9 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno 5F, Harga dan Spesifikasi

Oppo lagi-lagi membuat ramai pasar Smartphone dengan diluncurkan smartphone barunya diseri Reno. Sejak awal Tahun tepatnya Januari 2021 Oppo memperkenalkan Reno5, pelencuruan ini juga disebut sangat cepat sebab beberapa bulan sebelumnya Reno4 sudah terlebih dahulu rilis.

Tak hanya itu sejak dihitung awal januari Oppo meluncurkan Reno5 lalu disusul lagi dengan Reno5 5g, dan akhirnya pada akhir bulan Maret Oppo secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya di varian yang sama, yaitu Oppo Reno 5F.

Smartphone ini masuk di segmen kelas menengah yang menghadirkan banyak sekali fitur unggulan pada kameranya dan yang terbaru Reno 5F ini memanfaatkan teknologi kecerdasaan buatan atau  Artificial Intelligence (AI) pada sebagian fitur yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno5 5G, Harga dan Spesifikasi

Oppo sendiri mengklaim bahwa smartphone terbarunya ini selain memiliki spesifikasi yang canggih, Harga yang ditawarkan juga menjadi salah satu faktor pembeda sebab harganya cukup terjangkau, yaitu hanya 4 jutaan saja.

harga hp oppo reno5 F

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 5F

Untuk selanjutnya kita aka mengupas tuntas review Oppo Reno 5F dalam segi Kelebihan dan Kekurangan hingga spesifikasinya, Mari langsung kita ke pembahasannya.

Kelebihan Oppo Reno 5F

Sudah tidak diragukan lagi, memang benar ada banyak fitur yang canggih dan terbaru dari Oppo Reno 5F ini. Apalagi dengan hadirnya teknologi Ai, dan ada beberapa kelebihan lainnya seperti Desain, Chipset, Kamera, dan masih banyak lagi.

1. Desainnya yang lebih Modern

desain modern hp oppo reno5 F

Oppo Reno 5F ini mengusung gaya rancang yang sangat lekat dengan smartphone tipe flagship modern saat ini. Konsep desainnya mengedepankan bentuk bodi yang futuristik nan menawan.

Selain itu berat dari smartphone ini juga bisa dibilang ringan, sebab dengan dimensional 160.1 x 73.2 x 7.8 mm yang dapat memberikan ukuran yang ideal dan hanya memiliki bobot 172 gram, ini sudah termasuk ringan dan terlihat ramping dan slim ketika dilihat.

Pada bagian sampingnya, punggung dari Reno 5F ini membentuk persegi dengan desain melengkung, dan secara view terlihat smooth pada setiap sisinya. Pada bagian kiri atas bodi tidak lupa ada 4 modul lensa kamera yang didesain secara anggun, khas Reno series.

Untuk warna sendiri tenang ada dua pilihan warna yang terkesan elegan dan unik, seperti warna Fluid Black (hitam) dan Fantastic Purple (ungu) yang begitu istimewa.

2. Layar AMOLED yang luas

layar amoled hp oppo reno5 F

Dengan ukuran diagonal 6, 43 inci dan persentasi layar ke bodi mencapai 90,8% membuat smartphone ini terkesan luas untuk menampilkan visualisasi dan atrakatif ketika digunakan untuk berbagai hal, seperti bermain game atau menonton video.

Selanjutnya, layar dari Oppo Reno 5F juga dibekali dengan resolusi berkemampuan Full HD+ 1080 x 2400 piksel dan didukung dengan panel AMOLED yang super canggih. Anda juga bisa menikmati kecerhaan samrtphone yang alami sampai 800 nits untuk menyajikan kualitas gambar yang lebih jernaih dan realitis.

Pada bagian atas layar, terdapat lubang punch hole yang tidak lain untuk wadah kamera depan dari samrtphone ini.  Satu lagi, Oppo Reno 5F juga sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 3 plus yang dapat memberikan kekuatan super untuk melindungi layar anda dari berbagai benturan.

3. Kemera dengan 48MP

kamera hp oppo reno5 F 48mp

Ketika mencari smartphone tentu kita tidak lupa untuk melihat kualitas kamera yang berikannya, mungkin Oppo Reno 5F ini sangat cocok untuk anda yang gemar fotografi, sebab kamera utamanya memberikan resolusi 48MP yang sangat bisa diandalkan untuk aktivitas membidik gambar yang dapat memberikan hasil tangkapan yang luas biasa.

Yup benar, Kualitas kamera dai Oppo Reno 5F ini menjadi satu dari sekian aspek kelebihan yang mampu meondongkrak daya tarik bagi pengguna.

Total ada 4 kamera belakang dengan spesifikasi berikut, 48 MP untuk kamera utama, 8 MP untuk ultra-wide, dan 2 MP untuk kamera makro dan mono.

Fitur mode dynamic bokeh juga turut hadir didalam kamera smartphone ini, fitur ini akan menambah efek visual bokeh ketika anda menangkap gambar agar terkesan menarik.

Mode bokeh bukan hanya satu dari fitur kamera Oppo Reno 5F ini, ada berbagai kelebihan lainnya yang ditawarkan pada kamera smartphone ini, seperti mode Night Plus dengan tiga filter barunya yaitu Cosmopolitan, Astral, dan Dazzel yang masing-masingnya akan memberikan efek warna yang berbeda ketika memotret gambar di malam hari.

4. Baterai yang besar dan Pengisan daya yang Cepat

kapasitas baterai mAh 4310 hp oppo reno5 F

Baterai adalah salah satu hal vital dalam smartphone, Kapasitas yang besar serta kemampuan pengisian daya yang cepat tentu menjadi primadona para pengguna smartphone, bukan hanya itu kemampuan untuk bertahan sepanjang hari atau awet juga perlu diperhatikan.

Nah ketiga hal tersebut sebenarnya ada dalam Oppo Reno 5F ini, dengan dibekali kapasitas baterai hingga 4310 mAh membuat smartphone masuk kedalam salah satu smartphone menengah yang memiliki kapasitas besar.

Untuk pengisian ulang, tenang saja walaupun memiliki kapasitas yang besar, Reno 5F ini dapat mengisi daya dengan teknologi fast charging 30W, sehingga ini akan memberikan kecepataan saat pengisian daya.

Ada dua fitur yang ada pada bagian baterai Oppo Reno 5F ini, yaitu super power saving mode dan super nighttime standby.

Pada fitur super power saving mode, pengguna bisa menikmati daya baterai dengan waktu yang lama walau persen baterainya berkurang sedikit, Oppo sendiri mengklaim pengguna bisa menggunakan 5% daya baterai untuk aktivitas telepon sampai 1 jam.

Sedangkan, fitur super nighttime standby adalah fitur yang berguna untuk mengatur atau menjaga penggunaan daya baterai seminimal mungkin ketika anda tinggal untuk tidur atau saat malam hari ketika tidak digunakan.

5. Chipset yang Andal untuk Performa Optimal

chipset hp oppo reno5 F

Kita beralih ke rangkaian jantung pacu yang digunakan Oppo Reno 5F ini, dimana komponen ini terintergasi dalam satu kesatuan sistem yang bisa berjalan secara seimbang dan terkonsolidasi dengan sempurna.

Tentu bukan tanpa alasan, sebab chipset yang digunakan smartphone ini adalah Helio P95 fabrikasi 12Nm, sebagaimana kita tahu chipset berperan sebagai otak dari setiap proses yang berjalan, apalagi chip dari Oppo Reno 5F ini berperan penting pada pemaksimalan sistem AI dan kontrol daya yang ada didalamnya.

Sehingga jika kita gunakan untuk berbagai hal, tak heran setiap intruksi programnya mampi berjalan dengan cepat dalam satu waktu tanpa memberatkan keseluruhan smartphone ini.

Kemampuan ini pun juga disokong dengan hadirnya prosesor Octa Core Cortex-A75 dengan kecepatan maksimal, ini mampu mencapai 2.2 GHz dan kecepataan mode hemat dayanya sampai 2.0 GHz. Dengan itu artinya setiap program atau aplikasi yang berjalan mampu beroperasi dengan begitu cepat dan tanpa hambatan.

6. Teknologi Kecerdasaan Buatan

AI hp oppo reno5 F

Ada beberapa teknologi Artificial Intelligence yang tertanam pada Oppo Reno 5F ini, sudah tidak dipungkiri lagi di kemajuan teknologi saat ini ada banyak sekali hal-hal baru yang terus muncul untuk memudahkan suatu hal. Seperti Kecerdasaan buatan ini dimana kita bisa leluasa mengendalikan sebuah sistem dengan tenaga buatan.

Oppo Reno 5F memiliki beberapa hal yang berkaitan dengan AI, berikut ini beberapa yang ada didalamnya.

  • AI Quad Camera yang dapat mengabadikan setiap momen kehidupan dengan baik dan sempurna.
  • AI Color Potrait Video yang dengan cerdas dapat menyoroti warna alami dari objek dan mengubah latar belakangnya menjadi hitam dan putih.
  • AI Scane Enhancement 2.0 dengan secara otomatis dapat mengenali 20 jenis pemandangan dan dapat meningkatkan warna serta saturasi dari masing-masing yang anda tangkap.
  • AI Eye Comfort yang dapat menyesuaikan secara otomatis tingkat kecerhaan layar ketika di malam hari maupun siang hari.

Begitulah beberapa fitur Artificial intelligence yang ada pada smartphone Oppo Reno 5F, yang tidak dipungkiri lagi beberapa teknologi itu sangat membantu untuk pengguna.

Kekurangan Oppo Reno 5F

Walau hadir dengan segudang kelebihan yang membuat smartphone banyak disukai, Namun tidak membuatnya luput dari beberapa Kekurangan yang terlihat. berikut ini beberapa kekurangan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda untuk membelinya.

1. Refresh Rate hanya 60Hz

refresh rate 60Hz hp oppo reno5 F

Sebeanrnya refresh rate 60hz tidak terlalu jelek untuk mendukung layar yang optimal ketika digunakan, Namun kalau kita lihat versi Reno 5 sebelumnya yang sudah memiliki refresh rate sampai 90 Hz, sudah pasti Oppo Reno 5F ini kalah.

Besar atau kecilnya refresh rate sangat berperan untuk mendukung pengalaman pengguna ketika menggunakan smartphonenya, baik untuk bermain game atau digunakan untuk bermain sosmed. Intinya semakin tinggi refresh rate maka akan semakin baik pula performa visual yang disajikan, dan semakin minim delay alhasil layar akan semakin mulus untuk digunakan.

2. Sayangnya NFC tidak didukung

hp oppo reno5 F tidak ada NFC

Kita tahu sendirlah NFC adalah salah satu teknologi masa kini yang sangat menonjol untuk memudahkan pengguna ketika bertransaksi dengan mudah dan cepat. Kehadiran NFC pada smartphone tentu sangat dinanti-nantikan, Namun sayangnya untuk Oppo Reno 5F ini tidak mendukung teknologi tersebut.

Tentu ini berbanding terbalik dengan kedua seri Reno5 sebelumnya yang sudah membekali smartphonenya dengan NFC, dan saya heran kenapa seri yang lebih baru ini tidak dilengkapi dengan teknologi tersebut.

Baca Juga : 15 HP Samsung yang Ada Fitur NFC untuk Cek Saldo E-Money atau E-Toll

3. Tidak mendukung Triple Slot

hp oppo reno5 F tidak mendukung triple shoot

Sangat disayangkan absennya fitur triple slot pada samartphone ini, Padahal kalau kita melihat banyak kompetitor di kelas menengah atau bahkan entry level yang sudah banyak mendukung tiga slot kartu, yaitu 2 sim dan 1 microSD.

Jadi dengan terpaksa ketika anda menggunakan Oppo Reno 5F, dan ingin menambah dual sim card anda harus mengorbankan microSD, sebaliknya jika anda ingin mengkombinasikan Sim card + microSD anda harus mengorbankan satu Sim card anda.

Namun menurut saya ini sudah baik, dan anda tidak perlu repot-repot menambah microSD. sebab kita tahu sendiri kan Kapasitas memori internal dari smartphone ini cukup besar, yaitu 128 GB.

Harga dan Spesifikasi Oppo Reno 5F

  • Nama : Oppo Reno 5F
  • Rilis: 24 Maret 2021
  • Bobot : 172 gr
  • Layar: 6, 43 inci & AMOLED (rasio layar ~90,8%)
  • Resolusi : Full HD+ 1.080 x 2.400 piksel
  • Sistem Operasi : Android 11, ColorOS 11.1
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Chipset : Mediatek Helio P95
  • GPU : PowerVR GM9446
  • Kamera Belakang : 48MP (kamera utama), 8MP (ultra wide), 2MP (kamera makro), dan 2 MP (kamera mono).
  • Kamera Depan : 32 MP
  • Baterai : 4.310 mAh, Fast Charging 30W
  • Sensor : Sensor sidik jari dalam layar & face unlock
  • Harga resmi : Rp 4.299.000

Kesimpulan

Smartphone baru, Smartphone canggih, dan Smartphone Modern dengan berbagai kelebihan yang bisa kita nikmati. Bodinya yang ramping dan ukurannya yang ringan juga menjadi satu kelebihan yang berarti, apalagi dengan adanya fitur berbasis AI, dan kamera berResolusi tinggi dengan fitur andal yang dapat menangkap gambar dengan sangat menarik juga menjadi Satu persatu kelebihan berarti.

Dari seri Reno5 sebelumnya, mungkin untuk seri 5F ini lebih unggul pada beberapa hal, apalagi kita bisa memboyongnya dengan harga yang cukup murah, banyangkan hanya 4 jutaan saja anda bisa membawa samrtphone super keren ini ke rumah.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.