9 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A11k, Harga dan Spesifikasi

Oppo kembali lagi merilis Smartphone barunya di seri A, Oppo indonesia memperkenalkan smartphone entry level ini dengan tajuk Oppo A11k yang rilis pada November 2020 lalu. Sebagai salah satu pengusaha pasar smartphone, Oppo tampaknya terus mengembangkan smartphone yang relevan bagi anak muda.

Seperti Oppo A11k ini yang menurut saya ini adalah smartphone yang cocok untuk anak muda saat ini, yang mencari ponsel dengan harga murah namun bisa mendapatkan banyak fitur dan keunggulan di dalamnya.

Oppo A11k ini sangat menarik pada berbagai aspek, terutama desain bodinya yang sangat elegan dan atrakatif, bukan hanya desainnya saja, aspek lain seperti kamera, baterai, performa juga cukup menjanjikan di kelas harganya.

Jika kamu tertarik dengan Oppo A11k ini, mungkin kamu perlu membaca terlebih dahulu pembahasan dibawah ini, tentang Kelebihan dan Kekurangan dari smartphone ini.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A33, Harga dan Spesifikasi

harga hp oppo a11k

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A11k

Dengan dibandrol harga hanya 1 jutaan saja, Oppo A11k ini cukup bisa meramaikan kelas pasar menengah di indonesia. Dan menurut Aryo Miedianto selaku PR Manager OPPO Indonesia, yang mengatakan bahwa smartphone ini memang dirancang untuk menjangkau pengguna tingkat awal.

Nah untuk kamu yang baru tahu, Mengetahui spesifikasi kelebihan dan kekurangan sangatlah penting. Sebab dengan ini kamu bisa mempertimbangkan untuk membelinya atau tidak. Oke langsung saja kita bahas dibawah ini.

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A1, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Oppo A11k

Dengan dihargai 1 jutaan saja, Oppo A11k ini sudah cukup baik untuk menunjang berbagai hal pada umumnya, seperti bermain game, berfoto-foto, atau sekedar stremming video.

Beberapa spesifikasi dari Smartphone juga sudah baik, Nah untuk merangkumnya kita akan membahas Kelebihan dari Oppo A11k dalam pembahasan berikut ini.

1. Desain Bodinya yang Cantik dan Atraktif

bodi cantik hp oppo a11k

Walau notabennya adalah smartphone kelasn entri, namun tidak mengurangi Oppo dalam menyajikan desain yang menarik dan atraktif pada Oppo A11k ini. Kalau kita lihat sekilas memang desain bodi belakangnya sangat unik, yang seolah-olah terinspirasi dari pola potongan berlian yang berbentuk segi empat dengan warna yang bervariasi.

Oppo sendiri memang menyebutkan bahwa konsep desainnya ini dinamakan 3D Diamond Blaze Design, yang menonjolkan corak pewarnaan 3D khas Diamond. Ada dua pilihan warna yang tersedia, yaitu Black dan Blue.

Selain itu kita juga bisa menemukan frame double-camera pada bodi belakangnya, ada juga sensor sidik jari yang sangat pas karena warnanya disamakan dengan warna dasar dari bodi smartphone.

Desainnya yang ergonomis dan bodinya yang membentuk lengkungan yang elegan, Oppo A11k ini memilik berat yang cukup ringan yaitu 165 gram, sehingga sangat nyaman ketika dalam genggaman.

2. Layarnya yang Memukau dan Kokoh

layar memukau hp oppo a11k

Kita beralih ke bagian layar yang memiliki ukuran 6,22 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel), Kualitas layar  yang disajikannya cukup baik dan tajam seperti halnya smartphone flagship pada umumnya.

Selain itu layarnya juga kokoh, berkat perlindungan Corning Gorilla Glass 3 yang sudah tidak perlu diragukan lagi ketahanan layarnya bila terkena gesekan atau terbentur.

Untuk hal visualiasi tentu Oppo berusaha menyajikan yang terbaik untuk smartphone ini, berkat teknologi panel IPS lCD smartphone ini sudah sangat baik untuk menonton video bahkan untuk penggunaan sehari-hari.

Secara spesifikasi, dengan harga yang hanya 1 jutaan tentu layar dari Oppo A11k sudah sangat baik di kelas entry-level, layarnya luas, dengan rasio ke bodi hanya 89,0% saja.

3. Baterainya yang Besar dan Tahan lama

baterai 4230 mAh hp oppo a11k

Semakin besar kapasitas baterai tentu akan semakin tinggi pula aktifitas kita dalam menggunakan Smartphone, saat ini semakin banyak smartphone yang terus menambah kapasitas baterai mereka, Bahkan saat in yang terbesar kapasitas baterai mencapai 10300 mAh (Ulefone Armor 3).

Oppo A11k ini membekali smartphoenya dengan kapasitas baterai 4.240 mAh,  kapasitas ini sudah termasuk besar meningat ini adalah ponsel entry-level yang hanya dibandrol dengan harga 1 jutaan saja. Menurut Oppo sendiri Oppo A11k ini mampu bertahan selama 17 Jam untuk menonton video dan 8 Jam untuk bermain game, sehingga kita tidak perlu binggung ketika sering kehabisan baterai.

4. Performanya yang Menjanjikan

peforma memukau hp oppo a11k

Untuk segi performanya Oppo A11k ini juga cukup baik, apalagi dengan dibekali chipset dari MediaTek Helio P35 yang dapat melibas aktifitas seperti bermain game, bermedia-sosial, atau untuk menonton video secara lancar. Chipset ini memiliki prosesor octa-core 12nm dengan kecepataan sampai 2,3Ghz.

Kalau kita melihat seri A lainnya, seperti Oppo A12 yang sama-sama menggunakan chipset Helio P35, tentu untuk kemampuan performanya tidak diragukan lagi. Seperti untuk bermain game dalam intensitas rendah, chipset ini masih cukup memadai.

Menurut beberapa sumber Mediatek Helio P35 ini kemampuannya menyetarai Snapdragon seri 6, Dalam hasil uji coba menchmark Helio P35 ini lebih unggul daripada Snapdragon 625 namun belum bisa menyaingi Snapdragon 636 dan Snapdragon 665.

Performa dari Oppo A11k juga ditunjang dengan kapasitas RAM 2GB dan penyimpanan 32 GB, sehingga kesimpulannya secara keseluruhan performa dari smartphone ini sudah cukup baik apalagi di kelas entry-level.

5. Ada banyak Fitur dan Teknologi berguna

fitur hp oppo a11k

Produsen smartphone asal Shenzhen ini terkenal dengan sajian Fitur dan Teknologinya yang berguna pada smartphonenya, Seperti Oppo A11k yang sudah memakai sistem antarmuka ColorOS 6 dengan OS Android 9. Memang benar kedua aspek ini bukan yang paling baru, tapi setidaknya ada beberapa fitur canggih yang memudahkan penggunanya.

Seperti fitur Smart Asisten yang dapat memberikan gambaran dari berbagai aktvitas dalam satu layar, fitur ini mampu menampilkan berbagai aplikasi favorit yang sering kita buka atau widget lainnya yang dapat membantu.

Selain itu ada juga fitur Riding Mode, yang mampu membuat kamu fokus di jalan raya ketika berkendara. Fitur ini dapat memblokir panggilan dan notofikasi tidak penting untuk kenyamanan dan konsentrasi ketika mengendari kendaraan

Ada juga fitur Dirac Smart Sound Effects yang dapat mengoptimalkan suara dari smartphone, Fitur ini berguna untuk memberikan efek suara terbaik secara otomatis ketika kita bermain game, menonton video, dan mendengarkan musik.

Untuk selanjutnya, sebenarnya masih ada berbagia fitur lainnya yang ditawarkan Antarmuka ColorOS 6 dari OPPO ini. Intinya untuk hal fitur dan teknologi terkini sudah sangat baik diterapkan pada Oppo A11k ini.

6. Mendukung Triple slot

triple slot hp oppo a11k

Dengan kapasitas memori internalnya yang hanya 32 GB, tentu memancing pihak OPPO untuk memberikan slot khusus pada microSD. Gunanya jelas untuk menambah kapasitas penyimpanan, jika pengguna merasa kekurangan terhadap kapasitas memori internal yang ada.

Dukungan Triple-slot ini sangat berguna, yang memungkinkan pengguna bisa menerapkan dua slot simCard sekaligus satu slot tambahan untuk microSD tanpa mencopot salah satunya. Triple slot ini juga dinamakan dedicated-slot yang memberikan slot berbeda-beda pada cardnya.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A15S, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Oppo A11k

Walau ada beberapa kelebihan yang menyakinkan untuk menghargai kualitas smartphone ini, Nyatanya masih ada lo kekurangan yang terlihat dari Oppo A11k ini. Mungkin untuk  mengatahuinya kamu bisa mempetimbangkan kembali apakah Smartphone ini cocok untuk kamu tidak.

1. Kapasitas RAM kecil

kapasitas ram kecil hp oppo a11k

Denga hanya dibekali RAM 2GB tentu menjadi salah satu kekurangan yang amat berarti, RAM sebesar ini tentu terbilang sangat kurang apalagi smartphone ini cukup kuat di kelasnya, dengan membewa chipset Helio P35.

Untuk menunjang kegiatan sehari-hari, seperti menjelajahi jejaring sosial atau sekedar untuk bermain game dalam intensitas yang tinggi, sangat tidak disarankan, mungkin jika kamu tetap memaksanya akan terjadi lag atau force close.

2. Layarnya belum Full HD

Oppo A11k ini dibekali resolusi layar HD+ saja , secara keseluruhan ini tentu kurang mengingat sudah banyak pesain di harga yang sama yang sudah membawa layar Full HD pada tampilannya.

Seperti contoh Redmi 9, yang sama-sama memiliki rentang harga yang serupa. Smartphone redmi ini bahkan sudah dibekali dengan Panel IPS yang hadir dengan resolusi Full HD+ dengan kepadatan ppi yang lebih tinggi tentunya.

Oppo A11k ini terbilang ketinggalan soal kualitas layar, sehingga untuk kamu yang ingin menikmati sensasi visual yang lebih tajam dan nyaman, layar dari Oppo A11k masih kurang memuaskan untuk sektor tersebut.

3. Masih dengan Dual Kamera

dual kamera hp oppo a11k

Selain terkenal dengan desainnya yang menarik dan stylish Oppo juga terkenal dengan kebiasaannya dalam memberikan kualitas kameranya yang bagus. Oppo A11k sebenarnya juga sudah luamayan bagus resolusi kameranya yaitu dengan 13MP untuk lensa utama dan 2 MP untuk lensa potrait.

Sayangnya, hanya ada dua modul kamera disana. Tentu ini menjadikan kekurangan yang sangat berarti, apalagi untuk kamu yang suka fotografi, minimnya variasi lensa kamera sungguh disayangkan.

Kita bandingkan kembali dengan kompetitornya, yaitu Redmi 9 yang hadir direntang harga yang sama, Bahkan Redmi 9 ini lebih maju soal kamera dengan membekali konfigurasi Quad-camera dan resolusi yang lebih bagus.

Baca Juga : 7 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A12, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi Oppo A11k

  • Nama : Oppo A11k
  • Rilis : November 2020
  • Bobot : 165 gram
  • Layar : IPS LCS 6,22 inci  (rasio layar ~89,0%), Gorilla Glass 3
  • Resolusi  : 720 x 1520 piksel
  • Sistem Operasi  : Android 9, ColorOS 6.1.2
  • RAM : 2 GB
  • Memori Internal : 32 GB
  • Chipset : MediaTek Helio P35
  • GPU :  PowerVR GE8320
  • Kamera Belakang : 13 MP (lensa utama),2 MP (lensa potrait)
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Baterai : 4.230 mAh
  • Harga resmi : Rp 1.799.000

Kesimpulan

Menurut saya Oppo A11k ini sudah sangat baik secara keseluruhan, apalagi smartphone ini juga sudah di desain sedemikian rupa untuk menghadirkan teknologi masa depan di berbagai tingkatan pengguna. Dan jika kita lihat tujuan Oppo ini sudah tercapai untuk menjangkau pasar entry level dengan menarget anak-anak muda yang suka dengan Smartphone stylish dan premium ini.

Dari segi kelebihan dan kekurangan juga sudah imbang, kita bisa melihat ada kelebihan yang menurut saya mencolok yaitu Baterainya yang besar dan Performanya yang kecang dengan ditunjangnya chipset dari MediaTek. Dan untuk kekurangannya, saya melihat sedikit mengecewakan pada aspek  RAMnya yang terlalu kecil, sebab persaingan smartphone saat ini semakin ramai.

Sehingga untuk menjadi lebih baik dalam kelasnya adalah tujuan dari setiap produsen Smartphone. Apalagi Oppo ini menurut saya sudah berhasil dalam mendobrak dunia digital terutama smartphone yang semakin maju dan canggih.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.