8 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A74, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74 kini telah memperkenalkan kembali smartphone tarbarunya di pasar indonesia, dengan tajuk OPPO A74. varian terbaru ini hanya dibandrol dengan harga 3 jutaan saja. Perlu kamu tahu juga OPPO A74 ini juga merupakan penerus dari varian sebelumnya yaitu OPPO A73 yang keduanya bersama-sama merilis dua smartphone dengan  jenis 4G dan 5G.

Mungkin untuk kamu yang sedang mengincar smartphone baru, bisa mempertimbangkan OPPO A74 ini untuk kamu bawa pulang, pasalnya perangkat ini cukup merata pada berbagai sisinya, mulai dari performa, fotografi, spesifikasi, dan fitur-fitur pendukung lainnya.

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A92, Harga dan Spesifikasi

Walau begitu, sebagai smarpthone kelas menengah tentu tidak sesempurna itu pada rentang harganya, masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Nah daripada binggung, mending kita langsung saja membahas Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74 ini di bawah ini.

Persaingan smartphone dikelas menengah tidak semudah yang dibayangkan, persaingannya sangat ketat, Setiap vendor selalu berusaha mengeluarkan smartphone terbaiknya yang dapat mengambil hari para konsumennya.

Oleh karena itu sebagai pelengkap jika kamu tertarik ingin membeli OPPO A74 ini, mungkin mengetahui kelebihan dan kekurangan perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A53, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone OPPO A74

Dengan jargon “Perfroma lancar, Pengalaman seru” OPPO memperkenalkan keluarga terbarunya di seri A . Dengan harga pasar hanya Rp 3 jutaan saja tentu dapat menyihir siapapun yang melihatnya, Apakah harga tersebut relevan dengan kualitas serta spesifikasi yang ditawarkannya? untuk lebih lengkapnya mari kita bahas.

1. Bodinya yang minim dan khas

bodi minim HP Oppo A74

Kalau kita lihat seklias desain bodi belakang dari OPPO A74 ini nampak biasa saja, tidak ada aneh-aneh disana. Hanya saja kalau kita lihat lagi, kesan elegan dan mewah terpancar ketika pertama kali melihatnya. Sentuhan akhir yang glossy dengan pantualan cahaya mampu menyihir siapa saja. 

Pada bodi belakangnya kita juga bisa melihat 3D curved yang menambah kesan kenyamanan disitu. Proses pelapisan vakum juga digunakan dari atas hingga kebawah pada bingkai tengahnya, inilah yang membuat OPPO A74 terkesan sebagai smartphone premium 2021

Selain itu kelebihan lainnya pada bagian bodi adalah desain bodinya yang ultra-slim dengan ketebalan hanya 7,95 mm saja dan bobot smartphone 175 gram. Mungkin Oppo sengaja mendesainnya sedemikian rupa, agar ketika di genggam terasa nyaman dan slim.

2. Layar 6.43 Inchi dengan Punch Hole

layar 64.3 inci HP Oppo A74

Seperti smartphone kelas menengah pada umumnya, OPPO A74 ini telah menggunakan panel AMOLED beresolusi FHD+ (2400 x 1080 piksel). Dengan memiliki lebar 6,43 inci dan desain atasan punch-hole pada sebelah kiri atasnya.

Selain itu OPPO A74 juga memiliki bezel yang sangat tipis, dengan memakai aspek rasio 20:9 dan screen-to-body ratio mencapai angka 90,8%. Tentu ini sudah menjadi bukti memang layar yang digunakan OPPO A74 memiliki keunggulan disana.

Layar dari OPPO A74 juga memiliki beberapa teknologi bermanfaat, seperti contoh All-day Eye Care yang dapat melindungi mata penggunanya untuk pemakaian di siang hari maupun di malam hari.

Ada juga AI Smart Backlight yang bisa secara pintar menyesuaikan lampu latar secara otomatis dengan mempelajari kebiasaan dari pengguna. Dan ada lagi DC Dimming yang mampu mengontrol kecerhaan dengan cara memvariasikan daya yang disuplai ke layar dengan pintar, ini dapat meminimalkan flicker sehingga bisa mengatur tingkat peredupan agar mata pun tidak mudah lelah.

3. Kamera beresolusi tinggi dan memuaskan

resolusi kamera tinggi HP Oppo A74

Kebutuhan kamera di jaman sekarang sudah tidak bisa dibendung lagi, pasalnya saat ini apapun serba digital dan semua yang kita lihat pasti teknologi yang memadai untuk mendukung kualitasnya. Seperti kamera pada sebuah smartphone, OPPO A74 ini sudah menggunakan konfigurasi triple kamera belakang dengan resolusi yang cukup besar.

Untuk kamera utamanya memakai resolusi 48MP,  dan kedua kamera lainnya yaitu makro dan bokeh hanya sebesar 2MP saja. Pada kamera OPPO A74 ini sudah mendukung teknologi AI Scane Enhancement yang mampu mengenali bermacam-macam sekenario pemotretan.

Berlaih ke bagian depan, dengan desain punch hole, kamera selfie dari OPPO A74 dibekali resolusi 16MP. Hal in juga didukung dengan fitur Selfie AI Beautify 2.0 yang mampu mengambil gambar wajah dengan sangat cantik dan halus.

4. Baterai berkapasitas 5.000 mAh

kapasitas baterai 5000 mAh HP Oppo A74

Dengan baterai jumbo, mungkin kamu berpikiran bahwa pengisan daya ulang membutuhkan waktu yang lama. Tentu itu salah, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya hingga penuh hanya memerlukan waktu 72 menit saja, lo kok bisa? Nah ini karena adanya teknologi SuperVOOC 33W yang mampu mengisi daya dengan cepat

Waktu pengisian daya yang diperlukan juga tidak terlalu lama, inilah yang menjadi kelebihan selanjutnya dari OPPO A74 ini.

6. Performa yang mumpuni untuk Berbagai Hal

peforma HP Oppo A74

Di rentang harga hanya 3 jutaan saja, OPPO A74 ternyata sudah membekali tenaga pacunya dengan Snapdragon 662 ini termasuk chipset powerful yang dapat menunjang berbagai kegiataan sehari-harimu dengan lancar.

Ada juga jargon yang diangkat, yaitu Game for Everyone. Sebab memang bisa dipertimbangkan OPPO A74 ini juga cukup baik untuk kamu yang hobi bermain game. Hal ini juga didukung dengan berbagai fitur yang berguna ketika kamu memainkan game,  seperti Game Space yang mampu mengoptimalkan kinerja baik jaringan maupun perfroma, Hyper Boost yang mampu meingkatkan sensifitas sentuhan dan daya tanggap dari game, sehingga kan memungkinkan kamu tidak mengalami lag atau macet-macet.

Nah ini yang saya suka mungkin, yaitu Game Assistant yang menawarkan banyak pengaturan game dengan satu klik saja. Game Focus Mode juga hadir disana, dengan fitur pemblokiran panggilan agar kamu dapat lebih fokus bermain gamenya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A33, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone OPPO A74

Walau kita bisa melihat ada berbagai kelebihan yang mencolok serta karismatik yang dimiliki OPPO A74 ini, sayangnya masih ada beberapa hal yang menjadi titik kelemahan. Apa saja kekurangan itu? inilah rangkumannya.

1. Tidak mendukung NFC

tidak ada NFC HP Oppo A74

Sayang sekali fitur berguna NFC tidak hadir pada OPPO A74 ini, sangat disayangkan sekali sebab fitur ini sudah mulai ramai di gunakan pada smartphone terbaru saat ini, di kelas menengah sampai kelas atas.

Mungkin ini juga membuat sebagian orang kecewam sebab dengan tidak hadirnya NFC pengguna tidak bisa dimudahkan dengan adanya fitur seperti transaksi dengan menggunakan smartphonenya, atau mengecek saldo e-toll hanya dengan menempelkan smartphone.

2. Refresh Rate hanya 60Hz

refresh rate HP Oppo A74

Walau ada kelebihan pada aspek layar dari OPPO A74 ini, namun kelebihan itu dicoreng dengan adanya kekurangan yang mungkin agak mengecewakan, yaitu refresh ratenya yang hanya 60Hz saja, selain itu sensivitas sentuhan juga hanya 135Hz saja.

Padahal untuk saat ini sudah banyak smartphone yang menggunakan 90Hz pada smartphone dikelas menengah atau direntang harga 3 jutaan. Kalau kita bandingkan dengan saudaranya yaitu OPPO A74 5G, ternyata smartphone tersebut malah sudah menggunakan 90Hz Refresh rate.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A15, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi OPPO A74

  • Nama : Oppo A74
  • Rilis : April 2021
  • Bobot : 175 gram
  • Layar : AMOLED Punch Hole 6.43 inchi
  • Resolusi : 1080 x 2400 piksel
  • Sistem Operasi : Android 11, ColorOS 11.1
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 662
  • GPU :   Adreno 610
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (bokeh)
  • Kamera Depan : 16 MP
  • Baterai :  Li-Po 5.000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga resmi : Rp 3.499.000

Kesimpulan

Seperti yang sudah kita baca tentang ulasan Kelebihan serta Kekurangan OPPO A74 diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa dengan harga 3 jutaan saja kamu sudah bisa mendapatkan berbagai keunggulan yang cukup berarti untuk penggunaan sehari-harimu, seperti bermain game, membuka sosial media, stremming video, dan masih banyak lagi.

Sebagai salah satu smartphone di segmen mid-range, tentu OPPO A74 ini berusaha ingin memikat hati para konsumennya agar tertarik dengan smarpthone ini, Sayangnya masih ada beberapa kekurangan disana, yang mengecewakan.

Terlepas dari itu, kita tidak bisa menganggap smartphone ini jelek walau ada kekurangan disana. Menurut saya OPPO A74 sudah cukup baik dan relevan sekali untuk kamu bawa pulang, dengan berbagai keunggulan yang terlihat disana.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.