9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A33, Harga dan Spesifikasi

Sebagai salah satu brand smartphone terpopuler di dunia, Oppo selalu menghadirkan pilihan yang menarik dan terjangkau untuk pembelinya. Seperti dengan rilisnya Oppo A33 (2020) yang hadir di kelas menengah dan pertama kali dirilis pada bulan September 2020 lalu.

Kenapa ada 2020nya? tentu ini ada alasannya, penggunaan tahun 2020 ini mengacu pada tahun keluarnya Oppo A33 ini, mengingat kalau kita lihat di beberapa tahun belakangan tepatnya 2015, sudah rilis juga Smartphone Oppo dengan nama yang sama yatiu A33. jadi intinya penambahan angka tahun ini dimaksudkan untuk menjadi pembeda atau disclamer bahwa keduanya adalah dua smartphone berbeda namun dengan nama yang sama.

Oppo A33 ini juga hadir sebagai smartphone yang menarik, dengan harganya yang hanya 2 jutaan saja. Smartphone ini cukup bisa di andalkan untuk berbagai hal, seperti contohnya dukungan refresh rate 90Hz yang bisa kamu gunakan untuk bermain game dengan visualisasi yang halus, Baterai besar yang dapat menambah waktu penggunaan smartphone menjadi lebih lama, dan lain sebagainya.

Daripada kita bahas satu per satu, alangkah baiknya kita membahasnya dalam satu ulasan tentang Kelebihan dari Oppo A33 ini, namun tidak lupa juga kita akan membahas sisi Kekurangannya juga.

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A15, Harga dan Spesifikasi

harga hp oppo a33

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A33

Oppo A33 menjadi salah satu smartphone yang nyaman dan elegan, apalagi dengan harganya yang cukup terjangkau membuatnya banyak diminati orang-orang. Ya bisa dibilang Smartphone ini sudah oke di kelasnya, sebab berbagai fitur dan spesifikasi mumpuni juga hadir sebagai pendukungnya.

Nah untuk kamu yang pensaran dengan Oppo A33 ini, mari kita akan membahas kelebihan dan kekurangannya dibawah ini.

Kelebihan OPPO A33

Walau harganya cukup murah, ada banyak kelebihan juga yang ditawarkan Oppo A33 ini. Tentu diberbagai sektornya memiliki nilai plus sendiri, seperti layarnya, baterai, kamera, chipset yang digunakan, dan lain sebagainya.

1. Layarnya yang luas dengan Punch-Hole

layar punch hole 6,5 inci hp oppo a15

Dengan Layar Neo-display berukuran 6,5 inci dan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel)  Oppo A33 ini dapat di andalkan untuk pengalaman bermain game atau menonton video menjadi lebih nyaman.

Layarnya yang luas juga didukung dengan pola punch-hole display, Pola desain ini tentu dapat membuat layar smartphone seolah-olah penuh dan membuat pengalaman visual menjadi lebih luas dan puas. Apalagi rasio to body mencapai angka 89,2% sehingga kita hanya melihat sedikit bezel pada sisi smartphone.

2. Refresh Rate 90 Hz

refresh rate 90hz hp oppo a33

Semakin besar refresh rate tentu akan semakin nyaman pula kita melihat setiap konten dan aktivitas yang kita lakukan di smartphone, seperti Oppo A33 yang sudah memiliki refresh rate 90Hz. Tentu ini adalah hal yang jarang, biasanya smartphone entry-level kebanyakan hanya menggunakan 60Hz saja.

Namun berbeda dengan Oppo A33 yang sudah menjanjikan refresh rate 90Hz, sehingga pengalaman kita ketika bermain game atau menonton video menjadi lebih halus. Uniknya didalam pengaturan, Oppo tidak lupa menyediakan setting otomatis untuk mengubah refresh ratenya antara Auto, 60Hz,atau 90Hz. Selain itu Tounch sampling rate dari Oppo A33 juga tidak kalah, yakni 120Hz.

Apa sih bedanya refresh rate dengan touch sampling rate? Refresh rate adalah berapa kali per detik layar dapat memuat konten yang baru (seperti kita melakukan scrolling instagram), jika Touch sampling adalah kecepataan respon ketika kita membuat sentuhan atau aksi pada layar, semakin besar tentu akan semkain cepat.

3. Desain Bodinya yang Menarik

bodi ciamik hp oppo a33

Kita berlaih ke tampilan eksterior dari Oppo A33 ini, dengan mengadopsi desain yang sama persis dengan Oppo A53 tentu warisan desain yang elegan dan glossy juga terlihat pada Smartphone kali ini, Yang membedakan hanya varian warnanya saja yang menawarkan pilihan warna Mint Cream dan Moonlight Black.

Sebagai smartphone dengan kelas entri tentu desain dari Oppo A33 sudah termasuk bagus, Bodi belakangnya terlihat begitu mengkilap dan membentuk pola refeleksi yang unik ketika terkena cahaya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Find X3 Pro, Harga dan Spesifikasi

4. Baterai sampai 5.000 mAh

baterai 5000mAh hp oppo a33

Sebagai seseorang yang selalu aktif di sosial media dan selalu membawa smartphone kemanapun, tentu saya sangat berharap pada kapasitas baterai yang awet dan tahan lama. Nah kabar baiknya Oppo A33 ini membekali samrtphonenya dengan kapasitas 5.000 mAh.

Sama seperti Oppo A53 yang memiliki kapasitas yang serupa. Walaupun dibandrol dengan harga 2 jutaan saja, ternyata Oppo berusaha memberikan kenyamanan kepada penggunanya denganmembekali kapasitas jumbo pada daya baterainya.

Jika baterai habis, tenang saja Oppo A33 ini juga sudah menggunakan teknologi fast charging 18 W dengan pengisian daya yang cepat. Dalam beberapa ujicoba, ketika baterai hanya tersisa sekitar 10% smartphone ini mampu mengisi baterai sampai penuh 100% hanya dalam 1 jam 45 menit saja.

Eitss satu lagi, tidak lupa fitur Super Power Saving mode juga untuk memperpanjang masa pakai smartphone ketika baterai hanya tersisa sekitar 5% saja.

5. Chipset super Kencang

snapdragon 460 hp oppo a33

Berkat penggunaan chipset Snapdragon 460 dari Qualcomm, Oppo A33 ini mampu memberikan performa yang gesit. Chipset yang sama sebenarnya juga diterapkan pada Oppo A53, namun smartphone tersebut lebih mahal daripada Oppo A33. Nah inilah kelebihannya walau bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau Smartphone ini mampu memberikan spesifikasi luar biasa.

Snapdragon 460 dapat memberikan kinerja tinggi pada kelasnya dan dapat menghemat efesiensi daya dengan sangat baik. Chipset ini ditemani dengan LPDDR4X 3 RAM dan Storage UFS 2.1 berkapasitas 32 GB, sehingga menambah kemampuan performa dari Oppo A33 ini.

Oppo A33 ini sangat baik dalam kemampuan dan performanya, apalagi saat digunakan untuk bermain game. Terbukti smartphone ini mampu mendapatkan performa yang stabil dan halus.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A74, Harga dan Spesifikasi

6. Dual Streo Speaker yang memanjakan Telinga

Kualitas audio yang kuat dan mempesona dihadirkan sistem speaker stereo ganda pada Oppo A33. Audio adalah aspek sehari-hari yang sering kita pakai, baik itu melakukan telefon, mendengarkan musik, atau untuk bermain game agar sensasi lebih terasa dan nayata.

Teknologi Audio Dirac HD adalah aspek yang telah diterapkan pada smartphone ini, dengan hadirnya Audio 3D mampu meningkatkan performa audio digital menjadi lebih jernih. Dirac HD ini mampu mengoreksi respons frekuensi impuls dan magnitudo, alhasil Sound akan secara drastis meningkatkan pemetaan kualitas musik, kejernihan, kejelasan suara, dan bass yang lebih terasa.

7. Fitur menarik di ColorOS 7.2

coloros 7.2 hp oppo a33

Dengan berbasis Antarmuka ColorOS 7.2 dan Android 10, tentu Oppo A33 ini menawarkan berbagai fitur menarik dan canggih. Menurut Oppo sendiri versi OS nya kali ini menyuguhkan desain yang sederhana namun tetap indah,  Estetika yang diberikan ketika menampilkan ikon, gaya tampilan yang lebih hidup, dan interaksi pengguna.

Fitur-fitur yang ada pada ColorOS 7.2 anatara lain Asisten cerdas yang dapat membantu kamu kapanpun itu. Seperti ada fitur Multi-user dan Game space.

Multi-user adalah pengguna tamabhan yang bisa  diberikan ruang atau tempat khusus ketika membuka smartphone tersebut, jadi intiniya kita bisa membangi dua pengguna dalam satu smartphone.

Sedangkan Game space adalah penawaran splash screen startup dan animasi transisi yang sudah mendukung getaran 4D ketika kita bermain game. Tentu ini akan menambah pengalaman ketika bermain game agar lebih imersif dan interaktif.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A53, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan OPPO A33

Pasti ada juga beberapa kekurangan yang terlihat dari Oppo A33 ini, tidak banyak memang. Setidaknya ini bisa menjadi perhitungan untuk kamu dalam mempertimbangkan smartphone ini atau tidak. Berikut rangkumannya.

1. Konfigurasi Kamera yang Kurang

non lensa ultra-wide oppo A53

Oppo A33 membekali ketiga  kamera belakangnya dengan 13 MP unutk kamera utama, 2 MP kamera depth, dan 2 MP untuk kamera makro. Ketiga kamera ini mungkin tidak terlalu jelek-jelek amat, namun yang menjadi minus adalah tidak hadirnya kembali lensa ultra-wide.

Kalau sebelumnya kita sudah membahas Oppo A53, kedua smartphone ini sama tidak membekali smartphoneya dengan lensa ultra-wide, walau keduanya memiliki harga 2 jutaan.

Smartphone yang memiliki lensa ultra-wide tentu sangat bagus, sebab lensa ini sangat berguna sekali. Apalagi kalau kita sering mengambil foto pemandangan yang memungkinkan untuk menangkap frame yang lebih luas.

2. Layarnya belum Full HD

layar belum hd oppo A33

Walau sudah membekali layarnya dengan refresh rate 90Hz, punch hole display, dan juga bezel pada sisi-sisinya yang tipis di kelas harganya. Meski begitu, ada minusnya yang terdapat pada aspek kamera yaitu resolusinya yang masih HD+ saja.

Saya sedikit mengecewakan karena absennya kembali resolusi Full HD+ pada Oppo A33 ini, sama seperti aspek kamera yang memiliki kekurangan sama dengan Oppo A53 versi sebelumnya. Unutk kali ini mungkin kekurangannya diwarisi oleh Oppo A53 kembali, yang sama-sama tidak menghadirkan resolusi Full HD+.

Di rentang harga 2 jutaan, saat memang sudah banyak smartphone yang menawarkan resolusi Full HD+ pada layarnya. Namun sayang sekali Oppo A33 ini menyuguhkan panel layar HD. Walau ada kelebihan dalam penggunaan ini, yaitu membuat baterai lebih irit, tapi menurut saya kelebihan dari refresh rate 90hz alangkah baiknya dibarengi dengan resolusi layar yang tinggi seperti Full HD+ ini.

Harga dan Spesifikasi OPPO A33 (2021)

  • Nama : OPPO A33
  • Rilis: September 2020
  • Bobot : 186 gram
  • Layar: LCD 6,5 inci  (rasio layar ~89,2%)
  • Resolusi : 1600 x 720 piksel
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.2
  • RAM : 3 GB
  • Memori Internal : 32 GB
  • Chipset : Snapdragon 460
  • GPU :  Adreno 610
  • Kamera Belakang : 13 MP (lensa utama),2 MP (makro), 2 MP (lensa mono)
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Baterai : 5.000 mAh, fast charging 18W
  • Harga resmi : Rp 2.098.000

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A11K, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Oppo menurut saya sudah berhasil dalam membuat sedemikan rupa smartphone mereka agar menjadi yang terbaik, walau persaingan juga cukup ramai namun Oppo A33 ini masih bisa untuk bertahan di tengah-tengahnya dengan mengandalkan berbagai kelebihan yang telah kita ketahui diatas.

Lalu apa kelebihan yang paling mencolok? tentu saja layarnya dengan Refresh rate 90Hz, bahkan ini adalah smartphone termurah menurut saya yang menggunakan refresh rate 90Hz. Selain itu ada kapasitas baterai jumbonya dengan 5.000 mAh, tentu ini akan banyak membuat penggunanya senang dengan kapasitas yang ada.

Jika untuk kekurangan, saya hanya melihat aspek kamera yang paling menonjol. Sebab resolusi kamera depan dan belakangnya cukup rendah apalagi dengan tidak adanya lensa ultra-widenya.

Begitu saja akhir dari artikel ini, semoga bisa bermanfaat. Terimaksih sudah membaca.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.