11 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X3 Pro, Harga dan Spesifikasi

Pada 2021 ini Oppo memperkenalkan Smartphone flagshipnya yang dibandrol dengan harga Rp19 jutaan. Dengan tajuk Oppo Find X3 Pro smartphone ini sanggup membuat siapa saja ngiler melihatnya, ini adalah smartphone pertama di dunia yang tampil secara memukau dengan Full-path Billion Colour dan juga Dual-flagship Billion Colour Cameras.

Oppo Find X3 Pro juga menawarkan beberapa hal hebat pada smartphonenya ini, seperti Desain barunya yang begitu mencolok, performa kelas atas, fitur dan teknologi terdepan yang sanggup membuatmu tertarik dengan Smartphone ini.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO Find X2, Harga dan Spesifikasi

Sebagai salah satu smartphone andalan dan premium di tahun 2021 ini, tampaknya Oppo benar-benar serius pada Oppo Find X3 Pro, sebab persaingan Smartphone di kelas atas sangatlah ketat sebab itulah dengan menghadirkan keunggulan-keunggulan pada spesifikasinya bisa menjadi jalan untuk Oppo Find X3 Pro sukses menjadi Smartphone flagship terbaik 2021.

Mungkin untuk kamu yang sudah tertarik dengan smartphone ini, lebih baiknya membaca terlebih dahulu Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X3 Pro yang perlu kamu ketahui untuk mempertimbangkannya, Apakah masuk kriteria kamu atau tidak. Berikut pembahasannya secara lengkap dibawah ini.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A53, Harga dan Spesifikasi

harga oppo Find X3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X3 Pro

Pastinya smartphone dengan harga belasan juta, tidak mungkin tidak mempunyai kelebihan yang mencolok pada beberapa aspeknya, pastinya ada segudang kecanggihan dan kemewahan yang terpancar dari dalam maupun luarnya.

Tidak menutup kemungkinan juga, Oppo Find X3 Pro ini juga memiliki beberapa ketidaksempurnaan. Ya keduanya imbang dalam hal kelebihan maupun kekurangannya semua pasti ada. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita ulas bersama-sama.

Kelebihan Oppo Find X3 Pro

Hadir sebagai penerus seri sebelumnya, tentu Oppo Find X3 Pro ini mendapatkan beberapa perbaikan pada beberapa sektornya. Selain itu untuk kelebihan yang terlihat juga sudah terasa, seperti kameranya, chipset yang digunakannya, layarnya yang tangguh, dan lain sebagainya.

1. Desain bodinya yang Premium

body premium hp oppo find x3 pro

Sebagai salah satu brand smartphone yang sering menonjolkan hal unik pada desain bodinya, tentu Oppo Find X3 Pro ini pasti menyuguhkan desain yang menarik pada smartphonenya kali ini. Dengan mendesain tampilan unibody yaitu dengan dua pilihan warna yang berbeda , yaitu Gloss Black dan Gloss Blue yang mengkilap alias glossy.

Desain unibody adalah desain yang membuat frame kamera dan bodinya seolah-olah dibuat seperti menyatu, atau tidak ada tonjolan yang terlalu berbentuk. Pastinya ini menjadikan Oppo Find X3 Pro terlihat sangat mewah dan cukup mengesankan.

Untuk bobotnya sendiri memiliki berat 193 gram, dan dengan dimensi smartphone berukuran 16.6 x 74 x 8.3 mm, dan kedua hal tersebut akan menambah kesan pengguna ketika memakainya yang ringan ketika digengam dan terasa tipis ketika di penggang. Desainnya yang futuristik dan menawan adalah salah satu ciir dari Model Pro yang biasanya terlihat, seperti Oppo Find X3 Pro yang dirancang secara gagah berkat material unggulan dan berkualitas.

2. Layar lebar tampilan Memuaskan

lebar layar memuaskan hp oppo find x3 pro

Untuk hal layar Oppo Find X3 Pro ini mirip dengan versi sebelumnya yaitu Find X2 Pro. Layar yang digunakan adalah AMOLED LPTO dengan ukuran 6,7 inci dan resolusi QHD+ 3.216 x 1440 piksel dan untuk kepadatannya layarnya bisa sampai 525ppi.

Dan untuk kecepataan refresh rate layar dari Oppo Find X3 Pro ini mendukung 60Hz sampai 120Hz. Sisitem kecepataan refresh ini berguna untuk perangkat smartphone agar lebih hemat baterainya dan lebih halus dan responsif ketika menggulirkan menu dan  membuka aplikasi.

Ada juga kemampuan untuk menampilkan tingkat kecerhaannya yang bisa sampai 1300 nits, Tentu ini sangat baik ketika kita menggunakan smartphone di bawah sinar matahari dan membuat kita lebih nyaman dalam menatapnya. Terakhir kemewahan lainnya adalah sistem manajemen warna yang luar biasa.

Dengan teknologi layar HDR10+ dan BT.2020 yang dapat menampilkan lebih dari 1 miliar warna. Ini lebih unggul daripada smartphone pesaing lainnya, yang biasanya hanya menampilkan 16 juta warna saja.

3. Otak pacu yang Gahar

otak pacu gahar hp oppo find x3 pro

Dengan dibekali chipset unggulan dari Qualcomm yakni Snapdragon 888, SoC ini dibuat dengan menggunakna proses fabrikasi 5nm. Selain itu Chipset ini juga menawarkan prosesor tri-cluster delapan inti yang telah ditingkatkan, ini terbukti dengan kinerja sampai 25% lebih baik daripada veri Snapdragon 865.

Dengan dibarengi GPU Andreno 660, yang sama memberikan peningkatan yang lebih baik 35%  cepat dan efensiensi daya 20% lebih banyak dibandingkan seri Andreno 650.

Tentu tak cukup hanya CPU dan GPU saja, RAM juga harus bisa mengimbangi kinerja tersebut. Dengan penyimpanan RAM sampai 12 GB dan Memori intenral 256 GB denhgan ini penggunaan kita akan semakin terasa performanya.

Secara keselurhan untuk performa dari smartphone ini, sudah sangat baik dan lancar ketika digunakan untuk menangani game-game berat yang ada saat ini.

4. Koleksi kamera yang Berkualitas

kamera berkualitas hp oppo find x3 pro

Oppo Find X3 Pro secara pintar mengemas kameranya dengan berbagai kelebihan yang dapat memberikan pengalaman luar biasa ketika digunakan berfoto-foto. Seperti konfigurasi kamera belakangnya yang terdiri dari Quad-camera dengan 50MP untuk  lensa utama, 50MP untuk ultra-wide, 13MP telefoto, dan 3MP lensa mikro.

Selain itu pada frame kameranya juga terdapat lampu kilat dua warna LED ganda, yang akan menambah sensai fotografi menjadi lebih nyata.

Dari masing-masing lensa belakangnya mempunyai kelebihannya sendiri-sendiri, seperti sensor utama dan ultrawide yang mempunyai resolusi tinggi sehingga sangat baik untuk menangkap gambar, ada juga sensor telefotonya yang mendukung pembesaran optik gabungan 5X dan pembersaran digital sebanyak 20x.

Dan terakhir untuk sensor mikro dibekali dengan kehebatan dalam pembesaran foto sampao 60x, bahakan ini mampu membidik gambar yang sangat kecil dengan begitu detail. Selanjutnya kita berlaih ke bagian depan, dimana ada lubang punch hole tempat dimana kamera selfie dengan resolusi 32MP

5. Dukungan fast charging 65W

fast charging hp oppo find x3 pro

Teknologi fast charging saat ini sudah tidak bisa dibendung lagi kemampuannya, sebab semakin kesini semakin cepat saja daya dari teknologi pengisian cepat ini. Seperti OPPO sendiri yang mempunyai teknologi VOOC yang dapat mengisi daya dengan sangat cepat.

Menurut Zhang Jialiang (kepala flash charge OPPO), mengatakan bahwa “Teknologi VOOC Flash Charge ini telah mengubah cara orang dalam melihat pengisan dayanya dan memungkinkan OPPO menghadirkan pengalaman pengisian daya terbaik kepada lebih dari 145 juta pengguna di seluruh dunia saat ini.”

Untuk Oppo Find X3 Pro sudah didukung dengan SuperVOOC 2.0 dengan daya 65W, yang menurut beberapa percobaan dapat mengisi daya dari Smartphone mati 0% menjadi 40% dalam waktu 10 menit saja, 82% dalam 20 menit, dan hingga 100% hanya dalam 28 menitan.

Selain itu ada juga teknologi terbaru untuk pengisan daya nirkabel AirCOOC 30W yang dapat mengisi daya sampai penuh atau 100% dalam waktu 80 menit saja.

6. NFC Dual Antenna

NFC dual antenna hp oppo find x3 pro

Dengan hadirnya teknologi NFC pada saat ini, kegiatan transkasi menjadi lebih dimudahkan. Apalagi ketika pandemi Covid-19 seperti sekarang, tentu jaga jarak dan tidak bersentuhan adalah hal yang wajib untuk menjaga tubuh dari virus.

Inilah berkat kemajuan teknologi, apapun bisa terjadi. NFC yang tersemat pada smartphone dapat berguna unutk membuat kegiatan transaksi menjadi lebih cepat danmudah.

Seperti Oppo Find X3 Pro yang menghadirkan NFC Dual Antenna yang dapat memungkinkan pengiriman data ketika bertaranskasi menjadi lebih jauh lebih cepat daripada yang biasa.

7. Fitur dan Teknologi Teranyar

fitur dan teknologi teranyar hp oppo find x3 pro

OPPO mempunyai sistem antarmuka sendiri, yang dinamakan ColorOS. Untuk Oppo Find X3 Pro telah menghadirkan Sistem antarmuka terbaru yakni ColorOS 11.2 yang menyuguhkan interface lebih cantik dan menarik.

ColorOS versi terbaru ini dikatakan sebagai antarmuka yang fleksibel, selain itu ada juga banyak fitur yang menarik untuk dijajal.

Ada beberapa dampak dengan hadirnya ColorOS versi 11.2 ini, snatar alain hadirnya banyak teman AOD yang bisa dipilih, O Relax yang berguna untuk mengatur tema santai dari smartphonemu, Dark mode juga sudah didukung, Game center yang dapat memblokir notifikasi dan mengatur beberapa pengaturan ketika sedang bermain game.

8. Tahan terhadap Air

tahan terhadap air hp oppo find x3 pro

Saat ini tidak banyak smartphone yang notabennya top-of-the-line memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Namun tidak untuk Oppo Find X3 Pro yang menyajikan smartphone canggih yang dapat kedap terdahap air bahkan debu.

Hal ini berkat sertifikasi IP68 yang sudah dikantonginya, menurut Pocket-lint peringkat IP68 ini dapat melindungi smartphone ketika berada di air pada kedalaman lebih dari 1 meter dalam waktu 30 menit.

Kenapa ini bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena lapisan nano yang diaplikasikan secara miktoskopis pada komponen internal dari smartphone, inilah yang dapat membantu air mengalir dan menjahui dari komponen vital yang berpotensi dapat merusaknya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A33, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Oppo Find X3 Pro

Walau digadang-gadang akan menjadi smartphone flagship terbaik dari Oppo tahun ini, Namun tidak selamanya begitu. Sebab masih ada saja kekurangan yang terlihat dari Oppo Find X3 Pro ini, walau memiliki harga yang luar biasa, beberapa aspeknya masih perlu mendapatkan peningkatan dan perbaikan. Berikut ini kita akan membahas Kekurangan dari Oppo Find X3 Pro dalam ulasan dibawah ini.

1. Tidak ada Lensa Telephoto

tidak ada lensa telephoto hp oppo find x3 pro

2. Kapasitas Baterai yang Kalah

baterai 4500 mAh hp oppo find x3 pro

Baterai adalah komponen vital dari sebuah smartphone, sebagian orang sangat membuthkan kapasitas baterai yang besar dan tahan lama untuk ponselnya. Namun, untuk Oppo Find X3 Pro yang notabennya smartphone flagship hanya membekali 4.500 mAh saja untuk kapasitas baterainya.

Memang benar kapasitas ini sudah tegolong besar, namun kalau kita melihat smartphone yang lebih rendah lagi kelasnya terutama entry-level dan mid-range sudah banyak juga yang memiliki kapasitas 4.500 bahkan lebih besar dari itu.

Dengan harga belasan juta, Oppo Find X3 Pro hanya mendapatkan 4.500 mAh saja tentu ini sedikit mengecawakan, walau kita tahu ada teknologi Fast charging yang sangat cepat namun kapasitas tidak dibohongi. Sama saja kalau pengisan dayanya cepat namun kapasitasnya tidak terlalu besar.

3. Masih termasuk Smartphone Termahal saat ini

harga dan spesifikasi hp oppo find x3 pro

Harga dan Spesifikasi Oppo Find X3 Pro

  • Nama : Oppo Find X3 Pro
  • Rilis: Maret 2021
  • Bobot : 193 gram
  • Layar: AMOLED 6,70 inci  (rasio layar ~92,7%)
  • Resolusi : 3216 x 1440 piksel
  • Refresh rate : 120 Hz (max), 60 Hz (min)
  • Sistem Operasi : Android 11, ColorOS 11.2
  • RAM : 12 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Chipset : Snapdragon 888
  • GPU :  Adreno 660
  • Kamera Belakang : 50MP (lensa utama), 50MP (ultra-wide), 13MP (lensa telephoto), 3MP (lensa mikro)
  • Kamera Depan : 32 MP
  • Baterai : 4.500 mAh, SuperVOOC 2.0 fast charging 65W
  • Harga resmi : Rp 19,6 Jutaan

Kesimpulan

Jika bukan karena harganya yang melambung tinggi, saya sangat merekomendasikan Smartphone keren ini, banyak kelebihan yang menurut saya sangat menarik, Seperti Layarnya yang menawan, sensor dan kameranya yang canggih, Prosesor terkini dengan performa luar biasa, dan Pengisan super cepatnya. Namun, mengingat harga Oppo Find X3 Pro tergolong cukup mahal, maka saya rekomendasikan smartphone ini cocok untuk mereka yang memiliki budget besar dan ingin mendapatkan yang terbaik dari Smartphonenya.

Oppo Find X3 Pro ini juga meruapakan smartphone super, yang menyaingi banyak ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S21 atau iPhone 12 Pro Max yang hadir di rentang harga yang sama. Namun secara spesifikasi perbandingan ini tentu ada plus minusnya, memang ada beberapa sektor dari Oppo Find X3 Pro yang paling bagus, tapi jangan lupakan bahwa di luar sana masih ada banyak sekali Smartphone di kelas atas yang lebih berkharisma dan menarik perhatian.

Seperti contoh walaupun ini adalah penerus dari Oppo Find X2 Pro yang rilis tahun 2020 lalu, dan memberikan beberapa peningkatan di banyak area, tetapi tidak menutup juga bahwa ada beberapa penurunan di beberapa area. Begitu saja akhir dari artikel ini, saya katakan kembali walau Oppo Find X3 Pro sangat memikat diri kita untuk membelinya karena banyak spesifikasi yang menggoda, tapi Smartphone ini mungkin lebih cocok untuk mereka yang memiliki budget besar.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.