8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A15, Harga dan Spesifikasi

Oppo kembali merilis produk barunya di seri A pada November 2020 lalu, yaitu Oppo A15. Smartphone dengan level entri ini di bandrol dengan harga 1 jutaan saja. Oppo A15 ini juga menjadi salah satu smartphone andalan di kelas entri yang bisa kita dapat dengan harga terjangkau dan berbagai fitur yang menarik untuk kita coba.

Walau dibandrol dengan harga 1 jutaan saja, Ternyata Oppo Reno A15 ini telah mengikuti tren dimana layar yang digunakannya di desain penuh dengan poni berbentuk waterdrop, tempat dimana modul kamera selfie berada.

Dukungan Triple-camera juga sudah hadir menghiasi bodi belakang dari smartphone ini. Sebenarnya masih ada banyak yang ingin saya bahas mengenai Oppo A15 ini, maka dari itu kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari Oppo A15 dalam artikel dibawah ini.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A33, Harga dan Spesifikasi

harga hp oppo a15

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15

Sudah pasti namanya smartphone pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, kita tidak bisa melihat smartphone yang paling sempurna tanpa kekurangan saat ini. Sebagai konsumen tentu kita mengharapkan yang lebih saat membeli smartphone, kita berharap bisa mendapatkan yang terbaik dari apa yang kita beli.

Nah dibawah ini kita akan mengetahui secara lengkap dan jelas tentang Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15 dalam beberapa aspeknya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A11K, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Oppo A15

Apakah dengan harga 1 jutaan kita bisa mendapatkan kelebihan pada sebuah smartphone?pastinya ada, mungkin tidak banyak tapi kelebihan-kelebihan di bawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu sebelum membelinya.

1. Bodinya yang Ringan dan Elegan

bodi elegan hp oppo a15

Oppo A15 adalah salah satu smartphone yang memiliki bobot ringan, yakni 175 gram. Ketebalan dari smartphone in juga luamayan tipis dengan hanya 7,9 mm saja, sehingga membuatnya nyaman ketika digenggam.

Selain itu tampilan desain dari Oppo A15 juga sangat stylish dan menarik, dengan perpaduan gradasi warna yang terstruktur. Kalau kita lihat sekalias smartphone ini lebih menampilkan kesan desain yang solid dengan warna dasarnya. Ada dua pilihan warna yaitu Dynamic Black dan Fancy White.

Selanjutnya ketika kita lihat bodi belakagnya ada dua hal disana, yaitu frame kamera dan sensor sidik jari. Frame kamera dari Oppo A15 membawa kesan minor dengan triple-cameranya. Dan untuk sensor sidik jari terlihat pas ketika diletakkan di tengah bodi.

Smartphone ini berhasil membawa profil desain yang tipis, ringan, dan elegan. Apalagi di kelas harga entri levelnya yang murah, tentu ini menarik perhatian orang untuk membelinya ketika pertama kali melihat smartphone ini.

Baca Juga : Cek 11 HP OPPO dengan Kamera Terbaik yang Bisa Anda Jadikan Rekomendasi

2. Layarnya yang luas dan Cerah

layar 6,5 inci hp oppo a15

Layar yang luas tentu memberikan kesan yang nyaman dan pas ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game, sehingga kita lebih leluasa melihat layar yang lebar ketika dilihat. Dengan desain layar berukuran 6,52 inci dan resolusi HD+ smartphone ini memiliki rasio ke sampai 88,7%.

Dengan dibkelai Panel IPS, layar Oppo A15 ini mampu menyala dengan kecerahaan maksimum sampai 480 nits dan ini sudah cukup baik ketika penggunaan smartphone di luar ruangan. Reproduksi warna yang dihasilkan juga tergolong begitu baik, dengan keseimbangan putih yang cukup akuat, apalagi dengan tidak adanya screen bleeding (semburan cahaya putih di pinggir layar yang biasanya kita temukan di smartphone entry-level).

Walau tidak dilindungi dengan proteksi Gorilla Glass, Oppo A15 ini sebenarnya sudah cukup kokoh untuk sekedar melindungi layar dari lecet , karena adanya lapisan antigores bawaan dari smartphone ini.

3. Kapasitas Baterai yang Besar

kapasitas baterai 4230 mAh hp oppo a15

Walau kapasitas baterainya bukan yang terbesar di seri A, tetapi dengan dibekali 4.230 mAh ini sudah cukup baik, apalagi kalau kita melihat harga dari Oppo A15 juga termasuk murah hanya 1 jutaan saja. Dengan itu kita bisa menggunakan smartphone ini sepanjang hari ketika pengisan baterai penuh.

Bahkan OPPO sendiri mengklaim bahwa smartphonenya ini mampu bertahan sampai 16 jam ketika digunakan untuk menonton video HD, dan bisa bertahan selama 6 jam untuk bermain game.

Sedangkan ketika baterai sudah menipis dan jauh dari sumber pengisan daya, maka kamu bisa memanfaatkan fitur Super Power saving mode dimana kamu bisa menghemat baterai dengan maksimal ketika kapasitas hanya menyisakan sekian persen saja.

Ada juga fitur Optimized Night Charging yang dapat mempelajari kebiasaan mengisi daya tergantung dari jam tidur pengguna, tentu ini akan mencegah resiko adanya overcharge.

Satu lagi fitur yang tidak kalah berguna yaitu Super Nighttime Standby yang bisa menahan kosumsi daya yang bisanya terkuras ketika smartphone sedang standby di jam tidur, Agar keesokan harinya baterai smartphone tidak terkurang banyak kamu bisa memanfaatkan fitur ini.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A74, Harga dan Spesifikasi

4. Performanya masih cukup Baik

mediatek helio p35 hp oppo a15

Kita berlaih ke bagian performa yang sama-sama mengahdirkan kelebihan yang cukup baik, dengan dibekali prosesor delapan inti yang cukup kencang di rentang harga 1 sampai 2 jutaan. Apalagi Oppo A15 juga menggunakan chipset MediaTek Helio P35 octa-core, 2.3GHZ yang dapat membantu aktifitas sehari-harimu dengan smartphone menjadi lebih gesit.

Dibantu dengan kapasitas RAM 3GB LPDDR4x dan Memori internal 32GB tentu smartphone ini sudah sangat baik untuk menunjang performa dari smartphone.

Ada satu fitur yang sangat keren, yaitu Hyber Boost 2.1 yang tertanam di dalam Oppo A15. Kegunaan dari fitur ini adalah memabantu meingkatkan kinerja game dan respon sentuhan menjadi lebih cepat. 

Tapi yang perlu kamu ketahui, Chipset MediaTek seri ini tidak dikhusukan untuk gaming,  jadi untuk kamu yang suka bermain game berat-berat mungkin perlu menahan diri dulu dan lebih baik mainkan game kasual yang tidak terlalu mebutuhkan intensitas performa yang tinggi.

5. Modul tiga kamera yang Pas

modul tiga kamera hp oppo a15

Oppo juga terkenal dengan smartphoneya yang memiliki kamera dengan kualitas yang bagus, Terutama Oppo A15 ini yang memiliki kamera depan maupun belakang dengan kualitas yang baik dan dapat mengambil gambar dengan sempurna.

Dengan menggunakan setup AI Triple Rear Camera pada bodi belakangnya, yang terdiri dari Lensa utama 13MP dengan bukaan f/2.2, dan dua lensanya yaitu makro dan depth sensor yang memberikan resolusi 2MP dengan bukaan f/2.4.

Pada bagian depannya, kamera dari Oppo A15 ini merancang frame kameranya dengan desain waterdrop yang memiliki resolusi 8MP f/2.2, kamera ini juga dibekali dengan fitur AI Beautification yang dapat membuat efek wajah menjadi natural secara real-time.

6. Mendukung triple slot

tripple slot card hp oppo a15

Kalau kamu lihat aspek kekurnagan dari Oppo A15 dibawah ini, ada kekurangan pada kapasitas meori internalnya yang kecil. Hal ini ternyata ditutupi Oppo A15 dengan menghadirkan triple slot pada smartphonenya.

Dengan memiliki kapasitas memori internal hanya 32GB saja, tentu menambahkan slot microSD dapat membantu kamu untuk menyimpan lebih banyak lagi data-data di smartphone.

Dukungan triple slot ini dapat memungkinkan kamu untuk mengisi dua simCard secara bersamaan dan satu slot microSD yang bisa kamu isi. Triple slot ini juga dikenal dengan istilah dedicated slot yang sangat menguntungkan sebuah smartphone yang mempunyai ROM yang kecil.

Baca Juga : Kekurangan dan Kelebihan HP Oppo A53, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Oppo A15

Ya kita sudah membaca kumpulan kelebihan dari Oppo A15 ini, memang cukup banyak kelebihan berarti yang membuatnya memiliki nilai dimata pengguna. Walau tampil cukup menyakinkan, tak membuat smartphone ini meninggalkan sejumlah kekurangan pada beberapa aspeknya.

Tak perlu lama-lama, mari kita membahas secara menyeluruh apa saja sih kekurangan yang terlihat dari Oppo A15 ini.

1. Memori Internalnya yang kecil

hp oppo a15 32gb

Oppo A15 ini hanya dibekali dengan memori internal 32 GB saja, tentu kapasitas sebesar ini sangat kecil dibandingkan dengan smartphone kompetitior lainnya. Walau sudah mendukung slot untuk microSD namun itu tidak membuat pengguna banyak berharap kepada kelebihan itu, sebab biasanya memori internal adalah tempat inti untuk menyimpan data-data pada sistem dan aplikasi-aplikasi yang terinstall di smartphone.

Saat ini sudah banyak smartphone dengan Kapasitas memori internal yang diatas 32 GB, dengan harga yang sama seperti Oppo A15 ini, seperti Realme C15 dengan ROM 65 GB, atau Xioami Redmi 9 dengan harga yang sama namun sudah memiliki penyimpanan 64 GB, dan masih ada banyak smartphone lainnya yang lebih bagus dalam hal Penyimpanan selain Oppo A15 ini.

2. Hanya menggunakan Fast Charging 10 W

fast charging hp oppo a15

Walau dukungan fast charging ini merupakan kelebihan dari Oppo A15, namun begitu daya pengisan cepatnya hanya kecil yakni 10 W saja, sehingga akan membutuhkan waktu yang begitu lama untuk megisi baterai hingga penuh.

Kita bandingkan lagi dengan smartphone kompetitor yang sama-sama dibandrol dengan harga yang sama, yaitu realme C15 dan Redmi 9 yang bahkan sudah membekali smartphonenya dengan fast charging 18W, bukan hanya itu kapasitas baterainya juga lebih besar yaitu 5020 mAh dan 6000 mAh, berbeda dengan Oppo A15 yang hanya membekali smartphonenya dengan baterai 4230 mAh saja.

Baca Juga : 7 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A12, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi Oppo A15

  • Nama : Oppo A15
  • Rilis : Oktober 2021
  • Bobot : 175 gram
  • Layar: IPS LCS 6,52 inci  (rasio layar ~88,7%)
  • Resolusi : 1.600 x 720 piksel HD+
  • Refresh rate : 60Hz
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.2
  • RAM : 3 GB
  • Memori Internal : 32 GB
  • Chipset : MediaTek Helio P35 (MT6765)
  • GPU : IMG GE8320 @ 680MHz 10.2fps
  • Kamera Belakang : 13 MP (lensa utama), 2 MP (lensa makro), 2 MP (lensa potrait)
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Baterai : 4.230 mAh, fast charging 18W
  • Harga resmi : Rp 1.899.000

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A15S, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Saya bisa mengatakan bahwa Oppo A15 ini sangat menarik baik pada segi desain maupun spesifikasi dalamannya. Bodinya yang ramping, serta warnanya yang elegan membuatnya sangat cocok untuk semua kalangan, terutama anak muda yang biasanya mencari Smartphone dengan harga yang terjangkau namun tetap bisa mendapatkan kelebihan pada smartphonenya.

Walaupun kita melihat ada banyak kelebihan daripada kekurangannya, saya bisa menyimpulkan walau Oppo A15 sudah menarik di berbagai aspeknya, Namun untuk persaingan menurut saya Smartphone ini masih kalah dengan ponsel entri-level lainnya yang semakin berkembang dan memberikan banyak keunggulan pada smartphonenya. Dalam persaingan produk smartphone yang semakin ramai, tentu kamu bisa mendapatkan smartphone yang lebih menarik dan lebih bagus di kelas harga yang sama seperti Oppo A15 ini. Tapi untuk saat ini, okelah Oppo A15 cocok untuk kamu kalangan milenial yang ingin mendapatkan smartphone dengan harga yang terjangkau, tapi bisa memberikan banyak benefit yang menarik

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.