10 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A15S, Harga dan Spesifikasi

Pada 2020 lalu, OPPO Merilis smarpthone terbarunya di kelas entry-level. dengan tajuk OPPO A15s, smartphone ini memiliki berbagai keunggulan yang menonjol. seperti yang bisa kamu lihat ada akhiran “s” pada seri smartphone kali ini, hal ini menandakan bahwa ponsel dengan seri ini telah mendapatkan peningkatan atau peremajaan dari seri pendahulunya. Yhap benar ini adalah versi terbaru dari OPPO A15 sebelumnya.

Smartphone ini memiliki beberapa peningkatan yang cukup terlihat, seperti kapasitas memorinya yang bertambah besar, RAM dan Memori internalnya yang lebih besar, desainnya yang dipoles kembali agar terlihat stylish dan premium, dan lain sebagainya.

Harga dari OPPO A15s ini juga bertambah mahal, ya tentu kita berharap lebih kepada seri pembaruan dari A15 ini. Nah oleh karena itu untuk menjadi referensi untuk kamu, dibawah ini kita akan membahas beberapa poin-poun kelebihan dan kekurangannya dari berbagai aspek secara lengkap.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A11K, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone OPPO A15s

Walau berada di kelas entry-level, sebenarnya kalau kita bandingkan smartphone OPPO A15s ini dengan beberapa kompetitornya. Smartphone ini masih cukup unggul untuk beberapa aspek, ada juga berbagai kelebihan yang patut untuk dipertimbangkan. Untuk mengetahuinya mari kita bahas dibawah ini.

1. Bodinya yang Premium dan Ringan

body premium dan ringan HP oppo a15s

Smartphone dari OPPO memang selalu istimewa kalau soal tampilannya, terutama desain bodinya yang terlihat elegan, stylish, dan premium. Terutama OPPO A15s ini walau ia memiliki desain yang sama persisi dengan A15 biasa, namun tetap saja kedua seri tersebut memiliki kelebihan pada desain tampilannya yang kekinian.

Dengan dilapisi material plastik polikarbonat, baik itu rangkanya atau penutup bodi belakangnya. Walau polikarbonat ini kalah kokoh dengan aluminum namun kita bisa melihat faktanya bahwa bahan ini memiliki ciri-ciri yang ringan dan punya durabilitas yang lebih baik daripada bahan kaca.

OPPO A15s ini memiliki ciri build quality smartphone yang tipis, kokoh, dan ringan. dengan ketebalan yang hanya 7,99mm dan bobot 177 gram saja, tentu ini adalah keistimewaan tersendiri bagi smartphone ini.

Perbedaan yang bisa kita lihat antara OPPO A15 biasa dan seri “s” adalah pilihan opsi warnanya. Yaitu tambahan warna biru cerah yang terlihat glossy dan aesthetic.

2. Layarnya yang luas dan Kokoh

layar 6,5 inci HP oppo a15s

Penggunaan layar dengan desain waterdrop notch untuk tempat kamera selife dirasa sangat pas untuk OPPO A15s ini, hal ini menjadikan layar smartphone terlihat luas dengan bezel sampingnya yang tipis, sehingga sangat cocok untuk kamu yang sering menggunakan samrtphone untuk bermain game atau menonton film.

Dengan bentang layar seluas 6,52 inci dan resolusi HD+ tentu sudah sangat pas untuk digunakan dalam berbagai aktivitas visual, Selain itu resolusi panel juga sudah IPS LCD dengan 720 x 1600 piksel. Ada juga refresh rate yang sudah mencapai angka 60Hz.

Selain luas, layar dari OPPO A15s ini juga memiliki kelebihan lain. Yakni layarnya yang sudah dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass 3 yang bisa memproteksi layar smartphone dari goresan atau meminimalisir  pecah pada bagian layar.

3. Kameranya yang oke

lensa 5p HP oppo a15s

Salah satu pertimbangan ketika ingin membeli smartphone baru salah satunya adalah sektor fotografinya, atau lebih jelasnya kualitas kameranya. Produk OPPO juga dikenal banyak mengeluarkan smartphone-smartphone yang dibekali dengan kualitas kamera yang bagus dan jernih.

Tentu saja, OPPO A15s adalah salah satunya. Dengan konfigurasi Triple kamera pada bagian belakangnya tentu sudah bikin puas pengguna, apalagi dengan spesifikasi 13 MP untuk kamera utama, 2 MP untuk makro, dan 2 MP lagi untuk depth sensor.

Jangan lupa dengan kamera selfienya, dengan desain waterdrop notch pada bagian depannya. Kamera ini memiliki resolusi 8 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur AI Beautifcation yang berguna untuk mempercantik wajah.

Hanya untuk informasi saja, lensa yang digunakan pada OPPO A15s ini menggunakan lensa dengan jenis 5P yang tergolong bagus. P itu artinya elemen lensa, semakin tinggi angkanya amaka akan semakin bagus pula kualitasnya.

4. Performanya yang cukup baik

mediatek helio p35 HP oppo a15s

Mengapa saya bisa mengatakan performa dari Oppo A15s ini cukup baik? Alasannya karena chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio P35 dan disandingkan dengan RAM 4GB serta Storage 64 GB.

Chipset MediaTek Helio P35 pada Oppo A15s ini dibekali dengan CPU maksimum 2,35GHz walau ini bukan termasuk chipset yang paling kencang dikelasnya. Namun masih cukup oke untuk menjalankan beberapa game berat, seperti PUBG dengan pengaturan low.

5. Baterai jumbo

Baterai menjadi salah satu aspek pada smartphone yang vital, kapasitas baterai yang besar banyak diincar oleh pengguna, banyak yang mencari smartphone dengan kapasitas baterai besar, tidak hanya besar namun juga tahan lama.

Seperti yang disuguhkan Oppo A15s in yang dilengkapi dengan baterai jumbo dengan kapasitas 4.230 mAh. Selain itu smartphone in juga sanggup bertahan hingga 1,5 sampai 2 hari pemakaian. Hal ini karena penggunaan cip efesiensi daya dan optimalisasi software dari ColorOS yang berguna untuk membuat baterai lebih hemat dan tidak gampang boros.

6. Peningkatan pada Memori

octa core processor 4gb 64gb HP oppo a15s

Mungkin ini adalah salah satu tambahan untuk performa dari Oppo A15s ini, smartphone terbaru dari seri “s” ini mendapatkan peningkatan pada memori RAM dan Internalnya. Jika kita lihat pada OPPO A15 biasa hanya dibekali dengan RAM 3 GB dan Storage 32 GB, namun pada OPPO A15s ini mendapatkan peningkatan yakni RAM 4 GB dan storage 64 GB.

Hal ini tentu adalah hal yang biasa, sebab harga dari kedua serinya juga berbeda, maka peningkatan pada kapasitas memori pasti akan meningkat.

Peningkatan pada kapasitas memori internal sebesar 64 GB tentu sangat berguna untuk kamu yang sering menyimpan banyak file-file, foto, video penting pada smarpthonemu, sehingga dengan kapasitas ini kamu bisa menyimpan file lebih banyak lagi.

Ada juga peningkatan RAM 4 GB yang sangat berpengaruh pada kinerja Oppo A15s ini sendiri, dimana RAM bisa berdampak pada kemampuan multitaskin dan performa daripada smartphone sehingga lebih lancar dan enteng.

7. Sensor Fingerprint dan Face Unclok Lengkap

Pada smartphone Oppo A15s ini memiliki sensor fingerprint pada bagian belakangnya, yang bisa kamu capai dengan jari telenjukmu dengan mudah dan cepat. Selain itu ada juga sensor Face Unclok disana, yang bisa kamu gunakna untuk membuka layar dengan mendeteksi wajahmu.

Kedua fitur ini tentu sangat berguna untuk kamu secara personal, apalagi kamu sering menyimpan data-data yang penting dan butuh keamanan. Tentu mengamankannya dengan mengkunci smartphone adalah hal yang wajib, sehingga hanya kamu saja yang bisa membukanya, dan memnimalisir orang-orang yang iseng.

Baca Juga : 7 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A12, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone OPPO A15s

Tidak ada produk smartphone yang sempurna, pasti ada saja kekurangan-kekurangan yang terlihat baik itu jeroannya maupun luarannya. Sebagai pertimbangan saja, dibawah ini kita akan mengulas beberapa kekurangan yang mungkin terlihat pada OPPO A15s ini.

1.  Pengisian baterai yang lambat

Sayang seribu sayang, walau kita bisa menikmati kapasitas baterai yang besar dan awet tidak membuat smartphone ini unggul, sebab absennya fitur fast charging pada OPPO A15s ini sehingga durasi pengisian daya menjadi lebih lambat.

Hanya dengan daya adaptor 10W 2A alias 10 Watt untuk pengisiannya, tanpa dukungan fast charging. Kalau kita melihat pada asepk chipset yang digunakannya, sebenarnya MediaTek Helio P35 sudah mendukung teknologi fast charging, namun sayang sekali Oppo A15s ini tidak disertakannya.

Menurut Gizmologi dalam tes pengisian daya, menyebut bahwa dengan kapasitas hanya 4.230 mAh dengan daya 10W, smartphone ini bisa memenuhi daya baterainya dalam waktu 3 jam.

2.  Absennya kamera Ultrawide

kamera ultrawide HP oppo a15s

Walau hadir dengan lensa makro dan depth sensor tidak membuat Oppo A15s ini spesial pada hal kameranya, sebab absennya lensa ultrawide disana. Lensa ini sangat berguna sekali untuk hal fotografi yang bisa menghasilkan pemandangan yang lebih luas.

Kenapa ini menjadi kekurangan? Sebab kalau kita lihat smarpthone di kelas harga yang sama , sudah banyak yang menghadirkan lensa tipe ini. Sebut saja dia adalah Xiaomi Redmi 9, Samsung Galaxy A12, Realme C15, dan lain sebagainya.

3. Masih menggunakan Port Micro USB

port micro USB HP oppo a15s

Pada tahun 2021 ini banyak hal-hal baru yang muncul, terutama penggunaan USB Type-C yang menjadi standar kebanyakan ponsel yang rilis. Oppo A15s sebagai smartphone kelas entry-level ternyata masih menggunakan port micro USB yang bisa saya katakan ketinggalan zaman.

Fakta lain tentang kelebihan USB Type-C adalah bentuk portnya yang pas, tidak ada perbedaan ukuran antara atas dan bagian bawahnya. Jadi kamu tidak perlu kerepotan memposisikan chrager ketika melakukan pengisian daya, ini juga meminimalisir kerusakan pada port.

Harga dan Spesifikasi Oppo A15s

  • Nama : Oppo A15s
  • Bobot : 177 gram
  • Layar: IPS LCD 6,52 inci
  • Resolusi : 1600×720 piksel (HD+), rasio to bodi 88,7%
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.2
  • RAM : 4GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Chipset :  MediaTek Helio P35 (MT6765)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • Kamera Belakang : 13MP (main) + 2MP (macro) + 2MP (depth sensor)
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Baterai : Li-Po 4100 mAh
  • Harga resmi : Rp 2.299.000.

Kesimpulan

Sebenarnya kalau kita ngintip ke pasar smartphone di luar, apalagi kelas entry-level. Ada banyak diluar sana tipe smartphone yang menyuguhkan banyak keistimewaan. Salah satu contohnya adalah OPPO A15s ini, walau harganya lebih mahal dari yang versi biasanya, namun hal ini bukan tanpa alasan, ada peningkatan disana seperti memorinya yang lebih luas.

Menurut saya smartphone OPPO A15s ini sangat cocok untuk kamu yang mempentingkan segi penampilan dan sering beraktivitas diluar, sebab kita tahu sendiri ponsel ini sangat cantik dari segi bodi penampilannya. Terlepas dari itu semuanya, sebenarnya ada juga kekurangan yang ada pada smartphone ini, jadi OPPO A15s ini tidak selamanya sebagai ponsel yang paling bagus di kelas entry-level.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.