Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO Find X2, Harga dan Spesifikasi

Untuk kamu pencinta smartphone pasti tidak akan asing dengan generasi Find series. Dimana mayoritas smartphone dalam seri ini masuk kedalam kategori flagship, walau begitu seri ini diciptakan untuk menjawab pertanyaan dan keinginan dari konsumen premium OPPO, dimana setiap modelnya menjadi pelopor dan mempresentasikan inovasi terkini dari OPPO. Ya bisa saya katakan Find series ini bukan hanya sebeatas seri flagship saja, melainkan juga seri spesial dari Oppo yang selalu memberikan hal-hal baru dan teknologi terkini untuk setiap Ponselnya.

Seperti yang sudah kamu baca dijudul kali ini, Disini kita akan membahas Mengenai Produk Oppo Find X2 yang sudah rilis pada tahun 2018 lalu.  sebenarnya ini adalah seri kesekian dari Find X2, pasalnya seri ini memiliki beberapa tingkat kelas untuk versi terjangkau ada Find X2 Lite, di menegah ada Find X2 Neo, dan kelas Premium ada Find X2 Pro, lalu untuk Find X2 standar ada dibawah versi Pro dalam hal harga.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Find X3 Pro, Harga dan Spesifikasi

Kalau saya bisa jujur Oppo Find X2 standar ini tidak jauh berbeda dengan seri Pro. Masih ada beberapa fitur yang dipertahankan, sehingga membuat smartphone ini cukup andal pada beberapa aspeknya seperti layarnya yang lebar, kameranya yang tajam, pengisian daya yang sangat cepat, dan ada juga chipset yang cukup mumpuni.

Dari pada kita berbelit-belit mengulas Oppo Find X2 ini, mending kita ketahui kelebihan dan kekurangan dari smartphone tersebut. Nah untuk mengetahuinya mari kita membahasnya dibawah ini.

kelebihan dan kekurangan hp oppo find x2

Kelebihan Smartphone Oppo Find X2

Sudah pastinya sebagai penerus generasi Find X sebelumnya, smartphone ini menjadi seri yang banyak ditunggu oleh para konsumen. Ya salah satunya untuk melihat apa saja sih fitur unggulan dan kelebihan yang terdapat didalamnya.

Sebagai smartphone flagship tentu kita sudah bisa membayangkan bahwa Oppo Find X2 ini memiliki berbagai gebrakan dan inovasi yang akan memberikan penggunanya kemudahan. Tidak usah lama-lama mari kita membahas kelebihan dari samrtphone ini.

1. Bodinya yang cantik dan premium

bodi cantik premium hp oppo find x2

Saya tidak pernah bosan-bosan mengatakan bahwa produk Oppo selalu menunjukkan kualitasnya melalui setiap keluaran smartphone terbarunya, desain yang powerful dan stylish selalu ditunjukkan lewat bodi belakangnya.

Oppo Find X2 ini menyediakan dua pilihan warna yakni Black Cramic (hitam) dan Ocean Glass (biru) yang sangat aesthetic

Kalau kamu lihat-lihat juga dua variasi warna ini memiliki perbedaan pada motif bodi dan bahannya yang berbeda, untuk Black Cramic panel belakangnya menggunakan kramik dengan efek dua warna disana dengan pola yang halus, ada garis warna yang memisah kamera dan bodinya, ini membuat perbandingan warna menjadi lebih seimbang.

Untuk Ocean Glass sama memiliki sentuhan bodi yang halus dengan bahan kaca namun tetap dengan variasi warna berbentuk pola herringbone di panel belakangnya, ini memiliki warna gradien yang selalu berubah-ubah seiring kita gerakkan ponselnya, ya kalau kita bisa visualisasikan warna Ocean glass ini tampak seperti warna laut di samudera yang selalu berubah-ubah.

2. Layarnya yang memukau

layar amoled 6.7 inci hp oppo find x2

Selain bodi saya juga melihat ada keunggulan lain dari smartphone ini, yakni aspek layarnya. Siapa sih yang tidak senang kalau mata dimanjakan dengan kualitas layar yang bagus. Seperti yang ada pada Oppo Find X2 ini, dengan menghadirkan layar AMOLED berukuran 6,7 inci  yang luar biasa apalagi dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 ini menjadi nilai plus yang sangat berharga.

Hadir dengan resolusi 1440 x 3168 pixels (QHD+) dan kecepatan refresh rate bisa mencapai 120Hz yang akan memanjakan kamu ketika bermain game atau menonton film yang membuat kualitas visual menjadi lebih halus dan tidak patah-patah.

Perlu kamu tahu juga angka resolusi dan refresh rate pada Oppo Find X2 menjadi angka yang makimal dan paling kuat di pasaran untuk saat ini, bahkan ponsel sekelas Samsung Galaxy S20 dan Note 20 untuk kedua urusan tersebut bisa saya bilang lebih unggul Find X2.

Ada lagi kelebihan lainnya pada layar ini, seperti displaynya yang dilengkapo 3K QHD+ yang sangat jernih dan ada juga True Billion Color Display yang bisa menampilkan visual terbaik dengan 1 miliar warna.

3. Pengalaman menonton yang Mengesankan

teknologi 01 Vision Ultra Engine hp oppo find x2

Untuk Kamu yang senang menonton YouTube, Film, atau Stremming mungkin jika kamu memiliki Oppo Find X2 ini bisa menguntungkan unutk kamu. Mengapa bisa? nah untuk alasannya mari kita bahas dibawah ini.

Selain menawarkan kemampuan visual layar yang mumpuni smartphone ini juga menwarkan beberapa keunggulan yang mampu memberikan pengalaman menonton yang baik, Seperti teknologi 01 Vision Ultra Engine yang dimilikinya bisa membuat video berkualitasmu menjadi sekelas HDR, selain itu jika kamu suka menonton YouTube atau Netflix kualitas videonya visa kamu tingkatkan FPS-nya ke 60 sampai 120 FPS.

Apa maskud FPS ini? FPS atau frame-rate per second adalah seberapa banyaknya frame yang ditampilkan pada layar smartphone setiap detiknya. FPS tinggi sama dengan hasil immersion yang lebih baik pula ketika menonton.

Selain kualitas visualnya yang bagus, Oppo Find X2 juga salah satu samrtphone yang unggul pada segi audionya diamana ada dua speaker streo dengan dukungan Dolby Atmos (fitur canggih yang berfungsi unutk membuat pengguna bisa merasakan sensasi sinematik 3D).

4. Pengisan baterainya super cepat

fast charging 65w superVOOC 2.0 hp oppo find x2

Salah satu hal yang spesial dan menonjol dari Oppo Find X2 ini adalah teknologi pengisan cepatnya yang bisa mengisi daya dengan waktu yang singkat. Smartphone ini dibekali dengan teknologi pengecasan 65W SuperVOOC 2.0 yang mampu memenuhi baterai kamu (dari habis sampai penuh) hanya dalam waktu 38 menit saja.

Saya juga cukup terkesan dengan kelebihan satu ini, mengingat kalau kita lihat pada kapasitas baterainya Oppo Find X2 ini menggunakan baterai Li-Po sebesar 4200 mAh. Ini tergolong besar, namun kabar baiknya sudah ada teknologi pengecasan cepat tersebut, sehingga kita tidak terlalu lama menunggu proses charging.

5. Kualitas kameranya oke punya

kualitas kamera 48 MP hp oppo find x2

Kamera adalah salah satu perangkat keras pada smartphone yang sering digunakan, tentu di jaman yang semakin maju ini dan berkembangnya dunia sosial media, pemilihan smartphone dengan kualitas kamera yang jernih dan oke adalah prioritas utama.

Nah untuk Oppo Find X2 ini kita bisa merasakan kamera berkualitas tersebut. Dengan konfigurasi Triple-camera yang memiiki spesifikasi sebagai berikut, 48 MP bukaan f/1.2 (wide), 13 MP hybrid zoom 5x (telephoto), dan 12 MP (ultrawide) yang mampu mengambil foto atau video dalam 120 derajat.

Dan kabar baiknya, dari tiga kamera belakang tersebut semuanya sudah dilengkapi dengan algoritma Ultra Night Mode 3.0 yang artinya kita bisa menghasilkan bidikan kamera yang berkualitas dan terjaga tingkat detailnya.

Bukan hanya bagian belakangnya saja yang memiliki kualitas kamera yang mumpuni, kalau kita lihat bagian depannya juga tidak kalah, Oppo Find X2 ini ditanamkan kamera selfie 32 MP yang mampu menangkap wajah dengan baik dan jernih, bahkan ada juga modus potret yang bisa memburamkan latr belakang dengan sangat profesional.

Untuk kebutuhan videografi, tenang ketika mengambil video kamera belakangnya mampu memberikan kualitas video sampai 4K pada 60 FPS, sementara untuk kamera depan hanya mendukung 1080p sampai 30 FPS. Ada juga fitur Stabilisasi optik yang bisa menahan goyangan ketika merekam sesautu dengan kamera ponsel.

6. Perfromanya yang andal

Snapdragon 865 hp oppo find x2

Mengandalkan Snapdragon 865 sebagai otak pacunya tentu ini sudah sangat pas apalagi disegmen harganya yang cukup tinggi, ponsel ini sudah mampu menaklukkan game-game berat yang saat ini ada, seperti PUBG atau CODM tanpa terganggu lag.

Dan kalau kita tambah dengan kapasitas memorinya dengan 12GB RAM (LPDDR5) dan 256GB untuk Internal (UFS 3.0).  RAM dan ROM yang besar sangat berguna untuk kamu yang sering menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, sehingga tidak menjadi lemot.

Hasil skor AnTuTu 8 yang didapat juga tidak kecil, dengan skor menyentuh angka 592169 tentu sudah bisa kita gunakan sebagai acuan dari segi performanya, Oppo Find X2 ini juga lebih tinggi skornya daripada Samsung Galaxy Note 10+, Realme X60, bahkan iPhone 11 Pro max.

Kekurangan Smartphone Oppo Find X2

Walau hadir dikelas harga high-end tidak membuat smartphone ini sepenuhnya yang paling baik, masih ada beberapa hal yang menjadi kekurangan untuk smarpthone ini. Ya saya tidak meragukan hal tersebut, sebab sebagus atau semahal apapun sebuah ponsel pasti ada beberapa hal yang menjadi titik kelemahan yang kurang disukai penggunanya.

Untuk mengetahui apa saja kekurangan tersebut, mari kita lihat pada pembahasan diawah ini.

1. Tidak ada dukungan untuk Memori Eksternal

memori external 256 gb hp oppo find x2

Mengapa smartphone sekelas Oppo Find X2 yang harga jualnya lumayan tinggi tidak dibekali dengan dukungan untuk memori ekternal? Atau biasa kita sebut dengan slot dedicated dimana kita bisa memasang dua slot simCard dan satu slot microSD.

Mungkin salah satu alasan Oppo menghilangkan slot khusus untuk Oppo Find X2 adalah kapasitas memori internalnya yang sudah besar, yaitu dengan 256 GB. Nah, karena kapasitas ROM yang sudah besar mungkin satu hal yang mustahil jika Oppo membekali smartphonenya ini dengan dukungan memori eksternal tambahan.

Tapi tapi itu bukan satu alasan yang masuk akal juga, sebab kalau kita lihat Samsung Galaxy S20 Ultra yang memiliki memori internal berkapasitas 512 GB namun tetap menyediakan slot untuk microSD (atay dedicated slot).

2. Hanya memegkantongi Sertifikasi IP54

Sertifikasi IP54 hp oppo find x2

Mau sebagus-bagusnya smartphone kalau tidak tahan air pasti akan minus juga, Bukan hanya aspek kamera, baterai, ataupun layar saja yang perlu diperhatikan, kekebalan dari sebuah smartphone juga harus menjadi pertimbangan.

Pada perangkat elektronik ada yang namanya Standarisasi rating sebagai kode proteksi atau standar kemanan yang ditunjukkan untuk melindungi sebuah perangkat dari kerusakan.

IP54 adalah sertifikasi yang di penggang oleh Oppo Find X2 yang dimana perangkat ini hanya dapat menahan percikan ar dari berbagai arah dan tidak akan merusakan komponen-komponen dalam dari smartphone.

Saya jujur IP54 sangat kurang cukup untuk Oppo Find X2, selain karena hanya tahan akan cipratan air saja, saya juga membandingkan smartphone ini dengan yang seri Oppo Find X2 Pro yang sudah dilengkapi dengan IP68 dimana bisa kebal terhadap air dikedalaman 1,5 meter selama 30 detik, tentu ini lebih kuat dibandingkan IP54 saja.

Harga dan Spesifikasi Oppo Find X2

  • Nama : Oppo Find X2
  • Rilis: Maret 2020
  • Bobot :  209 gram
  • Layar: AMOLED 6.7 inci
  • Resolusi : 1440 x 3168 pixels, screen ratio 90,5%
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.1
  • RAM : 12 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Chipset :  Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G (7 nm+)
  • GPU :  Adreno 650
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4200 mAh, Fast Charging SuperVOOC 2.0 (65W)
  • Harga : https://www.pricebook.co.id/OPPO-Find-X2-256GB/40/PD_00092360

Kesimpulan

Smartphone Oppo Find X2 ini adalah ponsel flagship yang cukup baik dikelas harganya, pertimbangan ini bisa saya katakan sebab kalau kita bahas ini lebih lanjut lagi sebenarnya Oppo Find X2 ini sangat mengesankan kamu bisa mendapatkan kualitas layar yang tajam dan lebar, chipset yang kuat, kamera yang memberikan hasil memukai, ada juga teknologi pengisian daya ultra cepat.

Yang sedikit mengecewakan menurut saya adalah tidak adanya support untuk headset biasa yang sering kita pakai pada smarpthone umumnya. Kamu baru bisa menggunakan headset kalau memiliki adapternya. Selain itu Oppo Find X2 ini juga tidak mendukiung dedicated slot yang memungkinkan kita untuk memasang dua SimCard dan satu microSD, namun smartphone ini tidak mendukungnya. Tapi untuk kamu yang rela mengeluarkan uang untuk membawa pulang smarpthone super canggih ini, tidak apa-apa. Tidak ada hal yang terlalu mengecewakan dari Oppo Find X2 ini, semua masih memberikan kualitas yang terbaik pada berbagai aspeknya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.