang ditawarkkan SoC ini untuk dapat melakukan pengambilan gambar agar lebih intuitif dan berkinerja secara optimal.

Untuk pengujian Antutu Galaxy M51 berhasil mendapatkan skor 266.620 poin, tentu ini lebih unggul daripada chipset Exynos 9611 yang digunakan pendahulunya yaitu galaxy M31 dan M31s yang hanya mendapatkan skor 181.394 poin.

Dalam beberapa ujicoba, Sudah terbukti memang bahwa chipset Snapdragon 730G sangat cocok untuk gaming terutama ketika menjalankan game-game yang tegolong berat seperti CODM, PUBG, Asphalt 9 pada pengaturan menengah sampai maksimal.

4. Kamera kece hasil Oke

Samsung Galaxy M51 kamera

Dengan menghadirkan konfigurasi Quad Camera, Galaxy M51 ini juga sangat cocok untuk kamu yang gemar photografi. Dijamin foto yang dihasilkan tidak akan mengecewakan, Kenapa begitu? mari kita ulas lebih dalam lagi.

Pertama-tama untuk kamera utamanya M51 sudah menyertakan resolusi sebesar 64MP (Quad Bayer Sony IMX 682) dengan sensor 1/1.73 inci. Wide-angle camera dengan 12MP, ini adalah jenis kamera yang dapat menangkap foto sampai 123 derajat, bahkan bisa lebih lebar dari itu. Sementara untuk lensa makro dan lensa depth masing-masing memiliki resolusi sebesar 5MP.

Kita beralih ke bagian depan, kamera selfie dari smartphone setengah dari kamera utamanya yaitu 32MP, Dengan desain kamera punch hole menambah estetika bagian depan. kamera ini dapat menghasilkan hasil foto yang cukup baik untuk pemotretan bokeh.

Untuk hasil perekaman video, Galaxy M51 ini dapat mengambil video sampai 4K30 pada semua kameranya, baik itu kamera utama, ultra-wide, maupun kamera selife.

Semua kamera dari Samsung Galaxy M51 ini sangat baik untuk bebagai hal, seperti pengambilan gambar pada cahaya yang minim, jarak dekat, dan lain sebagainya.

Namun nampaknya kalau dilihat dari segala aspek seperti Jumlah, fungsi, dan resolusi tidak ada yang berbeda dari Galaxy M31s.

5. Sudah mendukung Fitur NFC

Samsung Galaxy M51 Fitur NFC

Samsung adalah salah satu vendor smartphone yang sering menghadirkan fitur NFC pada setiap ponsel terbarunya. Salah satunya adalah Samsung galaxy M51 ini.

Fitur NFC sangatlah berguna untuk kamu yang sering melakukan transaksi digital, sebab dengan ini kamu bisa menggunakan smartphone untuk mengecek ataupun mengisi saldo eMoney atau eTool yang kamu miliki dengan mudah dan praktis.

Hadirnya NFC pada seri ini menjadi kelebihan tersendiri, pasalnya kalau kita melihat seri sebelumnya yaitu galaxy M31s yang hanya menyediakan NFC pada model pasar tertentu saja, Namun untuk Galaxy M51 NFC sudah tersedia di seluruh modelnya.

Baca Juga : 15 HP Samsung yang Memiliki Fitur NFC

6. Layar AMOLED 6,7 inci

Samsung Galaxy M51 Layar Amoled 6.7 Inc

Galaxy M series memang kebanyakan menggunakan layar super AMOLED pada smartphonenya. untuk galaxy M51 hadi dengan konfigurasi layar super AMOLED plus 6,7 inci dengan resolusi 1080x2400px dalam rasio aspek 20:9 dan kerapataannya sampai 393ppi.

Kualitas layar yang diberikan pada Galaxy M51 bisa dibilang baik, seperti reproduksi warna yang dihasilkan dan pecahayaan terang walau dibawah sinar matahari.

Dengan adanya panel Super AMOLED ini, ternyata dapat menghadirkan warna hitam dengan kontras warna yang maksimal dan Kelebihannya adalah ini dapat bermanfaat pada penghematan baterai ponsel.

Kekurangan Samsung Galaxy M51

Tidak hanya kelebihan yang terlihat dari galaxy M51 ini, namun juga ada kekurangan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Ada beberapa kekurangan yang ditemukan pada smartphone ini, berikut ulasannya.

1. Tampilan Bodi yang biasa saja

Samsung Galaxy M51 Tampilan Bodi

Ya walau ini tidak terlalu berpengaruh, tetapi tampilan yang bagus dan bercorak akan membuat pengguna nyaman untuk melihatnya. Kekurangan satu ini lebih tergantung pada preferensi kalian saja, jadi tidak terlalu berarti jika kalian tidak memedulikan soal tampilan.

Bodi belakang dari Galaxy M51 membawa dua warna, yaitu Celestial Black dan Electric Blue. Jika dilihat-lihat memang tampak biasa saja tidak ada corak gradasi warna disana, mungkin jika kamu menginginkan smartphone dengan bodi yang atraktif dan flashy, menambahkan casing adalah solusinya.

Kalau kita lihat pada seri Galaxy M31s mungkin bodi belakangnya lebih unggul untuk hal estetika sebab menghadirkan corak gradasi dua warna yang memukau.

2. Penempatan Sensor sidik jari

Samsung Galaxy M51 Finger Print

Kalau kita lihat-lihat bagian belakang dari Galaxy M51 bersih tidak ada apapun selain tempat kamera dan logo samsung disana. Lalu dimana letak sensor sidik jari? jawabannya ada di samping (dekat tombol power sebelah kanan), ya tampaknya ini menjadi bagian kekurangan karena penempatannya yang saling berdekatan.

Sebenarnya smartphone ini sangat cocok bila sensor sidik jari diberikan pada layar bagian bawah, hal ini memungkinkan karena adanya layar Super AMOLED nya. Mungkin untuk kamu yang lebih suka ini, bisa memanfaatkan aplikasi tambahan yang dapat membuat sensor sidik jari berada dibagian yang kamu inginkan.

3. Refresh rate hanya 60Hz

Add a Comment

Your email address will not be published.